cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2021): November" : 50 Documents clear
ANALISIS WAKTU PENDISTRIBUSIAN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RSJ PROVINSI JAWA BARAT Diki Darajat; Meira Hidayati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1575

Abstract

Distribusi dokumen rekam medis sangatlah penting untuk kegiatan penyelenggaraan rekam medis, semakin cepat dokumen rekam medis sampai ke unit pelayanan makan semakin cepat juga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. pendistribusian dituntut untuk memenuhi standar pelayanan minimal ?10 menit, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa waktu pendistribusian dokumen rekam medis di RSJ provinsi Jawa barat, jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi petugas distribusi di unit rekam medis RSJ provinsi Jawa barat. Persentase ketepatan waktu sesuai standar pelayanan minimal adalah 88 berkas (88%) dan yang belum memenuhi standar 12 berkas (12%), rata rata waktu yang di perlukan untuk dokumen yang memenuhi standar pelayanan minimal adalah 4,5 menit per dokumen rekam medis, Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih ditemukan adanya keterlambatan waktu pendistribusian rekam medis di RSJ provinsi Jawa barat, dengan menambah petugas distribusi dapat meningkatkan jumlah berkas yang memenuhi standar pelayanan minimal ?10 menit..
STRATEGI SOSIAL MEDIA PAYTREN DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE (Studi Kasus Content Creative 4.0 di Instagram) Ade Budi Santoso; Isa Wijayanti
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1592

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori revolusi digital, New Wave Marketing dan analisis Engagement Rate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan paradigma penelitian konstruktivis. Hasil penelitian ini adalah bagaimana Content Creative bisa meningkatkan Brand Image melalui media sosial Instagram Paytren, bagaimana melalui Content Paytren berusaha untuk menarik Image dengan para konsumennya, hal itu sesuai dengan konsep Content Marketing dimana hubungan suatu Brand dengan konsumennya bersifat Horizontal. Dalam meningkatkan Brand Image melalui content pada media social Instagram, Paytren menggunakan unsur yang terdapat pada konsep New Content Marketing 7 (Tujuh) langkah Content Marketing yaitu: mentukan tujuan, memetakan target, menentukan tema besar dari Content yang disajikan, menentukan kapan dan siapa yang membuat Content, mendistribusikan Content, penguatan Content dan evaluasi. Brand Paytren sudah memiliki karakter yang kuat pada penggiat bisnis Online dikarenakan Brand Paytren memiliki 7 langkah Cotent Marketing.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT OLAHRAGA PADA BFIT BLUPLAZA BEKASI Saipul Saipul; Muhammad Muharrom; Edhi Prayitno; Juarni Siregar
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1570

Abstract

Di era moderenisasi ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat diberbagai aspek. banyak dari berbagai aspek ini merasakan dampak dari perkembangan teknologi ini, terutama aspek yang terasa adalah dibidang penjualan. BFIT adalah sebuah retail yang bergerak dibidang penjualan alat-alat olahraga. Pada BFIT proses penjualan masih di lakukan dengan cara yang manual. Mulai dari proses penjualan ke customer, penotaan barang, dan laporan penjualan, semua masih sangat manual. diperlukannya Sistem Pengolahan Data yang sudah terkomputerisasi agar dapat menunjang kinerja perusahaan agar dapat berjalan dengan optimal. Maka diperlukanya perancangan sistem informasi yang Meliputi Pendataan Penjualan, Stok Barang dan Laporan Penjualan Adapun metode yang digunakan dalam pembuatan perancangan sistem ini adalah metode prototype yang di rasa sangat cocok. Dan Hasil dari perancangan aplikasi ini adalah terealisasinya suatu aplikasi website yang dapat memudahkan promosi produk ke konsumen di berbagai daerah dan juga membantu perusahaan dalam mengelola barang dan laporan penjualan.
PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA PASIRSARI CIKARANG SELATAN Supriatin Supriatin; Asep Dony Suhendra
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1587

