cover
Contact Name
Ilham Fitrahriansyah
Contact Email
kppub.hki@unsika.ac.id
Phone
+6285715314151
Journal Mail Official
abdul.yusuf@staff.unsika.ac.id
Editorial Address
Sekretariat : Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Karawang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang Telp : +62 85715314151
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Value : Journal of Management and Business
ISSN : 2541397X     EISSN : 2550116X     DOI : http://dx.doi.org/10.35706/
Jurnal ilmiah mengenai bidang ilmu manajemen dan bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Issued by Faculty of Economics, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study of knowledge management in the form of conceptual studies and research results.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business" : 8 Documents clear
PENGARUH INSENTIF DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT HURIP UTAMA CIKAMPEK sungkono sungkono; Narsih Narsiah
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia bisnis yang semakin berkembang di Indonesia menuntut perusahaaan-perusahaan untuk mempertahankan dan semakin meningkatkan kualitas kerja dan kuantitas pelayanannya terhadap para stakeholder perusahaan. Sumber daya manusia perlu dikembangkan dan diperhatikan agar kualitas sumber daya manusia tersebut dapat ditingkatkan, sehingga berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan. Untuk dapat mempertahankan kinerja yang baik maka sebaiknya pihak manajemen harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja, salah satunya yaitu insentif. Pemberian insentif merupakan imbalan yang diberikan kepada seorang karyawan telah melakukan suatu pekerjaan diluar tugas pokoknya atau melebihi target dari pekerjaan tersebut. Insentif sangat penting bagi karyawan guna merangsang seseorang untuk melakukan pekerjaan melebihi apa yang diinginkan oleh perusahaan. Selain insentif adapun faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu motivasi, menurut Robert L Mathis dan H Jackson (2001), bahwa faktor-faktor yang memepengaruhi kinerja individu tenaga kerja yaitu kemampuan mereka, motivasi. Motivasi yang akan mempengaruhi kinerja tenaga kerja merupakan potensi, dimana seseorang yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang optimal.Adapun tujuannya, untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh kedua variabel tersebut diatas, terhadap kinerja karyawan pada PT Hurip Utama Cikampek.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode Incidental Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 128 responden dari populasi 281 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI), program komputer Microsoft Excel 2007, dan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut :Insentif karyawan pada PT Hurip Utama Cikampek sebesar 468,6 berada pada kriteria setuju.Motivasi karyawan pada PT Hurip Utama Cikampek sebesar 447,1 berada pada kriteria setuju.Kinerja karyawan pada PT Hurip Utama Cikampek sebesar 457,4 berada pada kriteria setuju.Terdapat hubungan antara insentif dengan motivasi sebesar 85,7%. Hal ini menunjukan hubungan yang kuat dan searah karena memiliki nilai positif.Terdapat pengaruh parsial antara insentif terhadap kinerja karyawan sebesar 10,8% dan terdapat pengaruh parsial antara motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 22,1%.Terdapat pengaruh simultan antara insentif dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Hurip Utama Cikampek  sebesar 59,5%, adapun sisanya sebesar 40,5 % merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS EKUITAS MEREK BERDASARKAN PERSPEKTIF WISATAWAN PADA TAMAN SRI BADUGA PURWAKARTA Dicky Darmawan; Abdul Yusuf
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor pariwisata di kabupaten Purwakarta sangat potensial, memiliki beragam objek wisata yang terbagi menjadi enam karakter wisata, yaitu: pegunungan, bahari, sejarah (heritage), religi, purbakala dan buatan. Taman Sri baduga merupakan salah satu objek wisata buatan yang berada di kota Purwakarta di area Situ Buleud.Fenomena yang terjadi terkait destinasi wisata Taman Sri baduga adalah dijadikannya atraksi air mancur yang menjadi daya Tarik pengunjung dan merupakan destinasi yang cukup fenomenal di wilayah Purwasukasi.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dana analisis faktor. Penelitian ini menggunakan galat pendugaan sebesar 5%, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 389 responden.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 396 responden pada Taman Sri Baduga Purwakarta yang berkunjung dengan kategori wisata, faktor yang wmempengaruhi terhadap ekuitas merek yaitu hiburan 2, bersahabat dengan orang, daya tarik budaya, merekomendasikan wisatawan, lebih disukai wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang memiliki factor loading terbesar daripada indikator lainnya.Faktor yang memberikan pengaruh dominan terhadap ekuitas merek yang berkunjung dengan kategori wisata pada Taman Sri Baduga Purwakarta yaitu hiburan 2. Hal ini dikarenakan hiburan 2 memiliki nilai factor loading terbesar diantara faktor lainnya.
