cover
Contact Name
Jurnal altaujih
Contact Email
altaujih@uinib.ac.id
Phone
+6281266784647
Journal Mail Official
altaujih@uinib.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
ISSN : 25020625     EISSN : 27157571     DOI : -
Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021" : 10 Documents clear
HUBUNGAN KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DENGAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 TARUSAN Vici Afrina; Hadeli Hadeli; Jum Anidar
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2366

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak terjadi permasalahan dengan sikap sosial peserta didik, diantaranya suka menyendiri, peserta didik belum mampu bertanya dalam proses pembelajaran, kurang aktif dalam diskusi kelompok, memilih teman yang akrab saat pembagian kelompok, berkata kasar dengan temannya, adanya rasa minder dan kurang percaya diri saat bergaul dengan teman-temanya serta tidak memiliki sopan santun.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan komunikasi dalam keluarga dengan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 8 Tarusan. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 148 orang dan jumlah sampel 60 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20, serta dianalisis dengan menggunakan rumus product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komunikasi dalam keluarga peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 31,66%, (2) Sikap sosial peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 23,33%. (3) Dari hasil pengolahan data didapatkan hubungan yang signifikan antara komunikasi dalam keluarga dengan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 8 Tarusan dengan arah hubungan yang positif. 
MENGATASI STRES YANG BERKELANJUTAN : STUDI TENTANG STRES MAHASISWA DI KELAS VIRTUAL SELAMA WABAH COVID 19 DI INDONESIA Fadhilla Yusri; Yeni Afrida
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2899

Abstract

Pandemi covid 19 membawa banyak dampak bagi segala sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan secara virtual menimbulkan masalah pada mahasiswa Indonesia yang pada umumnya belum terbiasa melakukan perkuliahan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan stress yang dialami oleh mahasiswa selama belajar virtual dan implikasinya terhadap pelayanan konseling yang dapat diberikan di perguruan tinggi pada masa pandemi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksploratif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menjalani perkuliahan virtual selama pandemi covid 19 di Indonesia yang diambil secara random. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,8% sampel mengalami peningkatan stress saat mengikuti pembelajaran virtual dengan gejala yang berbeda. Hasil penelitian akan dijadikan sebagai data awal untuk merancang model konseling yang efektif dan solutif di era new normal.
HUBUNGAN FUTURE TIME PERSPECTIVE DENGAN PERSONAL GROWTH INITIATIVE MAHASISWA Fahima Mutiasari; Sunawan Sunawan
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2834

Abstract

Personal growth initiative penting dalam domain kehidupan, terutama bagi kalangan mahasiswa yang sedang berada di masa pengembangan diri. Pengembangan diri pada mahasiswa sangant diperlukan guna mempersiapkan diri menghadapi kehidupan setelah lulus dari bangku perkuliahan.Nyatanya masih banyak mahasiswa yang belum memiliki personal growth initiative yang memadai sehingga berpengaruh pada kinerja belajar, perkembangan diri, karier, bahkan kesehatan mental mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah expost facto, sedangkan desain penelitian ini adalah korelasional. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 364 mahasiswa Universitas Negeri Semarang, yang dipilih dengan teknik pengambilan sampelquota random sampling.Analisis uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi hierarkis. Hasil analisis regresi hierarkis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara future time perspective dengan personal growth initiative (∆R=0,216, ∆F=11,456, p<0,01). Dari keempat aspekfuture time perspective, hanya aspek speed dan connectedness yang memprediksi secara positif personal growth initiative (β=0,203; β=0,217, semua p<0,01, berturut-turut). Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi personal growth initiative individu maka semakin besar pula future time perspective individu tersebut, begitupun sebaliknya.
PENGARUH PERUNDUNGAN SIBER DI MEDIA SOSIAL DAN BYSTANDER TERHADAP REGULASI EMOSI REMAJA SE-KABUPATEN PEMALANG Nihayah Maudya Zuhdi; Mulawarman Mulawarman
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.3121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui seberapa tingkat perundungan siber, regulasi emosi, serta pengaruh perundungan siber di media sosial dan bystander terhadap regulasi emosiremaja Se-Kabupaten Pemalang. Populasi yang diambil di dalam penelitian ini adalah siswa SMP se-Kabupaten Pemalang. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan, adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.815 siswa. Kemudian, penentuan sampel dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 326 siswa yang didasarkan pada proporsi siswa setiap angkatan. Data diambil dengan penyebaran skala kepada responden menggunakan skala psikologis, berupa skala perundungan siber, skala regulasi emosi, dan skala bystander yang masing-masing reliabilitasnya 0,960, 0,772, 0,677. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, serta analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perundungan siber terhadap regulasi emosi remaja Se-Kabupaten Pemalang, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara bystander terhadap regulasi emosi remaja Se-Kabupaten Pemalang, (3) Ada pengaruh yang signifikan dari perundundungan siber di media sosial dan bystander terhadap regulasi emosi remaja Se-Kabupaten Pemalang. Hal ini dikarenakan siswa yang mengalami perundungan siber terutama melalui media sosial baik secara langsung maupun tidak langsung, mereka akan cenderung untuk melalukan pengendalian emosi.
STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMKN 2 SOLOK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI Disa Edkamila; Nursyamsi Nursyamsi; Aprizal Ahmad
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2324

