cover
Contact Name
Yustina Heny Tantrasary
Contact Email
yustina.heny@starki.id
Phone
+6281294858225
Journal Mail Official
yustina.heny@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
ISSN : 2541075X     EISSN : 25982451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan administrasi dan kesekretarisa
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan" : 7 Documents clear
Peran Bagian SDM & Perlunya Perencanaan Karier bagi Karyawan Setyawati, Rs. Kurni
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.670

Abstract

Perencanaan karier merupakan aspek penting dalam menentukan arah kerja serta upaya pencapaian pengembangan diri seorang karyawan. Identifikasi profil jabatan, pengenalan potensi diri, penentuan target dan kemampuan memperluas jejaring memberikan pengaruh pada perjuangan seseorang dalam mencapai target posisi yang diinginkan. Management karier merupakan proses penentuan langkah atau roadmap kerja yang mengaitkan beberapa aspek. Karier seseorang tidak hanya bergantung pada perjuangan dirinya sendiri, namun juga dipengaruhi oleh kebijakan dan kondisi perusahaan. Memperhitungkan manajemen karier, membawa sisi positif, baik bagi karyawan maupun perusahaan. Proses pengembangan karier seseorang perlu disadari sejak awal dengan mencanangkan target, sehingga setiap gerak langkah kerjanya dapat diarahkan pada pencapaian tujuan. Tidak hardirnya peran manajemen karier dapat mengakibatkan kurangnya pertumbuhan dan pengembangan diri karyawan, kurang optimalnya ekplorasi kemampuan karyawan, dan kurangnya peningkatan produktivitas perusahaan.
Pengaruh Penggunaan Sikd Berbasis Web terhadap Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Di Kantor Dinas X Wijayanti, Fany; Khasanah, Uswatun
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.619

Abstract

Abstract This study aims to measure the magnitude of the effect of the use of letter management applications on the management of incoming and outgoing letters at the X Office. The research method used in this study is quantitative method. Data collection techniques were carried out through a questionnaire with a sample of 10 people. The results show that mail management has a significant effect on the use of letter management applications with an F count of 10.153 and a significance value of 0.013. The effect of letter management on the use of letter management applications is 55.9% while 44.1% is influenced by other variabels not examined in the study. Keywords: Mail Management Application, Mail Management Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh penggunaan aplikasi tata surat terhadap pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Kantor Dinas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan surat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi tata surat dengan F hitung 10,153 dan nilai signifikansi 0,013. Pengaruh pengelolaan surat terhadap penggunaan aplikasi tata surat sebesar 55,9% sedangkan 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Kata Kunci : Aplikasi Tata Surat, Pengelolaan Surat
Cover, Editorial Team and Table of Contents Team, Editorial
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.672

Abstract

Perilaku Sekretaris dalam Berkorespondensi Digital Sarbani, Yohanes Adven
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.662

Abstract

Korespondensi digital merupakan kegiatan membuat, mengirim, menerima, dan membalas surat dengan memanfaatkan teknologi komunikasi digital. Sekretaris selayaknya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkorespondensi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku sekretaris perusahaan dalam berkorespondensi digital. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Terdapat 27 responden yang mengisi kuesioner dengan lengkap. Ke-27 responden berprofesi sebagai sekretaris perusahaan atau mengerjakan tugas-tugas sekretaris. Domain perilaku yang diamati dari penelitian berdasarkan klasifikasi yang dikembangkan Bloom yaitu a) pengetahuan, b) sikap, dan c) praktik. Dalam domain pengetahuan, responden diketahui sudah terbiasa mengunakan komputer untuk membuat dan mengirimkan surat melalui pos-el. Responden tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer. Dalam domain sikap, responden memiliki sikap yang baik dan positif dalam pembuatan surat dengan menggunakan teknologi komunikasi digital. Dalam domain praktik, menunjukkan bahwa responden memiliki praktik perilaku yang baik dalam berkorespondensi digital. Sehingga dapat disimpulkan bahwa responden berperilaku baik dalam berkorespondensi digital. Mereka memandang positif kemajuan teknologi komunikasi digital dan bersedia untuk mempelajari teknologi komunikasi digital untuk mendukung kinerja profesional mereka terutama dalam aktivitas korespondensi digital.
Pencarian Arsip Menggunakan Sistem Informasi Temu Arsip Tiga Detik (Si Tatik) pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat Hikmi, Henni Comala; Ismail, Anom; Lestari, Nia
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.663

Abstract

Pencarian arsip atau yang biasa disebut temu balik arsip secara manual menggunakan buku daftar Arsip, memiliki beberapa kekurangan yaitu fisik buku Daftar Arsip yang tebal tentu akan menyulitkan untuk dibawa. Daftar Pencarian Arsip yang selanjutnya disingkat DPA adalah daftarberisi arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan baik yang telah diverifikasi secara langsung maupun tidak langsung oleh lembagakearsipan dan dicari oleh lembaga kearsipan serta diumumkan kepada publik..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur kerja sistem informasi temu arsip tiga detik (Si TATIK) pada pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan sistem informasi temu arsip tiga detik (Si TATIK) pada pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB sangat bermanfaat dimana penataan arsip yang rapi dan tertib (dilengkapi dengan alamat penyimpanan setiap berkas arsip).
Analisis Sistem Informasi SIVOKA dalam memberikan pelayanan Administrasi bagi mahasiswa di tengah pandemi covid-19 (studi kasus pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya) Rosalin, Sovia; Rachman, Rani Auliawati
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem informasi akademik dalam memberikan pelayanan administrasi kepada mahasiswa di tengah pandemi covid-19, khususnya pada mahasiswa pendidikan vokasi universitas brawijaya yang menggunakan sistem informasi akademik berbasia website bernama sivoka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiam studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan wawacara dengan pihak pendidikan vokasi dan juga observasi pada website sivoka. Hasil menunjukkan bahwa: sivoka memiliki banyak kelebihan yang dapat mendukung kegiatan akademik selama pembelajaran jarak jauh di tengah situasi pandemi covid-19. Tampilan sivoka yang mudah di operasikan, dan vitur dalam mengurus persuratan membantu mahasiswa untuk tidak perlu datang ke kampus untuk mengurus surat, meringankan pengeluaran dalam hal kertas dan printer.
Penanganan Perjalanan Dinas Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Anis, Melati Gusmira; Selfiana, Selfiana
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i2.631

Abstract

Sekretaris merupakan suatu profesi yang sangat penting dan selalu diperlukan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Salah satu tugas sekretaris adalah melakukan persiapan perjalanan dinas pimpinan yaitu mengatur jadwal perjalanan dinas dengan baik dan sesuai dengan prosedur perusahaan, mempersiapkan dokumen perjalanan dinas hingga memesan transportasi dan akomodasi. Mempersiapkan transportasi dan akomodasi untuk perjalanan dinas ke luar negeri biasanya menggunakan jasa agen perjalanan karena lebih mudah dan efisien. Dokumen yang dipersiapkan sekretaris untuk perjalanan dinas luar negeri yaitu surat perintah perjalanan dinas (SPPD), paspor, visa, berkas MoU, tiket pesawat dan surat undangan. Sedangkan dokumen yang dipersiapkan untuk perjalanan dinas dalam negeri yaitu SPPD dan tiket pesawat. Setelah pimpinan melakukan perjalanan dinas sekretaris membantu untuk membuat laporan hasil perjalanan dinas dan laporan keuangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7