cover
Contact Name
Nova Rini
Contact Email
nvrin207@yahoo.com
Phone
+628176094259
Journal Mail Official
nvrin207@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Minangkabau No 60, Manggarai, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
ISSN : 2088219X     EISSN : 27163830     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Internasional Hukum Bisnis Kewirausahaan Ekonomi Moneter, Keuangan, dan Perbankan Ekonomi internasional Ekonomi Publik Pertumbuhan ekonomi Ekonomi Daerah Artikel yang dikirimkan asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain. Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen" : 13 Documents clear
PENGARUH WORK-FAMILY CULTURE TERHADAP WORK-FAMILY CONFLICT PEGAWAI YANG BEKERJA DARI RUMAH Ratih Anbarini; Henny Sri Mulyani Rohayati; Kunto Adi Wibowo
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.490

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan sejumlah kebijakan, salah satunya bekerja dari rumah (work from home/WFH). WFH bagi pekerja di Indonesia masih menjadi sesuatu yang asing, sehingga sulit menempatkan urusan pekerjaan dan keluarga sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh bekerja dari rumah dengan work-family conflict dan akan melihat pula bagaimana work-family culture berpengaruh terhadap work-family conflict dengan menggunakan metode kuantitatif melalui survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bekerja dari rumah menyebabkan work-family conflict, serta work-family culture berpengaruh terhadap work-family conflict. Karena adanya pengaruh inilah, maka organisasi disarankan menerapkan work-family culture yang mendukung pekerjaan pegawainya, sehingga tingkat work-family conflict tidak menjadi lebih tinggi.    The Covid-19 pandemic in Indonesia has forced the government to implement many policies, one of which is working from home (WFH). Working from home is still an uncommon concept in Indonesia, so it is difficult for workers to place between work and family matters. This study discusses the effect of working from home with work-family conflict and will also see how work-family culture affects work-family conflict using quantitative methods through surveys. The results show that working from home causes work-family conflict, and work-family culture affects work-family conflict. Because of this influence, it is recommended that organizations implement a work-family culture that supports their employees’ work so that work-family conflicts do not become higher.
ANALISIS POSITIONING PEMETAAN MARKETPLACE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI JAKARTA SELATAN Ahmad Nurdin Hasibuan; Oktofiani Suharli; Reny Andriyanty
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.446

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menentukan posisi dan faktor yang mempengaruhi pemetaan marketplace berdasarkan persepsi konsumen di Jakarta Selatan. Metode penelitian adalah deskriptif.  Responden berjumlah 140 orang, yang ditentukan secara non-probabilitas sampel (berdasarkan penilaian secara purposif) dan tersebar di wilayah Jakarta Selatan. Data dianalisis dengan penskalaan multidimensi yang menganalisis 5 marketplace, 7 atribut dan 15 indikator.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa posisi pertama marketplace berdasarkan pada atribut: 1) ease of use, 2) information quality,3)  consumer service, 4) web/application design, 5) process controllability,6)  outcome quality dan 7) price ditempati oleh Shopee, yang diikuti dengan Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Blibli dengan jarak eculidean. Hasill penelitian ini diharapkan UMKM memiliki semangat dalam mengembangkan atau memasarkan produknya melalui media marketplace dengan memperhatikan ketujuh atribut yang diteliti.This study aims to determine the positioning and factors for marketplace mapping, according to consumer perceptions in South Jakarta. This research method is descriptive.  The 140 respondents around South Jakarta, were determined by non-probability techniques (purposive judgment sampling).  The data analyzed by multidimensional scaling which involved 5 market places, 7 attributes and 15 indicators.  The results of this study indicate that the first position of the marketplace based on the attributes of ease of use, information quality, consumer service, web/application design, process controllability, outcome quality and price is occupied by Shopee, followed by Tokopedia, Bukalapak, Lazada and Blibli.com with eculidean distance. The results of this research are expected that MSMEs have enthusiasm in developing or marketing their products through the media marketplace by paying attention to the seven attributes studied.
BALANCED SCORECARD SEBAGAI SISTEM PENGUKURAN KINERJA STRATEGIS DI PT HUTAMA KARYA PERSERO Kun Hartawan Adi Satria; Lela Nurlaela Wati; Oktavia Oktavia
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.507

