cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin" : 7 Documents clear
INVESTIGASI PERSENTASE KENAIKAN DAYA DAN TORSI AWAL PUTARAN MESIN PADA MOTOR BAKAR 125 CC DAN 250 CC Riki Candra Putra; Agus Sulaeman; Rofiroh Rofiroh; Andri Suhendri
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.5829

Abstract

Daya dan torsi merupakan parameter yang banyak diperhatikan oleh penggemar otomotif. Tidak banyak peneliti yang memperhatikan kenaikan daya dan torsi saat motor mulai dijalankan hingga mencapai nilai maksimum. Pada grafik hasil pengujian dynamometer sering terlihat perbedaan kenaikan daya dan torsi di awal putaran, torsi selalu naik lebih cepat hampir mencapai nilai maksimumnya meskipun masih pada putaran rendah, dan daya masih berada nilai yang rendah terhadap nilai maksimumnya. Hal ini bisa disebabkan rasio gearbox yang dimiliki oleh kendaraan sepeda motor tersebut atau juga volume silinder kendaraan. Pada pengujian dengan menggunakan alat dynamometer untuk motor 125cc dan 150cc di dapat dibuat persentase nilai daya dan torsi. Nilai persentasi torsi pada motor 125cc mempunyai kenaikan yang cukup besar meskipun masih putaran rendah yaitu sebesar 2000 rpm di dapat torsi sebesar 52% disaat daya masih 14%, dan kenaikan torsi sudah mencapai 90% disaat daya masih 32% pada putaran 2750 rpm. Lain halnya dengan kanaikan daya dan torsi pada motor 150cc, putaran yang lebih tinggi merupakan putaran awal dari motor 150cc, pada kenaikan torsi sebesar 69% disaat daya masih 43%, dan kenaikan torsi sebesar 92% disaat daya masih 69% dan putaran sudah mencapai 6023 rpm.
ANALISIS PENGKONDISIAN UDARA PADA PESAWAT ATR 72-500 Yafid Effendi; Fanni Fattah; Alfian Iqbal Juniardi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.5831

Abstract

Sistem Air Conditioning merupakan salah satu sistem yang penting dalam pesawat terbang. Sistem ini berfungsi untukmemberikankenyamanansuhuudaradidalamcabinpesawatterbang.Sisteminiakanmenaikkandanmenurunkan temperatur udarasesuaiyangdibutuhkanuntukmemperolehkondisiyangdiinginkan. Olehkarenaitupesawat terbang sangatmemerlukansistempengkondisianudara,karenaketikasemakintinggipesawatterbang,temperaturdantekanan udarasekitarakansemakinrendah.Untukmenjagakenyamananpenumpang, makakondisicabinpesawatdikondisikan seolah -olah mendapatkan tekanan udara seperti di darat(ground).Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem pengondisian udara yang digunakan pada pesawat ATR 72- 500 pada dua keadaan yaitu pada saat di Ground Idle dan Maximum Cruise. Metode penghitungan beban pendinginan (Cooling Load) menggunakan metode CLTD (Cooling Load Temperature Difference) berdasarkan buku dan tabel Air Conditioning Principles and System. Yang dihitung adalah Room Heat Gains (panas dari lampu, manusia, equipment, lantai, dinding, atap) dan grand total heat. Total penghitungan dibandingkan dengan Grand Total Heat pesawat yang sudah ada kemudian dianalisis.Hasil dari total perhitungan ini didapatkan beban pendinginan sebesar 59.046,307 (Btu/hr) untuk kondisi Ground Idle dan 26.169,907 (Btu/hr) di kondisi Maximum Cruise.
ANALISIS PENGARUH KETEBALAN RIM 28 MM TERHADAP KEAUSAN PADA RODA GIGI LURUS MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK DI MESIN EXPANDTION BLADDERTYPE Ellysa Kusuma Laksanawati; Parta Parta; Rinaldi Dwi Prasetyo
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.5855

