cover
Contact Name
Zaldy Adrianto
Contact Email
zaldy.adrianto@unpad.ac.id
Phone
+62222509055
Journal Mail Official
info.jebt.feb@unpad.ac.id
Editorial Address
Jalan Dipati Ukur no. 35 Bandung 40132
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan
ISSN : 18581218     EISSN : 26857359     DOI : 10.24198/jebt
Core Subject : Economy, Social,
JEBT is a place for Accounting, Management, Economics, and sharia economic studies related to business practices including taxation aspects so that they can contribute to practitioners and academics in the field of business and applied economics.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018" : 10 Documents clear
MENINJAU KONSEP RELATIONSHIP QUALITY DALAM HUBUNGAN PEMASARAN Daswir, Mekar Adelina; Helmi, Arief
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.526

Abstract

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu membangun hubungan jangka panjang dengan parapelanggannya. Kualitas hubungan adalah solusi perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya melaluimenciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan dan berguna untuk menilai sifat dan intensitas hubungan.Adapun konsumen. Kualitas hubungan adalah kemauan bagi konsumen untuk mempertahankan hubungan denganperusahaan untuk mencapai harapan dan keinginan untuk kualitas hubungan. Beberapa faktor yang mempengaruhipenerapan kualitas hubungan perusahaan seperti karakteristik perusahaan, hubungan tenaga penjual, dan loyalitaskonsumen. Kualitas hubungan memiliki 3 dimensi utama, yaitu: kepercayaan pada perusahaan, kepuasan pelanggandengan komitmen perusahaan dan perusahaan kepada para pelanggan.
ANALISIS REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PENGUMUMAN INVESTMENT GRADE INDONESIA Layyinaturrobaniyah, Layyinaturrobaniyah; Novelita, Pandu
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.522

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak pengumuman peringkat investasi Indonesia terhadap reaksi pasar yang diproksi dengan return saham abnormal melalui metode studi peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis abnormal return seputar pengumuman event investment grade Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang merupakan saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kami menggunakan 55 perusahaan sebagai sampel dengan teknik purposive sampling, Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi pasar muncul atas pengumuman peningkatan tingkat investasi Indonesia yang ditunjukkan oleh munculnya pengembalian abnormal yang positif dan signifikan pada t-3, t-2 , t0, dan t + 4. Ini menunjukkan bahwa pasar modal Indonesia masih tidak efisien dalam bentuk setengah kuat karena diduga kebocoran informasi terjadi sebelum pengumuman dibuat dan juga pasar cenderung lambat dalam merespons karena Reaksi pasar masih ditemukan beberapa hari setelah pengumuman.
PENGARUH INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (STUDI KASUS PADA INSPEKTORAT DI JAWA BARAT) Nurliahafnie, Rieva Yunieda; Bede, Djoemarma
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.527

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh independensi dan kompetensi auditor internal secara simultan dan parsial terhadap kinerja auditor internal. Dalam penelitian ini, variabel independen adalah independensi dan kompetensi auditor internal. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja auditor internal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal dari 28 inspektorat di Provinsi Jawa Barat dengan 362 auditor internal sebagai responden. Hasil penelitian ini dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa independensi dan kompetensi auditor internal memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja auditor internal pada 47,2%. Sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara parsial, independensi auditor internal berdampak positif signifikan terhadap kinerja auditor internal dengan jumlah dampak 15%, dan kompetensi auditor internal berdampak positif signifikan terhadap kinerja auditor internal dengan dampak jumlah 32,2%.
DETERMINAN FAKTOR KEPUASAN MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN Nugroho, Achmad Ardhi; Maryana, Lina; Muizu, Wa Ode Zusnita
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.523

