cover
Contact Name
Wahyu Budi Sabtiawan
Contact Email
wahyusabtiawan@unesa.ac.id
Phone
+6281335090992
Journal Mail Official
jurnal.abdi@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 24605514     EISSN : 25026518     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/ja.v6n2
Jurnal ABDI – The ABDI Journal only accepts manuscripts which are based on community services. The journal was published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. It is published periodically, twice a year, in June and January.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2015)" : 13 Documents clear
PROFIL ARTIKEL ILMIAH BUATAN GURU PADA PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU - GURU DI SMP LAB SCHOOL SURABAYA Endang Susantini; Yuni Sri Rahayu; Djoko Budiono; Raharjo Raharjo
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p1-7

Abstract

 Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih guru-guru SMP Lab School Surabaya dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar dari hasil PTK atau Lesson Study yang pernah dilakukan dan untuk mendeskripsikan respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan menghasilkan 4 artikel ilmiah karya guru. Tiga artikel ilmiah belum sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan satu artikel memiliki isi dan format yang lebih mirip proposal penelitian. Sementara itu, sebanyak 100% peserta memberi respon bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat, menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah dan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas. Lalu, sebanyak 57% peserta menyatakan materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan, 50% peserta menyatakan kegiatan pelatihan efektif, dan 79% peserta menyatakan pelatihan yang telah dilakukan lebih jelas dan lebih konkrit daripada pelatihan yang pernah diikuti sebelumnya. Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih guru-guru SMP Lab School Surabaya dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar dari hasil PTK atau Lesson Study yang pernah dilakukan dan untuk mendeskripsikan respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan menghasilkan 4 artikel ilmiah karya guru. Tiga artikel ilmiah belum sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan satu artikel memiliki isi dan format yang lebih mirip proposal penelitian. Sementara itu, sebanyak 100% peserta memberi respon bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat, menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah dan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas. Lalu, sebanyak 57% peserta menyatakan materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan, 50% peserta menyatakan kegiatan pelatihan efektif, dan 79% peserta menyatakan pelatihan yang telah dilakukan lebih jelas dan lebih konkrit daripada pelatihan yang pernah diikuti sebelumnya. 
PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU DI YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI Wisanti Wisanti; Muslimin Ibrahim; Herlina Fitrihidajati; Eva Kristinawati Putri
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p8-17

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) Melatihkan penyusunan LKS berbasis Kurikulum 2013 bagi guru-guru Yayasan Kemala Bhayangkari Surabaya dan (2) Pendampingan guru-guru Yayasan kemala Bhayangkari Surabaya selama pembuatan LKS berbasis Kurikulum 2013. Kegiatan PKM dikemas dalam bentuk workshop dan dilanjutkan kegiatan review LKS yang telah disusun oleh peserta workshop. Khalayak sasaran PKM adalah para guru Yayasan Kemala Bhayangkari Surabaya. Kegiatan dilaksanakan satu hari untuk workshop, 2 minggu untuk penyusunan LKS dan 1 minggu untuk review LKS. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan PKM ini berupa angket respons peserta workshop, lembar telaah LKS serta sumber pustaka berupa contoh LKS berbasis saintifik. Kegiatan workshop dilaksanakan hari sabtu, tanggal 13 September 2014 Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru dari Yayasan kemala Bhayangkari Surabaya meliputi guru SD, SMP dan SMA. Kegiatan workshop berjalan dengan tertib dan menghasilkan produk berupa desain awal LKS yang akan disusun. Namun, untuk LKS yang disusun oleh tiap kelompok tidak tepat waktu dikirimkan ke tim PKM, hanya ada 7 LKS yang telah diterima tim PKM. Setelah ditelaah oleh tim PKM, naskah LKS yang disusun peserta sudah memenuhi kriteria kelayakan LKS yang cukup baik. Adpun rata-rata respons positif peserta terhadap pelaksanaan workshop Penyusunan LKS berbasis Kurikulum 2013 sebesar 96.67 %.
PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT UKUR DAN PENGUKURAN BAGI GURU IPA SMP WILAYAH SIDOARJO Lydia Rohmawati; Imam Sucahyo; Alimufia Arief; Mita Anggaryani
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p18-24

Abstract

Pembelajaran IPA berbasis kurikulum 2013 sangat identik dengan kegiatan pengamatan dan eksperimen. Pada fase pendahuluan, media pembelajaran diperlukan untuk memotivasi siswa. Beberapa alat pengukuran dalam fisika yang sering digunakan dalam kelas, sebagai contoh jangka sorong dan multimeter analog. Berdasarkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang didanai oleh BOPTN tahun 2013, pada SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo, sekitar 65% guru-guru di SMP PGRI Sidoarjo mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi alat ukur dan pengukuran di Fisika. Dengan mempertimbangkan hasil PKM sebelumnya, diputuskan untuk mengembangkan media guna membantu proses belajar mengajar dengan membuat poster dari jangka sorong dan multimeter analog. Setelah kegiatan PKM selesai, terdapat beberapa respon terhadap aktivitas PKM. Lebih dari 75% peserta setuju bahwa poster yang dibuat oleh tim PKM menyajikan kompetensi utama dalam kurikulim 2013 dengan baik dan mengembangkan pengetahuan guru sebagai peserta. Peserta juga memberikan respon bahwa poster tersebut merupakan media kreatif dalam kegiatan belajar mengajar, sederhana tetapi mengandung banyak informasi. Lebih jauh, poster juga memiliki nilai ekonomis. Sekitar 80% peserta mengatakan bahwa poster sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Respon lain yang berhubungan dengan gambar dan performa, 63% peserta mengatakan bahwa setiap poster memiliki gambar yang jelas dan 60% peserta mengatakan bahwa poster tersebut sangat menarik.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SD BAITUL FATAH SURABAYA Woro Setyarsih; Nugrahani Primary Putri; Abdul Kholiq,
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p25-32

