cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
educatio@unma.ac.id
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/educatio
Core Subject : Education,
Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education
Articles 96 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2023): April-June" : 96 Documents clear
Evaluasi Penilaian Ekspresi Keterampilan Membaca Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Irfai Fathurohman
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.2993

Abstract

Latar belakang masalah yakni ekspresi menjadi permasalahan utama saat seseorang melafalkan dan membacakan puisi. Hal ini dilatarbelakangi dengan teknik penguasaan membaca puisi untuk mengetahui tingkat intonasi, lafal, jeda, dan pemaknaan. Tujuan penelitian ini pertama, mengetahui bentuk ekspresi keterampilan membaca puisi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kedua, mengetahui evaluasi penilaian ekspresi keterampilan membaca puisi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan pada penelitian ini untuk menggambarkan secara detail temuan analisis ekspresi puisi. Data dan teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, pengamatan kepada 78 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus angkatan 2021 selama proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Hasil penelitian, pertama ditemukannya ekspresi saat mahasiswa membaca puisi karyanya sendiri meliputi ekspresi senang, susah, gelisah. Ekspresi ini muncul ketika membaca puisi yang terlihat melalui perwajahan dan gerakan mahasiswa di video yang diunggah di channel youtube arketipum 18. Kedua, evaluasi penilaian ekspresi membaca puisi yang sudah dilakukan ditemukan beberapa hal yang menghambat kelancaran membaca puisi mulai ketergesaan dalam membaca puisi, suara-suara yang terdengar yang mempengaruhi bacaan puisi, dan latar yang kurang sesuai dalam pembuatan video baca puisi. Simpulannya yakni ekspresi dalam membaca puisi ditemukan saat analisis puisi.
Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerita Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Ilma Amanatul Hayati; Yamin Yamin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.3043

Abstract

Pembelajaran bahasa indonesia bertujuan agar siswa memiliki empat keterampilan berbahasa yang meliputi meliputi mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar cerita dongeng dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif true exprimental. Sampel yang digunakan untuk eksperimen dan kelompok kontrol diambil secara acak dari populasi tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palmeriam 01 Pagi Jakarta Timur dengan sampel siswa kelas II SDN Palmeriam 01 Pagi Jakarta Timur sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar cerita dongeng siswa pada kelas yang menggunakan media Puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia lebih baik dibandingkan siswa pada kelas yang tidak menggunakan media puzzle. Dengan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar cerita dongeng dalam pembelajaran bahasa indonesia.
Hubungan Panjang Lengan Terhadap Kemampuan Passing Atas Siswa Sekolah Dasar Bayu Purwo Adhi; Marsini Marsini; Nevitaningrum Nevitaningrum; Rohmad Rohmad
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4430