Abstract

Perkembangan peguruan tinggi di Indonesia terus meningkat baik dari segi kualitas dan berbagai faktor lainnya yang mampu meningkatkan persaingan baik secara nasional maupun internasional. Daya saing Perguruan Tinggi di Dalam Negeri terus didorong pada pencapaian tata kelola dan layanan pendidikan yang berkualitas. Untuk mampu menjawab tantangan menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional maka setiap perguruan tinggi harus memiliki kelas internasional yang memiliki pelayanan bertaraf internasional pula. Penelitian ini menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad sebagai objek penelitian yang mana memiliki program Sarjana Kelas Internasional (IUP) sejak tahun akademik 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan, mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasan, serta mengetahui faktor apa saja yang harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa kelas Internasional FEB Unpad. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu desktiptif dengan pengolahan data kuantitatif. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh bahwa kualitas pelayanan dapat dinilai dari lima dimensi dengan hasil yaitu dimesi assurance (75%), tangible (66%) dan empathy (63%), realibility (59%) dan responsiveness (57%) mahasiswa kelas internasional. Hal tersebut menunjukan bahwa factor-faktor kepuasan mahasiswa kelas Internasional FEB Unpad yang masih perlu ditingkatkan yaitu realibility dan responsiveness.
POTRET KINERJA USAHA WIRAUSAHA PEREMPUAN KOTA BANDUNG Muizu, Wa Ode Zusnita; Annastya, Annisa; Kaltum, Umi
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.528

Abstract

Dunia wirausaha terus berkembang dari tahun ke tahun dan tidak luput dari peran kaum perempuan yang semakin semarak dengan bermacam-macam jenis usaha yang dikembangkan. Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan, (2013) menyatakan Persentase perempuan mencapai 60% dari wirausaha seluruhnya. Penelitian ini secara mengulas dan mengkaji mengenai potret kinerja usaha wirausaha perempuan di kota Bandung, Penelitian ini menggunakan metode survei. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan dengan pendekatan Deskriptif Verifikatif untuk menguraikan karakteristik mengenai keadaan pada waktu tertentu dan gambaran mengenai variable yang diteliti. Sample dalam penelitian ini adalah 117 usaha yang dijalankan oeh 117 Wirausaha perempuan Kota Bandung. Analisis deskriptif dilakukan tuntuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap setiap indikator variabel yang sedang diteliti. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Usaha wirausaha perempuan kota Bandung termasuk dalam kategori baik. Hal ini mencerminkan bahwa mereka telah memiliki Kompetensi Wirausaha yang “Baik”, yang dapat menunjang kinerja usahanya.. Sub-Variable dengan skor tertinggi yang menunjukan bahwa Kinerja Usaha yang Baik ditentukan seberapa mapu para wirausaha perempuan menyediakan Modal Sendiri bagi pengelolaan usahanya. Nilai Skor Sub-Variable Terendah adalah nilai Pertumbuhan Tenaga Kerja.
EFEKTIVITAS PERIKLANAN DENGAN CELEBRITY DAN TYPICAL PERSON ENDORSEMENT Helmi, Arief; Dewi, Rika Shintia
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.524

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas iklan dengan selebriti dan pendukung orang dalammembentuk sikap konsumen dan membandingkan keduanya. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa konsumenmemberikan sikap positif terhadap dua jenis iklan dukungan, endorser orang tipikal dan endorser selebriti. Iklantestimonial dengan kedua jenis endorser efektif dalam membentuk kesadaran konsumen dan preferensi untuk beriklan,dengan efektivitas endorser selebriti yang jauh lebih tinggi. Tetapi dalam pembentukan keyakinan, preferensi danminat beli, kedua jenis endorser hanya memiliki efektivitas yang moderat. Sementara dalam pembentukan minat beli,kedua jenis endorser kurang mampu menciptakan minat beli konsumen pada produk yang diiklankan
MODEL KESEIMBANGAN PENDAPATAN NASIONAL (National Income) DALAM EKONOMI ISLAM Rum, Irlan Adiyatma; Alamanda, Amelia Rizky
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.529

Abstract

Pendapatan nasional (national income) merupakan indikator ekonomi utama bagi suatu negara. Model pendapatannasional pada ekonomi konvensional menggunakan teori Keynesian, melalui pendekatan pengeluaran dari pelakukegiatan ekonomi negara. Berdasarkan teori Keynesian, pengeluaran rumah tangga (RT) hanya dipengaruhi olehpendapatan dan pajak nasional. Padahal pada ekonomi Islam, pengeluaran RT juga dipengaruhi oleh zakat.Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan model keseimbangan pendapatan nasional yang sesuai denganprinsip ekonomi Islam. Dengan menggunakan sistem persamaan linier, didapatkan model keseimbangan untukpendapatan dan konsumsi nasional dalam ekonomi Islam. Hasil menunjukkan bahwa keseimbangan pendapatannasional pada ekonomi Islam lebih rendah dibandingkan pada ekonomi konvensional. Namun, dengan adanyainstrumen zakat pada keseimbangan pendapatan nasional, terjadi mekanisme untuk menyeimbangkan tingkatpendapatan/konsumsi RT antar kelompok
FACTORS DETERMINING STUDENTS’ IN CHOOSING ACCOUNTING DIPLOMA AS A MAJOR Cempaka, Adisti Gilang
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.525

