cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 72 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2021): September 2021" : 72 Documents clear
Kesenian Hadrah Sebagai Warisan Budaya Di Kota Pontianak Kalimantan Barat Regaria Tindarika; Iwan Ramadhan
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.907-926.2021

Abstract

Kesenian Hadrah telah menjadi kesenian yang di bawakan dalam beberapa acara yang ruang lingkupnya kecil yang dilakukan oleh kepala keluarga hingga besar seperti perlombaan tingkat provinsi. Oleh karena itu peneliti tertarik mengetahui lebih lanjut keberadaan seni hadrah sebagai warisan budaya di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Metode yang dipakai adalah kualitatif deskriptif serta penelitian ini dilakukan dibantu dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada narasumber, pengamatan secara langsung dan studi dokumentasi. Dalam mengalisis hasil data, menggunakan suatu pendekatan historis dan antropologis. Setelah dilakukan penganaisisan, didapatkan data bahwa Seni Hadrah mengalami beberapa kali kemunduran dari awal kedatangannya di Kota Pontianak hingga sekarang. Walaupun sempat mengalami kemunduran pada masa penjajahan Jepang, akan tetapi masih terus dipertahankan dan ditampilkan di Kota Pontianak hingga sekarang. Hal ini dibuktikan dengan masih bertahannya grup kesenian Hadrah di Pontianak yang biasanya tampil pada saat peringatan Maulid Nabi, khitanan, pesta nikah dan aqiqah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan kepedulian kepada generasi muda, sehingga dapat melestarikan serta menjaga potensi budaya yang dimiliki melalui nilai-nilai khususnya nilai-nilai agama Islam yangterkandung dalam seni Hadrah.
Pengaplikasian Mosaik pada Produk Rumah Tangga Sebagai Peluang Usaha Baru Bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 Ariani Ariani; Awang Eka Novia Rizali; Susy Irma Adisurya; Gihon Nugrahadi
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1097-1106.2021

Abstract

Terpuruknya kondisi ekonomi di Indonesia akibat pandemi covid-19 telah berdampak pada semua lapisan masyarakat. Berbagai upaya dilakukan untuk memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah pengaplikasian desain mosaik pada produk rumah tangga sebagai peluang usaha baru bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dengan sasaran masyarakat yang bekerja sebagai pengemudi ojek, tukang las, dan pekerja bangunan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pengaplikasian mosaik dari pecahan kaca dan keramik yang dikombinasikan dengan kayu bekas peti kemas menjadi produk nampan. Metode eksperimen dilakukan pada tahap persiapan, dilanjutkan dengan metode participatory action research dan pendampingan pada pelaksanaan pelatihan. Melalui pelatihan ini, para peserta menguasai keterampilan dalam membuat nampan kayu dan memiliki pemahaman estetika dalam menyusun pecahan kaca dan keramik menjadi mosaik. Hasil PkM berupa produk nampan yangfungsional dan bernilai estetis diharapkan dapat membuka peluang usaha baru bagi para peserta.
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas V SDN 8 Suwawa Fatmah Akase
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1223-1230.2021

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2019/2020 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswamengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan tersebut yaitu Pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta performansi guru melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SDN 8 Suwawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 8 Suwawa tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 65 dan persentase tuntas belajar klasikal 75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 80,82 dan persentase tuntas belajar klasikalmenjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SDN 8Suwawa. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
Determinant of Student Decisions in Choosing Diploma Study Program at Vocational College Amir Hamzah; Tito Prayitno
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1029-1044.2021

Abstract

The requirements in entering the world of work today demand professional skills and abilities according to the needs of the organization. Therefore, effective marketing strategies become important for vocational colleges to get prospective students. There are several studies that examine the factors that influence students' decisions in choosing a college, but research focusing on vocational college research is still very limited. This study aims to analyze the determinants that influence students' decisions in choosing a course of study at a Vocational College. This study was conducted by an online survey of 158 respondents who were studying at three Vocational Universities in Banten Province, namely ASM Lepisi, Politeknik LP3I Jakarta Tangerang Campus, and Politeknik PGRI Banten. Analyze the data using Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Finally, the author expects the empirical results of this study to be useful as a reference for marketing practitioners of Vocational Universities in West Java and Banten, in particular and Indonesia in general.
Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SLB Negeri Kota Gorontalo Rita Kadir
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1185-1192.2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untk mengetahui peningkatan perbendaharaan katapada mata pelajaran Bahasa Indonesia anak tunarungu pada siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo semester II Tahun Pelajaran 2019/2020, yang diperoleh melalui penggunaan media variasi gambar. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah 1. Anak Tunarungu SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam hal memahami kata, 2.anak Tunarungu kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan menyusun kalimat dikarenakan miskinnya bahasa, 3. Anak Tunarungu kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam hal bicara karena kurangnya Kosa kata yang dikuasainya, 4. Kurangnya media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memperbanyak kosa kata, 5. Belum digunakan media “variasi gambar”dalam upaya meningkatkan perbendaharaan kata.ebut diatas, metode penelitian yang digunakan dalam rangka pengumpulan data menggunakan cara observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data secara diskriptif yaitu dengan membandingkan nilai antarsiklus yang dianalisis adalah tes siswa sebelum menggunakan media variasi gambar dan nilai tes siswa setelah menggunakan media variasi gambar.Hasil penelitian menunjukan: 1. Melihat hasil kata dari studi awal angkaketuntasan hanya 16,67% setelah diadakan perbaikan sampai nilai siklus I dan IImenunjukan adanya peningkatan yang signifikan dari angka ketuntasan siswa hingga mencapai 100%, 2. Terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat dibaca pada lembar observasi. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi: “Penerapan Media Variasi Gambar dapat meningkatkan kosa kata pada siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020” Terbukti kebenaranya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media variasi gambar diharapkan lebih efektif untuk meningkatkan kosa kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SLB Negeri Kota Gorontalo.
Methotrexate Detection Based On The Optical Properties Of Carbon Nanotubes And Silver Nano Particles Nanocomposites Fida Mohammad Mohammadi
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1323-1328.2021