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 memunculkan beberapa masalah khususnya di Sekolah Dasar diantaranya adalah proses melakukan penilaian hasil belajar. Menyikapi hal ini Tim PKM melakukan pendampingan dalam penyusunan perangkat pembelajaran untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi untuk mendapatkan kesamaan konsepsi Kurikulum 2013 dan pemaparan prosedur penyusunan perangkatnya dilanjutkan dengan workshop penyusunan perangkat, lalu penerapan perangkat dalam pembelajaran di kelas diikuti proses brainstorming untuk melakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan, dan terakhir merevisi perangkat pembelajaran sesuai dengan hasil refleksi. Kemampuan guru-guru SD Islam Baitul Fatah Surabaya dalam penyusunan perangkat pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 mengalami peningkatan rata-rata (gain skor) antara 0,31-0,33. Peningkatan tersebut terjadi pada 8-12 aspek dari 14 aspek pengamatan. Kendala para guru selama menerapkan perangkat pembelajaran di kelas diantaranya penguasaan materi pelajaran kurang, melaksanakan pembelajaran kurang runtut, dan kurang dapat mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari (tidak kontekstual). Kreativitas para peserta nampak dalam pembuatan media pembelajaran dan mengupayakan alat peraga untuk proses pembelajarannya.
PENGOLAHAN POTENSI SULFUR ALAM SEBAGAI KOMODITI INDUSTRI SIAP JUAL GUNA MEMBUKA PELUANG WIRAUSAHA BAGI WARGA KAWASAN IJEN BONDOWOSO Bambang Sugiarto; Sri Poedjiastoeti; Amaria Amaria; Muchlis Muchlis
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p33-39

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih keterampilan mengolah sulfur alam sebagai komoditi industri guna membuka wirausaha. Kegiatan dilakukan bagi warga di kawasan Ijen Bondowoso. Strategi yang ditempuh secara berurutan adalah: 1) memberikan wawasan singkat tentang potensi sulfur alam, cara pengolahan, dan kegunaannya; 2) mendemonstrasikan cara pengolahan sulfur alam dalam bentuk bongkahan menjadi sulfur bentuk bubuk berukuran 100 mess dengan kemurnian tinggi sebagai bahan baku pembuatan sabun mandi dan krem; 3) memberikan kesempatan kepada peserta menirukan cara pengolahan sulfur alam sebagaimana telah didemonstrasikan; 4) merekam respon warga terhadap kegiatan; dan 5) tim PKM memberikan pendampingan kepada warga dalam pengolahan sulfur alam. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) informasi PKM yang diberikan oleh tim berjalan lancar dan antusias peserta cukup tinggi; 2) tim PKM mendemonstrasikan dengan cara yang mudah, peralatan yang digunakan juga mudah diperoleh dalam rumah tangga; 3) peserta yang terbagi dalam tiga kelompok mampu mengolah sulfur alam dengan baik; 4) peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan pengabdian; dan 5) terbangun jalinan komunikasi antara peserta dengan tim PKM dalam beberapa waktu setelah kegiatan. Hal ini menunjukkan adanya keinginan yang kuat untuk menindaklanjuti kegatan tersebut. Bahkan beberapa peserta telah bertanya tentang pembuatan sabun, krem dan produk lain berbahan baku serbuk sulfur alam.
PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK IKAN OLAHAN DI DESA CANDITUNGGAL-KALITENGAH LAMONGAN Prima Retno Wikandari; Nita Kusumawati; Rusmini Rusmini; Mirwa Adhiprahara
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p40-46

