cover
Contact Name
Yustina Heny Tantrasary
Contact Email
yustina.heny@starki.id
Phone
+6281294858225
Journal Mail Official
yustina.heny@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
ISSN : 2541075X     EISSN : 25982451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan administrasi dan kesekretarisa
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan" : 7 Documents clear
PENGARUH MINAT MAHASISWA DAN PROSPEK LAPANGAN KERJA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM D3 KESEKRETARIATAN FEB UNSOED naufalin, lina rifda
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.435 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa dan prospek lapangan kerja terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program D3 Kesekretariatan FEB UNSOED. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa D3 Kesekretariatan angkatan 2017 dan 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 1-5.  Instrumen pengumpulan data yang menggunakan  kuesioner. Pengujian data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi, 2) prospek lapangan kerja berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi.
TANTANGAN ERA GLOBALISASI TERHADAP MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI Maturbongs, Yoseph Hendrik
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.542 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.254

Abstract

Education as a basic milestone in the development of human resources in the current era of globalization, must be a mainstay to produce competitive intellectuals. Compared to other countries in ASEAN, Indonesia still has a high unemployment rate and a low level of work productivity. Globalization, which is supported by accelerating rapid technological development, has eliminated the limits of the economy, trade, and displacement of human resources. How higher education faces the challenges of globalization is important to anticipate. This study will examine this through the literature review by reviewing the facts, describing the theories involved, analyzing and then concluding. Management of tertiary education as a major component of management of educational institutions must be carried out in an integrated manner towards the institution and its activities. Planned, organized, directed, and measurable management must always be aligned with the acceleration and challenges of globalization from all aspects. Generation characteristics, organizational performance and culture, flexibility and innovation, as well as information technology adaptability are critical factors that must always be developed and harmonized. The challenges identified for higher education management in facing the globalization era are, renewal, organizational communication, strategy, innovation and investment in physical and non-physical assets. In facing these challenges, the issue of globalization must always be aligned with the vision and mission, a clear and focused future orientation, developing people as a whole, consistently, serving the community as a whole, and aligning technology to human resources and business processes.Pendidikan sebagai tonggak dasar pengembangan sumber daya  manusia dalam era globalisasi saat ini, haruslah menjadi andalan untuk menghasilkan insan-insan cendikia yang kompetitif. Dibandingkan dengan beberapa negara di ASEAN, Indonesia masih memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi, serta tingkat produktivitas kerja yang rendah. Globalisasi yang didukung dengan percepatan perkembangan teknologi yang sedemikian cepat telah meniadakan batas-batas ekonomi, perdagangan, dan perpindahan sumber baya manusia. Bagaimana pendidikan tinggi menghadapi tantangan globalisasi tersebut menjadi hal yang penting untuk diantisipasi. Telaah ini akan mengkaji hal tersebut melalui literatur review dengan mengkaji fakta yang ada, memaparkan teori yang berkaitan, menganalisa dan kemudian menyimpulkan. Manajemen pendidikan tinggi sebagai komponen utama pengelolaan institusi pendidikan, harus dilakukan secara terintegrasi terhadap kelembagaan maupun aktivitasnya. Pengelolaan secara terencana, terorganisir, terarahkan, dan terukur, harus selalu diselaraskan dengan percepatan dan tantangan globalisasi dari segala aspek. Karakteristik generasi, kinerja dan budaya organisasi, fleksibilitas dan inovasi, serta adaptibilitas teknologi informasi menjadi faktor-faktor kritis yang harus selalu dikembangkan dan diselaraskan. Tantangan yang teridentifikasi bagi manajemen pendidikan tinggi dalam menghadapi era globalisasi adalah, pembaharuan, komunikasi organisasi, strategi, inovasi dan investasi terhadap aset fisik maupun non-fisik. Dalam menghadapi tantangan tersebut maka isu globalisasi harus selalu diselaraskan dengan visi misi, orientasi masa depan jelas dan terarah, mengembangkan manusia secara utuh, konsisten, melayani masyarakat secara menyeluruh, serta penyelarasan teknologi terhadap sumber daya manusia dan proses bisnis.
Sekretaris Indonesia: sebuah potret sekretaris saat ini Rustanta, Agustinus; Chiquita, Gabriel; Aprilia, Jessika
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.9 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.250

Abstract

Abstrak: Penelitian ini tentang gambaran profil sekretaris saat ini. Objek penelitian ini adalah para sekretaris khususnya yang ada di Jakarta dan sebagian lagi tersebar di beberapa kota di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tugas sekretaris pada era industry 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang dipakai adalah metode survey dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui google form. Temuan penelitian ini diperoleh gambaran bahwa tugas sekretaris saat ini mengalami perubahan bukan perubahan pada bidang kerja namun pada cara mereka mengerjakan tugas-tugas rutin sekretaris. Pada umumnya sekretaris dipermudah dalam mengerkjakan tugas oleh karena kehadiran teknologi informasi yang dapat membantu bahkan menggantikan tugas sekretaris. Kata kunci: Sekretaris, Revolusi industri 4.0; Tugas Abstract: This research is about descriptive analysis of secretarial duties. The secretaries are the main objects of this research who are mainly working in Jakarta and other cities as well. The objective of this research is to obtain a general description of secretarial duties in Jakarta and other cities in Indonesia in facing the industrial 4.0 revolution. The researcher used the descriptive approach. Method used to obtain the objective is a survey and data were collected via distributing questionnaire to secretaries by using social medium (WhatsApp). The respondents are those who dominantly work in Jakarta and some cities in Indonesia. The finding of this research is that secretarial duties are changing; not the change on the kinds of tasks themselves but on the way how they do the tasks. The advance of telecommunication and information technology help them do the secretarial duties.  Keywords: secretary; Industrial revolution 4.0; Task
Cover, Editorial Team, Table of Contents Manager, Jurnal
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.89 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.276

