cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Phone
+6285220520401
Journal Mail Official
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jln. R.E. Martadinata No. 150 Tlp. (0265) 772192
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Wahana Pendidikan
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23552425     EISSN : 27156796     DOI : 10.25157
Core Subject : Education,
Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Januari dan Agustus). P-ISSN: 2355-2425 dan E-ISSN : 2715-6796 Wahana Pendidikan is a high-quality open access peer-reviewed research journal published by the Teaching and Education Faculty of Galuh University (UNIGAL). Wahana Pendidikan provides a platform that welcomes and recognizes high-quality original empirical research articles on education written by researchers, academics, professionals and practitioners from around the world.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Agustus" : 11 Documents clear
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENJAS DI SMK NEGERI KAWALI Dedeh Dedeh; Sri Maryati; Ilah Ilah; Rini Agustin Eka Yanti
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7623

Abstract

Manajemen Sarana dan Prasarana Penjas di SMK Negeri Kawali” sebagai upaya peningkatan pengelolaan pihak sekolah terkait sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal satu bulan februari tahun 2022 yang diikuti oleh 98 orang terdiri dari 10 Guru, 1 Wakil Kepala Sekolah, dan 87 peserta didik SMK Negeri Kawali. Kegiatan ini dilakukan melaui beberapa tahapan, yaitu : mengurus survei izin surat penelitian, studi kepustakaan, pengumpulan data, analisis data, dan pembuatan laporan. Kegiatan penelitian ini berhasil memberikan pemahaman kepada guru khususnya dan kepada peserta didik umumnya tentang pentingnya manajemen sarana dan prasarana mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hal tersebut sebagai upaya sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana penjas supaya bisa mencapai hasil yang optimal dalam mencapai tujuan pendidikan. Management of Physical Education Facilities and Infrastructure at Kawali State Vocational School” as an effort to improve the management of schools related to physical education facilities and infrastructure which was carried out on Tuesday the first of February 2022 which was attended by 98 people consisting of 10 teachers, 1 Deputy Principal, and 87 students of Kawali State Vocational School. This activity is carried out through several stages, namely: administering a research letter permit survey, literature study, data collection, data analysis, and report generation. This research activity succeeded in providing an understanding to teachers in particular and to students in general about the importance of facilities and infrastructure management starting from planning, organizing, implementing, and supervising. This is an effort by schools in managing physical education facilities and infrastructure so that they can achieve optimal results in achieving educational goals.
EFEKTIVITAS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL Isna Daniyati Nursasih; Andang Rohendi; Terra Erlina
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7190

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional gobak sodor terhadap kecerdasan emosional. Permainan tradisional memuat banyak nilai-nilai karakter yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Galuh yang telah selesai mengikuti mata kuliah Pendidikan Luar Sekolah dan Olahraga Tradisional di semester 4. Metode kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif survey digunakan sebagai metode penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 2 jenis kuesioner mengenai pengetahuan tentang nilai-nilai karakter pada permainan gobak sodor juga mengenai kecerdasan emosional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  secara bersama-sama variabel kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerjasama dan kerja keras berpengaruh nyata terhadap kecerdasan emosional. Selanjutnya hasil dari uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel  nilai karakter tanggungjawab, kerja keras dan jujur secara parsial berpengaruh nyata terhadap kecerdasan emosional.
STUDI LITERATUR KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT Marthinus Yohanes Ruamba; Dwijayanto Dwijayanto; Scolastika Mariani
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7866

Abstract

Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sering ditemui pada berbagai tingkatan pendidikan. Matematika juga merupakan bidang studi penting yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan menghitung, mengukur dan memanfaatkan konsep-konsep matematika sehingga dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Belajar matematika selamanya tidak sekedar berbicara tentang numeric (angka), tetapi lebih dari pada itu. Dalam menyelesaikan persoalan matematika hal mendasar yang perlu dipahami oleh setiap individu adalah kemampuan merepresentasi matematis. kemampuan reprsentasi dianggap sebagai pintu masuk dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematis yang rumit. Individu dianggap memiliki kemampuan representasi jika mampu memenuhi tiga indikator utama yakni representasi visual (simbol), representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi verbal. Metode yang digunakan adalah kajian literatur (literature review) dimana dalam melakukan review mengikuti mengikuti tahapan-tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, tahap reduksi data, melakukan display data, pembahasan hasil penelitian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini review literatur dilakukan terhadap 20 artikel yang mungkin untuk menemukan pembahasan sesuai dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis yang dillakukan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya kognitif field depeden dan field independen memperliahatkan bahwa individu dengan gaya kognitif tipe field depeden mampu memenuhi dua dari indikator representasi matematis sedangkan individu dengan gaya kognitif field independen mampu memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan verbal. Kata Kunci: representasi matematis, gaya kongitif, field dependent, field independent
STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS SEKOLAH (Studi Kasus SMK Utama Kepanjen) Tika Nur Safitri; Dwiki Hermawan; Arumia Fairuz Husna; Ahmad Yusuf Sobri
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7662