Abstract

Balanced scorecard (BSC) merupakan konsep pengukuran yang komprehensif bila dilihat dari sisi internal. Namun, untuk perumusan alternatif strategi perusahaan, analisis internal saja tidak cukup untuk menggambarkan kondisi perusahaan secara komprehensif. Untuk itu diperlukan kombinasi dari analisis internal dan eksternal untuk melihat sejauh mana posisi perusahaan di pasar dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan serta melihat peluang dan tantangan yang ada di luar perusahaan sehingga diperoleh alternatif strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Peneliti mengukur kinerja PT Hutama Karya Persero (PT HK) yang dibandingkan dengan data Rencana Jangka Panjang Perusahaan serta data competitor untuk melihat posisi perusahaan. Indikator yang digunakan adalah perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran yang dikombinasikan dengan sisi eksternal perusahaan melalui metode analisis SWOT, dimana hal ini menjadi pembaruan dari penelitian sebelumnya yang hanya menggunakan BSC. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang dapat dirumuskan untuk menjadi alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan. Penelitian ini diharapkan memberikan masukan mengenai sistem penilaian kinerja yang komprehensif bagi perusahaan dan tambahan bukti empiris mengenai konsep pengukuran kinerja dengan kombinasi BSC dan SWOT.The balanced scorecard (BSC) is a comprehensive measurement concept based on an internal perspective. However, for the formulation of alternative corporate strategies, internal analysis alone is not sufficient to describe the current condition of the company. For this reason, a combination of internal and external analysis is needed to see the extent of the company's position in the market using SWOT analysis. This study aims to measure the company's performance and see the opportunities and challenges that exist outside the company in order to obtain alternative strategies to achieve company goals. Researchers measure the performance of PT HK which is compared with the Company's Long Term Plan and competitor data to see the company's current position. The indicators used are financial perspectives, customers, internal business processes, growth and learning combined with the external side of the company through the SWOT analysis method, which is an update from previous studies that only used BSC. The results of the study show that there are several strengths and weaknesses as well as opportunities and challenges that can be formulated to become alternative strategies that can be implemented by the company. This research is expected to provide input on a comprehensive performance appraisal system for companies and additional empirical evidence regarding the concept of performance measurement with a combination of BSC and SWOT.
DETERMINAN INDEKS SAHAM BERDASARKAN FAKTOR MAKRO EKONOMI Dewi Nari Ratih Permada; Rachmawaty Rachmawaty; Annisa Amalia
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.447