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia yang baik penting dimiliki oleh setiap organisasi agar pekerjaan yang telah direncanakan bisa terpenuhi atau tercapai dengan baik. Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai faktor yang dapat meningkatkan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik yang baik dapat diukur dari hasil yang berdampak positif terhadap lingkungan kerjanya. Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan mempunyai tugas pokok mewujudkan keamanan dan ketertiban, meningkatkan kebersihan dan kesehatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Tugas-tugas tersebut merupakan aktivitas yang selalu dilaksanakan Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang Positif sebesar 0,618 atau 61,8% antara variabel Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan. Pelayanan Publik sangat penting dimiliki oleh setiap kecamatan, pelayanan publik sebagai aspek penting dalam mendukung tingkat keberhasilan pelaksanaan manajemen publik yang dilaksanakan oleh pemerintah. Oleh karena itu pelayanan publik mempunyai arti penting baik bagi pegawai maupun organisasi.
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM KONTEN INSTAGRAM MISS SUPRANATIONAL INDONESIA 2021 (Jihane Almira Chedid Versus Andre Sleigh) Robbikal Muntaha Meliala
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1603

Abstract

Miss Supranational Indonesia 2021 yaitu Jihane Almira Chedid menyuarakan rasa nasionalisme melalui akun media sosial instagram miliknya, pasca kejadian Director Miss Supranational Organization memberikan umpatan tidak etis kepada Indonesian Pageant Lovers pada siaran langsung instagram milik Miss Supranational 2019 yaitu Antonnia Porsild. Warga net dan masyarakat Indonesia sangat menyayangkan perilaku dari Andre Sleigh yang mengandung rasisme dan kata kasar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana representasi nasionalisme itu dalam konten instagram Miss Supranational Indonesia 2021. Metode penelitian dilakukan penulis dengan berpendekatan kualitatif, dengan menganalisis data melalui semiotika model Roland Bhartes. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasi mengungkapkan nasionalisme sebagai kesadaran akan cinta tanah air dan rasa semangat membela negara ketika kita mengalami sesuatu yang kurang mengenakkan untuk Indonesia. Makna konotasi ditunjukkan Jihane dengan mengadopsi semangat bela negara dengan cara millennial, modern dan tetap mudah menerima globalisasi. Mitos ditunjukkan dengan menjaga esensi dan semangat Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
ANALISIS RUMAH TEMPAT TINGGAL BERTENAGA SURYA DENGAN KONSEP DEMAND SIDE MANAJEMEN ENERGI Trisna Fajar Prasetyo
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1565

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bahwa manusia sangat bergantung dengan energi listrik sehingga kebutuhan akan energi listrik sangat tinggi, sehingga muncul energi alternatif yang dimanfaatkan untuk menutupi kebutuhan dari energi listrik. Energi surya sebagai energi alternatif yang bersumber dari sinar matahari yang cukup banyak digunakan saat ini. Namun karena energi surya sangat bergantung dari intensitas sinar matahari sehingga daya yang dihasilkan energi surya akan tidak konstan, sehingga digunakanlah sebuah konsep demand side manajemen yang bertujuan menghemat penggunaan energi listrik dengan cara mengatur peralatan lisrik dan yang bukan prioritas. Peneliti melakukan pengujian sistem demand side manajemen energi untuk rumah tempat tinggal bertenaga surya dengan cara menghitung nilai energy not supplied tiap prioritas selama satu minggu. Hasil dari pengujian ini didapat nilai rata-rata ENS prioritas 1 sebesar 1,28%, ENS prioritas 2 sebesar 14,54%, dan ENS prioritas 3 sebesar 21,82% dan tingkat akurasi sensor sebesar 97,90 untuk sensor tegangan dan 95,45 untuk sensor arus.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA PT TRIKOMSEL OKE OUTLET SAMSUNG EXPERIENCE STORE MALL GRAND INDONESIA JAKARTA Yulia Mujiaty; Khotimah Herliana; Deasy Novayanti; Nurul Fathia
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1582

Abstract

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Disamping itu, pemasaran berfungsi untuk mendekatkan jarak antara produsen dan konsumen. Dengan memproduksi barang atau jasa, perusahaan berusaha meningkatkan penjualan dengan cara dan strategi yang tepat untuk merebut pelanggan sebanyak mungkin, setiap perusahaan memiliki cara dan strategi yang berbeda penggunaan cara dan metode tersebut dalam ilmu pemasaran disebut strategi pemasaran. Dari hasil kegiatan pelaksanaan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk yang diterapkan oleh PT Trikomsel Oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia Jakarta adalah dengan menggunakan metode bauran pemasaran berupa produk, harga, tempat, dan promosi. Dalam melakukan kegiatan Strategi Promosi PT Trikomsel oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia yaitu, promo harga, promo cashback, promo trade in, promo operator. Adapun pelaksanaan kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan PT Trikomsel oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia dalam meningkatkan volume penjualan produk sudah sangat baik
IMPLEMENTASI EOIP TUNNEL JARINGAN MAN DI KEMENRISTEK-BRIN RI JAKARTA Adrianus Buri Sili; Eva Rahmawati; Sartini Sartini
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1598

