cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
educatio@unma.ac.id
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/educatio
Core Subject : Education,
Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): June" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR Nina Nuraeni; Dede Salim Nahdi; Ujiati Cahyaningsih
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.022 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.8

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SDN Anggrawati I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru dan peneliti. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Anggrawati 1, sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes berupa lembar soal tes kemampuan penalaran matematis, lembar observasi berupa lembar observasi kegiatan siswa dan lembar observasi kinerja guru serta dokumentasi berupa foto kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa hasil tes, hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SDN Anggrawati I. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas V di SDN Anggrawati I.
PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING DALAM VIDEO PROJECT YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Titin Kustini
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.043 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.9

Abstract

Motivasi belajar terkorelasi erat dengan peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris. Karena pentingnya motivasi bagi peningkatan belajar siswa maka perlu terus dicari cara yang dirasakan tepat bagi siswa. Keaktifan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Communicative Language Teaching (CLT). Tujuan dari CLT adalah pengajaran kompetensi berbahasa komunikatif. Di samping itu kemajuan ilmu pengetahuan khususnya internet dan teknologi informasi dalam hal ini media sosial termasuk Youtube yang telah menjadi bagian keseharian generasi muda sekarang ini, bisa menjadi alternatif cara meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penugasan membuat video project yang kemudian diupload ke Youtube diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa Inggris dan sekaligus merangsang kreatifitas siswa agar tidak hanya menjadi penonton tetapi bisa memetik manfaat dari adanya Youtube. Manfaat pertama yang diharapkan adalah meningkatnya motivasi siswa untuk mempelajari bahasa Inggris ketika video mereka di Youtube ditonton oleh banyak viewers. Manfaat kedua adalah menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dengan menjadikan Youtube sebagai salah satu alternatif yang bisa mendatangkan keuntungan ekonomis. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan upaya untuk memperoleh data berupa deskripsi tentang hal-hal yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penugasan video project dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris namun tidak mampu menjadi salah satu alternatif cara mendatangkan keuntungan ekonomis karena mereka menemui banyak hambatan dalam mencari jumlah viewers yang signifikan terkait kondisi mayoritas siswa yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah
BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET BOLA VOLI O2SN KABUPATEN MAJALENGKA Yucky Putri Erdiyanti; Bayu Dwi Febriyanto
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.338 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.10

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi berprestasi di bidang akademik atlet bola voli di kabupaten majalengka. Salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi berprestasi dalam bidang akademik yaitu menggunakan bimbingan belajar. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dapat dilakukan melalui bidang keolahragaan. Permainan bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah sangat memasyarakat. Tujuan melakukan olahraga bolavoli sangat beragam, dari yang sekedar untuk hiburan atau rekreasi, olahraga kesehatan, olahraga pendidikan sampai dengan yang bertujuan untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui profil motivasi belajar atlet bola voli sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar, (2)Menghasilkan program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar atlet bola voli, (3)Memperoleh data empiric tentang efektivitas program bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar atlet. Untuk menghasilkan bimbingan belajar yang efektif ditempuh dengan studi pendahuluan, pengembangan instrument, uji kelayakan instrumen, pengembangan bimbingan belajar, uji kelayakan bimbingan belajar dan uji coba bimbingan belajar Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desainnya adalah pretest-postest control grup desain terhadap atlet bola voli O2SN di kabupaten Majalengka. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa instrumen motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan secara empirik, perlakuan berupa bimbingan belajar teruji tidak efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet bola voli. Diharapkan mengetahui tingkat motivasi berprestasi atlet bola voli diawal perkuliahan, agar dapat merencanakan program yang harus dilakukan Motivasi berprestasi.
PENGGUNAAN MEDIA KARET DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Rosidin Rosidin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.383 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.32

Abstract

Setiap cabang olah raga memerlukan keterampilan, keberanian, kesenangan dan percaya diri tertentu dalam melakukan agar hasilnya bisa maksimal. Demikian juga halnya dengan cabang olah raga lompat tinggi. Namun kenyataannya tidak semua murid masih memperoleh hasil yang kurang baik dalam melakukan lompat tinggi, seperti penulis amati pada siswa kelas IV SDN Majasuka I. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran lompat tinggi mengalami masalah yang harus dicari solusinya. Guru menerapkan permainan karet gelang dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok agar siswa dapat bermain dan terbiasa saat melakukan tolakan dalam proses lompat jauh gaya jongkok. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Majasuka I. hasil penelitian menunjukkan media karet dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh.
METODE PEMBERIAN TUGAS DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR Sutiah Sutiah
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.009 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.33

Abstract

Pembelajaran matematika akan berhasil dengan baik apabila guru dapat menentukan metode belajar yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman merupakan merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang banyak siswa sulit mencapainya. Kondisi ini terjadi pada siswa kelas III SDN Palasah III. Metode pemberian tugas adalah salah satu metode yang biasa di gunakan oleh guru untuk siswa guna meningkatkan pemahaman siswa. Penulsi tertarik untuk mencoba menerapkan metode pemberian tugas sebagai solusi atas rendahnya pemehaman matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Palasah III yang berjumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pemahaman matematika siswa meningkat dengan menggunakan metode pemberian tugas.
UPAYA MENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK Kosman Kosman
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.205 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.34