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh faktor makro ekonomi yang terdiri atas BI Rate, inflasi dan nilai tukar Rupiah-USD terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011 sampai 2020. Data yang diolah merupakan data sekunder dengan metode sampel menggunakan desain sample non probabilities - sampling jenuh, sejumlah 120 data. Metode analisa menggunakan Ordinary Least Square di Eviews 9 dengan hasil menunjukkan secara simultan berdasarkan hasil Uji F bahwa BI Rate (X1), inflasi (X2), nilai tukar Rupiah- USD (X3) memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan IHSG (Y) dengan koefisien determinasi 58,9%. Adapun berdasarkan hasil Uji T, secara partial menunjukan bahwa BI Rate dan Inflasi tidak memberikan pengaruh terhadap IHSG, sedangkan nilai tukar Rupiah-USD memberikan pengaruh signifikan dengan arah positif terhadap IHSG. Model Ordinary Least Square yang diperoleh adalah Y = 2.568,92 – 133,86, X1 – 13,20 X2 + 0,27 X3 + e Implikasi dari model tersebut untuk para investor pasar modal agar memperhatikan apabila terjadi perubahan perubahan kenaikan pada BI Rate dan inflasi akan menyebabkan nilai IHSG menurun atau nilai saham secara agregat menurun. Namun jika terjadi nilai tukar Rupiah menguat terhadap USD maka nilai saham secara agregat juga akan meningkat yang mengindikasikan investor memberikan respond positif.This study aims to analyze the effect of Indonesia's macroeconomic indicators such as the BI Rate, inflation and the Rupiah-USD exchange Rate on the Composite Stock Price Index (IDX Composite) on the Indonesia Stock Exchange for the period 2011 to 2020. Data use in this research was secondary data with the sample method using non-probability sample design - saturated sampling, a total of 120 data. The results of the study using Ordinary Least Square in Eviews 9 show that in simultant BI Rate (X1), inflation (X2), Rupiah-USD exchange Rate (X3) have a significant effect on IHSG (Y) with a coefficient of determination of 58,9%. Partially, the BI Rate and inflation has no effect on IHSG, while the Rupiah-USD exchange Rate has a positive and significant effect on IDX Composite. The Ordinary Least Square model obtained is Y = 2.568,92 – 133,86, X1 – 13,20 X2 + 0,27 X3 + e. The implication of this model is for capital market investors to pay attention to changes in the BI Rate increase and inflation will cause the JCI value to decrease or the aggregate value of shares to decline. However, if the Rupiah exchange rate strengthens against the USD, the aggregate stock value will also increase, indicating that investors will respond positively.
PENGARUH INDEKS GLOBAL DAN VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA Mochamad Rizal Pahlevi; Nurhadi Nurhadi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial Dow Jones Industrial Average (DJIA), Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC), Inflasi dan Nilai Tukar USD/IDR terhadap Indeks LQ45. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah data time series yang berjumlah 67 bulan selama periode Januari 2016 sampai Juli 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dow Jones Industrial Average (DJIA), Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC), Inflasi dan Kurs USD/IDR berpengaruh signifikan terhadap Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara parsial DJIA dan Inflasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks LQ45. Indeks SSEC memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Indeks LQ45. Sedangkan Kurs USD/IDR memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks LQ45. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah diharapkan dapat membantu perusahaan khususnya yang terdaftar di Indeks LQ45 dalam mengoptimalkan nilai perusahaan guna menjaga kinerja dan eksistensi sehingga mampu mensejahterakan pemegang saham perusahaan. Bagi calon investor yang akan memulai atau melakukan investasi khususnya pada perusahaan di Indeks LQ45, supaya dapat melakukan analisa mengenai pergerakan indeks global dan kondisi makro ekonomi sehingga hal ini dapat menjadi pedoman dalam melakukan keputusan investasi.This study aims to determine the simultaneous and partial effect of the Dow Jones Industrial Average (DJIA), the Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC), Inflation and the USD/IDR Exchange Rate on the LQ45 Index. The population in this study is the amount of time series data, totaling 67 months during the period January 2016 to July 2021. The sampling technique in this study uses a saturated sample. Data analysis used multiple linear regression analysis technique with SPSS application. Hypothesis testing using the F test and t test. The results of the analysis show that the Dow Jones Industrial Average (DJIA), Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC), Inflation and the USD/IDR Exchange Rate have a significant effect on the LQ45 Index on the Indonesia Stock Exchange (IDX). Partially, DJIA and Inflation have a positive and significant effect on the LQ45 Index. The SSEC index has a negative and insignificant effect on the LQ45 Index. Meanwhile, the USD/IDR exchange rate has a negative and significant effect on the LQ45 Index. The managerial implication of this research is that it is expected to help companies, especially those listed on the LQ45 Index, in optimizing company value in order to maintain performance and existence so as to be able to prosper the company's shareholders. For potential investors who will start or invest, especially in companies on the LQ45 Index, so that they can analyze the movement of the global index and macroeconomic conditions so that this can be a guide in making investment decisions.
FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOUR: ANTECENDENT DAN KONSEKUENSI (Studi Kasus: Puskesmas Wedung 1 Kabupaten Demak) Ratih Pratiwi; Syafiqotul Azka
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.412

