cover
Contact Name
HENDRA SAPUTRA
Contact Email
hendrasaputra@polibatam.ac.id
Phone
+6285204778842
Journal Mail Official
hendrasaputra@polibatam.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Mesin, Polilteknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Batam Center, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461 Telp. (0778) 469856 ext, 1054
Location
,
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA)
ISSN : 26854910     EISSN : 26854910     DOI : -
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) is scientific, peer-reviewed and open access journal managed and published by Research and Community Services, Politeknik Negeri Batam. The journal is published two times a year on June and December. Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Articles 63 Documents
Pengaruh Temperatur Nozzle dan Base Plate Pada Material PLA Terhadap Nilai Masa Jenis dan Kekasaran Permukaan Produk Pada Mesin Leapfrog Creatr 3D Printer Rahman Hakim; Ihsan Saputra; Gilang Prabowo Utama; Yuris Setyoadi
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.475 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1242

Abstract

3D Printing adalah sebuah printing yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, namun berbeda dengan printing biasanya yang mencetak data dalam sebuah kertas ataupun lembaran lainnya. Dengan teknologi dari 3D printing sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. Dalam penelitian ini, dikaji tentang pengaruh parameter temperatur nozzle dan base plate pada material PLA terhadap kehalusan permukaan. Pada proses penelitian ini material yang dipakai adalah Poly Lactid Acid (Poly Lactic Acid ) yang kemudian akan dibentuk menjadi spesimen dengan ukuran 30x30x10 mm. Dengan menggunakan temperatur nozzle yaitu 190°C, 205°C, 220°C dan temperatur base plate 30°C dan 50°C serta menggunakan lem dan tidak menggunakan lem. Pada penelitian ini, didapatkan hasil density yang paling mendekati dengan density material adalah pada temperatur nozzle 190°C dan temperatur base plate 50°C dengan menggunakan lem ataupun tidak pada single nozzle sebesar 1.734 g/cm3
Penerapan Triangular Kernel Nearest Neighbor Sebagai Metode Clustering Dasar Pada Metode Bagging Muhammad Najibulloh Muzaki
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1399.133 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1313

Abstract

Salah satu permasalahan utama dalam data mining adalah untuk menemukan metode clustering yang powerful. Terdapat suatu pendekatan baru dengan menggabungkan lebih dari satu metode clustering dikenal juga sebagai multi-clustering. Salah satu metode yang telah diperkenalkan adalah bagging (bootstrap aggregating). Metode tersebut terdiri dari metode clustering dasar dan metode clustering hierarki untuk mengkombinasikan partisi yang dihasilkan oleh metode clustering dasar. Triangular kernel nearest neighbor (TKNN) merupakan salah satu metode clustering berbasis densitas yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan jumlah cluster secara otomatis. Penelitian ini menggunakan TKNN sebagai metode clustering dasar dalam metode bagging. Analisis komparatif menggunakan nilai F-Measures untuk empat metode single clustering (TKNN, ILGC, DBSCAN dan DENCLUE) dengan 9 dataset untuk menganalisa kinerja dari metode yang diusulkan. Berdasarkan hasil percobaan, menunjukkan beberapa hasil cluster yang lebih baik.
Studi Perhitungan Tahanan Kapal Kontainer 8500 DWT Mufti Fathonah Muvariz; Sulistyo Wibowo; Naufal Abdurrahman; Hendra Saputra; Sapto Wiratno Satoto; Nidia Yuniarsih; Nurman Pamungkas
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1645.785 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1333

