cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
educatio@unma.ac.id
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/educatio
Core Subject : Education,
Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education
Articles 49 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2022): January-March" : 49 Documents clear
Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Dewi Yuli Setyoningrum; Supriyono; Rintis Rizkia Pangestika
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1419

Abstract

Pembelajaran matematika akan bermakna jika dikaitkan dengan permasalahan pada kehidupan nyata. Etnomatematika merupakan aktivitas yang didalamnya terdapat konsep-konsep matematika dikaitkan dengan budaya lokal uang sering ditemui siswa di kehidupan nyata. Etnomatematika perlu diimplementasikan pada peserta didik dimulai sejak peserta didik ditingkat sekolah dasar, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan multimedia berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. (2) mengetahui kelayakan multimedia berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Pelaksanaan dalam penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil Penelitian pengembangan multimedia berbasis etnomatematika: 1) produk yang dikembangkan menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia berbasis etnomatematika yang dapat digunakan sebagai referensi sumber dan media untuk belajar. 2) hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan terhadap multimedia yang dikembangkan diperoleh skor total rata-rata 3,68 dengan kriteria sangat valid, kemudian respon peserta didik diperoleh skor rata-rata dengan kriteria sangat praktis, dan ketuntasan tes evaluasi pada peserta didik yang mencapai 88% sehingga penggunaan multimedia dinilai efektif.
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemic Covid-19 Sri Widyastuti; Rintis Rizkia Pangestika; Nur Ngazizah
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1446

Abstract

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak perubahan terhadap bidang pendidikan, salah satunya pembelajaran terpaksa dilakukan secara daring. Hal ini tentunya menjadikan motivasi belajar peserta didik selama di rumah tanpa pengawasan dari guru, maka dari itu campur tangan pola asuh orang tua menjadi penting dalam pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran pola asuh orang tua terhadap peserta didik dan mendeskripsikan pola asuh orang tua pada masa pendemi covid-19 terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan subjek menggunakan sampling jenuh. Jumlah responden yang diteliti adalah 15 peserta didik dan orang tuanya. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, dan dokumnetasi. Hasil penelitian dari deskripsi pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik yakni terdapat dua pola asuh yang diterapkan yaitu demokratis dan permisif. Pola asuh tersebut terdiri dari pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Terlihat dari hasil presentase yang menunjukkan pola asuh demokratis sebesar 86,67% dan pola asuh permisif sebesar 13,33%. Faktor-faktor yang menjadi pemicu kurangnya motivasi belajar peserta didik terdiri dari: faktor intelegensi dan faktor teknologi yaitu game. Terlihat dari presentase siswa dengan motivasi baik sebesar 73,33% dan siswa dengan motivasi kurang sebesar 26,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis mempengaruhi motivasi belajar peserta didik.
Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dengan Kecerdasan Matematis-Logis Siswa Inova Istirohah; Arum Ratnaningsih; Titi Anjarini
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) suasana lingkungan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo, (2) kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo, (3) hubungan suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V di SD N 1 Tersobo. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian adalah selurus siswa kelas V SD N 1 Tersobo. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, penyebaran angket dan tes. Analisis data dengan cara: uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) suasana lingkungan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo yaitu pada kategori rendah sebesar 18,5 %, kategori sedang sebesar 55,5% dan kategori tinggi sebesar 26,5%, (2) kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo yaitu pada kategori rendah sebesar 18,5 %, kategori sedang sebesar 51,9% dan kategori tinggi sebesar 29,6%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis siswa dengan nilai r hitung 0,392. Hal tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis.
Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Nurul Hidayah; Sugeng Eko Putro; Nur Ngazizah
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1450

Abstract

Keterampilan Proses dan Karakter dalam worksheet masih belum dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kelayakan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter, (2) mengetahui kepraktisan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter ditinjau dari respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas V SD Negeri Kenteng. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi kelayakan worksheet diperoleh kriteria sangat layak, dan hasil validasi mendapatkan Percentage Agreement memperoleh kriteria sangat reliabel. Untuk kepraktisan, ditinjau dari respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan kategori sangat baik, sedangkan respon peserta didik dengan uji luas memperoleh kategori sangat baik, adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter layak digunakan untuk tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar
Analisis Deiksis Sosial pada Teks Berita Media Daring Detik News Seputar Covid-19 Hikmah Himmatul Aliyah; Roni Nugraha Syafroni; Suntoko Suntoko
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1458