Abstract

Pemberdayaan merupakan kegiatan untuk memberdayakan manusia melalui perubahan dan pengembangan manusia itu sendiri untuk meningkatkan kinerja dalam kegiatan di suatu organisasi yang berupa kepercayaan, kemampuan, wewenang, dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan akuntabilitas sekolah di SMK Utama Kepanjen. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat berbagai macam pelatihan yang dilakukan oleh guru di SMK Utama Kepanjen. Pemberdayaan guru yang dilakukan di SMK Utama Kepanjen selalu melibatkan kepala sekolah. Hal ini dibuktikan dari adanya berbagai program pemberdayaan yang telah disusun diawal tahun pelajaran.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN KIMIA dede rohayah
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.8243

Abstract

Dalam belajar kimia, kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan, pembelajaran kimia pada peserta didik diharapkan tidak hanya untuk menguasai konsep tetapi juga menerapkan konsep yang telah mereka pahami dalam penyelesaian masalah kimia. Namun, pembelajaran dalam kelas cenderung menekankan pada penguasaan konsep dan mengesampingkan kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik. Pada pembelajaran kimia, kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik masih tergolong rendah. Peserta didik mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan permasalahan yang kompleks. Maka penulis Menyusun analisis kemmapuan pemecahan masalah pada pembeljaran kimia dengan rumusan masalah: Bagaimana kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki peserta didik dalam mengahadapi soal kimia? Bagaimana Tindakan yang harus dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan pemecahan masalah peserta didik dalam memecahkan soal kimia? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Karangnunggal dengan  jumlah total 36 orang  siswa.Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Peserta didik mengalami kesulitan belajar kimia dalam menyelesaikan permasalahan pada soal sebesar 32%, kesulitan memahami konsep dan rumus sebesar 26%, kesulitan menggunakan persamaan atau rumus dalam soal sebesar 18%, kesulitan menganalisis grafik dan gambar sebesar 17%, dan kesulitan menyimpulkan materi yang telah dipelajari sebesar 7%. Kesulitan tersebut terlihat ketika peserta didik memecahkan permasalahan pada soal kinematika serta suhu dan kalor. Peserta didik mengalami kesulitan pemecahan masalah kimia, diperoleh dari hasil angket, bahwa 76% peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan pada soal dengan alasan lupa atau tidak paham, sebesar 19% peserta didik kurang memahami solusi pemecahan masalah pada soal, dan sebesar 5% peserta didik mampu memecahkan permasalahan pada soal.
PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM PENGEMBANGAN PUPUK ORGANIK UNTUK KESEHATAN LINGKUNGAN BAGI MASYARAKAT BINAAN CSR FUEL TERMINAL PERTAMINA SAMARINDA Karlos Joshua Kefi; Saraka Saraka; A Ismail Lukman; Mustangin Mustangin
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7713

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan salah satu isu permasalahan yang terjadi di masyarakat yang disebabkan oleh penumpukan sampah. Oleh karena itu perlu ada solusi dalam pengurangan sampah di masyarakat. Hal ini diperlukan keterampilan yang memadai dari masyarakat sehingga masyarakat dapat mengolah sampah menjadi pupuk organik. Penelitian ini mengungkap bagaimana pelaksanaan pendidikan nonformal melalui pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dijabarkan sebelumnya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan Tim CSR Fuel Pertamina sebagai pengelola program pelatihan, Instruktur Pelatihan, dan Masyarakat sebagai peserta pelatihan. Hasil penelitian membuktikan bahwa proses pelatihan dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari tahapan perencanan dengan penilaian kebutuhan masyarakat, tahapan perancangan program berdasarkan kebutuhan masyarakat, pengkondisian peserta pelatihan dan perekrutan instruktur pelatihan. Tahapan pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan praktek sesuai dengan tujuan pelatihan yaitu peningkatan keterampilan masyarakat sehingga perlu adanya praktek. Proses pelatihan fleksibel dan sesuai dengan kesepakatan bersama dengan masyrakat serta adanya proses evaluasi program pelatihan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pelatihan.
LITERATURE REVIEW : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Ratna Indriani; Zaenal Abidin
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.8138