Abstract

Kinerja guru adalah perilaku nyata yang ditampilkan oleh guru sebagai prestasi kerja berdasarkan standar yang ditetapkan dan sesuai dengan perannya di sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kinerja guru. Karena itulah supervisi untuk memastikan kinerja guru sesuai dengan standar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi edukatif kolaboratif. Supervisi edukatif merupakan supervisi yang diarahkan pada kurikulum pembelajaran, proses belajar mengajar, pelaksanaan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Indrakila Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan hasil penelitian ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan peningkatan kinerja guru baik rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian siswa ternyata mempengaruhi hasil ujian siswa tahun 2018.
STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN Yayah Sopiah
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.108 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.35

Abstract

Guru merupakan faktor yang paling dominan karena di tangan gurulah keberhasilan pembelajaran dapat dicapai. Kualitas mengajar guru secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran pada umumnya. Karena itulah diperlukan adanya bimbingan berkelanjutan untuk memastikan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru sesuai dengan standar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui bimbingan berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Kusuma Bangsa. Berdasarkan temuan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dari siklus ke siklus
PENANAMAN KESADARAN HIDUP SEHAT SISWA YANG TERDAMPAK OLEH POLUSI PLTU CILACAP MELALUI PROGRAM ADIWIYATA Roisna Dewi; Sri Harmianto; Ana Andriani
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.514 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.55

Abstract

PLTU Cilacap merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang terletak di Jalan Lingkar Timur Desa Karangkandri Kabupaten Cilacap. PLTU Cilacap memberikan dampak yang berpengaruh terhadap kesehatan, sosial dan sistem ekonomi masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar, terutama SDN 3 Karangkandri. SDN 3 Karangkandri melakukan kegiatan penanaman kesadaran hidup sehat pada siswa yang terdampak oleh polusi PLTU Cilacap melalui program adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menjelaskan tentang cara penanaman kesadaran hidup sehat pada siswa yang diakibatkan oleh dampak PLTU. SDN 3 Karangkandri merasakan dampak negatif yang disebabkan oleh PLTU Cilacap, baik dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah maupun kesehatan warga sekolah. SDN 3 Karangkandri mengadakan kegiatan penanaman kesadaran hidup sehat pada siswa yang terdampak oleh polusi PLTU Cilacap melalui program adiwiyata. Program tersebut diadakan oleh sekolah untuk membantu menanggulangi dampak dari PLTU Cilacap. Program adiwiyata juga mendapat bantuan dari pihak PLTU dan masyarakat sekitar. Program adiwiyata yang dilakukan oleh sekolah seperti Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), K7, pembuatan taman sekolah dan pembelajaran berbasis kurikulum. Kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan untuk menanamkan kesadaran hidup sehat pada siswa seperti kebersihan, penanaman pohon dan pemeliharaan tumbuhan di sekitar sekolah.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION Ruly Septian; Sony Irianto; Ana Andriani
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.002 KB) | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.56

Abstract

Proses pembelajaran akan berjalan efektif jika ketersediaan bahan ajar lengkap selesai. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) atau Lembar Kerja Siswa adalah salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Ini adalah penelitian dan pengembangan studi menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebar. Ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan model pendidikan matematika realistis pada topik volume angka padat tidak teratur di kelas lima di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Karangnanas, UPK (Unit Pendidikan Kecamatan) Sokaraja, Kabupaten Banyumas, dengan populasi 24 siswa kelas lima. Peneliti menggunakan teknik tes dan non-tes termasuk pretest, posttest, validasi ahli, penilaian guru, dan kuesioner respon siswa untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan lembar kerja siswa matematika (LKPD) berdasarkan model pendidikan matematika realistik di kelas V di SD Negeri 3 Karangnanas dapat digunakan sebagai bahan ajar sebagai bahan ajar matematika pelengkap di sekolah dasar , 2) penilaian guru pada lembar kerja memperoleh skor 95%, dengan kriteria "Sangat Baik", 3) respons siswa terhadap lembar kerja matematika memperoleh skor rata-rata 93%, dengan kriteria "Sangat Setuju ", 4) lembar kerja mempengaruhi prestasi belajar siswa. Lembar kerja dapat difungsikan untuk melengkapi bahan ajar matematika, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VI Mila Roysa; Ristiyani Ristiyani
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 5 No. 1 (2019): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v5i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dengan menggunakan media video animasi di SD V Mejobo Kudus. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 10 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus dan 4 kali pertemuaan. Data untuk penelitian ini diperoleh dari lokasi dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan angket. Teknik validasi data menggunakan expert jugmend yaitu menurut validasi pakar atau ahli dalam bidang Bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan statistic atau kuantitatif. Hasilnya, ditemukan bahwa capaian pembelajaran menggunakan video animasi memperoleh ketuntasan sebesar 70% dan 30 tidak tuntas pada siklus I. Pada siklus II menjelaskan bahwa sebanyak 90% siswa tuntas dan 10% tidak tuntas dibawah KKM. Dari data menejelaskan bahwa peningkatan dari siklus I dan Siklus II sebesar 20%. Penggunaan media video animasi sangat efektif dalam meningkatkan pembelajaran menyimak siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10