Abstract

Negara Indonesia adalah negara maritim, Negara yang mempunyai banyak sungai dan lautnya. Dalam proses transportasi antar pulau yang terpisahkan oleh peraiaran, sarana transportasi laut dan sungai sangat dibutuhkan. Untuk menunjang perekonomian negara dan juga sarana transportasi hasil bumi, salah satu alat yang dibutuhkan adalah kapal kontainer. Kapal kontainer adalah kapal yang didesain khusus dan digunakan hanya untuk mengangkut kontainer. Kapal kontainer memiliki desain khusus sesuai ukuran peti kemas yang sudah distandarkan. Untuk menentukan nilai hambatan dan nilai data hidrostatiknya perlu dilakukan pemodelan desain lambung kapal 3D menggunakan bantuan software perkapalan. Metode yang digunakan dalam perancangan desain 3D lambung kapal adalah menggunakan bantuan software maxsurf enterprise v8i. Tujuan dari perancangan kapal ini adalah untuk mengetahui data hidrostatik dan besar hambatan dari bentuk kapal. Dari Perhitungan didapatkan nilai-nilai sebagai berikut : Cb = 0,74, Cm = 0,99, Cwl = 0,844, Cp = 0,7515, Cpv = 0,8815. Diperoleh juga nilai dari Volume Displacement = 9699,37 m3, Besar Displacement = 9941,87 ton dan juga nilai Hambatan Kapal sebesar 221,182 kN.
Perbandingan Teknis Ukuran Utama dan Hambatan Kapal Pada Lambung Kapal Wisata Pulau Petong Sapto Wiratno Satoto; Naufal Abdurrahman P; Hendra Saputra
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.083 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1336

Abstract

Lambung kapal wisata pulau Petong direncanakan akan dibuat dari lambung kapal Pancung lokal yang terdapat di dekitar kepulauan Batam. Alasan penggunaan lambung kapal lokal adalah untuk memunculkan kearifan lokal serta meningkatkan produksi kapal lokal di sekitar pulau Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lambung kapal yang ada di sekitar pulau Batam untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan lambung kapal wisata. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kapal yang terdapat di sekitar pulau Batam kemudian dibandingkan antara satu dan yang lainnya. Dari 6 kapal yang kemudian dipilih 3 kapal yang memiliki kesamaan bentuk, terdapat 1 kapal yang memiliki karakteristik yang dianggap sesuai untuk kebutuhan kapal wisata. Karakteristiknya adalah dengan ukuran kapal yang panjang, serta lebar, namun memiliki hambatan dan kebutuhan power yang walaupun nilainya tidak paling kecil maupun besar, tapi dianggap sesuai untuk memenuhi kebutuhan kapal.
Uji Kekuatan Skid-Frame Pada Horizontal Pressure Vessel Berbasis Simulasi Numerik Ghea Rizki Amelia; Naufal A Prasetyo
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.29 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1359

Abstract

Skid-frame adalah sebuah gabungan struktural yang terdiri dari berbagai macam ukuran atau pun dimensi profile. Skid-frame dirancang agar dapat menahan beban yang berada di atas nya. Beban ini berasal dari sebuah pressure vessel bertipe horizontal. Pressure vessel merupakan wadah yang digunakan untuk penyimpanan atau laluan fluida baik gas maupun cairan yang bertekanan. Tekanan tersebut bisa lebih besar atau lebih kecil dari tekanan udara luar pressure vessel. Pada studi ini beban dari pressure vessel yang digunakan berasal dari operating weight-nya yaitu sebesar 22000 Kg. Beban tersebut diasumsikan sebagai beban statis, baik intensitas maupun gaya kerjanya. Material yang diaplikasikan pada skid-frame dalam studi ini yaitu berjenis S275JR dengan nilai yield strength sebesar 275 N/mm2. Untuk mengetahui kemampuan skid-frame dalam menahan beban, dilakukan sebuah simulasi numerik menggunakan perangkat lunak berbasis metode elemen hingga. Hasil yang diharapkan berupa nilai stress, displacement dan safety factor. Setelah dilakukan pemodelan dan simulasi menggunakan program perangkat lunak simulasi, didapatkan nilai stress maksimum sebesar 150,795 Mpa, displacement maksimum sebesar 15,21 mm dan safety factor pada rentang nilai 1,7 – 2,28.
Pengaruh Temperatur Nozzle dan Base Plate Pada Mesin Leapfrog Creatr 3D Printer Terhadap Density dan Surface Roughness Material ABS Benny Haddli Irawan; Rahman Hakim; Hanifah Widiastuti; Domi Kamsyah; Bambang Sahputra
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - June 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1041.824 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i1.1360