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan peserta didik dalam belajar daring masa covid 19. Peserta didik semakin malas mengerjakan tugas karena sering ketinggalan informasi mengenai tugas. Hal ini disebabkan oleh kurang memadai  jaringan internet di tempat tinggalnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X pada masa Covid di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Bimbingan Konseling mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada masa covid. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode untuk mendapatkan gambaran sesuatu apa adanya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi kepada guru pembimbing, wali kelas, serta peserta didik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan strategi guru bimbingan dan konseling  mengatasi kesulitan belajar peserta didik di masa pandemi dengan melakukan kerjasama dengan wali kelas dan tim IT untuk melaksanakan layanan informasi bimtek mengenai cara belajar menggunakan aplikasi kelas maya. Kelas maya merupakan lingkungan belajar yang ada dalam konten digital yang dapat diakses, disimpan, dan dibagikan melalui jaringan komputer dan sistem informasi sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN INTERNET ADDICTION PADA SISWA SMP DI KABUPATEN TEMANGGUNG Susantika Dwy; Binti Isrofin
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.3138

Abstract

Jumlah pengguna internet dikalangan anak dan dewasa terus berkembang, dengan rendahnya self control dapat mendorong terjadinya perilaku internet addiction pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  self control dengan internet addiction pada siswa SMP di Kabupaten Temnggung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini ialah siswa SMP N 5 Temanggung, SMP N 1 Pringsurat, dan SMP Salomo 3 Pringsurat. Sampel yang digunakan berjumlah 250 dari 686 siswa dengan menggunakan purposive sampling dan random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan ialah skala internet addiction,dan skala self control. Kemudian, data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self control dengan internet addiction pada siswa (β i= i0,563; it=10,379; ip i<0,01). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru BK agar memberikan layanan yang dapat mengurangi tingkat internet addiction pada siswa dengan melibatkan tingkat self control siswa.
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN Maisha Fajriani Halim; Safri Mardison
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2365

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fakta lapangan yang penulis temukan di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam bahwasabpelanggaran disiplin yang dilakukan peserta didik diantaranya adalah sering keluar di saat jam pelajaran berlangsung, tidak membawa catatan ketika belajar, tidak mengerjakan PR dan tidak memperhatikan guru di saat menerangkan materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, yang berjumlah 167 orang dan jumlah sampel sebanyak 42 orang yang diambil dengan penggunaan teknik Proposional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dikategorikan sedang dengan jumlah persentase sebesar 45,24% sedangkan hasil belajar nya dikategorikan Tinggi dengan jumlah persentase sebesar 38,10%. Selain itu dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rhitung = 0,727 lebih besar dari rtabel untuk taraf signifikan 1%= 0,393 dan untuk signifikan 5% = 0,304, sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik disiplin belajar dengan prestasi belajar peserta didik.
ANALISIS KOMUNIKASI KELUARGA SISWA PELAKU BULLY DI MTSN 2 ACEH BESAR Putri Adyanur; Martunis Martunis; Nurbaity Bustamam
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.3160