Abstract

Pertandingan bolavoli dimainkan oleh dua tim yang masing- masing tim beranggotakan enam pemain. Tiap regu berusaha menempatkan bola di daerah agar mendapatkan angka. Salah satu teknik dasar bola voli yang penting dan wajib dikuasai adalah teknik passing atas. Kemampuan melakukan passing atas dipengaruhi panjang lengan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara panjang lengan terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN Ronowijayan Maospati. Penelitian korelasional yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua atau beberapa variabel. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional, teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pengukuran anjang lengan dan tes Penilaian passing atas (AAI-IPER) dalam penelitian ini menggunakan jumlah sampel siswa kelas VI SDN Ronowijayan sebanyak 15 siswa. Hasil dari penelitian ini terdapat Hubungan Antara Panjang Lengan terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN Ronowijayan Maospati diketahui nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,87>0,72) dan nilai signifikansi sebesar 0,005 yang berarti kurang dari 0,05 (0,005<0,05). Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat Hubungan Antara Panjang Lengan terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN Ronowijayan Maospati Kabupaten Magetan
Survei kemampuan passing atas dan passing bawah Pemain UKM bolavoli putra Universitas Doktor Nugroho Magetan Rohmad Rohmad; Marsini Marsini; Nevitaningrum Nevitaningrum; Bayu Purwo Adhi
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan passing bawah dan passing atas mahasiswa peserta Unit kegiatan mahasiswa bola voli di Universitas Doktor Nugroho Magetan. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subyek penelitian ini adalah peserta UKM bola voli sebanyak 11 orang. Hasil penelitian adalah kemampuan Passing Atas Pemain Pemain Bolavoli UKM Universitas Doktor Nugroho Magetan termasuk dalam kategori cukup, dimana ada 4 pemain atau presentase 37 % termasuk dalam kategori Baik. Kemudian 7 Pemain atau presentase 63 % termasuk dalam ketegori cukup sedangkan Kemampuan Passing bawah Pemain Pemain Bolavoli UKM Universitas Doktor Nugroho Magetan termasuk dalam kategori kurang, dimana ada 3 pemain atau presentase 27 % termasuk dalam kategori Baik. Kemudian 2 Pemain atau presentase 18 % termasuk dalam ketegori cukup, serta sebanyak 6 pemain atau persentase 55 % termasuk dalam kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa Kemampuan passing atas Pemain Pemain Bolavoli UKM Universitas Doktor Nugroho Magetan termasuk dalam kategori cukup serta Kemampuan passing bawah Pemain Pemain Bolavoli UKM Universitas Doktor Nugroho Magetan termasuk dalam kategori kurang.
Flipbook Maker Based E-Module Development Design in Thematic Learning in Elementary School Surahman Surahman; Indri Astuti; Afandi Afandi
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4456

Abstract

This research is oriented towards making flipbook maker-based e-module development designs for thematic subjects at SDN 21 Riam Berasap Sukadana District, North Kayong Regency, West Borneo Province, based on the need assessment output identified by researchers empirically, namely that thematic learning has not been implemented integrated with technology products, so that in quantity there are still many students who did not meet the KKM. The research method used in this study is R&D (research and development) research, which refers to the Dick and Carey model of development design, which starts from carrying out the process of general instructional objectives to the creation of the design itself, with teachers and students being research subjects as well as recipients. benefits from the designs produced by researchers to developers who can be given special authority to carry out developments on the designs produced in this research. The design of the flipbook maker-based e-module development for thematic subjects at SDN 21 Riam Berasap was produced by taking into account the elements of an attractive appearance, language that is easy for students to understand, and the use of features in the flipbook maker application that include audiovisual elements (sounds, images, animations, and videos), which are also what students need for effective technology-based learning in the context of thematic learning in research locations.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dhestriana Kharen Sagita; Diana Ermawati; Lovika Ardana Riswari
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4609

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01 pada soal cerita materi pecahan. Pemecahan masalah matematis merupakan proses kemampuan individu dalam menganalisis atau menafsirkan masalah guna menemukan solusi penyelesaian dari masalah tersebut. Soal cerita adalah soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan menggunakan kalimat matematika yang memuat bilangan operasi hitung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Plukaran 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati yang berjumlah 11 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah hasil lembar jawaban pemecahan masalah siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan data pengumpulan, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Polya menunjukan bahwa siswa yang memenuhi tahapan memahami masalah termasuk dalam kategori sangat tinggi. Menyusun rencana penyelesaian termasuk dalam kategori tinggi. Melaksanakan rencana yang telah disusun termasuk dalam kategori sedang. Memeriksa kembali jawaban yang telah ditemukan termasuk dalam kategori rendah. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa konsep pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Plukaran 01 berdasarkan prosedur Polya dikatakan kategori sedang.
Kompensasi dan Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Nurjaya Nurjaya; Anis Syamsu Rizal
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4616

