cover
Contact Name
Muh Ardian Kurniawan
Contact Email
jubindo@unimor.ac.id
Phone
+6281333247390
Journal Mail Official
jubindo@unimor.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor Jl. El Tari KM9, Kelurahan Sasi, Kefamenanu, TTU, NTT, 85613
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 25274058     DOI : https://doi.org/10.32938/jbi
Jubindo adalah jurnal yang bersifat open peer review yang bertujuan mempublikasikan hasil-hasil penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pengajarannya. Seluruh artikel yang terbit telah melewati proses penelaahan oleh mitra bestari dan penyuntingan oleh redaksi pelaksana. Jubindo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor. Jurnal ini terbit tiga bulan dalam setahun, yakni April, Agustus, dan Desember. Fokus dan ruang lingkup kajian Jubindo terbatas pada bidang bahasa Indonesia, sastra, dan pengajarannya yang meliputi: bidang linguistik bahasa Indonesia atau bahasa daerah di Indonesia, yang terdiri atas: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, analisis wacana, sosiolinguistik, psikolinguistik, etnolinguistik, linguistik forensik, dan bidang linguistik lainnya. bidang sastra Indonesia atau sastra daerah di Indonesia, yang terdiri atas: teori sastra, apresiasi sastra, kritik sastra, sejarah sastra, dan tradisi lisan. bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, yang terdiri atas: kurikulum, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, keterampilan berbahasa, pendidikan karakter, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
IMBUHAN DALAM BAHASA DAWAN (KAJIAN MORFOLOGI) Emanti Liunokas; Lenny N. Adam; Adeline Lelo Lein
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kata yang berimbuhan dalam Alkitab Bahasa Dawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Objek dalam penelitian ini adalah bentuk imbuhan bahasa dawan dalam Alkitab bahasa Dawan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Alkitab bahasa dawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dan teknik catat. Hasil penelitian terdapat 48 imbuhan bahasa dawan dengan rincian sebagai berikut yang terdiri dari 32 bentuk prefiks, 15 bentuk konfiks, dan 1 bentuk sufiks.
MAKNA STILISTIKA TUTURAN KANANUK DALAM HANIMAK PADA MASYARAKAT MALAKA Arnoldus Yansen Taek; Abdul Rahim Arman Putera Dapubeang; Maria M. N. Nahak; Rafli Ubit Pinka
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Makna Stilistika Tuturan Kananuk Dalam Hanimak Pada Masyarakat Malaka. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk tuturan kananuk dalam hanimak bagi masyarakat Malaka?, Apa saja makna yang terkandung dalam kananuk bagi masyarakat Malaka?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gaya bahasa dan makna gaya bahasa tuturan kananuk dalam hanimak di masyarakat Malaka. agar masyarakat tetap mempertahankan tuturan kananuk dalam hanimak yang ada, untuk masa-masa yang akan datang dan memperdalam pengetahuan masyarakat tentang tuturan kananuk dalam hanimak khususnya pada masayarakat Malaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni metode penelitian yang berusaha untuk menggambarkan dan mendeskripsikan data yang ada, Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian ilmu sosial yang relevan untuk kajian budaya. Dalam tradisi kajian budaya ini, hal yang diteliti adalah produk budaya dan praktek budaya, yang berpihak pada tradisi “budaya kecil”, seperti pada budaya lokal yakni slitistika tuturan kananuk dalam hanimak. Teknik yang digunakan Peneliti yakni teknik pengumpulan data berupa simulasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini yakni tuturan kananuk dalam hanimak terdiri dari dua tahap secara beruntun yaitu hanimak oin dan hanimak aikalete, dalam hanimak oin dan hanimak aikalete terdapat beberapa bentuk dan makna gaya bahasa yakni Repetisi, Hiperbola, Simbolik, Simile, Asosiasi, Personifikasi.
MANFAAT EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK BAGI PENGEMBANGAN KEBAHASAAN SISWA KELAS XI SMA FQI KEFAMENANU Meylisa Y. Sahan; Imanuel Kamlasi; Ulu Emanuel; Anselmus Sahan; Maria W. Wisrance; Wifridus Tenis; Hendrik O. Manu
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pelatihan jurnalistik yang bertempat di SMAK Fides Quaerens Intellectum (FQI) Kefanenanu, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, diluncurkan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan ini bertujuan untuk melatih 30 siswa kelas XI untuk terampil menulis berita yang dimuat pada majalah dinding sekolah tersebut. Pelaksanaan PkM ini dilakukan dengan metode sosialisasi, cermah, pelatihan (workshop), dan bimbingan. Usai memberikan pelatihan, para siswa disodorkan dengan sebuah kuesioner yang memuat 10 pertanyaan untuk mengetahui persepsi mereka terhadap manfaat bagi pengembangan kebahasaan dari pelatihan tersebut. Jawaan mereka dianalisis dengan mengggunakan deskriptif kualitatif yaitu jumlah jawaban diagi dengan jumlah siswa dikali dengan 100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terapat 297 (atau 99%) respon, yang tersebar pada opsi sangat setuju 81 (27%), setuju 175 (58%), kurang setuju 39 (13%), tidak setuju 1 (atau 0,3%) dan sangat tidak setuju 1 (atau 0,3%). Respon ini menunjukkan bahwa kegiatan ektrakurikuler jurnalistik menumbuhkan kemampuan akademik kebahasaan mereka. Ini menunjukkan bahwa kegiatan jurnalistik perlu dikembangkan terus agar kualitas kemampuan kebahasaan siswa terus meningkat.
MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL Giri Indra Kharisma; Maria Rosalinda Talan
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bertujuan memaparkan hasil kajian dari berbagai sumber pustaka yang memuat informasi tentang teori pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia, dan kearifan lokal. Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal merupakan model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan untuk mendeskripsikan, menafsirkan, dan merespons budaya lokal. Pembelajaran tersebut diintegrasikan dengan kearifan lokal. Bentuk integrasi tersebut dapat berupa metode, media, strategi maupun materi pembelajaran Bahasa Indonesia.
PENGGUNAAN BAHASA PROKEM PADA GRUP WHATSAPP EKSTRAKURIKULER SENI SKABA DI SMAN 1 KARANG BAHAGIA BEKASI Inka Aprianti; Dwi Septiani
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bentuk bahasa prokem, perubahan struktur secara fonologis dan pembentukan kosakata secara morfologi pada Bahasa prokem dalam grup chat whatsapp ekstrakurikuler seni skaba di SMAN 1 Karang Bahagia Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diambil dari kolom grup chat Whatsapp ekstrakurikuler seni skaba. Data diperoleh menggunakan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap (SLBC), dan teknik catat. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik bagi unsur serta teknik perluas. Dari data yang diperoleh, telah ditemukan data dengan bentuk Bahasa prokem sebanyak 40 data. Pertama, ditemukan 21 perubahan struktur fonologi yang terdiri dari santuy, asek, hayu, maen, kuy, maaciw, acu, retjeh, shok, sama, wokeh, hayu, skuy, ugha, ngadi-ngadi, gaes, tiati, bet, canda, tutor, dan gans. Di antaranya terbagi menjadi 4 penggantian vokal, 1 pembalikkan suku kata, 1 penambahan vokal dan konsonan, 2 pengganti konsonan, 1 penghilang konsonan, 4 penambahan konsonan, 2 pengganti vokal dan konsonan, 2 penghilang vokal dan konsonan, 1 penghilang suku kata pertama, 1 penghilang suku kata terakhir, dan 1 penghilang suku kata terakhir dan penambahan konsonan. Kedua, ditemukan 20 data yang terkait dalam pembentukan suku kata secara morfologi ialah, mager, boti, baksos, japri, nobar, salfok, pensi, ultah, bocil, PC, PAP, GWS, HBD, GPP, BTW, KEPO, OTW, DM, ngadi-ngadi, dan abong-abong. Di antaranya, terbagi menjadi 9 akronim, 7 abreviasi, dan 2 reduplikasi.
PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OENINO Dani Bernabas Tunliu; Elsa Kristanti; Rince Jalla Wabang
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri Oenino. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Oenino dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar dalam proses pembelajaran, sangat efektif karena dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks deskripsi pada siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 66,7, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dari 18 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3% dan persentase ketidaktuntasan 66,7%. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus II adalah 87, dari 18 siswa semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 19,23 dan kenaikan presentase ketuntasan sebesar 67%.
WACANA GRAFITI PADA ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Veronika Lawak; Abdul Rahim Arman Putera Dapubeang; Rafli Ubit Pinka
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan bentuk wacana grafiti pada angkutan umum di Kabupaten Timor Tengah Utara, untuk mendeskripsikan makna wacana grafiti pada angkutan umum di Kabupaten Timor Tengah Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah angkutan umum di Kabupaten Timor Tengah Utara khususnya di kota Kefamenanu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk wacana grafiti pada angkutan umum diklasifikasikan berdasarkan (1) Deskripsi struktur makro (tematik/alur) wacana grafiti: grafiti sosial, grafiti ekonomi, grafiti romantis, dan grafiti religi. (2) Deskripsi superstruktur (skema) wacana grafiti deskripsi struktur mikro (tematik/alur) wacana grafiti. (3) deskripsi struktur mikro wacana grafiti: a) Semantik: latar, detail, maksud, dan praangkapan. b) Sintaksis: bentuk kalimat, koherensi (koherensi sebab-akibat), pengingkaran. c) Leksikon, d) Retoris, (grafis dan metafora) (4) deskripsi konteks wacana grafiti a. S: latar, P: peserta tuturan, E: tujuan, A: pesan atau amanat K: kunci, I: sarana, N: norma, G: jenis.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Dwita Wahyuni
Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa. Metode eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Data diambil dari satu kelompok subjek yang sama sebelum dan setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa setelah penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengetahuan mahasiswa meningkat dari rerata 70,20 (pretest) menjadi 85,60 (posttest), sedangkan keterampilan mahasiswa meningkat dari rerata 74,56 (pretest) menjadi 84,12 (posttest). Dari hasil analisis data, Hasil uji-t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan (pretest dan posttest) signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-book multimodal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, 80% dari total 25 mahasiswa menyatakan menyatakan bahwa e-book multimodal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat menarik dan 76% mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan e-book multimodal dapat membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran secara lebih baik . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan persepsi positif terhadap penggunaan e-book multimodal. Dengan kata lain, penggunaan e-book multimodal efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata kuliah lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8