cover
Contact Name
Muhammad Ali Adriansyah
Contact Email
ali.adriansyah@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281335350368
Journal Mail Official
plakat@fisip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 26860686     EISSN : 27145239     DOI : 10.30872
Core Subject : Humanities, Social,
PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT is a multidisciplinary scientific journal of social and political science that presents the implementation of science and technology in solving problems in society. This journal contains the publication of the results of community service activities, models or concepts and or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the implementation of services to the community. PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT published regularly twice the year in June and December. The purpose of this journal is to disseminate ideas and results of research conducted by universities, particularly the Faculty of Social and Political Sciences at Mulawarman University, which can be applied in society. PLAKAT : JURNAL PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT contains a variety of activities carried out both internally by the Social Sciences Mulawarman University or from externally in handling and overcoming various problems that occur in society by applying science and technology which can then be beneficial to improve the welfare of the society.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020" : 10 Documents clear
Pelatihan Manajemen Stres dan Relaksasi Bagi Ibu Rumah Tangga Terdampak Covid 19 di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Nurmina Nurmina; Netrawati Netrawati; Rinaldi Rinaldi
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4972

Abstract

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia sebelumnya. Virus terdeteksi pertama kali di Wuhan, China. Kemudian menyebar dan menjadi pandemi hampir di seluruh dunia. Jumlah orang yang terinfeksi dan dites positif karena terpapar meningkat dengan cepat. Kita semua tidak pernah tahu pasti kapan wabah covid-19 ini akan berakhir. Pandemi Covid 19 berdampak buruk tidak hanya pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Saat ini, hampir semua orang mengalami ketakutan dan kecemasan. Tindakan untuk mengurangi penularan Covid-19 dengan memberlakukan pembatasan sosial, memberi tekanan pada semua orang karena tidak bisa bergerak dengan bebas. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, kelompok yang lebih rentan mengalami stres akibat pandemi Covid 19 adalah perempuan yang lebih banyak terbebani karena mengasuh anak. Untuk mengatasi dampak psikologis jangka panjang, perlu dilakukan langkah-langkah untuk meredakan kecemasan dan stres yang dialami ibu rumah tangga. Ada beberapa cara untuk mengurangi stres. Cara mudah melakukannya sendiri di rumah adalah terapi relaksasi. Awalnya para ibu yang lebih terbebani dengan mengasuh anaknya mendapatkan pelatihan. Kemudian dia bisa melakukan kegiatan ini secara rutin dan mandiri sendiri di rumah. Berdasarkan hasil pengukuran akhir dapat diketahui bahwa terapi relaksasi cukup efektif dalam mengurangi kecemasan dan stres ibu rumah tangga baik karena harus menemani anaknya belajar online dirumah maupun mengalami masalah keuangan.
Kepuasan Konsumen Astra Motor Honda Tanjung Selor Terkait Pelayanan Showroom Adi Aspian Nur; Dedik Wiryawan; Machmud Al Amrie
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.3950

Abstract

Pelayanan merupakan kunci utama bagi suatu perusahaan yang fokusnya adalah profit oriented atau orientasi keuntungan. Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan yang diberikan kepada konsumen yang datang ke dealer atau showroom Astra Honda Motor di Tanjung Selor. Dengan adanya pelayanan yang baik tentunya apa yang dirasakan oleh konsumen tersebut akan berdampak terhadap kepuasan yang telah diperoleh oleh konsumen tersebut. Berdasarkan hasil focus group discussion dari 19 konsumen diperoleh hasil bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas dealer atau showroom adalah kurang memuaskan, sebagai contoh petugas dealer tidak ramah, tidak menguasai product knowledge, dan lain-lain.
Membangun Kepedulian Pada Sesama di Masa COVID-19 Salasiah Salasiah; Diana Diana; Maskan Abdul Fatah; Muhammad Ali Adriansyah
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4973

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 ini membawa dampak yang besar bagi negara-negara di dunia, salah satunya yaitu Indonesia. Masyarakat harus siap menghadapi perubahan aktivitas kegiatan sosial, penerapan normal baru serta ketidakpastian yang akan terjadi di kemudian hari. Banyaknya para pekerja yang kehilangan mata pencahariannya, membuat kita diminta untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Perlunya menanamkan sifat peduli pada sesama guna membantu orang lain dalam meringankan sebagian dari beban hidupnya. Melihat fenomena tersebut maka dilaksanakan kegiatan berbagi secara rutin kepada para jamaah setiap hari Jumat dan kepada warga Jalan Batu Besaung ketika bulan Ramadhan 2020. Hasil yang didapatkan yaitu mempererat hubungan silaturahmi antar pemberi dan penerima maupun meningkatkan kebahagiaan.
Mengelola Overthinking untuk Meraih Kebermaknaan Hidup Lisda Sofia; Ayunda Ramadhani; Elda Trialisa Putri; As`liyanti Nor
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4969