Abstract

Saat ini kemajuan teknologi informasi berkembang pesat khususnya pada jaringan komputer dan internet. Jaringan komputer yang ada pada Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional. Instansi ini mempunyai hambatan dikarenakan sulitnya mentransfer data dan informasi secara jarak jauh meskipun dalam satu kota. Oleh karena itu instansi ini ingin memperluas jaringan LAN menjadi sebuah jaringan yang lebih luas yaitu dengan menggunakan jaringan MAN yang mempunyai radius cukup jauh, sehingga instansi ini dapat berkomunikasi dalam satu area kota. Jaringan MAN yang dibuat pun secara keseluruhan belum dikelola secara terpusat karena belum diterapkan nya VPN ke dalam lingkup sistem perusahaan yang sudah berjalan saat ini dan hambatan lainnya yaitu mudahnya mengakses beberapa situs seperti sosial media dan situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan sehingga mengganggu pekerjaan. Dengan pemanfaatan VPN menggunakan metode EoIP Tunnel yang diterapkan, administrator jaringan tidak perlu datang ke lokasi perusahaan untuk memantau kondisi jaringan komputer dan dengan adanya fitur VPN
ANALISIS PENDAPATAN PETANI DALAM SISTEM PEMASARAN JAGUNG DI DESA KALASEY DUA KECAMATAN MANDOLANG KABUPATEN MINAHASA Marchel Elric Bryan Wenas
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1576

Abstract

Masalah yang dihadapi petani secara umum adalah rendahnya produktivitas dan kualitas jagung yang disebabkan oleh rendahnya penerapan teknologi dan keterbatasan modal yang ada serta organisasi petani yang masih sangat lemah sehingga posisi tawar petani menjadi rendah terutama pada pemasaran hasil. Disamping itu masalah lainnya adalah terbatasnya alat dan mesin panen dan pasca panen, masih rendahnya pengetahuan petani tentang teknologi pertanian serta belum adanya jaminan harga ditingkat petani terutama jika terjadi penumpukan produksi yang menyebabkan harga jagung menjadi anjlok Agar petani jagung senantiasa termotivasi untuk meningkatkan produksinya, maka salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian adalah sistim pemasaran jagung, pada umumnya petani sebagai produsen, memproduksi jagung untuk dipasarkan. Hubungannya antara produsen dan komsumen melalui saluran pemasaran. Pemasaran jagung dari daerah produsen menuju pusat komsumsi (konsumen) memerlukan berbagai aktivitas jasa dan perlakuan. Hal ini dilaksanakan oleh lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran jagung. Keberhasilan proses pemasaran ini pada akhirnya tertuju pada tercapainya efisiensi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan petani
DESAIN REKAM MEDIS ELEKTRONIK BERBASIS WEB DI POLIKLINIK REHABILITASI MEDIK RSUPN CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA Fahmi Ridwan; Irda Sari
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1593

Abstract

Petugas rekam medis di Poliklinik Rehabilitasi Medik RSUPN Cipto Mangunkusumo masih kesulitan dalam proses pengelolaan data pasien rawat jalan karena masih menggunakan sistem manual yang belum terkomputerisasi. Maka diperlukan sebuah sistem informasi rekam medis elektronik berbasis web yang dapat membantu petugas rekam medis dalam proses pengelolaan data pasien tersebut. Metode perancangan sistem ini menggunakan siklus hidup pengembangan sistem (Systems Development Life Cycle-SDLC) yang terdiri dari tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan penggunaan. Sedangkan tujuan dan manfaat dari perancangan sistem informasi ini yaitu menghasilkan sistem informasi rekam medis elektronik rawat jalan berbasis web di Poliklinik Rehabilitasi Medik RSUPN Cipto Mangunkusumo. Dengan adanya sistem informasi ini, dapat memudahkan petugas rekam medis dalam pengelolaan data pasien yang meliputi proses pendaftaran pasien, pencatatan rekam medis pasien rawat jalan, pencatatan data dokter, pencarian kode ICD 9 CM, pencarian kode ICD 10. Selain itu sistem informasi ini menghasilkan berbagai laporan-laporan serta informasi rekam medis pasien yang dibutuhkan pihak manajemen untuk pengambilan keputusan.