cover
Contact Name
Theopilus Wilhelmus Watuguly
Contact Email
semuel.unwakoly1979@gmail.com
Phone
+6281229111976
Journal Mail Official
sciencemap.j@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Lt. 1 Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Universitas Pattimura Poka - Ambon, Maluku, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Science Map Journal
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 26849429     EISSN : 26849429     DOI : https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue12019
Science Map Journal (Scie Map J) merupakan peer-review journal yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan November oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon. Scie Map J menerbitkan artikel original yang belum pernah atau sedang dipublikasikan pada jurnal yang lain, mencakup pendidikan matematika, pendidikan kimia, pendidikan fisika, pendidikan biologi dan ilmu-ilmu terapan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 AMBON Prelly M J Tuapattinaya; Fania F Sernarsak; Kristin Sangur
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.155 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp1-8

Abstract

Pemilihan strategi dan model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat mengoptimalkan proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Ambon tentang konsep sistem pernapasan melalui pernerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan sepak bola verbal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Ambon yang diambil secara random sampling. Penelitian dilakukan pada 31 Januari - 28 Februari 2017 menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TPS dipadukan dengan sepak bola verbal mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan sangat baik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DIPADU DENGAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 AMBON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI Yeslina Patty; M Nur Matdoan; S Liline; Tri Santi Kurnia
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.722 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp9-15

Abstract

Penelitian untuk mengetahui hasil belajar dan retensi siswa dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering pada materi sistem ekskresi telah dilakukan pada tanggal 21 Mei – 21 Juni 2018. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk untuk mengetahui hasil belajar siswa dan retest untuk mengetahui retensi siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui nilai afektif dan psikomotor siswa. Data hasil penelitian dianalis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan rata-rata nilai formatif yaitu 83.43. Namun, model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering tidak berpengaruh pada retensi siswa.
PENERAPAN METODE INQUIRY DIPADU TRIK TAKTIK WAKTU BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SEL PADA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA AMBON Jeli Samadara; Jhon F Rehena; S I A Salmanu
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.521 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp16-22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar konsep sel pada siswa kelas VII SMP Kartika Ambon. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII-1di SMP Kartika Ambon. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomtor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep sel pada siswa sebelum penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya tergolong sangat rendah. Hal ini terlihat dari persentase nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes awal yaitu 31% yang termasuk kualifikasi gagal karena tidak mencapai KKM yang ditetapakan yaitu 75. Setelah penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya, hasil tes formatif yang diperoleh siswa menjadi meningkat dengan persentase rata-rata pencapaian yaitu 71,51%. Untuk penilaian kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan melalui hasil kerja LKS dan lembar observasi, dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBON DENGAN PENERAPAN MODEL WINDOW SHOPPING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI Ine Arini; Rufiati Simal; Debby O Pattiruhu
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.556 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp23-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan objek penelitian kelas XI-MIA2 sebanyak 38 siswa dan XI-MIA5 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep biologi siswa sebelum penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples tergolong sangat rendah, pada kelas Window Shopping 32,11 dan kelas Examples Non Examples 48,55 dengan kualifikasi gagal. Setelah penerapan model pembelajaran Window Shopping dan Examples Non Examples hasil tes formatif siswa menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu pada kelas Window Shopping 88,44 dan kelas Examples Non Examples 82,66 dengan kualifikasi tuntas. Pada hasil thitung 2,63> ttabel 1,94 Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang memperlihatkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MIA2 dan XI MIA5.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOLYMOD PADA PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK II TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWAPENDIDIKAN KIMIA FKIP UNPATTI Rifal F Ramadhan; Y Manoppo; Semuel Unwakoly
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.416 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp42-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media Molymod dengan bantuan SPSS 21. Molymod adalah alat peraga kimia yang terdiri atas bola warna-warni dan menggambarkan suatu atom serta mempunyai lubang sesuai dengan jumlah atom lain yang dapat diikat. Pengaruh media Molymod yang dianalisis dengan SPSS21 menggunakan serangkaian uji Nonparametrik-test, memiliki nilai signifikansi berkisar antara < 0,05 dan > 0,05 dengan nilai R square 0,378 atau 37,8%. Pengujian dilakukan menggunakanuji validitas, releabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedasitas serta regresi linier sederhana.Variabel dependent dalam penelitian ini adalah hasil belajar praktikum mahasiswa dan variabel independent-nya adalah angket motivasi yang telah diisi oleh mahasiswa dan tanpa paksaan. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu: y = 48,460 + 2,305 x;artinya, koefisien regresi signifikan. Grafik yang tergambar akan berbentuk kurva seperti bel pada kedua sisinya sama.Selain itu,penggunaan media Molymod berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes akhir mahasiswa yakni sebanyak 54 orang (68,35%) berada pada kualifikasi lulus.
KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI INTEGRAL Bella G Saiselar; Anderson Palinussa; Hanisa Tamalene
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.663 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp29-36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran konvensional pada materi integral. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IS SMA Negeri 12 Ambon. Sampelnya terdiri dari dua kelas XI IS, di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian terdiri dari21 orang untuk masing-masing kedua kelas. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe eksperimen, desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalahPostestOnly Control Group Design.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang salah satunya menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang materi integral. Hasil menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran konvensional pada materi integral dengan bukti rata-rata hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan model TAI yaitu 68,83 dan kelas dengan model konvensional yaitu 51,06.
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR Irfan Ely; Anderson Palinussa; Hanisa Tamalene
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.082 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp37-42

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih di bawah KKM serta proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw dan Model Pembelajaran Konvensional. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Desain penelitian yang digunakan adalah Post test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total atau sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas dimana satu kelas sebagai kontrol dan kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 59 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes hasil belajar (Post test) bentuk isian sebanyak 4 soal. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai post test 67.21. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai post test 56.90. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 0.05, didapat nilai sig. (2-tailed) 0.011 . Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe quik in the draw dan model pembelajaran konvensional pada materi limit fungsi aljabar.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA Yuli T Filindity; Y Manoppo
Science Map Journal Vol 1 No 1 (2019): Science Map Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.104 KB) | DOI: 10.30598/jmsvol1issue1pp50-54

Abstract

Pemerintah Indonesia melalui lembaga perguruan tinggi belakangan ini sedang melakukan banyak kegiatan pembenahan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya yaitu pembenahan kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Hal ini dikarenakan bahan ajar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam siklus pembelajaran. Semakin banyak bahan ajar penunjang maka pembelajaran akan semakin menarik. Keberadaan Bahan ajar sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena bahan ajar memiliki struktur dan urutan yang sistematis, menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai, memotivasi peserta didik untuk belajar, mengantisipasi kesukaran belajar dalam bentuk penyediaan bimbingan bagi peserta didik untuk mempelajari buku tersebut, memberikan latihan yang banyak bagi, menyediakan rangkuman, dan secara umum berorientasi kepada peserta didik. Sehingga untuk memperbaiki kualitas pembelajaran maka perlu adanya bahan ajar untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran/perkuliahan

Page 1 of 1 | Total Record : 8