cover
Contact Name
La Ili
Contact Email
sava.ili78@gmail.com
Phone
+6285232535473
Journal Mail Official
sava.ili78@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan PGSD, Jl. HEA. Mokodompit, Kampus Bumi Tridarma Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26560402     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jipsd
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah dasar
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 11 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MATERI MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SDN 7 KABANGKA KABUPATEN MUNA Salmina Salmina; Sakka Hasan
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.137 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama melalui penrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 7 Kabangka Kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 58,33% dengan  nilai rata-rata 69,58 meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,66 . Di samping itu, terjadi peningkatan aktivitas mengajar guru dari siklus I 84,21% menjadi 92,10%. Pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 81,81% meningkat menjadi 90,90%. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SDN 12 POASIA Muh. Syukri Sarfat; La Ode Safiun Arihi
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.897 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5666

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi system pemerintahan desa dan kecamatan kelas IV SDN 12 Poasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 12 Poasia dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,93%.  dengan persentase ketuntasan 66,66%, siklus 2 sebesar 87,87% dengan persentase ketuntasan 75,15%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 61,11%, sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 94,66%, dan aktivitas belajar siswa memperoleh rata-rata persentase pada siklus I yaitu 50%, kemudian rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada setiap siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan di kelas IV SDN 12 Poasia Kota Kendari.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ENERGI DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS III SDN 1 MOSIKU Semramma Patollong; Dorce Banne Pabunga
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.68 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5659

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas III SDN 1 Mosiku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan evaluasi tes siklus. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 85%, aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75% dan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan sebesar 60,7% dengan nilai rata-rata mencapai 67,5. Aktivitas mengajar guru siklus II mencapai 90%. Aktivitas belajar siswa siklus II mencapai 85%. Hasil belajar siswa siklus II mencapai ketuntasan 89,3% dengan nilai rata-rata 76,8. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan di kelas III SDN 1 Mosiku Kabupaten Kolaka Utara.Kata kunci: Model pembelajaran, Student Teams Achievement Division, hasil belajar, IPA
MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS V SDN LAMELAY KABUPATEN KONAWE tanti tanti; Amiruddin B.
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.756 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya di Kelas V SDN Lamelay, Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana tindakan meliputi : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif yaitu menghitung persentase aktivitas terdiri dua yaitu minimal 75 % dari jumlah siswa mencapai nilai ≤ 70. Hasil penelitian pada siklus I secara klasikal siswa memperoleh nilai ≤ 70 sebanyak 4 orang atau sebesar 25 % dengan nilai rata-rata 60. Aktivitas guru pertemuan pertama mencapai skor 8 atau 66,7 %. Persentase aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai skor 5 atau 50 % dan skor 7 atau 77,8 % pada pertemuan kedua. Pada siklus II secara klasikal siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 sebanyak 15 siswa atau 75 % dengan nilai rata-rata 77,5. Aktivitas guru mencapai skor 10 atau 90 % dan aktivitas siswa mencapai skor 12 atau 100 %.Kata kunci: Model Pembelajaran, STAD, Hasil Belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 3 TORONIPA Sitti Nurhazisa; Lisnawati Rusmin
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.768 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kebebasan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN 3 Toronipa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Adapun prosedur dalam  penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Hasil yang diperoleh yang berkaitan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,63%atau sebanyak 7 orang dari 11 siswa yang tuntas memperoleh  nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 67,72. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 90,90%  atau sebanyak 10orang dari 11 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥ 70 dengan nilai rata-rata 75,45.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS V SD NEGERI 10 KABANGKA Muhammad Gazalidin Ul haq; Izlan Sentryo
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.228 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil di kelas V SD Negeri 10 Kabangka. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri 10 Kabangka yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 12 orang. Pelaksanaan tindakan mengikuti Prosedur penelitian yang terdiri dari: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi; dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif adalah data aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran melalui lembar observasi dan data kuantitatif adalah hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan hasil ketika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil siswa kelas V SD Negeri 10 Kabangka. Berdasarkan hasil tes siklus I, secara klasikal siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 7 orang atau  58,3% dari 12 orang siswa dan sebanyak 5 orang atau 41,7% dari 12 orang dengan nilai rata-rata 66,7. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat  menjadi 11 orang atau 91,7% dari 12 orang siswa yang tuntas dan 1 orang atau 8,3% dari 12 orang yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,8. Di samping itu skenario pembelajaran guru juga mencapai 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada siklus II dalam penelitian ini telah mencapai indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model  pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Kabangka.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil
MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN EMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VB SDN 08 MANDONGA Taslin Taslin; La Ode Kaimuddin
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.027 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 08 Mandonga Kota Kendari. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus dalam penelitian mengalami peningkatan.Tindakan siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 43% dengan nilai rata-rata 63,1 pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan sebesar 89% dengan nilai rata- rata 80. Demikian halnya dengan keberhasilan aktivitas mengajar guru, pada siklus I pertemuan I sebesar 75% meningkat pada pertemuan ke II sebesar 87,5%.pada siklus II pertemuan I sebesar 93,75% meningkat sebesar 100% pada pertemuan II.Keberhasilan aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 73,3% meningkat pada pertemuan II sebesar 77,0%, pada siklus II pertemuan I sebesar 86,6% meningkat sebesar 94,1% pada pertemuan II.Kata kunci: Hasil Belajar,Contextual Teaching and Learning dan Sifat-Sifat Bangun Datar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV SDN 1 LANOSANGIA Neliati Neliati; La Rabani
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.123 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan, siswa kelas IV SDN 1 Lanosangia Kabupaten Buton Utara melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif. Hasil yang diperoleh adalah keterampilan menulis karangan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 70 %, pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan secara klasikal  82 %. Aktivitas mengajar guru siklus I mencapai 69 %, siklus II mencapai 92 % sedangkan aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 66%, siklus II mencapai 91%.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Keterampilan Menulis Karangan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI SEKOLAH DASAR Sakka Sakka; La Rabani
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.821 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan metode SQ3R (survey, question, read, recite, review). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 bertempat di Kelas VI SDN Lemo Bajo Kabupaten Konawe Utara. Jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama adalah 68,00% dan pertemuan kedua 74,67%, meningkat menjadi 81,33% pada siklus II pertemuan pertama dan 94,67% pertemuan kedua, (2) persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan pertama adalah 68,00% dan pertemuan kedua 73,33%, meningkat menjadi 81,33% pada siklus II pertemuan pertama dan 94,67% pertemuan kedua, (3) rata-rata nilai siswa siklus I adalah 69,81 meningkat menjadi 81,15 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 61,54% meningkat menjadi 92,31% pada siklus II.Kata kunci: kemampuan membaca, SQ3R.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 2 BARANGKA Wa Ambo Wa Ambo; Muhammad Yasin; La Ili La Ili
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.997 KB) | DOI: 10.36709/jipsd.v1i1.5665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pelajaran matematika siswa pada materi persegi dan persegi panjang melalui penerapan metode discovery learning. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN 2 Barangka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil obeservasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa pada tindakan siklus pertama, rata-rata yang dicapai siswa pada evaluasi hasil belajar  adalah 71,00 atau 66,7% dengan jumlah siswa 10 orang dari 15 yang diteliti. Pada evaluasi hasil belajar siklus II rata-rata 81,00 atau 86,7% dengan jumlah siswa 13 orang dari 15 yang diteliti.Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Discovery Learning

Page 1 of 2 | Total Record : 11