Abstract

Tujuan penelitian ialah mengetahui serta melakukan analisis pengaruhnya financial literacy serta financial selfeficacy pada financial management behavior yang menjadi variabel intervening. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya memakai kuesioner. Sampel sebanyak 68 pegawai Puskesmas Wedung 1 Kabupaten Demak. Teknik mengambil sampelnya memakai non probability sampling yang berjenis sampling jenuh.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis).  Proses pengolahan dan analisisnya dengan SPSS ver.22 for windows. Hasil penelitian adalah financial literacy berpengaruh positif namun tidak signifikan pada financial management behavior, dan financial self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan pada financial management behavior. Kemudian, financial literacy berpengaruh langsung dan signifikan terhadap niat. Financial self efficacy berpengaruh langsung dan signifikan terhadap niat. Dalam penelitian berikut juga menunjukkan jika niat tidak mampu memediasi financial literacy terhadap financial management behavior. Tapi niat mampu memediasi financial self-efficacy terhadap financial management behavior dengan pengaruhnya signifikan. Adapun implikasi dari hasil temuan ini yaitu apabila setiap insan memiliki pengetahuan dasar keuangan seperti financial literacy maka orang tersebut mampu meminimalisir resiko dengan memanfaatkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan tingkat financial self-efficacy, merupakan bentuk seberapa yakinnya orang tersebut terhadap kemampuannya untuk mengelola keuangan dengan memanfaatkan pengalaman, penguasaan dan cara mengontrol emosional dengan begitu niat yang telah direncanakan tidak akan hanya menjadi sebuah  niat, akan tetapi bisa terwujud sesuai dengan nilai prioritasnya dengan tetap melakukan evaluasi untuk membawa status kesejahteraan dalam keuangan lebih baik. The purpose of this study is to determine and analyze the influence of financial literacy and financial self-efficacy on financial management behavior which is the intervening variable. The type of research is quantitative and the data collection technique is using a questionnaire. The sample in this study were 68 employees of the Wedung 1 Public Health Center, Demak Regency. The sampling technique uses non-probability sampling, which is a saturated sampling type. Processing and analysis with SPSS ver.22 for windows. The results of the study are that financial literacy has a positive but not significant effect on financial management behavior, and financial self-efficacy has a positive and significant effect on financial management behavior. Then, financial literacy has a direct and significant effect on intention. Financial self-efficacy has a direct and significant effect on intention. The following research also shows that intention is not able to mediate financial literacy on financial management behavior. But intention is able to mediate financial self-efficacy on financial management behavior with a significant effect. The implications of these findings are that if every person has basic financial knowledge such as financial literacy, then that person is able to minimize risk by utilizing his knowledge in everyday life. Likewise, the level of financial self-efficacy is a form of how confident the person is in his ability to manage finances by utilizing experience, mastery and emotional control so that the planned intention will not only become an intention, but can be realized according to his priority values. while continuing to evaluate to bring the welfare status in finance better.
GREEN MARKETING DALAM KAJIAN FILSAFAT ILMU Moch. Rizal; Mugi Harsono
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.547