Abstract

Pandemi covid-19 menjadi permasalahan salah satunya adalah keadaan untuk adaptasi kebiasaan baru menuntut individu untuk terus dapat meningkatkan kemampuan bertahan di keadaan saat ini. Belajar dari rumah dapat menjadi suatu hal yang positif namun bisa menjadi hal yang negatif tergantung pemaknaannya, ditambah banyaknya kondisi saat ini yang tidak menentu dan mengalami banyak perubahan. Keadaan seperti hal tersebut sehingga memunculkan banyak sekali pemikiran negatif dan masyarakat menjadi overtinking. Melihat fenomena tersebut maka dilaksanakan pengabdian masyarakat dengan seminar secara daring (webinar) mengelola overtinking untuk meraih kebermaknaan hhidup. Tujuan dari seminar daring ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaiamana mengelola overtinking agar terhindar dari pemikiran yang berlebihan. Hasil analisis data ditemukan nilai sig (p) = 0.000 (p < 0.05) hal ini bermakna bahwa terdapat perbedaan antara pretest dengan pos test, hal tersebut dilihat dari adanya kenaikan nilai mean skor pretest sebelum webinar sebesar 34.55 mengalami kenaikan menjadi 40.83 setelah mengikuti webinar mengolah overthinking untuk meraih kebermaknaan hidup.
Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19 Devi Rusli; Suci Rahma Nio; Amin Akbar; Nurmina Nurmina
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4974

Abstract

Covid19 adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus corona yang muncul awal 2020 di Indonesia. Pandemi Covid 19 telah berdampak luas pada semua sektor kehidupan tanpa terkecuali pada dunia pendidikan. Menurut informasi dari media online Republika.com disimpulkan bahwa belajar daring (dalam jaringan) menimbulkan masalah baru terutama bagi orangtua. Orangtua mengeluhkan belajar daring di rumah menambah kesibukan mereka. Wali murid merasa stres mengawasi kegiatan belajar anak di rumah karena sekolah memberikan sejumlah tugas pada siswa dan setiap hari tugas-tugas tersebut dikirimkan kepada gurunya melalui email (surat elektronik). Orangtua juga mengeluhkan anak mereka belajar terlalu santai (kurang serius), anak memegang HP (gawai) sambil bermain game online. Oleh karena itu diperlukan suatu program intervensi psikologi berupa psikoedukasi online dalam mendampingi anak belajar daring dirumah. Tujuan psikoedukasi online ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman tentang strategi yang efektif bagi orangtua agar dapat mendampingi anak-anak SDIT Mutiara Pariaman belajar daring di rumah. Psikoedukasi pendampingan ini diberikan pada 26 orangtua siswa dengan menggunakan metode seminar, diskusi dan pendampingan orangtua. Efektivitas psikoedukasi dalam mendampingin anak belajar daring diukur dengan kuesioner pre-test dan post-test yang diisi oleh orangtua siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman orangtua setelah mengikuti psikoedukasi online.
Pencegahan Cyberbulliying dengan Ajaran Ki Hadjar Dewantara Flora Grace Putrianti; Astuti Wijayanti; Laily Rochmawati Listiyani
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4970

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat seperti sekarang ini semakin mengubah bentuk pergaulan dan sosialisasi pengguna internet dari anak-anak sampai dengan lansia. Segala bentuk informasi dapat menyebar secara cepat dan luas sehingga sulit untuk dikontrol yang berdampak positif maupun negatif. Dampak negatif dari internet salah satunya adalah cyberbullying. Oleh sebab itu diperlukan pencegahan yang terstruktur mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mencegah cyberbullying dengan Ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu Neng Ning Nung Nang, Ngerti Ngrasa Nglakoni, Niteni Nirokke Nambahi dan Tripusat Pendidikan. Metode partisipatif diharapkan dapat membuka wawasan remaja, guru dan orangtua terkait dengan pencegahan cyberbullying. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa rancangan kegiatan pada tripusat pendidikan yang mengarah pada pencegahan cyberbullying di kalangan remaja.
Work From Home: Life Solution on Psychology’s Perspective Muhliansyah Muhliansyah; Zunea Farizka Azyza Harro Uasni; Rahma Kusuma Fitri; Syarifah Na’imi Anisa; Faraz Faraz; Qurotul Uyun
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4976

