cover
Contact Name
Hosaini
Contact Email
hosaini2612@gmail.com
Phone
+6285294946018
Journal Mail Official
ipingbws@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukais/editor
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman
Published by Universitas Bondowoso
ISSN : 27762297     EISSN : 25499122     DOI : https://doi.org/10.36835/edukais
Core Subject : Religion,
Journal Edukais; Journal Pemikiran Keislaman yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Bondowoso telah hadir di hadapan pemerhati. Semula journal ini adalah berbentuk lembaran buletin yang terbit setiap jum’at legi. Mengingat tuntutan akan profesionalisme tenaga pendidikan di perguruan tinggi, maka artikel-artikel dosen Fakultas Agama Islam terkodifikasi dalan satu bentuk journal. Pada edisi kali ini menyajikan beberapa penelitian dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi dengan bermacam-macam tema. Dari beberapa tema dapat dikatagorikan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing menjadi dua tema. Pertama tema tentang pendidikan islam. Kedua, hukum islam. Kedua tema tersebut selaras dengan prodi yang ada di universitas bondowoso, yakni Kependidikan Islam dan Ahwalus Syakhsyiyah (Hukum Keluarga).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2018): Juli" : 6 Documents clear
Manajemen Mutu Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Bondowoso Saleh, Saleh
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep manajemen mutu dan implementasi mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul ditafsirkan dan dianalisis menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek dengan uji kredibilitas melalui perpanjangan masa keterlibatan dan observasi; trianggulasi; member check, dan melakukan pemeriksaan sejawat, dipendabilitas, komfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini adalah Konsep penataan mutu Madrasah Ibtidaiyah di KKMI Kabupaten Bondowoso, dapat diformulasikan dari Komitmen kepala madrasah dalam mengelola, menerapkan strategi untuk memaksimalkan manajemen pengelolaan sumber daya sesuai potensi yang didimiliki untuk dikembangkan agar memiliki program perencanaan yang konkrit, didorong dengan kebijakan sesuai dengan fakta dan kebutuhan, serta mengikuti ketentuan yang berlaku, tersedianya biaya mutu untuk menghasilkan output yang memiliki keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan berakhlakul karimah. Implementasi pengelolaan mutu Madrasah Ibtidaiyah di KKMI Kabupaten Bondowoso adalah: komitmen untuk membuat perencanaan melalui visi jelas dan berjenjang, melaksanakan rencana melalui persiapan; memberdayakan sumber daya manusia melalui pengarahan, pendampingan, pembinaan, keterlibatan kepala madrasah secara total, mensinergikan guru, melibatkan wali murid, kerjasama dengan lingkungan sekitar, menggunakan sistem kekeluargaan, meningkatan kinerja; menikmati amanah tanpa beban, menekankan pada kegiatan keagamaan, tidak menggunakan cara kekerasan, pelaksanaan akademik melalui pembelajaran dan jam tambahan, pelaksanaan non akdemik memlalui ekstra kurikuler maupun kegiatan di luar jam pembelajaran, dan mengevaluasi secara total, sehingga intensitas pengembangan sumber daya insani, lingkungan, proses pembelajaran, branding madrasah, dan publikasi hasil pendidikan dapat terlihat dengan nyata.
Strategi Guru Dalam Peningkatanan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Miftahul Alimin, Miftahul Alimin
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengingat sangat pentingnya bagi kehidupan, maka pendidikan harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang diharapkan. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut di mulai dengan pengadaan tenaga pendidikan. Seorang guru di tuntut untuk senantiasa kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar dapat membangkitkan minat belajar siswa, sehingga siswa yang mengalami kebosanan atau kejenuhan tidak terjadi di dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan Strategi yang digunakan oleh guru serta minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Miftahul Ulum Banyuputih Situbondo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada di lapangan dengan observasi dan wawancara serta menggunakan data kepustakaan. Sumber data di peroleh dari semua warga MI Miftahul Ulum Banyuputih Situbondo yang meliputi guru dan peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat bervariasi seperti menggunakan Strategi diskusi, tanya jawab, dan lain-lain. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat kekurangan karena guru masih selalu menggunakan metode ceramah setiap mengawali proses pembelajaran. Jika berbicara tentang minat belajar, siswa di MI Miftahul Ulum Banyuputih Situbondo sangat tertarik mempelajari lebih dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist walaupun masih ada saja siswa yang lambat dalam memahami pelajaran tersebut.