Abstract

Perilaku bullying yang ditampilkan oleh siswa di sekolah salah satu penyebabnya adalah komuniksi keluarga yang kurang hangat dan kurang efektif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi keluarga siswa pelaku bully. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada siswa/i MTsN 2 Aceh Besar kelas VIII yang berjumlah 5 subjek, yaitu RM, IA, AA, DR, dan NR. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis konten (content analysis) dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan secara langsung. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari 5 responden dapat digambarkan bahwa komunikasi keluarga yang terjalin antara anak dan orang tua masih kurang hangat dan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua hanya sebatas berbicara atau bertanya hal yang penting saja, tindakan orang tua yang tidak mendiskusikan keputusan dengan anaknya terlebih dahulu, orang tua dominan mencari kesalahan dan kurang fokus pada solusi, dan bahkan anak merasa orang tua masih kurang optimal dalam menghargai dan mendengarkan anak.
NILAI ETIKA KONSELOR DALAM MEMBANGUN INTERAKSI EFEKTIF ANTARA KONSELOR DAN KONSELI DI SMP PGRI KOTA DUMAI Rita Anriani; Maemonah Maemonah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.2955

Abstract

Konselor adalah profesi yang didedikasikan untuk kemasalahatan manusia dan bekerja sesuai dengan keilmuan dan pengalamannya dengan membimbing atas apa yang terjadi baik itu berupa permasalahan maupun tidak. Untuk menjadi konselor harus memili nilai-nilai didalam dirinya salah satunya nilai etika. Nilai etika merupakan segala sesuatu yang menyangkut nilai terpuji. Dalam kehidupan sehari-hari, sering disebut dengan istilah tatakrama atau sopan santun. Nilai etika disebut juga nilai watak atau nilai kepribadian. Tujuan dalam penelitian ini bagaimana implementasi nilai etika konselor dalam membangun interaksi efektif antara konselor dan konseli di SMP PGRI Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini guru BK di SMP PGRI Kota Dumai yaitu ibu Retty dan 2 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini Nilai etika yang dimplementasi oleh guru Bk PGRI Kota Dumai ada empat prinsip dasar mengenai etika yang merupakan bagian dari sebuah pemberian bantuan yang berfungsi untuk meningkatkan etika seorang konselor hingga membangun interaksi yang efektif antar konselor dan konseli yaitu: otonomi, tidak melanggar kode etik, adil dan setia.
KONSEP APLIKASI LANDASAN DAN PENDEKATAN RELIGIUS DALAM PELAYANAN KONSELING Afnilaswati Afnilaswati; Meldawanti Meldawanti; Ardimen Ardimen
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 7, No 2 (2021): Juli- Desember 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v7i2.3260

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk menjelaskan konsep dan aplikasi landasan religius yang dilengkapi dengan contoh aplikasi dan integrasi berbagai pendekatan religius dalam proses konseling. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan sumber utama untuk mendapatkan data adalah alqur’an dilengkapi dengan buku referensi dan artikel jurnal terkait dengan landasan religius dalam konseling. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik konten analisis untuk mendapatkan jawaban demi tercapainya tujuan studi ini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa konseling religius yaitu proses bantuan secara professional yang dilakukan oleh konselor yang terlatih dan berpengalaman dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam proses konseling. Beberapa contoh aplikasi dan integrasi nilai-nilai agama dalam proses konseling adalah konseling dengan pendekatan muhasabah, pendekatan syukur, pendekatan tazkiyatun nafs, pendekatan tadabur al-qur’an, pendekatan zikir, relaksasi religius, dan lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10