Abstract

Artikel ini menelaah green marketing dari aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari green marketing. Penelitian ini menggunakan metode literature review, dengan menjelaskan sejarah dan teori tentang green marketing penulis mengharapkan mendapat gambaran yang lebih detil tentang green marketing dari para peneliti terdahulu dan membuat sebuah kesimpulan mengenai apa yang seharusnya dilakukan dimasa sekarang dan masa yang akan datang agar dalam proses memasarkan produk juga melibatkan aspek lingkungan agar tercapai keseimbangan dan kesinambungan antara industri, proses produksi pemasaran dan linkungan. Tulisan ini juga mengidentifikasi antaseden dan konsekuensi dari green marketing. Anteseden dari green marketing dapat bersumber dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Konsekuensi dari green marketing adalah performa bisnis.This article examines green marketing from the aspects of ontology, epistemology, and axiology of green marketing.  This research uses  the literature review method, by explaining the history and theory of green marketing, the  author hopes to get a more detailed picture of green marketing from previous researchers and make a conclusion about what should be done in the present and the future so that in the process of marketing the product also involves environmental aspects in order to achieve a balance  and continuity between industry, marketing production processes and links. This paper also identifies antaseden and the consequences of green marketing. Antecedents of green marketing can be sourced from internal and external factors of the company. The consequence of green marketing is business performance.
KRITERIA YANG DICARI PERUSAHAAN: ANALISIS KONTEN IKLAN KETENAGAKERJAAN HUBUNGAN MASYARAKAT PADA SITUS INDEED Kimberly Batsheva Lasut; Kunto Adi Wibowo; Ikhsan Fuady
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.417

Abstract

Pada penelitian ini mengeksplorasi bagaimana suatu perusahaan baik itu internasional maupun nasional memberikan tawaran lowongan pekerjaan melalui sistem e-recruitment yakni situs Indeed. Penelitian ini ingin melihat dan memahami bagaimana kriteria yang dicari pada deskripsi iklan ketenagakerjaan khususnya hubungan masyarakat yang dimana dilihat berdasarkan tingkat pendidikan, keterampilan dan kemampuan seorang pelamar kerja di Indonesia. Analisis konten terhadap 35 iklan ketenagakerjaan ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji statistik Chi-square untuk melihat adanya perbedaan yang signifikan pada setiap kategori serta melihat kriteria apa yang paling banyak dibutuhkan dalam iklan ketenagakerjaan hubungan masyarakat oleh suatu perusahaan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan gelar sarjana, keterampilan menulis dan tak tik komunikasi menjadi indikator yang paling banyak dicari dari setiap kategori oleh suatu perusahaan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kategori gelar antara perusahaan nasional maupun internasional dengan nilai signifikansi 0.027 0.05. Sedangkan, pada kategori keterampilan teknis memiliki nilai signifikansi 1.000 0.05 dan keterampilan lunak 0.700 0.05. Artinya, tidak terdapat perbedaan antara kedua jenis perusahaan pada kategori keterampilan teknis dan keterampilan lunak. Maka dari itu, spesifikasi dari deskripsi lowongan pekerjaan hubungan masyarakat yang ditawarkan oleh perusahaan harus jelas dan mencantumkan apa yang menjadi prioritas utama agar pelamar dapat menyesuaikan diri.This research explores how a company, both international and national, offers job vacancies through the e-recruitment system, namely the Indeed site. This research wants to see and understand how the criteria sought in the description of employment advertisements, especially public relations, are seen based on the level of education, skills and abilities of a job applicant in Indonesia. The content analysis of these 35 employment advertisements uses a quantitative descriptive analysis method using frequency distribution and Chi-square statistic test to see significant differences in each category and to see what criteria are most needed in public relations employment advertisements by a company. The findings of this research indicate that a bachelor's degree, writing skills and communication tactics are the most sought-after indicators of each category by a company. Besides that, the result of the research also shows that there was a difference on degree category between national and international company with significant score 0.027 0.05. Meanwhile, on hard skills category got a significant score 1.000 0.05 and soft skills 0.700 0.05. It means that there was no difference between both of the companies on hard skill and soft skill categories. Therefore, the specifications of the description of public relations job vacancies offered by the company must be clear and what are the main priorities so that applicants can adjust.
ANALISIS DETERMINAN PERTUMBUHAN LABA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Faradina Febtiyana; Taufikur Rahman
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Murabahah, Likuiditas (Current Ratio), dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Bank (Size) sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian kuantitatif, dengan  sampel  penelitian  yang  ditentukan  dengan  metode purposive  sampling  sehingga diperoleh 60 sampel dari 12 bank umum syariah pada periode pengamatan (2016-2020). Metode  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  mengakses  laporan tahuan  yang telah  dipublikasikan pada  website resmi masing-masing bank.  Data  yang  diperoleh  kemudian  diolah  dengan  alat  analisis Eviews 12. Metode  analisis  yang digunakan dalam penelitian ini  meliputi  uji  regresi  berganda dan  uji  MRA.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pembiayaan Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Current Ratio (CR)  berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Berdasarkan uji  Moderated Regression Analysis  (MRA) menunjukkan variabel Ukuran bank (size) mampu memoderasi (memperkuat) pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pertumbuhan laba dan ukuran bank (size) tidak mampu memoderasi pengaruh Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap pertumbuhan laba.This study aims to determine the effect of Murabahah Financing, Liquidity (Current Ratio), and Total Asset Turnover (TATO) on Profit Growth with Bank Size as Moderating Variable in Islamic Commercial Banks in Indonesia. This type of research is quantitative research, with research samples determined by purposive sampling method in order to obtain 60 samples from 12 Islamic commercial banks in the observation period (2016-2020). The data collection method is done by accessing the annual reports that have been published on the official website of each bank. The data obtained were then processed using the Eviews 12 analysis tool. The analytical methods used in this study included multiple regression tests and MRA tests. The results showed that partially Murabahah financing variable had a positive and significant effect on profit growth. Current Ratio (CR) has no significant negative effect on profit growth. Total Asset Turnover (TATO) has no significant positive effect on profit growth. Based on the Moderated Regression Analysis (MRA) test, the variable size of the bank (size) is able to moderate (strengthen) the effect of murabahah financing on profit growth and the size of the bank (size) is not able to moderate the effect of Current Ratio (CR) and Total Asset Turnover (TATO) on profit growth.
ANALISIS PROSPEK USAHA TANAMAN HIAS STUDI KASUS DI PELITA DESA CISEENG, BOGOR Awang Surya; Verry Surya Hendrawan; Sentot Eko Baskoro
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v12i1.434

