cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
fathir.ntb@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarapress12@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Bima Sumbawa, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
ISSN : 27467767     EISSN : 27467767     DOI : -
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), is an informative media from the sphere of educational research which aims to communicate different kinds of literature in the sphere of education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)" : 5 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash Supriyaddin Supriyaddin; M. Nur Imansyah; Leni Meilani
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.7

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash dengan tujuan mempermudah penyampaian materi tentang Hijaiyah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: ahli media memperoleh persentase kelayakan 77,5%, ahli materi 80%, respon guru 96%, soal pre test 49,2%, dan soal post test 77,7% serta jumlah keseluruhan persentase kelayakan adalah 380,4% dengan persentase nilai rata-rata sebesar 76% yaitu berada pada skala 61%-80% dengan kategori layak. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash layak digunakan sebagai alat bantu dalam mengajar
Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Teknik Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Sekolah Dasar Mulya Yusnarti
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.8

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data bahwa proses pembelajaran dengan penggunaan model Numbered HeadTogether (NHT) yang diterapkan oleh guru di SD Negeri 25 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019 yaitu pada bagian pendahuluan guru aktif dalam membagi kelompok, selanjutnya guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Guru menganjurkan kepada siswa untuk bekerja sama saling tukar pikiran, dalam tahapan menanggapi pertanyaan guru menganjurkan kepada siswa untuk aktif dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahan siswa terhadap materi yang telah di ajarkan. Pada aktivitas guru dan siswa, guru dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Saat proses diskusi berlangsung guru dapat mengarahkan siswa untuk berdiskusi. Sedangkan pada kegiatan penutup guru aktif menfasilitasi setiap kelompok dalam menyimpulkan materi pembelajaran.
The Effectiveness of Discussion Techniques on First Grade Students' Speaking Skills Junior High School Nur Wahyuni; Mulya Yusnarti
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas I MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimental (metode kuantitatif). Objek penelitian ini adalah siswa MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah 36 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel melalui cara lotere. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah rumus tes. Dari data penelitian didapatkan nilai t-test siswa (7.606) dan t-tabel (2.042) dari (df) 36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode grammar translation berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas satu MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019.
Efektivitas Belajar Al-Qur’an Dengan menggunakan Aplikasi Hijaiyah Berbasis Budaya Lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) Pada Lansia di Kabupaten Dompu Arifin Arifin; Fathir Ma'ruf; Ilyas Yasin
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan belajar Al-quran lansia setelah diberikan aplikasi huruf hijaiyah sebagai media pembelajaran mengenal dan menghafal huruf al-quran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2020, sampel penelitian berasal dari Kelompok Lansia Tembalae Desa Ranggo Kabupaten Dompu berjumlah 30 orang peserta didik dengan kategori usia peserta didik lanjut usia (lansia). Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design menggunakan tipe One–Shoot Case Study (Studi Kasus Satu Tembakan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang dimaksud adalah tes kemampuan baca al-quran peserta didik dengan ukuran indikator kelancaran, ketepatan makhra, ketepatan tajwid dan tanwin. Untuk mengetahui tingkat kemampuan baca al-quran peserta didik kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Proses pelatihan, bimbingan sampai denga tes dilakukan 8 kali tatap muka dengan peserta didik dibagi dalam enam kelompok belajar. Berdasarkan hasil temuan analisis data dan pembahasan bahwa dapat disimpulkan penggunaan aplikasi hijaiyah berbasis budaya lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) sangat efektif sebagai penunjang proses pembelajaran baca al-quran pada Lansia Kabupaten Dompu. Hasil ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan baca al-quran 30 orang peserta didik (lansia) memperoleh rerata 80% dengan kategori baik. Hasil ini didukung juga faktor internal yaitu motivasi dan semangat peserta didik dalam mennggunakan aplikasi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran baca Al-Quran.
Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo Arif Bulan; Hasan Hasan
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.11

Abstract

Sebagai produk budaya suatu dari daerah, dongeng memiliki banyak nilai yang terkandung di dalamnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita rakyat suku Mbojo. Metode penelitian yang digunakan dala penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari buku “kumpulan dongeng suku Mbojo: sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar” yang diterbitkan oleh penerbit Nathan Indonesia 2020. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian dikumpulkan melalui membaca secara cermat unsur-unsur dongeng yang termuat dalam buku. Teknik yang digunanakan dalam penelitian teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam buku kumpulan dongeng suku Mbojo di antaranya: (1) peduli sosial; (2) keadilan; (3) tanggung jawab; (4) kerjasama; (5) menghargai pendapat orang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5