Abstract

Printer 3D adalah sebuah printer yang menampilkan data dalam bentuk cetakan. Dengan teknologi dari 3D printing, sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. Dalam penelitian ini dikaji tentang pengaruh parameter temperature nozzle dan base plate pada material ABS terhadap hasil kekasaran permukaan serta density yang paling baik. Pada proses penelitian ini menggunakan bahan Acrylonytrile Butadine Stryne yang dibentuk menjadi specimen dengan dimensi panjang 3cm, lebar 3cm dan tinggi 1cm. Penyetingan parameter temperatur nozzle yang digunakan yaitu 240ºC, 250ºC and 260ºC (single nozzle dan dual nozzle), temperatur base plate 30ºC, dan 100ºC serta adhesive type dengan lem atau tanpa lem. Dari penelitian ini akan didapat data pengaruh temperatur nozzle, temperatur base plate, pengaruh lem dan nilai density yang paling baik. Dari penelitian ini temperatur terbaik untuk mencetak material specimen dengan kekasaran permukaan yang paling rendah diperoleh sebesar 6,15 µm yang setara dengan N9 dengan parameter temperatur nozzle 260ºC dan base plate 100ºC menggunakan bahan perekat (glue) dengan metode single nozzle . Adapun parameter yang digunakan untuk memperoleh density yang paling mendekati nilai spesifikasi density material ABS yaitu pada temperatur nozzle 240ºC sedangkan base plate 100ºC dengan menggunakan bahan perekat (glue). Pada setting semua temperatur nozzle baik single nozzle ataupun dual nozzle dengan temperatur base plate 30ºC tanpa menggunakan lem semua hasilnya adalah reject.
Desain Jig & Fixture untuk Break Shoes Sepeda Angin Annisa Fyona; Rahman Hakim; Afriandi Afriandi
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - December 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.654 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i2.1361

Abstract

Perkembangan industri yang sangat pesat membuat persaingan di dunia industri menuntut adanya alat yang bisa membantu proses produksi agar bisa lebih cepat dan mampu menghasilkan produk dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat serta mengurangi biaya produksi,salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan produksi diperlukan Jig & fixture yang lebih efisien. Dalam pengerjaan,maka dilakukan pengembangan terhadap jig & fixture yang telah ada di PT.SBM agar lebih efisien, dan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembuatan jig & fixture maka dilakukan pengambilan data dengan menggunakan Ishikawa Diagram untuk melihat pengaruh-pengaruh yang menyebabkan kualitas dan produksi yang kurang optimal,serta melakukan observasi terhadap jig & fixture yang telah ada sebelumnya.Selanjutnya dilakukan proses desain yang akan dikerjakan dengan menggunakan software Solidwork dengan cara penambahan dari 2 menjadi 3 jig. Dengan penambahan jig tersebut maka diharapkan akan ada penambahan kuantitas terhadap part break shoes tersebut.
Rancangan Alat Pengangkut Sampah Tenaga Angin (PESTA) Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Perairan Dinna Anggia Suheri; Dwiki Novri Ditya; Kurnia Sandi; Luthfiya Ratna Sari
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - December 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.498 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i2.1422

Abstract

Sampah perairan di Indonesia merupakan permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Sementara itu, dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan semakin bertambah volume timbunan sampah yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Tak hanya permasalahan sampah, krisis energi tak terbarukan pun menjadi salah satu permasalahan di Indonesia, dimana terbatasnya ketersediaan energi tak terbarukan dalam pemenuhan kebutuhan energi manusia. Energi tak terbarukan juga dapat menyebabkan polusi yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Melihat permasalahan tersebut, maka penelitian ini berupaya merancang alat PESTA (Pengangkut Sampah Tenaga Angin) sebagai alternatif solusi dalam membantu mengurangi jumlah timbunan sampah perairan dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan berupa tenaga angin. Dalam mendesain rancangan alat peneliti menggunakan software Sketchup 2015. Rancangan alat dibuat dengan berdasarkan hasil studi literatur berupa rancangan-rancangan atau inovasi alat yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian merupakan rancangan prototipe alat PESTA yang dibuat dengan ukuran tinggi 2 m, dan panjang serta lebar dengan ukuran 1.5 m.
Analisa Perbedaan Karakteristik Gerakan Ponton Pengapung Turbin Angin Lepas Pantai Pada Kondisi Terapung Bebas Dan Tertambat Luh Putri adnyani; Diana Delivia; Indira Anggriani
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - December 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1109.641 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i2.1607