Abstract

Keausan terjadi apabila dua buah benda saling kontak dan saling bergesekan. Roda gigi bagian dari mesin yang berputar yang berguna untuk mentransmisikan daya. Roda gigi memliki gigi-gigi yang saling bersinggungan dengan roda gigi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai keausan roda gigi lurus komposit. Dari data analisa yang dilakukan, keausan rim roda gigi pada variasi beban dan variasi putaran yang diberikan akan mengakibatkan keausan yang berbanding lurus dengan beban yang diberikan dan variasi putaran yang terjadi. Menurut hasil Perhitungan  putaran 900 rpm menggunakan variasi beban 0,1 N, 0,3 N, dan 0,5 N  mendapatkan hasil perhitungan keausan masing masing 0,18 %, 0,28 %, dan 0,35 %. Putaran 1000 rpm menggunakan variasi beban 0,1 N, 0,3 N, dan 0,5 N  mendapatkan hasil perhitungan keausan masing masing 0,35 %, 0,39 %, dan 0,5 %. Putaran 1300 rpm menggunakan variasi beban 0,1 N, 0,3 N, dan 0,5 N  mendapatkan hasil perhitungan keausan masing masing 0,54 %, 0,60 %, dan 0,67 %. Maka dapat dinyatakan bahwa roda gigi yang digunakan aman.
ANALISIS PENGARUH EMISI GAS BUANG TERHADAP PEMAKAIAN TURBO CYCLONE PADA SEPEDA MOTOR MATIC 110CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX Amir Amir; Bambang Suhardi Waluyo; Yusuf Kurnia Effendi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.6101

Abstract

Saat ini keadaan udara di bumi kita semakin hari semakin buruk akibat pencemaran udara. Pencemaran udara merubah susunan (komposisi) keadaan atmosfir, dimana satu atau lebih bahan-bahan polusi yang jumlah dan konsentrasinya dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup, merusak properti, mengurangi kenyamanan di udara (Saeful dkk, 2016). Pencemaran udara didominasi oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Laju pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor terus meningkat. Seiring meningkatnya pengguna kendaraan bermotor setiap tahunnya maka semakin meningkat pula kebutuhan BBM. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat pasokan minyak di Indonesia semakin menipis.Pengujian hasil uji emisi gas buang menggunakan alat dan bahan seperti gas analyzer dan sepeda motor matic 110cc serta bahannya Turbo Cyclonedan bahan bakar pertamax. Pengambilan data uji emisi meliputi nilai kadar senyawa CO (karbon monoksida), CO2 (karbon dioksida), dan HC (hidrokarbon). Hasil penelitian meliputi kandungan emisi CO (karbon monoksida) tanpa menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan nilai 0,51%, sedangkan setelah menggunakan Turbo Cyclone terdapat nilai 0,44%. Nilai kandungan emisi CO2(karbon dioksida) sebelum menggunakan Turbo Cyclone terdapat nilai 14,10 %, sedangkan ketika menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan hasil yang sama yaitu 14,10%. Hasil dari kadar HC (hidrokarbon) sebelum dan sesudah menggunakan Turbo Cyclone mendapatkan hasil masing – masing yaitu 129 ppm dan 109 ppm.
ANALISIS PERBANDINGAN MESIN BERKAPASITAS 1200CC HONDA BRIO DAN TOYOTA CALYA Fanni Fattah; Efrizal Efrizal; Yusuf Fiana Bahrul
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.6230

Abstract

Pemilik kendaraan bermotor Honda Brio dan EFI Toyota Calya memiliki pemahaman yang kurang tentang cara kerja sistem kendaraan tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya efisiensi dalam penggunaan bahan bakar berakibat kurangnya tenaga mesin. Tujuannya penilitian ini adalah untuk menganalisis sistem injeksi sistem PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dan Sistem EFI pada mesin 1200cc empat silinder, yang meliputi analisis proses kerja daya, torsi, dan emisi gas buang, efisiensi termal, termal daya, dan kerja termal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan metode penelitian lapangan. Perbedaan torsi antara brio dan calya pada putaran mesin awal 2250 (Rpm rendah) lebih unggul dari brio 84% menghasilkan 79Nm dibandingkan dengan calya menghasilkan 60Nm dan putaran tinggi 6000 (Rpm penuh) brio menghasilkan 63Nm atau 5% dan calya hanya menghasilkan 60Nm lebih unggul untuk brio. Selisih tenaga antara brio dan calya pada putaran mesin awal (Rpm rendah) adalah 13% lebih unggul dari brio dibandingkan dengan calya serta ketika (Rpm penuh) brio 5% lebih unggul dari calya. Perbedaan hasil Honda Brio dari dynotest dengan hasil pabrikan bedanya di torsi 73,14 % dan di daya 70%. Sedangkan Toyota Calya perbedaan hasil dari pabrikan dengan hasil dynotest bedanya torsi 75,45 %  bedanya dan di daya 68,18 %. Hasil uji emisi gas buang brio lebih ramah lingkungan dengan 167 ppm HC dengan 0,02 CO dibandingkan calya dengan 187 ppm HC dan 0,04 CO analisis termodinamika dan pembahasan masalah yang telah ditentukan, gambaran teoritis kinerja Mesin Brio. Terbukti memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan mesin Calya yang ukurannya sesuai dengan total displacement 1200cc. Penting untuk memeriksa kondisi mesin mobil secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengujian. Sehingga setelah dilakukan uji dynotest mesin tidak mengalami kerusakan yang berarti. Perencanaan yang matang dalam pendataan akan mendapatkan hasil yang terbaik agar tidak bekerja 2 kali. Pengembangan inovasi mesin dianjurkan, selalu melalui kegiatan analisis yang cermat, kinerja motor untuk menentukan kinerja mesin.
ANALISA TERMODINAMIKA MESIN DIESEL TYPE MDX-186 FAE PADA GOKART URBAN DIESEL KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) RISTEK DIKTI Jamaludin Jamaludin; Ali Rosyidin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.6300