Abstract

The study investigates factors determining students’ choice of accounting major. The sample was collected from a survey of student in four-years vocational studies (D-IV Tax Accounting) Faculty of Economics and Business Universitas Padjadjaran. The study results show factors affect students’ major decisions are numerous but they can be group into personal, reference and job factors. The findings indicate that personal and job factors such as students’ believe that learning accounting is challenging, willingness to learn accounting, motivation in the subject, high availability job, high market demand of an accountant, flexibility in career choice, are the most considerable factors of students’ choice in accounting. The study also shows significant differences between female and male student. In particular, female students were found to be more influenced by the reference factors than their male counterparts in the choice of accounting.
TANTANGAN PAJAK PADA BISNIS DIGITAL DI INDONESIA Rum, Irlan Adiyatma; Fajri, Mohammad; Alamanda, Amelia Rizky
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.530

Abstract

Perekonomian Indonesia akan didorong oleh ekonomi digital. Peran ekonomi digital yang berkembangan dan penting mendorong perekonomian Indonesia belum bisa diukur secara menyeluruh. Ekonomi digital juga masuk kedalam bisnis perusahaan dan merubah model bisnis. Perkembangan ekonomi digital yang didukung teknologi digital dan akses terhadap internet menuntut perusahaan untuk merubah model bisnis mereka. Keterkaitan bisnis digital dalam aktivitas ekonomi dan sosial mempengaruhi pengelolaan pajak. Studi ini akan menggunakan studi literatur dengan metode perbandingan. Studi ini melibatkan perkembangan kebijakan fiskal di Indonesia dan di beberapa negara lain. Perusahaan start up yang terus berkembang merupakan objek pajak potensial bagi penerimaan negara. Pemungutan pajak juga akan diatur pemerintah, dengan tujuan tidak ada perbedaan tarif pajak yang dikenakan atas transaksi melalui e-commerce dengan transaksi melalui cara konvensional. Membandingkan regulasi perpajakan untuk pelaku digital ekonomi di Indonesia dan negara lain terdapat beberapa perbedaan.Perbandingan Indonesia dengan negara yang lebih dulu mengembangkan regulasi perpajakan bagi pelaku digital ekonomi baru sekitar 20 persen. Regulasi di Indonesia masih memungkinkan perusahaan dengan layanan digital (digital goods) menghindari pajak. Beberapa peraturan di negara lain kemungkinan bisa diterapkan di Indonesia dengan beberapa penyesuaian.
ANALISIS PENERIMAAN PENDAPATAN PAJAK ROKOK PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (BAPENDA) Alamanda, Amelia R
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018
Publisher : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jebt.v14i3.521

Abstract

Pemerintah menetapkan berbagai kebijakan perpajakan daerah, diantaranya dengan menetapkan UU No.28 Tahun2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali atas UU No.34 Tahun2000 dan UU No.18 Tahun 1997. UU No.28 Tahun 2009 yang baru disahkan oleh DPR pada 18 Agustus 2009 laludiharapkan dapat lebih mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan kemandirian daerah. Salah satujenis pajak baru dalam UU PDRD yang disahkan pada 18 Agustus 2009 adalah Pajak Rokok. Pemerintah ProvinsiJawa Barat telah menetapkan Peraturan Pajak Rokok yg terdapat dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat danPeraturan Gubernur Jawa Barat yang menjelaskan Tentang Tata Cara Pengelolaan Dana Bagi Hasil Pajak Daerahdan Retribusi Daerah Kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Adapun objek pada penelitian ini adalahBadan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode deskritif. Hasil penelitian pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat pengguna rokok diJawa Barat terus meningkat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya jumlah penduduk di Jawa Barat yang daritahun ke tahun terus meningkat, tingkat pengguna rokok sudah merambah kepada anak usia dini yang sebetulnyabelum cukup umur untuk mengkonsumsi rokok, serta harga rokok yg relatif murah sehingga membuat orang yangkurang mampu hingga anak-anak sekolah mudah membeli rokok. Demikian juga faktor lingkungan yang mendukungterhadap peningkatan pengguna rokok di Jawa Barat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10