Abstract

Work from home merupakan suatu sistem melaksanakan pekerjaan atau aktivitas yang berkaitan dengan tanggung jawab dari seorang individu dilakukan dari rumah. Sistem bekerja dari rumah ini diterapkan oleh pemerintah di Indonesia sejak awal tahun 2020 setelah penyebaran pandemic covid-19 kian merebak. Tak jarang dari sistem tersebut memunculkan berbagai macam pengaruh termasuk pengaruh negatif yang dirasakan seperti merasakan jenuh, lelah, sulit membagi waktu dan sebagainya. Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi psikoedukasi mengenai tips maupun solusi pada masyarakat Indonesia yang menjalani sistem work from home agar dapat melaksanakannya dengan adaptif. Metode kegiatan ini meliputi pelaksanaan webinar online yang diikuti oleh 62 orang berasal dari seluruh Indonesia. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan webinar yang telah dilaksanakan berhasil memberikan wawasan dan pemahaman kepada para peserta mengenai Work from Home: Life Solution on Psychology’s Perspective dilihat dari sisi sebanyak 48% peserta lebih banyak merasa webinar yang didakan menarik, sebanyak 54% webinar yang diadakan sangat bermanfaat, sebanyak 61% webinar yang didakan jelas dan mudah dipahami dan 62% webinar yang diadakan bisa diimplementasikan.
Kolaborasi Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal Aulia Suhesty; Miranti Rasyid; Rini Fitriani Permatasari; Yolanda Sonia Cindy Putri
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4967

Abstract

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 membuat ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan Covid-19. Sehingga kebijakan ini berdampak ke segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Hal ini membuat beberapa instansi pendidikan membuat kebijakan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah. Metode pengabdian dilakukan dengan cara metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan penjelasan secara langsung dari narasumber kepada peserta melaui zoom meeting. Tanya jawab dilakukan dengan memberikan kesempatan peserta untuk bertanya kepada narasumber. Berdasarkan uji beda Wilcoxon, didapatkan nilai mean sebelum webinar adalah sebesar 42.29 dan setelah webinar didapatkan nilai mean sebesar 52.09. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan webinar kolaborasi peran guru dan orang tua dalam menjalani pembelajaran dari rumah dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai peran guru dan orangtua serta strategi belajar yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah.
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pelatihan Pembuatan Website Desa di Desa Loa Duri Ulu Aji Ratna Kusuma; Muhammad Risal
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4971

Abstract

Keterbukaan informasi, akses layanan publik, dan kapasitas sumber daya manusia dalam memberikan layanan publik merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap organisasi pemerintah, termasuk pemerintah desa. Tantangan dalam mengatasi tiga persoalan tersebut menjadi kunci untuk menjadi desa yang maju dan inovatif. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dalam upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui metode FGD dan coaching, hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan portofolio dari website desa yang informatif dan berisi layanan publik yang bisa diakses secara online.
Pembelajaran Ramah Anak Berbasis Multiple Intelligence Patria Mukti; Sujoko Sujoko; Prilya Shanty A; Rosita Yuniati
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2020): Volume 2, Nomor 2 Desember Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/plakat.v2i2.4968

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan formal pertama anak melakukan pembelajaran. Sehingga sistem pembelajaran di sekolah perlu memperhatikan berbagai macam hal agar tercipta suasana pembelajaran yang ramah anak. Sekolah ramah anak adalah tempat pendidikan yang secara sadar menjamin dan memenuhi kebutuhan anak dalam mengembangkan kecerdasan mereka. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus memperhatikan segala aspek yang dapat menghambat dan mengembangkan kecerdasan mereka khususnya dalam hal multiple intelligence. Mitra kegiatan PKM ini adalah PAUD Little Sun. Mitra ini berada di Mojosongo Surakarta. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, belum memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen multiple intelligence dan belum mengetahui model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan belajar berbasis multiple intelligence. Tujuan dari program PKM ini adalah untuk membantu mitra dalam hal asesmen kecenderungan multiple intelligence yang dimiliki siswa dan memberikan edukasi model pembelajaran ramah anak yang tepat berbasis multiple intelligence. Setelah dilakukan asesmen multiple intelligence tentang ciri dan karakteristinya serta bagaimana melakukan deteksi multiple intelligence, guru-guru yang ada di PAUD Little Sun kini sudah memiliki pemahaman yang baik tentang multiple intelligence dan sudah mampu melakukan deteksi terhadap multiple intelligence.

Page 1 of 1 | Total Record : 10