cover
Contact Name
Wahyu Budi Sabtiawan
Contact Email
wahyusabtiawan@unesa.ac.id
Phone
+6281335090992
Journal Mail Official
jurnal.abdi@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 24605514     EISSN : 25026518     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/ja.v6n2
Jurnal ABDI – The ABDI Journal only accepts manuscripts which are based on community services. The journal was published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. It is published periodically, twice a year, in June and January.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2018)" : 15 Documents clear
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BAGI GURU POS PAUD Choirun Nisak Aulina; Vanda Rezania; Evi Destiana
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p41-45

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan tentang 1) pembelajaran yang sesuai untuk pendidikan anak usia dini, 2) manajemen pengelolaan lembaga PAUD, 3) peningkatan keterampilan orang tua siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan beberapa kegiatan meliputi 1) pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan membuat APE, 2) perbaikan manajemen lembaga PAUD, 3) pelatihan keterampilan untuk orang tua. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di PAUD Al-Muslimun yang berada di desa Gempolsari dan Pos PAUD Pelangi yang berada di Ketegan ke dua sekolah mitra berada di Kecamatan Tanggulangin. Hasil dari kegiatan ini adalah terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan pedoman pembelajaran anak usia dini dengan tersusunnya RPPH, tersedianya alat media edukatif pembelajaran pendidikan anak usia dini, serta terlaksananya parenting bagi orang tua murid.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN MATERI TRANSFORMASI DI SMPN 2 GONDANG TULUNGAGUNG Susanah Susanah; Pradnyo Wijayanti; Rini Setianingsih; Shofan Fiangga
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p46-51

Abstract

Salah satu materi mendasar dan baru pada Kurikulum 2013 adalah materi Tranformasi di jenjang SMP. Hal ini menuntut guru untuk kreatif dalam penyampaian materi tersebut sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Salah satunya yaitu dengan penerapan program aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran. Akan tetapi, masih banyak guru yang memiliki kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi Geogebra ini. Lebih jauh lagi, kenyataan yang ada di SMPN 2 Gondang Tulungagung, guru-guru di SMPN 2 Gondang Tulungagung masih kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas. Sehingga, diperlukan pelatihan penggunaan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi ini. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru-guru SMPN 2 Gondang Tulungagung dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap yang pertama adalah pemaparan dan sosialisasi penggunaan program GeoGebra. Tahap yang kedua adalah simulasi penggunaan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memilih materi yang akan disampaikan dengan menggunakan program GeoGebra. Pembuatan Media Pembelajaran yang dihasilkan oleh para peserta kemudian dievaluasi, apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan. Evaluasi ini digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam menggunakan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi.
IbM SMP œPERINGKAT SEDANG DI KOTA YOGYAKARTA PENGUATAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA DAN IPA BERBASIS PEER TEACHING DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA Agustina Sri Purnami; Yuli Prihatni
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p52-56

Abstract

Kegiatan pembinaan bagi guru-guru matematika dan IPA SMP ˜Peringkat Sedang berbasis peer teaching di wilayah Kota yogyakarta bertujuan untuk mewujudkan budaya akademik yang sehat bagi terselenggaranya proses pembelajaran. Guru-guru kurang antusias dalam menanggapi diskusi yang berkenaan dengan materi, terutama materi yang berkaitan dengan tes olimpiade matematika dan IPA. Untuk itu guru perlu dilatih dengan penyegaran kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Metode pembinaan guru yang dilakukan melalui peer teaching dan pelatihan. Kegiatan ini menghasilkan (1) Pendalaman materi matematika dan IPA, (2) Penyusunan modul dan strategi penyelesaian soal-soal matematika dan IPA yang diselaraskan dengan soal tes olimpiade, (3) Pendampingan guru-guru dalam pembimbingan kepada siswanya untuk menyiapkan sebagai calon peserta olimpiade matematika dan IPA. (4) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat secara signifikan, (5) Kualitas guru matematika dan IPA SMP meningkat secara signifikan. Diharapkan kegiatan serupa dapat diteruskan karena kegiatan peer teaching melatih guru berani menyampaikan gagasannya di hadapan para guru.
INTEGRASI STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA KABUPATEN BLITAR Harun Nasrudin; Utiya Azizah; Bertha Yonata
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p57-62

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pelatihan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kabupaten Blitar yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru kimia terhadap materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, kemampuan guru kimia dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, dan respon guru selama mengikuti kegiatan pelatihan. Langkah-langkah kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah penyegaran materi dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan angket kepada guru untuk mendapatkan data terhadap pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan data hasil pelatihan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif guru kimia di Kabupaten Blitar telah memperoleh kategori baik dan sangat baik, (2) kemampuan guru kimia di Kabupaten Blitar dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif adalah baik dan sangat baik, dan (3) secara umum respon guru MGMP kimia di Kabupaten Blitar terhadap kegiatan pelatihan ini adalah baik dan sangat baik.
PENYULUHAN ALAT SPRAYER ELEKTRIK BAGI MASYARAKAT PETANI DESA WONODADI WETAN KABUPATEN PACITAN Elsen Ronando; Enny Indasyah
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p63-67