Ngaji Kitab; Ayyuhal Walad dan Bidayatul Hidayah (Telaah Pemikiran Pendidikan Imam Ghazali) Muhammad Rusydi,
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ngaji kitab Ayyuhal Walad dan Bidayatul Hidayah ini adalah untuk menelaah pemikiran Imam Ghazali yang berkaitan dengan pendidikan, untuk menggali dan mentransformasikan pemikiran-pemikiran pendidikan beliau serta sebagai bahan muhasabah untuk para pendidik dan peserta didik. Kajian kitab ayyuhal walad dan bidayatul hidayah ini, menggunakan dua model telaah kitab; ma’nal murad atau tarjuman, yakni menelaah kitab secara tekstual dan tidak terlalu jauh menyeret makna dari tempatnya. Dan makna syarah, yakni menelaah kitab dengan makna kontekstual atau makna bebas sesuai dengan tuntutan pemahaman yang mudah dipahami. Fokus kajian ini hanya tertentu pada pemikiran Imam Ghazali yang berkaitan dengan pendidikan saja, tidak semua isi dalam kitab tersebut ditelaah. Temuan penting yang sangat kontekstual dan aktual dalam kajian ini adalah niat di dalam pendidikan yakni semata-mata niat akhirat. Walaupun ada dari proses pendidikan yang menghasilkan materi duniawi, sepatutnya hasil materi duniawi itu diniatkan untuk akhirat semisal untuk disedekahkan atau kemaslahatan umat islam, dan bukan untuk kesenangan/kemewahan pribadi/keluarga. Nilai-nilai penting dalam kitab ini; menghargai waktu, mencari ilmu sebagai bekal akhirat, kewajiban mengamalkan ilmu, menjaga anggota tubuh dari maksiat, menjaga hati dari hasud, ujub, dan riya’, menjauhi dosa (ghibah, kepentingan duniawi, sombong, ujub, hasud, tidak punya kasih sayang, tidak ikhlas), dan senantiasa beradab dalam aktivitas sehari-hari.
Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Konstekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Heri Kiswanto
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tantangan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan Islam adalah bagaimana mengimplementasikan pendidikan agama Islam bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama aka9n tetapi bagaimana mengarahkan peserta didik agar memiliki kualitas iman, taqwa dan akhlak mulia, agar bisa mengarahkan diri ke jalan yang lurus dan membentengi diri dari hal-hal yang di larang oleh Syariat. Mendeskripsikan Keterbacaan buku ajar Pendidikan Agama Islam yang digunakan kelas VIII di SMP 2 Sukorejo dan Mendeskripsikan respon pengguna buku ajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan konstekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian dalam artikel ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). hasil respon siswa dijadikan sebagai landasan untuk merevisi buku ajar sebelum diuji coba di lapangan. Setelah melakukan revisi berdasarkan masukan dari respon siswa. Keterbacaan buku ajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan konstekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo menunjukan tingkat keterbacaan buku ajar pendekatan kostektual untuk meningkatkan hasil belajar adalah 65%,
Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Hosaini
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada hakikatnya pendidikan merupakan salah satu komponen yang harus diutamakan oleh manusia di dalam menjalani kehidupan menuju hidup yang lebih baik. Penelitian ini terfokus pada strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 2 Situbondo, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari pembahasan ini peneliti akan menjelaskan tentang data-data yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang didapat di lembaga. Kesimpulan Bahwa penerapan strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMA Negeri 2 Situbondo adalah memberi tambahan kegiatan keagamaan, membiasakan peserta didik mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan, memulai dan mengakhiri pelajaran dengan do’a, menampilkan video-video yang mengandung hikmah, melihat individu dan kemampuan peserta didik, memberi nasehat dan tanya jawab, berdzikir dan mendo’akan peserta didik
Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Aspek Keerampilan pada Materi Tajhizul Mayit Abdul Halim
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 2 No. 1 (2018): Juli
Publisher : Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instrumen penilaian sebagai tolok ukur untuk mengetahui besarnya siswa dalam proses pembelajaran. Instrumen penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Hasil observasi di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo khususnya materi pelajaran pendidikan agama Islam menunjukkan penilaian hanya dilakukan dengan tes dan hanya terbats pada penilaian pengetahuan. Sedangkan untuk penilaian keterampilan pada materi tajhizul Mayyit guru hanya menilai denga tugas-tugas dan pengamatan. Penilaian keterampilan dengan cara tersebut tentunya kuran tepat, oleh karena itu diperlukan instrumen penilaian yang tepat dan berkualitas untuk menilai aspek keterampilan. Berdasarkan latar belakang di atas Fokus masalah yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana teknik penilaian untuk mengukur aspek keterampilan pada materi tajhizul mayyit kelas XI SMK Ibrahimy 2 Sukorejo dan bagaimana validitas dan reliabilitas instrumen penilaian untuk mengukur aspek keterampilan pada materi tajhizul mayyit di kelas XI SMK Ibrahimy 2 Sukorejo. Untuk menjawab kedua pertanyaan ini, peneliti mengadopsi prosedur pengembangan yang dilakukan oleh Borg dan Gall dalam pendidikan meliputi sepuluh langkah. Walaupun tidak secara keseluruhan dapat di laksanakan. Karna keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengembangan ini, menghasilkan satu produk instrumen penilaian yang berjudul “teknik penilaian keterampilan pada materi tajhizul mayyit”. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, instrumen penilaian ini secara umum sudah baik. Hal ini bisa di buktikan dengan tanggapan dan penilaian yang telah dilakukan oleh tim ahli serta dengan melakukan uji coba lapangan terbatas, dan dapat simpulkan bahwa instrumen penilaian ini dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 6