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis sosial pada teks berita media daring detik.News seputar Covid-19. Teks berita tersebut berisi tentang informasi berita mengenai Covid-19 yaitu virus pandemi dunia yang sedang mewabah di dunia hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, simak catat, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data teks berita pada media daring detik.News seputar Covid-19 oleh peneliti selama masa pandemi Covid-19 pada Desember 2020 sampai Agustus 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk dan fungsi deiksis sosial pada teks berita media daring detik.News seputar Covid-19. Bentuk deiksis sosial berupa kata dan frasa. Bentuk kata yaitu berjumlah 8 kata, dan bentuk frasa berjumlah 14 frasa. Bentuk frasa yaitu Sementara itu, ditemukan fungsi pemakaian deiksis sosial pada teks berita media daring detik.News seputar Covid-19 yaitu : 1) sebagai pembeda tingkat sosial, 2) untuk mengefektifkan kalimat, dan 3) sebagai pembeda identitas sosial. Wujud deiksis sosial yang ditemukan dalam teks berita pada media daring detik.News seputar Covid-19 menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan sosial antar partisipan.
Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Lia Fakhriah; R. Ading Pramadi; Milla Listiawati
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1473

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran abad 21 yang menitikberatkan pada penggunaan teknologi. Selain itu, pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini menuntut guru dan siswa untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran daring. Media Google Slide berbantu aplikasi Pear Deck merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Media ini mudah diakses melalui Chrome atau Browser lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media dan respon siswa terhadap media serta menganalisis kelayakan media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 3D (Define, Design dan Develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli media, ahli materi dan guru biologi, angket keterbacaan dan respon siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase nilai dari ahli media sebesar 88% (sangat layak), ahli materi sebesar 84% (layak), guru biologi sebesar 77% (layak), uji keterbacaan siswa sebesar 81% (layak) dan respon siswa sebesar 78% (layak). Dapat disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar Mita Rifdayanti; Mubarak Ahmad
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1484

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah tentang rendahnya hasil bilajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Solusi yang dibuat dari permasalah tersebut adalah dengan menerapkan metode pembalajaran SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tangerang 15. Sampel yang dipilih sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Tangerang 15 dengan total sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes belajar PPKN. Untuk menganalisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas V A dan Kelas V B meningkat setelah diberikan perlakuan. Namun nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model SQ3R lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran PPKN.
Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Eling Wulandari; Arum Ratnaningsih; Rintis Rizkia Pangestika
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1485

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas V SD Al-Madina Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ialah kelas VB berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif dan kelas VA berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes. Analisis data menggunakan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes setelah pembelajaran menerapkan model learning cycle 5E lebih baik dibanding hasil test sebelumnya. Dari hasil tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model learning cycle 5E berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa.
Model Discovery Learning Berbantu Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Hana Habibah Ma’mun; Muhammad Muttaqin; Ukit Ukit; Tri Wahyu Agustina
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1508

Abstract

Pembelajaran merupakan cara untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Observasi lapangan menunjukkan hasil belajar kognitif materi sistem ekskresi di bawah nilai KKM karena proses pembelajaran didominasi oleh guru bukan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa model discovery learning berbantu google meet, menganalisis hasil belajar kognitif model discovery learning berbantu google meet, menganalisis pengaruh model discovery learning berbantu google meet dan mendeskeripsikan respon siswa terhadap pembelajaran model discovery learning berbantu google meet pada materi sistem ekskresi.Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian aktivitas guru dan siswa dengan discovery learning berbantu google meet memperoleh dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa dengan discovery learning berbantu google meet diperoleh nilai post-test yang lebih baik dibanding nilai pre-test. Respon siswa terhadap model discovery learning berbantu google meet memiliki kategori kuat. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model discovery learning berbantu google meet pada materi sistem eskresi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dian Maryani
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 8 No. 1 (2022): January-March
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v8i1.1600

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah kurangnya tingkat tingkat perhatian guru terhadap pengembangan pengajaran di sekolah, karena guru kurang memperhatikan media pembelajaran. Penerapan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan suatu tantangan dalam mengembangkan kompetensi guru. Media pembelajaran pop up book bisa dijadikan solusi sebagai media dalam pembelajaran PAI terutama dalam penyampaian kisah Nabi. Media ini dapat meningkatkan minat belajar serta disukai peserta didik karena penampilannya menarik dan membuat peserta didik menjadi kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media pop up book dalam pembelajaran di RA At-taqwa Kabupaten Karawang. penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dalam analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan indikator pengetahuan, antusias, sabar, pengendalian diri, taat, mandiri dan bertanggung jawab pada saat pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di RA At-taqwa Kabupaten Karawang.