Abstract

Pendidikan di dunia masih memfokuskan pada keterlibatan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Peserta didik masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi khususnya dalam bidang sains. Materi sains bersifat konstruktif menjadi tantangan para guru untuk menjadikan pembelajaran menarik dan mudah difahami. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memahami konsep sains adalah dengan bantuan teknologi. Apalagi di jaman sekarang baik guru maupun peserta didik harus siap dan mampu menguasai teknologi. Teknologi yang mulai berkembang di dunia pendidikan saat ini adalah Augmented Reality. Augmented Reality merupakan media pembelajaran yang efisien, menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari rivew jurnal ini adalah untuk merivew pengembangan dan penggunaan teknologi AR dalam membatu keberhasilan proses pembelajaran. Metode literature review berdasarkan metode analitik dengan memproses informasi-informasi yang terdapat dalam literatur. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk penjelasan secara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk pengembangan AR dalam dunia pendidikan lebih banyak menggunakan model marker based tracking. Hasil uji beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AR berpengaruh positif terhadap keberhasilan pendidikan. Simpulan berupa pengembangan media Augmented Reality meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Alvin Fahmi Addini; Arumia Fairuz Husna; Beatric Alfira Damayanti; Bety Istif Fani; Churi Wardah Nihayati Wardah Nihayati; Damateja Andika Daniswara; Desi Fitri Susanti; Ali Imron; Rochmawati Rochmawati
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7639

Abstract

Berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia dapat datas dengan melakukan supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan merupakan suatu proses bantuan maupun dukungan yang diberikan kepada guru dalam mengembangkan kemampuannya yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan maupun kreatifitas dalam mengajar dan komitmen atau motivasi sebagai seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan konsep dasar supervisi pendidikan yang meliputi (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, dan (3) tujuan supervisi pendidikan. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literasi. Setelah mengumpulkan data, data direduksi, disimpulkan dan kemudian disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, beberapa di antaranya yaitu prinsip ilmiah, demokratis, kerja sama, konstruktif, dan kreatif, (3) tujuan supervisi, serta (4) fungsi supervisi pendidikan yang memberikan bantuan pada guru untuk meningkatkan profesionalismenya.
Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Berbasis VOSviewer Muntazhimah Muntazhimah; Fika Rahmah; Alya Khansa Syahidah; Devi Yuliana; Irliana Indah Amalia; Racheliana Ghani
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.8171

Abstract

Siswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengkaji penelitian mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika dan self-concept berbasis VOSviewer sampai saat ini. Metode penelitian ini didasarkan pada pencarian berdasarkan jurnal yang dikemabngka melalui analisis bibliometric data yang diekstraksi dari database Google Scholar dengan seperangkat kriteria penelitian untuk mengukur dan memenuhi syarat studi yang ditulis tentang masalah ini. Teknik pengumpulan data dengan cara penelusuran menggunakan Publish or Perish dengan kata kunci kemampuan komunikasi matematis dan self-concept dalam kurun waktu 0-2022. Analisis data menggunakan software VOSviewer dengan data yang didapatkan dari software Publish or Perish. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 4 kata kunci yang terbagi dalam 2 cluster. Jumlah maksimum peneliti untuk setiap artikel sebanyak 26 dan jumlah minimum sebanyak 2. Hasilnya, dari 26 peneliti yang terdeteksi hanya ada 3 peneliti yang memiliki kriteria. Publikasi terbanyak terjadi pada tahun 2019 sebanyak 4 dalam Google Scholar.
Pengaruh Penggunaan Bahasa Baku Oleh Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 MI Al-Huda Depok Sleman hanif aswin; aninditya sri nugraheni
Wahana Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i2.7912

Abstract

Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan bahasa baku di MI Al-Huda perlu dipertanyakan, sehingga perlu ditanyakan secara langsung dengan narasumber terkait. Penulis mengupayakan untuk menanyakan secara langsung terkait dengan efektivitas pembelajaran menggunakan bahasa baku. Di kelas VA MI Al-Huda Depok Sleman. Setelah diadakan wawancara terkait efektivitas pembelajaran menggunakan bahasa baku membuktikan bahwa kurang efektifnya penggunaan bahasa baku dalam pembelajaran bahasa indonesia, karena materi bahasa baku yang belum diajarkan secara keseluruhan pada jenjang sekolah dasar  kelas V. Untuk itu penulis memberikan kesimpulan bahwa kurang efektifnya pembelajaran menggunakan bahasa baku disebabkan oleh materi yang belum diajarkan keseluruhan pada jenjang sekolah dasar kelas V. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Bahasa Baku

Page 1 of 2 | Total Record : 11