Abstract

Analisa perencanaan bermula dari suatu kebutuhan dan memutuskan untuk berbuat agar dapat terpenuhi kebutuhan yang diperlukan. Di Universitas Muhammadiyah Tangerang, selama ini sudah ada kendaraan khususnya karya mahasiswa seperti gokart. Gokart yang sudah ada saat ini adalah gokart dengan penggerak berbahan bakar bensin. Untuk itu, sebagai kelanjutan, nantinya juga akan digunakan untuk perlombaan agar nama institusi bisa selalu eksis di setiap perlombaan, dengan itu diadakan dan direncanakan adanya pembuatan gokart urban berbahan bakar diesel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan observasi pada kendaraan gokart urban diesel khusunya pada mesin Matsumoto-Mdx-186 FAE. Dengan melihat spesifikasi dari mesin tersebut makan perhitungan tempratur awal dan akhir saat kompresi, tekanan akhir kompresi, kerja yang dilakukan atau out put dan yang terakhir adalah efisiensi thermal. Hasil dari perhitungan ini untuk memastikan mesin diesel yang digunakan pada gokart urban sesuai dengan regulasi. Dan gokart dapat berjalan dengan kecepatan yang penuh namun dengan menggunakan bahan bakar yang sedikit. Dari hasil penelitian atau perhitungan pada gokart urban diesel yang menggunakan mesin diesel Matsumoto MDX-186 FAE. Terutama pada perhitungan tempratur awal dan tempratur akhir kompresi mesin Matsumoto MDX-186 FAE di dapatkan tempratur awal pada saat langkah hisap sebesar  atau sebesar  dan tekanan akhir kompresi didapat sebesar. Nilai tekanan akhir kompresi didapat sebesar sebesar  atau sebesar 287,17 Psia. Maka dapat dipastikan  suhu akhir kompresi lebih besar dari suhu awal saat kompresi dengan nilai efisiensi thermal 91% dan mesin diesel Matsumoto Mdx-186 FAE dapat digunakan pada gokart urban.
ANALISIS KARAKTERISTIK BAJA DC 53 PADA DIES HOT CUT MESIN EXTRUDER TWIN SCREW Ahmad Iskandar; Mochammad Johansyah; Rohmat Slamet
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2 (2021): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i2.6225

Abstract

Dalam dunia industri manufacture, mesin extruder banyak digunakan untuk memproduksi kebutuhan rumah tanggga yang berbahan plastik. Dies adalah salah satu komponen di dalam mesin extruder twin screw yang berfungsi sebagai cetakan/alur keluar bahan plastik. Bahan material dalam pembuatan dies harus mempunyai sifat yang keras, ulet, tahan terhadap gesekan. Salah satu bahan yang mempunyai sifat itu ialah baja DC 53. Untuk mendapatkan performa dies berbahan baja DC 53, perlu dilakukan perlakuan panas. Hasil pengujian karakteristik kekerasan material dihasilkan kekerasan rata rata 23.0 HRC dan hasil kekerasan rata rata 63,3 HRC setelah  heat treatment. Hasil pengujian komposisi kimia dihasilkan, kadar carbon yang terkandung di dalam dies sebesar 1,40%, dengan hasil tersebut dies masuk dalam kelompok high carbon steel. Pengujian pemakaian di lapangan dies hot cut mampu menurunkan down time sebesar 220 menit (3,26 jam) selama dua bulan beroperasi terhadap dies import. Untuk kapasitas dies hot cut mampu menekan angka reject sebesar 327 kg, dan performa terhadap ketahanan gesekan, dies hot cut mampu menurunkan angka penggantian cutting sebanyak 109 kali. Secara keseluruhan dies hot cut treatment mampu menurunkan down time, reject, penggantian cutting terhadap dies hot cut import yang selama ini bermasalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7