Abstract

  Sebagian besar masyarakat di desa Wonodadi Wetan bermatapencaharian sebagai petani. Beberapa penyuluhan yang terkait banyak dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sektor pertanian di desa Wonodadi Wetan. Akan tetapi, beberapa penyuluhan jarang menyentuh aspek teknologi tepat guna yang efektif untuk mendukung pertanian di desa Wonodadi Wetan. Salah satu teknologi yang perlu dikembangkan di desa Wonodadi Wetan dalam mendukung pertanian adalah alat sprayer. Pengembangan ini diperlukan karena mayoritas masyarakat petani di desa Wonodadi Wetan masih menggunakan alat sprayer manual. Atas dasar inilah, dilaksanakan program pengabdian masyarakat penyuluhan perancangan alat sprayer elektrik bagi masyarakat petani desa Wonodadi Wetan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah agar masyarakat mampu melakukan proses perancanaan, perancangan, dan penggunaan alat sprayer elektrik secara tepat. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan pengabdian masyarakat ini memperoleh respon yang sangat baik dari masyarakat petani di desa Wonodadi Wetan dengan tingkat kepuasan 75% sangat puas.
PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN SMP DAN SMA DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH WIYUNG SURABAYA Rudy Kustijono; Titin Sunarti; Hermin Budiningarti
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p68-75

Abstract

  Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Tujuan pengabdian adalah: 1) meningkatkan pemahaman guru SMP dan SMA terhadap penggunaan facebook sebagai media pembelajaran inovatif, 2) mendorong guru menerapkan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook, 3) penggunaan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook mendapatkan respon yang baik dari siswa. Metode kegiatan adalah pelatihan, pendampingan, penerapan, dan penilaian. Teknik pengambilan data adalah pengamatan dan angket. Skor angket menggunakan skala Likert (skala 1-4), dan kategori skor rerata adalah: sangat kurang (1 ≤ x <1,5), kurang (1,5 ≤ x < 2,5), baik (2,5 ≤ x < 3,5), dan sangat baik (3,5 ≤ x ≤ 4). Analisis data untuk mengukur kategori keberhasilan dilakukan dengan menghitung rerata skor dan persentase tiap aspek yang ditanyakan. Hasil yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook adalah: 1) pemahaman guru meningkat, 2) 30% guru membuat grup facebook dan menerapkannya dalam pembelajaran, 3) mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah kegiatan pelatihan, pendampingan, penerapan, dan penilaian penggunaan facebook sebagai media pembelajaran inovatif menghasilkan peningkatan pemahaman guru, menghasilkan media pembelajarn inovatif karya guru, dan mendapatkan respon yang baik dari siswa.
PELATIHAN PEMBUATAN SERBUK MINUMAN HERBAL INSTAN UNTUK WARGA DESA JAJAR, KECAMATAN TALUN, KABUPATEN BLITAR Ismono Ismono; Suyatno Suyatno; Nurul Hidajati
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p76-83

Abstract

  Desa Jajar, merupakan salah satu desa di kecamatan Talun, kabupaten Blitar merupakan wilayah yang sedang berkembang, sebagian warga desa tersebut bekerja sebagai petani, buruh tani, tukang kayu, tukang batu, kuli bangunan, penjual sayur keliling, membuka warung makanan dan merancang, serta pegawai pemerintah dan swasta. Dengan demikian sebagian besar warga memiliki penghasilan yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Warga desa Jajar sangat memerlukan pelatihan suatu keterampilan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya. Salah satu jenis pelatihan yang dapat diberikan adalah pelatihan pembuatan serbuk minuman herbal instan. Produk minuman memiliki potensi ekonomi untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Kegiatan PKM dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan warga desa Jajar dalam membuat minuman herbal yang memiliki dampak kesehatan dan nilai ekonomi. Kegiatan PKM melibatkan 30 orang ibu rumah tangga desa Jajar. Pendekatan yang digunakan dalam PKM ini adalah pendekatan partisipasif, sedangkan metode yang diterapkan adalah pendampingan pembelajaran orang dewasa (andragogi). Kegiatan PKM akan diawali dengan pemaparan materi pelatihan oleh Tim PKM, dilanjutkan dengan pendampingan praktek pembuatan minuman serbuk herbal instan, dan diakhiri dengan refleksi serta pemberian angket. Kegiatan PKM ini dapat menghasilkan luaran berupa produk serbuk minuman herbal instan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat di desa Jajar, Kecamatan Talun, Blitar khususnya dari segi meningkatkan perekonomian keluarga.
PELATIHAN LIDAH BUAYA MASYARAKAT TEBO SELATAN KELURAHAN MULYOREJO Anna Noordia; Tutut Nurita
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p84-87