Abstract

Salah satu energi alternatif terbarukan untuk area pantai adalah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dalam pengembangan ketenagalistrikan nasional, khususnya pada daerah yang memiliki potensi kecepatan angin di atas 4 meter per second (m/s). Inovasi teknologi untuk pondasi turbin terapung sangat diperlukan. Identifikasi turbin angin lepas pantai terapung masih memerlukan kajian-kajian spesifik dan mendalam, salah satunya terkait aspek tali tambat. Pada saat beroperasi, seringkali terjadi gerakan yang disebabkan oleh arus, gelombang, atau pun angin. Sistem tambat (mooring) diperlukan untuk menjaga ponton pondasi pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai supaya relatif tetap pada posisi yang dibutuhkan, namun, gaya yang terdapat pada mooring system perlu disesuaikan terhadap karakteristik ponton. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan tujuan, mengetahui respon gerakan dari ponton pada saat kondisi terapung bebas dan pada saat tertambat. Dalam penelitian ini digunakan software simulasi MOSES dan Maxsurf. MOSES menjadi alat untuk menganalisis hidrostatik dari ponton dan Maxsurf merupakan software untuk menganalisis desain ponton. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu RAO heaving maksimum terjadi pada sudut gelombang 900 (beam seas) dengan nilai RAO sebesar 1.0934069 (m/m). RAO roll maksimum terjadi pada sudut gelombang 900 (beam seas) dengan nilai RAO sebesar 9.454861 (rad/rad). RAO pitch maksimum terjadi pada sudut gelombang 450 (quartering seas) dengan nilai RAO sebesar 0.9103925 (rad/rad).
Studi Eksperimen Pengaruh Initial Constant Heel Terhadap Kinerja Manuvering Kapal Baharuddin Ali; Cakra Wijaya Kusuma Rahadi; Sumarsono Sumarsono; Muhamad Ali Mudhofar
Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) - December 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1230.699 KB) | DOI: 10.30871/jatra.v1i2.1678

Abstract

Manuverabilitas suatu kapal adalah salah satu kunci untuk menjamin keselamatan jalannya operasional kapal. Kondisi manuver kapal dalam kondisi kapal tidak normal misal mengalami kemiringan akibat bergeseran muatan atau akibat kapal mengalami kebocoran (constant heel) perlu dilakukan antisipasi. Mengetahui karakteristik manuvering kapal dengan kondisi initial constant heel melalui uji model akan memberikan gambaran riil yang terjadi dan menjadi masukan dalam permodelan matematis. Untuk mengetahui pengaruh kemiringan kapal terhadap kinerja manuver kapal maka pada tulisan ini menyajikan hasil pengujian turning dan zig-zag maneuver pada sebuah model kapal patroli pantai dalam kondisi normal dan initial port side constant heel dengan metode free running model. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penurunan dan kenaikan parameter turning maneuverdalam kondisi kapal miring terlihat lebih siknifikan pada transfer dan tactical diameter jika dibandingkan dengan kondisi normal. Saat kapal miring ke kiri (port side initial constant heel) melakukan port side turning, transfer dan tactical diameter model kapal dengan kondisi miring ke kiri mengalami penurunan 2.14% dan 3.03%, sebaliknya saat starboard side turning mengalami peningkatan pada transfer diameter 6.20% dan tactical diameter naik menjadi 8.09% dibandingkan kondisi normal, sedangkan pengaruh initial constant heel pada manuver zig-zag tidak siknifikan