Abstract

Desa Canditunggal, Kalitengah-Lamongan mempunyai potensi sumber daya alam berupa perikanan tambak dan belum ada sentuhan teknologi untuk pembuatan produk ikan olahan. Di sisi lain, potensi sumber daya manusia khususnya ibu-ibu istri petani tambak masih belum produktif. Kedua potensi ini mendorong dilakukannya kegiatan pelatihan pembuatan produk ikan olahan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada ibu-ibu tentang pembuatan produk ikan olahan. Metode pendekatan dilakukan dengan survey wilayah untuk melihat kondisi riil di lapangan, selanjutnya dilakukan koordinasi dengan ibu Kepala Desa selaku Pembina PKK Kelurahan untuk merencanakan pelaksaan kegiatan, penyiapan modul pelatihan berupa resep cara pembuatan ikan olahan, pelaksanaan pelatihan dalam bentuk kelompok dengan cara praktek langsung dengan pendampingan instruktur dari tim PKM, dan pengisian angket untuk mengetahui respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan. Sesuai dengan jenis ikan yang dibudidayakan, serta kemudahan memperoleh bahan lain dan alat yang dibutuhkan, maka jenis produk ikan olahan yang dilatihkan adalah bakso dan abon ikan bandeng, serta nugget ikan nila. Peserta berhasil dengan baik membuat produk sesuai dengan kharakteristik yang diinginkan. Hasil angket respon peserta menyatakan bahwa mereka baru pertama kali mendapatkan pelatihan produk ikan olahan, dan sangat tertarik dengan kegiatan ini. Mereka berminat untuk mencoba sendiri di rumah, mengajarkan ke ibu-ibu PKK lainnya di sekitar mereka, bahkan berkeinginan untuk membuka usaha kecil.
PENDAMPINGAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN SERBUK JAMU INSTAN UNTUK PENJUAL JAMU GENDONG DI WILAYAH KELURAHAN SEMEMI KECAMATAN BENOWO SURABAYA Suyatno Suyatno; Sri Hidayati Syarief; Nurul Hidayati; Tukiran Tukiran
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p47-53

Abstract

Telah dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada penjual jamu gendong sebagai peserta di wilayah kelurahan Sememi, kecamatan Benowo, Surabaya. Kegiatan PKM ini ditujukan untuk melatih keterampilan peserta dalam pembuatan serbuk jamu instan. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan ketrampilan peserta dalam membuat serbuk jamu instan serta meningkatkan taraf ekomoni keluarganya. Pendekatan yang digunakan dalam PKM ini adalah pendekatan partisipasif, sedangkan metode yang diterapkan dalam pendampingan adalah metode pembelajaran orang dewasa (andragogi). Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 9 Oktober 2014 di ruang Balai RT 03 RW 01 kelurahan Sememi, kecamatan Benowo, Surabaya dan diikuti oleh 21 orang peserta. Berdasarkan hasil analisis kegiatan di lapangan dan angket dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan mendapatkan respon yang positif dari peserta serta telah mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, khususnya dalam pembuatan serbuk jamu instan.
PEMANTAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GURU-GURU SMP LAB UNESA MELALUI LESSON STUDY Masriyah Masriyah; Kusrini Kusrini; Endah B. R.; Abadi Abadi
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p54-60

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengangkat tema mengenai Lesson Study. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Lab Unesa. Peserta yang hadir sebanyak 10 orang guru bidang studi, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama (tahap PLAN) dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 25 September 2014 dengan agenda kegiatan pemaparan materi pelatihan: Lesson study, pendekatan saintifik dan kurikulum 2013, pengembangan perangkat pembelajaran dan sistem penilaian kurikulum 2013, dilanjutkan dengan workshop pengembangan perangkat, reviu perangkat dan revisi perangkat pembelajaran. Bagian kedua (tahap DO), dilaksanakan pada tanggal 29 September 2014, dengan agenda kegiatan pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi. Bagian ketiga (tahap SEE) dilaksanakan pada tanggal 30 September 2014 dengan agenda kegiatan refleksi kegiatan pembelajaran, untuk melihat kelebihan dan kelemahan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO Rini Setianingsih; Manuharawati Manuharawati; Sutinah Sutinah; Agung Lukito
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p61-66

Abstract

Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian, sehingga perlu dilakukan upaya yang dapat menumbuhkan sikap, kemampuan dan keterampilan meneliti pada para guru. Untuk keperluan tersebut, Tim Pelaksana melakukan kegiatan PKM yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proposal PTK yang disusun oleh guru-guru SD di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, dan respon peserta. Sebagai khalayak sasaran adalah 40 orang kepala sekolah dan guru SD. Materi tentang Konsep PTK disampaikan dengan setting lecture dan whole class discussion, kemudian dilanjutkan dengan workshop penyusunan proposal PTK. Secara umum peserta merespon positif karena 36 peserta (92,31%) menyatakan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat, meskipun waktunya terlalu singkat.
PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 3 SIDOKUMPUL GRESIK KABUPATEN GRESIK Susanah Susanah; Ismail Ismail; Budi P. Prawoto
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v1n1.p67-70

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengangkat tema mengenai penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum 2013. Kenapa tema ini kami pandang perlu untuk diangkat, karena banyak guru yang belum bisa menyusun RPP kurikulum 2013. Padahal RPP sangat diperlukan sebagai panduan guru dalam melaksanaan pembelajaran hingga penilaian yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sidokumpul Gresik. Peserta yang hadir sebanyak 24 orang, dan terkumpul 4 RPP. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Nopember 2014 dengan agenda kegiatan pemaparan materi mengenai penyusunan RPP kurikulum 2013 dan workshop penyusunan RPP kurikulum 2013 secara kelompok berdasarkan kelas yang diajar. Rata-rata nilai RPP yang dihasilkan adalah 82,5 dan termasuk dalam kategori sangat baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 13