cover
Contact Name
Yeni Ariesa
Contact Email
yeni.aries@yahoo.com
Phone
+6261 – 4578890
Journal Mail Official
jurnaljebim@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Jl. Sekip, simpang Jl. Sikambing, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
ISSN : 2685984X     EISSN : 2685984X     DOI : https://doi.org/10.34012
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima merupakan jurnal ilmiah online yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia dan teregistrasi oleh LIPI dengan SK ISSN 0005.2685984X/JI.3.1/SK.ISSN/2019.08 pada Agustus 2019. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima menerima artikel hasil riset dari para peneliti baik dosen, mahasiswa maupun praktisi dalam bidang ekonomi, manajemen dan bisnis yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain. Artikel dapat berupa hasil kajian teoritis maupun hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Bisnis Manajemen Prima terbit pada bulan Februari dan Agustus pada setiap tahunnya dengan publikasi versi online. Description: *Fokus Jurnal : - Ekonomi - Bisnis - Manajemen Keuangan - Manajemen Sumber Daya Manusia - Manajemen Pemasaran - Kewirausahaan
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima" : 10 Documents clear
ANALISIS LAPORAN REALISASI ANGGARAN BELANJA PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA MEDAN Penta Volina Silitonga
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2648

Abstract

The research with the title Analysis of Budget Realization Reports at the Regional Financial and Asset Management Agency of Medan City aims to. determine the realization, growth, and level of efficiency of spending at the Regional Financial and Asset Management Agency (BPKAD) of Medan City. The type of data used in this study is secondary data, secondary data is data that is already available and collected by other parties. The data collection technique used in this research is to use the Documentation technique. Documents are records of events that have passed, documents can be in the form of writing, pictures, or monumental works of someone. Data analysis technique used in this research is descriptive analysis technique. The results show that BPKAD spending has the criteria for the preferred difference, the spending variance, which is showing the difference between the budget and the realization of spending, if the difference in the realization of spending is smaller than the budget, it means identifying the favorable variance or budget savings. Expenditure growth analysis is to find out the development of spending from year to year by comparing the realization of the budget from a certain year to the realization of the budget in the following year. BPKAD expenditure growth tends to increase every year. Budget efficiency is measured by means of a comparison between expenditure reactivation and the expenditure budget, the efficiency ratio is not absolute, but relative, the efficiency of BPKAD spending has been running very efficiently, quite efficiently, and efficiency
PENGARUH RELASI DAN POLA KUMONIKASI BISNIS TERHADAP PENJUALAN PADA PERCETAKAN BUKU CV. MERDEKA KREASI Halim Afif; ZM Nawawi
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2722

Abstract

Di awal membangun sebuah usaha relasi menjadi sebauh hal yang penting sebagai satu dari berbagai macam metode pemasaran suatu produk. 2 hal tersebut yaitu komunikasi dan relasi digunakan percetakan Merdeka Kreasi sebagai langkah awal dalam memasarkan produknya kepada calon customer. Dengan mengandalkan relasi yang luas dan komunikasi pemasaran yang baik menjadi modal dalam membangun sebuah bisnis, tak terkecuali dalam membangun bisnis di dunia advertising atau percetakan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif experimental dapat diambil kesimpulan bahwa Komunikasi dan hubungan relasi pertemanan menjadi kunci penting sebagai strategi pemasaaran produk atau jasa dalam hal ini merdeka kreasi. Karena dengan dua hal tersebut jasa yang ditawarkan dapat tersampaikan dengan baik oleh para calon customer. Terlihat dari sejumlah buku yang telah diterbitkan oleh merdeka kreasi adalah buah dari pola komunikasi dan hubungan relasi yang baik yang di bangun oleh perusahaan dengan para calon customer.
DAMPAK ERA DIGITAL PADA PERMINTAAN BUKU DI TENGAH PEMBELAJARAN ONLINE (STUDI KASUS PADA PERCETAKAN CV MEDIA KREASI MEDAN JL. GAGAK HITAM RINGROAD) Laila Alfi; ZM Nawawi
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2723

Abstract

Era digital mengambil pengaruh yang signifikan bagi kehidupan manusia sehari-hari, seiring kemajuan teknologi perkembangan dan perubahan terus terjadi, seperti pada kegiatan belajar mengajar, guru dan murid yang sudah menggunakan bahan ajar seperti media handphone dengan menggunakan fitur layanan yang disediakan oleh situs yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja selagi pengguna nya memiliki jaringan internet, hal ini menjadikan media buku versi cetak tidak lagi banyak digunakan oleh sekolah, bahkan perguruan tinggi,sehingga menyebabkan berkurang nya permintaan cetak buku di salah satu penerbit buku CV Media Kreasi, terlebih lagi pada tahun 2019, adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab dampak dari permintaan buku di CV Media Kreasidikarenakan pemerintah yang mengeluarkan aturan agar sekolah dapat dilaksanakan dari rumah atau sekolah online dengan memanfaatkan media handphone atau laptop, sehingga media bahan ajar pun dapat dengan mudah didapatkan dari handphone sehingga penggunana buku versi cetak menjadi berkurang.
PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK, KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA POLSEK KOTA SUNGAI PENUH Helmi Ali; Yudi Stira
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2875

Abstract

This study aims to determine the effect of public service motivation, service quality, and performance of police officers on community satisfaction with members of the Sungai Penuh City Police. The method used in this research is quantitative research with a descriptive approach. The population in this study were members of the police at the Sungai Penuh Police. The sample used was 144 people using a saturated sampling technique (census). The data analysis technique is multiple linear regression. The results of the study show that: (1) Public service motivation has a positive and significant effect on community satisfaction. (2) Service quality has a positive and significant effect on community satisfaction. (3) The performance of police officers has a positive and significant effect on community satisfaction. (4) Public service motivation, service quality, performance of police officers together have a positive and significant effect on community satisfaction at the Sungai Full Police Sector.
PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA Wendelin Franke Wong; Viviana vivi; Nurlince Fransiska Simanjuntak; Felix lix
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2916

