cover
Contact Name
I Wayan Kertih
Contact Email
jurnalpendidikanipsindonesia@undiksha.ac.id
Phone
+6281338042081
Journal Mail Official
iwayankertih@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan IPS
ISSN : 26148366     EISSN : 26861925     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan ilmu sosial bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017)" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS I Wayan Witama; I Gede Astra Wesnawa; I Putu Sriartha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.68 KB) | DOI: 10.23887/pips.v1i1.2814

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg dengan tujuan: (1) mengkaji motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. (2) menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan rancangan eksperimen semu  The Posttest-Only Control Group Design dengan menetapkan sampel dua kelas sebagai sampel kelas control dan kelas treatment yang telah disetarakan sebelumnya. Data motivasi dikumpulkan dengan kuesioner skala 5 dan data hasil belajar dikumpulkan dengan memberikan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector  ( t hitung = 9,209, P < 0,05). Motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 85,6) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata =74,8). (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector ( t hitung = 3,992, P < 0,05). Hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 11,9) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata = 8,3). Implikasi hasil penelitian adalah penggunaan media SIG dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPS di SMP terutama dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Motivasi, Hasil belajar IPS, Media Sistem Informasi Geografis (SIG
TRADISI NAMPAH BATU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 5 KUBUTAMBAHAN I Made Deta Barry Suhartawan
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.896 KB) | DOI: 10.23887/pips.v1i1.2815

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui alasan penggunaan batu sebagai sarana utama dalam tradisi nampah batu, 2) mengetahui prosedur  tahapan dan proses ritual tradisi nampah batu di desa pakraman Depeha, 3) mengetahui nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin,   nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang terkandung dalam ritual tradisi nampah batu berdasarkan kurikulum 2013, 4)  memahami pengintegrasian tradisi nampah batu  di Desa  Depeha ke dalam RPP di SMP Negeri  5 Kubutambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian  dilaksanakan di Desa Depeha, tepatnya di SMP N 5 Kubutambahan, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data penelitian selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) tradisi   nampah batu  merupakan simbol tanda penghormatan  terhadap leluhur  yang bermakna positif terkait kehidupan manusia, 2) Pelaksanaan tradisi nampah batu dilaksanakan  pada purnama karo  yang bertepatan pada bulan agustus, 3) Terdapat 6 nilai karakter yaitu nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin, nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang tercermin dan terepresentasikan pada tradisi nampah batu, 4)  Pengintegrasian  nampah batu dapat dipresentasikan kedalam nilai-nilai karakter yang berpedoman pada pegangan hidup. Kata kunci:  Tradisi Nampah Batu, Nilai-nilai Karakter dari Tradisi Nampah, Pengayaan Sumber Pembelajaran IPS
MENGGALI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN MAGOAK-GOAKAN DESA PANJI KECAMATAN SUKASADA SEBAGAI SUMBER BAHAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA I Nyoman Tri Esaputra; I Made Pageh; Tuty Maryati
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.05 KB) | DOI: 10.23887/pips.v1i1.2812

Abstract

Penelitian ini bertujuan; Untuk mengetahui latar belakang sejarah permainan           magoak-goakan, Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan magoak-goakan, Untuk mengetahui bentuk pengintegrasian permainan magoak-goakan ke dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menentukan tiga lokasi penelitian, yaitu, Pura Pajenengan, Banjar Dauh Pura Desa Panji, dan SMP Negeri 4 Singaraja. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan teknik pengumpulan data yakni, wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) permainan magoak-goakan merupakan strategi Gusti Ngurah Panji Sakti untuk mempersatukan suara rakyat dalam usahanya berperang melawan kerajaan Blambangan; (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan magoak-goakan yakni: nilai disiplin, nilai kerjasama, nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, dan nilai komunikatif; (3) Adapun strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam permainan magoak-goakan ke dalam pembelajaran IPS adalah dengan meninjau silabus, menentukan KD yang relevan, memilih topik pada buku ajar yang relevan, menyusun RPP mengaplikasikan permainan magoak-goakan sebagai sumber belajar.  Kata Kunci:nilai karakter, permainan magoak-goakan, pendidikan IPS
MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM), KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PRESTASI BELAJAR IPS Ni Gusti Ayu Made Sri Evariani; I Wayan Kertih; Iyus Akhmad Haris
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.122 KB) | DOI: 10.23887/pips.v1i1.2823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP N 1 Penebel; (2) penerapan model pembelajaran STM terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel; (3) secara simultan pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 249 orang yang tersebar di delapan kelas. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling,  kelas IXB terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 dan 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes essay untuk keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan anava satu jalur dan manova dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP N 1 Penebel dengan Fhitung = 50,209 (p = 0,000 < 0,05);(2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebeldengan Fhitung = 84,437 (p = 0,000 < 0,05); dan (3)secara simultan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Penebel dengan F-Wilks' Lambda= 43,569 (p = 0,000 < 0,05).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STM berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel baik secara terpisah maupun simultan.Untuk itu model pembelajaran STM dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di SMP.Kata kunci: Model Pembelajaran STM, Pembelajaran Konvensional,Keterampilan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar.
REKONSTRUKSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENINGGALAN PURBAKALA DI DESA PAKRAMAN SELULUNG, KINTAMANI, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP I Wayan Pardi; Luh Putu Sendratari; I Ketut Margi
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.764 KB) | DOI: 10.23887/pips.v1i1.2813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi jenis peninggalan purbakala yang ada di Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli, (2) Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung, (3) Menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS di SMP, dan (4) Menganalisis cara pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam peninggalan purbakala dalam perangkat pembelajaran IPS di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah, yakni penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data, istrumen penelitian, metode pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil temuan: (1) Jenis peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung adalah Punden Berundak, Arca Megalitik, Menhir, Hiasan Tanduk Kerbau, Batu Alam, Lempengan Batu, kerang, Arca bercorak Tiongkok, Arca Hindu, Arca Perunggu, Lingga Yoni, Gamelan Kuno, dan batu berbentuk roda. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala adalah karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif dan inovatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gotong royong, hormat, peduli lingkungan, tanggung jawab, berani mengambil resiko, tangguh, terbuka, ramah dan luwes, moderat, dan seni. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala dapat diaplikasikan sebagai sumber belajar IPS di SMP kelas VII pada standar kompetensi memahami lingkungan kehidupan manusia dan kompetensi dasar mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala diintegrasikan ke dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS ke dalam aspek tujuan, indikator, materi, strategi dan metode, langkah-langkah, dan penilaian pembelajaran. Kata Kunci: Peninggalan purbakala, Karakter, Perangkat Pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 5