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah semakin maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Situasi sulit seperti sekarang ini membuat korban PHK ke melamar ke perusahaan lain. Hampir semua perusahaan juga sedang mengalami kesulitan yang berujung penurunan pendapatan. Salah satu pilihan terbaik adalah membuka usaha. Pelita Desa, sebuah lembaga nirlaba yang berada di bawah naungan Yayasan Pelita Ilmu, adalah salah satu lembaga yang sudah lama mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan. Salah satu sasarannya adalah kaum muda pedesaan. Saat ini mereka sedang mengembangkan budidaya tanaman hias untuk pasar ekspor. Mereka menerapkan pola kemitraan dalam usaha tanaman hias. Penelitian ini bertujuan menganalisis prospek usaha budidaya tanaman hias untuk pasar ekspor yang dilakukan di Pelita Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah metode kualitatif deskriptif. Hasil yag didapat dari penelitian ini budidaya tanaman hias tropis untuk pasar ekspor sangat menjanjikan. Budidaya tanaman hias ini perlu didorong untuk dikembangkan di wilayah sekitar lokasi Pelita Desa.One of the impacts of the COVID-19 pandemic is the increasing number of layoffs. The current difficult situation has forced layoff victims to apply to other companies. Almost all companies are also experiencing difficulties that lead to a decline in revenue. One of the best options is to open a business. Pelita Desa, a non-profit organization under the auspices of the Pelita Ilmu Foundation, is an institution that has long encouraged the growth of an entrepreneurial spirit. One of the targets is rural youth. Currently they are developing ornamental plant cultivation for the export market. They apply a partnership pattern in the ornamental plant business. This study aims to analyze the business prospects of ornamental plant cultivation for the export market in Pelita Desa. The method used in this research is a descriptive qualitative method. The results obtained from this research are that the cultivation of tropical ornamental plants for the export market is very promising. The cultivation of ornamental plants needs to be encouraged to be developed in the area around the Pelita Desa location. 

Page 1 of 2 | Total Record : 13