Abstract

In this experiment, glassy carbon electrode with multi walled carbon nanotubesnanocomposites have been prepared in different concentration in order to see ifmethotrexate is anticancer drug. For the purpose of characterizing the structures,nanocomposites were analyzed by scanning electron microscope. Optical measurements of different concentrations were conducted by z-scan method and the results show that by rising the concentration, nonlinear refractive index and linear absorption coefficient increases. The values of nonlinear refractive index are in orders of ????????−???? ???????????? ????.
The Strategy of Education and Training During The Covid-19 Pandemic Bayu Adi Laksono
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.855-864.2021

Abstract

The purpose of this research is to find out how to manage education and trainingstrategies that not only maintain the existence of the institution but also provide benefits for the perpetrators even though it is carried out during the pandemic. This research was conducted in 6 courses and training institutions in East Java and West Java, from March to April 2021. Using a qualitative approach, starting with the distribution of a preliminary questionnaire, then elaborated by in-depth interviews. The results of the study show that the pandemic provides fundamental changes to the governance or management of educational and training institutions starting from planning, implementation and evaluation. At the planning stage, the course and training institutions change the time, goals, and costs to adapt to pandemic conditions, then create digital marketing strategies, and initial assessments for material efficiency. At the implementation stage, the institution applies virtual learning, as well as face-to-face meeting if it is really necessary to do so. At the evaluation stage, the institution uses a contextual evaluation adapted to the pandemic situation but with the appropriate conditions.
Pengaruh Digital Leadership dan Digital Collaboration terhadap Digital Skill Semasa COVID-19 Nopriadi Saputra; Riant Nugroho
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.977-986.2021

Abstract

Ketidaksetaraan dalam hal digital skill menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi organisasi baik perusahaan maupun pemerintahan untuk menjamin produktivitas dan efektivitas dalam work from home semasa Covid-19. Pengembangan digital skill menjadi faktor penting yang coba dibahas pada artikel ini.  Apakah digital skill dari pegawai yang melakukan WFH itu lebih dipengaruhi oleh digital leadership dari supervisornya ataukah oleh digital collaboration yang mereka lakukan dalam tim kerja? Riset empiris yang bersifat cross sectional dan melibatkan 824 pekerja kantoran 32 propinsi di Indonesia sebagai responden. Pengumpulan data mengunakan online-questionnaire dengan pendekatan convenience dan snowballing sebagai sampling method. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan structural equation modelling yang berbasis partial least square dalam format first order constructs. Hasil pengujian hipotesis secara statistik menjelaskan bahwa digital skill dipengaruhi secara signifikan oleh digital collaboration dan digital collaboration dipengaruhi oleh digital leadership. Digital leadership berpengaruh tidak langsung terhadap digital skill. Kepemimpinan supervisor selama melewati masa COVID-19 sebaiknya lebih diarahkan untuk mendorong berkembanganya digital collaboration sehingga melalui hal tersebut berkembanglah digital skill.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa SMA Negeri 1 Wonosari Lestari Mustapa
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1149-1154.2021

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikkelas XI SMA Negeri 1 Wonosari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujekpenelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas.
Study Of Structuralism With Robert Stanton's Perspective In A Novel Every Night Is Separated By Alfiansyah On Language Learning Based On Literature Widyatmike Gede Mulawarman; Nina Queena Putri; Endang Dwi Sulityowati; Alfian Rokhmansyah; Herdita Noor Wanda
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.3.1273-1284.2021

Abstract

Robert Stanton's structuralism is a study that focuses on the means of storytelling by looking at gender perspective as a problem in the novel that will be discussed in this study. This study aims to (1) describe Robert Stanton's Structuralism in the form of a literary means of building the novel Every Night is Sepi by Alfiansyah; (2) describing the gender perspective in the novel Every Night is Sepi by Alfiansyah. This study uses a qualitative approach with the analysis of the content of Robert Stanton's model. The results showed structural elements focusing on the means of the story and gender perspective as follows: Literary means are things that are utilized by the author in choosing and arranging the details of the story. The novel Every Malam is Sepi is built by excellent literary means because it meets all elements, namely: title, point of view, style and tone, symbolism, and irony. The gender perspective in the novel Every Night is Sepi is gender equality and gender injustice. The novel's gender injustices are marginalization, subordination, stereotypes, violence against women, and the double burden