Abstract

Suatu organisasi tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai, dan tujuan tersebut dapat dicapai dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ada. Sumber daya manusia merupakan aset organisasi yang paling berharga karena tanpanya organisasi tidak dapat berkembang, akibatnya organisasi hanya dipersepsikan sebagai institusi atau lembaga yang tidak memiliki proses internal. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenai pengaruh kompensasi dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja guru di Yayasan Masjid Al-Ikhlas. Adapun jenis penelitiannya menggunakan studi lapangan (field research), dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Teknik pengumpulan data  yang digunakan berupa kepustakaan, kuisioner dan wawancara, dengan subjek penelitiannya tenaga pendidik program KB/TK, SD, dan SMP Yayasan Masjid Al-Ikhlas. Hasil penelitiannya menjelaskan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap motivasi kerja guru. Besarnya pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja guru sebesar 37,6%. Selanjutnya kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja guru. Hasil perhitungan regresi sederhana kepuasan kerja terhadap motivasi kerja guru diketahui besarannya adalah 39,5%. Dan ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja guru. Besarnya pengaruh kompensasi dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja guru adalah 54,4% dan sisanya sebesar 45,6%. Namun sisa dari pengaruh kompensasi dan kepuasan kerja terhadap motivasi kerja guru dipengaruhi oleh variabel dan faktor lainya. Oleh karenanya, kompensasi dan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap sebuah pekerjaan yang dilakukan tenaga pendidik di yayasan masjid Al-Ikhlas dengan ditandai meningkatknya motivasi kerja.
Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD Nurul Mufatikhah; Wawan Shokib Rondli; Santoso
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4667

Abstract

Motivasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam mengiktuti pembelajaran. Tanpa adanya motivasi, sangat sulit bagi siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas IV dan 1 guru wali kelas IV SDN 2 Dorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn pada siswa sudah tersusun dengan baik, bahkan memiliki pengaruh positif terhadap siswa yang awalnya belum memiliki semangat belajar menjadi semangat dalam belajar bahkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan kondusif. Dalam proses belajar mengajar guru juga memberikan motivasi pada siswa berupa nilai, pujian, hadiah, dan mengetahui hasil. Dengan memberikan motivasi tersebut yang menjadikan siswa menjadi lebih semangat belajar PPKn.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle Tsaniya Rahma; Mohammad Syaffruddin Kuryanto; Lintang Kironoratri
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media puzzle pada siswa kelas V materi teks nonfiksi. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan di bimbingan belajar Arrohimuna. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refeksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatatan pada keterampilan berbicara siswa, pra siklus memperoleh rata-rata 50% dengan kategori kurang, setelah dilaksanakan siklus I persentase rata-rata 80% dengan kategori baik, dan siklus II memperoleh persentase rata-rata 86% dengan kategori baik. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil, dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa mulai pra siklus sampai diadakan siklus I dan siklus II telah memenuhi target yang diinginkan. Dengan begitu terbukti bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Pada Siswa Sekolah Dasar Aprilia Nilamsari; Much Arsyad Fardani; Lintang Kironoratri
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 9 No. 2 (2023): April-June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4695

Abstract

Pendidikan karakter merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun kembali jati diri bangsa dan menggalang pembentukan masyarakat Indonesia. Salah karakter yang perlu ditanamkan pada anak adalah karakter peduli sosial. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter anak, salah satunya melalui media film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter peduli sosial melalui film jembatan pensil karya Hasto Broto pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis wacana dan dideskripsikan dalam bentuk naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pencatatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD 2 Mlati Lor Kudus. Objek penelitian adalah nilai pendidikan karakter sosial dalam film pada pembelajaran tematik di kelas III yang berjumlah 9 orang siswa. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai kepedulian sosial dalam film jembatan pensil, yaitu saling membantu, sahabat sejati, ikhlas dalam membantu, berbagi, dan gotong royong. Pendidikan karakter melalui film ini berhasil membentuk karakter peduli sosial anak. Hal ini terlihat dari  kepedulian anak dalam berbagi makanan dengan teman, meminjamkan alat tulis kepada teman, dan gotong royong dalam membersihkan kelas.

Page 1 of 10 | Total Record : 96