Abstract

Sistem Informasi pada Administrasi UMKM Dinanti, Aldila; Nugraha, Ginanjar Adi
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.906 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.252

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia mampu menghasilkan PDB dalam jumlah besar, sehingga UMKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian Indonesia. Sebagai bagian penting dari perekonomian, tren teknologi pada era revolusi industri 4.0 sudah harus berkontribusi banyak dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. Tren teknologi pada era revolusi industri 4.0 berada pada pertukaran data dan otomatisasi data. Hal tersebut tentu akan sangat membantu proses administrasi bisnis yang ada pada usaha mikro kecil dan menengah. Fenomena lain yang terjadi dilapangan ialah banyak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah Indonesia yang belum melakukan pencatatan administrasi secara berkelanjutan dan memiliki pengarsipan yang tertata rapi. Sehingga peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui sistem informasi seperti apa yang diharapkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah sehingga mampu untuk membantu administrasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah melalui metode deskriptif analistis. Berdasarkan metode tersebut, diketahui bahwa sistem informasi yang terotomatitasi dengan menggunakan bahasa dan cara sederhana sangat diharapkan pelaku UMKM untuk membantu mengelola administrasi bisnisnya.
PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS SEKRETARIS ANGGOTA ISI CABANG SEMARANG Pramana, M.Si, Drs. Marius
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.158 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.255

Abstract

With the technology and information advancement, the role of a secretary in business is undeniably important to face the tight competition. Therefore, a secretary is expected to have broad knowledge, excellent skills, and good personality. A secretary must be able to do her jobs well and responsibly. Ernawati (2004) stated that a secretary’s jobs include routine, initiative, creative, and coordinative jobs. This paper describes the secretary’s jobs of the members of ISI Semarang and the computer programs used in doing those jobs. The data was collected using a questionnaire administered to 32 participants. The results showed that, first, the secretary’s jobs were producing document, handling petty cash, filing, receiving visitors, and handling telephone; second, the computer programs used were Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, and Internet. In some companies some secretaries used Corel Draw and Microsoft Publisher.Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi keberadaan sekretaris sangat dibutuhkan di dunia usaha maupun dunia industrI untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat. Oleh karena itu seorang sekretaris diharapkan mempunyai pengalaman (knowledge) yang luas, keterampilan (skill) yang memadai serta berkepribadian yang baik. Untuk itu seorang sekretaris harus mampu melaksanakan tugas tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. Menurut Ernawati (2004) tugas sekretaris meliputi tugas rutin, tugas inisiatif, tugas kreatif dan tugas koordinatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data data tentang tugas tugas sekretaris serta program Komputer yang digunakan anggota ISI cabang Semarang dengan menyebarkan angket sebanyak 32 responden, hasil yang dipEroleh secara umum, (1) Pembuatan dokumen, pembuatan kas kecil, penyimpanan arsip, menerima tamu dan menangani telepon. (2) Program-program Komputer yang digunakan a. Microsoft Word, b. Microsoft Excel, c. Microsoft Powerpoint, d. Microsoft Outlook, e. Internet. Dan sebagian sekretaris ada yang menggunakan Corel Draw, Microsoft Publisher. Hal ini disesuaikan dengan spesifikasi perusahaan.
TUGAS SEKRETARIS DALAM MENYIAPKAN RAPAT PIMPINAN PADA DIVISI MSDM PT. INTI BANDUNG Rohaeni, Heni; Putri, Restu Rahmah; Dewi, Srie Wijaya Kesuma; Alamsyah, Doni Purnama
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.553 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.256

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, pimpinan sangat membutuhkan seorang sekretaris untuk membantu melaksanakan tugasnya. Salah satu tugas sekretaris adalah menyiapkan rapat pimpinan.Rapat diadakan apabila pimpinan memerlukan sumbangan pendapat dari para staf karena pimpinan tidak dapat mengambil keputusan secara sepihak. Peran sekretaris dalam menyiapkan rapat pimpinan sangat penting agar rapat dapat berjalan secara efektif guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Sekretaris dituntut untuk teliti dalam menyiapkan keperluan rapat agar tidak ada satu bagian yang terlupakan yang akan berdampak besar pada kegiatan rapat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan tujuan penelitian adalah melihat sejauhmana efektivitas tugas Sekretaris dalam menyiapkan rapat Pimpinan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan, pada Divisi MSDM PT. INTI Bandung tugas sekretaris dalam menyiapkan rapat pimpinan sudah sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan perusahaan dimulai dari pimpinan memberikan instruksi, sekretaris menyiapkan agenda rapat, membuat dan menyebarkan undangan rapat, membuat daftar hadir rapat, menyiapkan ruang rapat, menyiapkan perlengkapan rapat, pimpinan memulai rapat, membuat notulen rapat serta mendistribusikan notulen kepada peserta rapat. Tetapi terkadang sekretaris tidak menjalankan prosedur menyiapkan rapat tersebut dengan baik

Page 1 of 1 | Total Record : 7