ANALISIS TINGKAT KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN Z-SCORE ALTMAN PADA PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011 - 2015 Asep Muslihat; Edi Suswardji Nugroho; Ray Malkhia Hidajat
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan batubara yang listing di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sd 2015.  Grant W. Newton dalam bukunya Bankruptcy and Insolvency Accounting Practice and Procedure (2009:60), mengatakan bahwa: dalam model yang didesain Altman, lima rasio dasar digunakan untuk memprediksi kebangkrutan, kelima rasio yang terpilih dari kumpulan 22 rasio keuangan menurut Grant W. Newton yaitu : working capital to total assets(X1), retained earnings to total assets (X2), earning before interest and taxes to total assets(X3), market value of equity to total liabilities(X4), sales to total assets(X5)dengan rumus yaitu :Z=1,2X1 + 1,4X2 + 3,3X3 + 0,6X4 + 0,99X5, jika Z > 2,99 masuk kategori non bangkrut, Z < 2,99 dan Z<1,81 masuk kategori grey area, Z<1,81 masuk kategori bangkrut.Menurunnya harga batubara acuan, dan EBIT  yang menurun merupakan beberapa permasalahan yang ditemui dalam pengamatan penulis.Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisa deskriptif dengan menggunanakan rasio-rasio keuangan.Terdapat empat perusahaan yang memiliki kinerja baik dan prediksi kebangkrutan non bangkrut, dan empat perusahaan dengan kinerja tidak baik dan prediksi bangkrut, Z-score Altman dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan, dan variabel-variabel rasio keuangan berpengaruh signifikan terhadap kebangkrutan perusahaan. 
PENGARUH IKLAN MEDIA CETAK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA FITNESS CENTER ARGON DI KOTA BEKASI salim siregar
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menemukan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh iklan media cetak dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung fitness center Argon di Kota Bekasi. Teknis sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling dengan proporsional Insidental Sampling dengan jumlah responden 120 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pengaruh langsung yang menunjukan bahwa iklan media cetak dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Kemudian ditemukan pula bahwa Word of Mouth yang positif dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Demikian juga pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa iklan media cetak yang semakin sering dan mengajak dapat meningkatkan keputusan berkunjung melalui word of mouth. Begitu pula pengaruh tidak langsung antara word of mouth yang semakin positif akan meningkatkan keputusan berkunjung melalui iklan media cetak. Selain itu terdapat pengaruh simultan antara variabel iklan media cetak dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung fitness center Argon di Kota Bekasi. Hal ini menunjukkan semakin baik iklan media cetak dibuat dan word of mouth yang positif dapat meningkatkan keputusan berkunjung. Implikasi penelitian ini adalah perlu melakukan perbaikan-perbaikan utamanya pada pembuatan iklan media cetak dan word of mouth yang positif untuk meningkatkan keputusan berkunjung. Informasi yang jelas, tepat dan lengkap diperlukan agar dapat menimbulkan perkataan yang positif yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan keputusan berkunjung pada pusat kebugaran (fitness center). 
HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KETERAMPILAN KARYAWAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA DIVISI PRODUKSI PT TOYOBO KNITTING INDONESIA KARAWANG Cecep Hermana; Dadan Ahmad Fadili
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui tindakan manajemen perusahaan dalam usaha membina kedisiplinan karyawan dan meningkatkan keterampilan karyawan dan hubungannya dengan produktivitas kerja karyawan sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi untuk tercapainya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.Menurut Malayu SP. Hasibuan (2000:70) Dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia baik itu kedisiplinan ataupun keterampilan, maka produktivitas  kerja karyawan akan meningkat, kualitas dan kuantitas produksi semakin membaik, karena technical skill, human skill, dan managerial skill  karyawan yang semakin membaik.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriktif, yaitu dengan mengumpulkan data serta menganalisis sehingga diperoleh kesimpulan atas permasalahan yang sedang diteliti.Hasil penelitian Hubungan Kedisiplinan dan Keterampilan Karyawan dengan produktivitas kerja karyawan pada PT. Toyobo Knitting Indonesia selanjutnya dapat disimpulkan sebagai berikut :Hubungan kedisiplinan karyawan dengan produktivitas kerja karyawan di peroleh nilai sebesar 0,561, ini berarti terdapat hubungan yang tidak terlalu kuat (sedang).Hubungan keterampilan dengan produktivitas kerja karyawan dalam perhitungan data di peroleh nilai sebesar 0,619 ini berati terdapat hubungan yang kuat.Hubungan kedisiplinan dengan keterampilan karyawan di peroleh nilai sebesar 0,713 nilai ini juga berarti terdapat hubungan yang kuat.Hubungan antara kedisiplinan dan keterampilan karyawan secara bersama-sama dengan produktivitas kerja karyawan di peroleh nilai sebesar 0,642 ini pun berarti terdapat hubungan yang kuat.