Abstract

Tanaman lidah buaya banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan tubuh. Pelatihan bertujuan untuk mendeskripsikan minat masyarakat terhadap manfaat tanaman lidah buaya. Lokasi pelatihan dilaksanakan di daerah Mulyorejo Sukun Malang yang dihadiri oleh 10 peserta. Metode pelaksanaan yaitu pengumpulan data sebelum pelatihan, memberikan informasi mengenai manfaat lidah buaya, demonstrasi membuat gel lidah buaya dan pengumpulan data akhir berupa angket setelah pelatihan. Instrumen yang digunakan berupa angket sebelum pelatihan produksi pangan dari lidah buaya dan angket minat setelah pelatihan produksi pangan dari lidah buaya. Hasil dari pelatihan menunjukan minat positif terutama dalam pelatihan produksi pangan dari lidah buaya sebesar 100%.
PEMBUATAN BUKU CERITA ANAK BERMUATAN PENANGGULANGAN BENCANA DI SDN BANGUNREJO 1, SDN BANGUNREJO 2, DAN SDN BALUWARTI YOGYAKARTA Siti Anafiah; Ardian Arief
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p88-92

Abstract

  Sekolah merupakan salah satu sumber transformasi pengetahuan mengenai strategi penyiapan dini terhadap bencana alam pada siswa. Ilmu pengetahuan dapat dikembangkan sebagai software yang dapat dimanfaatkan sebagai media mitigasi bencana untuk meminimalisir kerugian yang mungkin saja timbul ketika bencana-bencana alam itu terjadi, baik kerugian materiil atau nonmaterial. Di Kota Yogyakarta, ada beberapa sekolah yang dicanangkan sebagai sekolah siaga bencana (SSB). Permasalahan yang sering muncul dan dirasa menjadi kendala bagi sekolah siaga bencana tersebut, antara lain: 1) semua mata pelajaran yang diajarkan sesuai kurikulum harus diintegrasikan dengan siaga bencana, 2) guru harus memasukkan nilai-nilai kesiagaan menghadapi bencana dalam berbagai media dan materi pembelajaran, 3) masih terbatasnya alat peraga/ media dan fasilitas yang ada di sekolah siaga bencana. Melalui program IbM yang direncanakan berlangsung selama 8 bulan dengan kerjasama Mitra SDN Baluwarti, SDN Bangunrejo 1, dan SDN Bangunrejo 2 diharapkan dapat membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi dengan menyediakan alat peraga/ media untuk menyampaikan materi siaga bencana kepada siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah buku cerita anak. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan penulisan buku cerita anak bagi guru untuk media mitigasi bencana. Metode yang digunakan adalah mengidentifikasi permasalahan mitra, orentasi, praktek lapangan, dan refleksi. Hasil pengabdian ini adalah terciptanya tiga buku cerita anak bermuatan bencana, yaitu Gempa Gempita, Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan, dan Gemuruh di Sekolah. Ketiga bencana tersebut merupakan bencana yang seringkali melanda masing-masing sekolah tersebut. Dengan buku cerita bermuatan bencana anak dapat mengetahui dan memahami tentang jenis bencana dan penanggulangannya. Dengan buku cerita, anak dapat mengetahui pengetahuan tentang bencana dengan mudah, karena buku tersebut tidak hanya menyuguhkan isi berupa tulisan naratif tetapi ilustrasi gambar yang menarik.
PERMAINAN IPA SEDERHANA BAGI PENGAJAR ANAK JALANAN DAN MARGINAL Endang Susantini; Laily Rosdiana; Ika Kurniasari
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n2.p93-101

Abstract

  Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan pengajar anak jalanan dan marginal dalam membuat media permainan IPA yang sederhana. Pengajar anak jalanan dan marginal yang dimaksud adalah pengajar pada komunitas Save Street Child/SSC Surabaya dan pengajar anak terdampak penutupan lokalisasi Dolly Surabaya yaitu Gerakan Melukis Harapan/GMH. Jumlah pengajar yang terlibat 28 orang yang dibagi dalam 8 kelompok. Metode yang dipilih untuk mencapai tujuan di atas adalah pelatihan yang dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, adalah mendemonstrasikan cara membuat media permainan IPA yang sederhana. Tahap kedua, mendemonstrasikan cara menulis aturan permainan dengan kalimat yang mudah diikuti atau operasional. Tahap ketiga, melakukan modeling cara mengajar dengan menggunakan media permainan IPA. Pada setiap langkah diikuti penugasan secara kelompok. Tahap keempat, setiap kelompok pengajar diminta mendemonstrasikan permainan IPA sederhana buatan sendiri. Hasil kegiatan menunjukkan dari 8 kelompok pengajar anak jalanan dan marginal berhasil membuat 7 permainan IPA sederhana dengan baik dan melakukan simulasi permainan buatan sendiri

Page 1 of 2 | Total Record : 15