Abstract

The purpose of this study analyze the effect of Brand Image, Product Quality, and Sales Promotion on Purchase Decisions for Honda Motorcycles at PT Capella Dinamik Nusantara. This research uses quantitative descriptive research and the sampling technique in this study uses the slovin formula with a total of 70 respondents. Primary data in this study were taken by means of interviews and distributing questionnaires. The data processing technique used is descriptive analysis method and multiple linear regression analysis, classical assumption test, instrument test (validity and reliability), hypothesis testing, and coefficient of determination using SPSS for Windows program. The results of this study indicate that simultaneously brand image, product quality and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions for motorcycles at PT Capella Dinamik Nusantara. Promotion is the most dominant variable influencing motorcycle purchasing decisions at PT Capella Dinamik Nusantara. Adjusted R Square value of 0.253 which means 25.3% of purchasing decisions can be explained by variations of the three independent variables (brand image, product quality and promotion) while the remaining 74.7% is influenced by other variables not discussed in this study.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PT DARUL UMROH HARAMAIN MEDAN Bima Sandi Kosasi; Rosinta Romauli Situmeang; Maria Claudia Kharisma; Jenny Astri
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2917

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian PT Darul Umroh Haramain Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada PT Darul Umroh Haramain Medan.Sampel penelitian ini menggunakan rumus Hair et al yaitu sebanyak 115 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan berperngaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.012 dan P-Values0.686. (2) promosi penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.131 dan P-Values 0.177. (3) harga berperngaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.270 dan P-Values 0.032.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. GOLD COIN INDONESIA KIM II MABAR Ica Fazana Taptanzani; Ade Rahma Ayu Siregar
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2918

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Gold Coin Indonesia Kim II Mabar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 181 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah Random Sampling atau juga disebut Sampling Sensus. Yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota yang ada didalam satu populasi untuk dijadikan sampel Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefesien determinasi (R2), Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji f), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji koefesien determinasi (R2) variabel lingkungan kerja dan kepuasan kerja mampu menjelaskan keberadannya terhadap variabel produktivitas kerja karyawan, selain itu secara parsial lingkungan kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, sementara kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, dan secara simultan lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.
ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. BANK BRI (PERSERO) Sari saris; Riandani Rezki Prana; Desy Irana Dewi Lubis
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2921

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Bank BRI (Persero) berdasarkan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana metode pengumpulan data berupa metode kepustakaan, dengan jenis data sekunder dan sumber data eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis laporan keuangan menggunakan rasio likuiditas yaitu Quick Ratio dan Loan to Deposit Ratio masih dalam keadaan sehat walaupun mengalami penurunan setiap tahunnya namun akan membawa pengaruh yang kurang baik apabila penurunan ini tidak diatasi dengan baik. Kinerja keuangan ditinjau dari rasio profitabilitas yaitu Net Profit Margin, Return on Assets dan Return on Equity, Net Profit Margin masih dikatakan kurang mampu dalam menghasilkan laba sedangkan ditinjau dari Return on Assets dan Return on Equity mengalami penurunan setiap tahunnya namun masih dalam keadaan sehat, penurunan tersebut akan membawa pengaruh yang kurang baik apabila penurunan ini tidak diatasi dengan baik.
PENGARUH FASILITAS KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III Sianipar sianipars; Ir. Deni Faisal Mirza, M.M
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2927

Abstract

This study aims to determine whether work facilities, work environment and leadership style affect employee productivity at PT. Perkebunan Nusantara III. The instrument used is a questionnaire to obtain data. The population used is 672 and 85 act as samples. From the data processing obtained Simultaneous Test with Fcount of 7.566>2.71(Ftable) from the above results, it can be indicated that the results of the study H0 are rejected and for H1 are accepted. This is also supported by a significant value of 0.000<0.05. Therefore, the independent or independent variables of work facilities, work environment and leadership style together contribute to the influence of the dependent or independent variable, namely employee productivity. Partial Test is also obtained with the value of tcount from the independent variable or independent of work facilities (-2,194)< ttable(1,988), or the value of the significance of t from the facility variable (0.031)<(0.05), tcount value of the independent or independent variable from the work environment (2.226)>(1.988), or the value of the significance of t from the work environment variable (0.029)<(0.05) and the t-value of the independent variable or independent of leadership style (3.278)>ttable(1.988), or the value of the significance of t of the independent or independent variable of leadership style (0.002)<(0.05).
PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP (ROA) RETURN ON ASSET PADA PT. UNILEVER INDONESIA, TBK Rina Rizkian; Aswin Akbar; Desy Irana Dewi Lubis
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Publisher : JEBIM Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jebim.v4i1.2929

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh perputaran piutang terhadap ROA (Return On Asset) pada PT Unilever Indonesia Tbk. Pada penelitian ini tidak menggunakan sampel sebagai responden, namun menggunakan data sekunder sebagai bahan yang akan diteliti. Adapun data yang sekunder tersebut berupa sumber data yaitu Laporan Keuangan dari PT Unilever Indonesia Tbk. Analisis data menggunakan uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi menunjukkan hanya 24.6% variabel perputaran piutang mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada ROA PT Unilever Indonesia Tbk, sedangkan sisanya 75.4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu secara parsial perputaran piutang tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap ROA (Return On Asset).

Page 1 of 1 | Total Record : 10