PERAN KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT TAIHO NUSANTARA budi rismayadi; Hasbi Wikrama Hesa
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian, untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang Analisis Peran Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Taiho Nusantara.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu khususnya: manajemen, manajemen sumber daya manusia, peran kepemimpinan, kompensasi, dan kinerja karyawan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive  insidental dengan jumlah sampel 105 responden dari populasi 150 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Methode Successive Interval (MSI), program komputer Microsoft Excel 2010, dan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:Peran Kepemimpinan pada PT Taiho Nusantara berada pada kriteria cukup baik.Kompensasi pada PT Taiho Nusantara berada pada kriteria cukup baik.Kinerja Karyawan pada PT Taiho Nusantara berada pada kriteria cukup baik.Terdapat hubungan korelasi antara peran Kepemimpinan terhadap kompensasi pada PT Taiho Nusantara.Terdapat pengaruh parsial antara peran kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Taiho Nusantara.Terdapat pengaruh simultan antara peran kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pad PT. Taiho Nusantara.Dari uraian di atas, saran yang direkomendasikan antara lain adalah perbaikan Peran Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Taiho Nusantara
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. MEKAR LESTARI KARAWANG danang kusnanto
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is to get empirical evidence and to find both a clearer understanding on a phenomenon and a conclusion about the influence of both variables to customer loyalty to CV. Mekar Lestari. The research applies descriptive and verificative method, that is; to collect, to analyze, to hypothesize and to draw conclusions, as well as to offer suggestions. Based on the result of research, it can be concluded that service quality (X1) and customer satisfaction (X2), have a significant correlation, with coefficient about 0.930 that means they have a very strong degree correlation. Service quality (X1) has a partial significant influence on customer loyalty (Y) scoring about 0.163 or 16.3%, and customer satisfaction (X2) also has a partial significant influence on customer loyalty (Y), scoring about 0.692 or 69,2%. Service quality (X1) and customer satisfaction (X2) have significant simultaneous influence on customer loyalty (Y,) scoring about 85.5%.The result of the research leads to a conclusion that customer loyalty can be influenced by service quality and customer satisfaction. This means customer loyalty can be improved by service quality and customer satisfaction.
FUNDRAISING BERBASIS WEBSITE VITAMIN SEA: PROGRAM INOVATIF PENGEKSPLORAN DAN PROMOSI DESTINASI WISATA BAHARI UNTUK MENSUKSESKAN PESONA INDONESIA (WONDERFUL INDONESIA) DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA pipin nur azizi; Agung Mahardika
Value : Journal of Management and Business Vol. 2 No. 2 (2018): Value Journal of Management and Business
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The importance of the tourism role on improving coastal communities welfare and enhance the competitiveness of Indonesian maritime tourism in preparing Indonesia as a world’s maritime axis encourage the writing of this paper. There are many challenges on actualizing tourism sector as the Indonesian economy driver, such as the low quality of human resource and tourism budget. Therefor in this is important how to improve the potential of Indonesian maritime tourism to provide significant benefits to the community and development of Indonesian tourism. The purpose of paper is to provide solution on obtaining donations as a driver of  community to create a positive image of  Indonesian maritime tourism destination areas as well as open opportunities for the involvement of other sectors in order to improve the society’s welfare. Vitamin Sea is a platform where people can collect and give donation for tourism development. This innovative program also promotes Pesona Indonesia and Wonderful Indonesia program. Based on the results it can be concluded that the implementation of fundraising program based on Vitamin Sea website can help coastal communities in obtaining alternative funding for maritime tourism potential areas and improve the competitiveness of Indonesian maritime tourism.

Page 1 of 1 | Total Record : 8