cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
rawarah@gmail.com
Phone
+6281217191289
Journal Mail Official
jurnal.jaicb@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Citra Bakti, Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB)
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 27219178     DOI : https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i1
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB) adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian dalam bentuk pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya. JAICB terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu April dan November. JAICB diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JAICB mempunyai ISSN 2721-9178 dengan SK No. 0005.27219178/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023)" : 20 Documents clear
PENERAPAN MESIN PENGEMBANG ADONAN DAN OVEN DENGAN KONTROL SUHU OTOMATIS PADA INDUSTRI ROTI DAN CATERING DI DESA PENGKOL KABUPATEN JEPARA Safrizal; Sisno Riyoko; Isyfa Fuhrotun Nadhifah; Dimas Ariyanto; Alfi Nur Fachri; Muhammad Alif Najih
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1376

Abstract

Pengkol Village is the center of the catering industry in Jepara district and is growing until now. The development of the catering industry is hampered by various problems that often arise, including packaging design, markets, equipment, capital and governance (management). Most catering entrepreneurs already feel comfortable with the current conditions even though they do not know whether they are profitable or not in running a business. Problems that exist in partners require carefulness and concrete actions to solve problems according to the priority needs of partners, so that problem solving is in accordance with the targets and outputs achieved. To solve the problems faced by partners, in this community service, catering entrepreneurs will get the facilitation of a Dough Developer Machine with automatic temperature control, an oven with automatic temperature and time control, a non-stick pan which is expected to be able to develop the productivity of entrepreneurs both in producing, making packaging design and opening up market opportunities both in the Jepara region and outside the Jepara region by promoting through various social media and andorid-based sales applications
PEMENUHAN HAK TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI WEBSITE SITUMBANG.COM DI KELURAHAN MANGUNSARI Reni Pawestuti Ambari Sumanto; Diana; Siti Khotijah; Uci Saputri; Alfina Desia Ramadhani
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1399

Abstract

Setiap anak memiliki potensi dan senantiasa perlu mendapatkan stimulasi dalam proses tumbuh kembangnya, Pemerintah telah memberikan ruang bagi anak untuk mendapatkan hak tumbuh kembang melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Pelaksanaan Posyandu mengalami hambatan selama pandemi berlangsung dan berdampak pada pemantauan tumbuh kembang anak oleh kader dan orang tua. Minimnya jumlah kader, kurangnya partisipasi aktif orang tua dan belum adanya media komunikasi yang efektif merupakan masalah yang dihadapi secara nyata di kelurahan Mangunsari, kota Semarang. Tujuan kegiatan pengabdian adalah adalah melakukan sosialisasi media komunikasi efektif (telehealth) berbasis website yaitu situmbang.com guna pemantauan tumbuh kembang di Posyandu Lestari 2, kelurahan Mangunsari. Metode yang digunakan dalam pengabdian meliputi perancangan website, sosialisasi website dan evaluasi. Pada tahap rancangan website situmbang pada bulan Juni – Juli Tahun 2022, selanjutnya tahap sosialisasi website pada 40 peserta yang terdiri dari kader Posyandu di kelurahan Mangunsari pada Agustus 2022. Terakhir pada tahap evaluasi, kebermanfaatan produk dilakukan dengan memberi instrumen pada seluruh peserta. Hasil kegiatan menunjukkan 78.6% peserta memberi respon positif untuk mengaplikasikan website dan 82.6% peserta menyatakan website situmbang.com bermanfaat serta sesuai dengan perkembangan zaman. Rekomendasi yang didapatkan berdasarkan sosialisasi website situmbang.com yaitu perlu dukungan pihak terkait agar kader dapat mengaplikasikan website.
PENDAMPINGAN DALAM PELATIHAN PRODUK FRUTOPIA HASIL INOVASI METODE LIOFILISASI DI UMKM ARUMA SUKAJADI BANDUNG Ariesa Pandanwangi; Wahyu Widowati; Teddy Marcus Zakaria
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1444

Abstract

UMKM Aretha Utama (ARUMA) berdiri pada tahun 2020, berlokasi di Kecamatan Sukasari, Sukajadi-Bandung, dikelola oleh ibu-ibu yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman. Produk makanan ini berupa batagor, keripik daun singkong, keripik kentang dan keripik singkong yang belum memperhatikan nilai gizi dan efeknya pada tubuh. Makanan tersebut menggunakan bahan-bahan campuran (food aditif) yang hanya mengutamakan cita rasa yang disukai konsumen. Permasalahan ini membuat tim pengabdi menawarkan solusi untuk membuat camilan berbahan dasar buah yang nilai kandungan gizinya tidak hilang dan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pendampingan dalam membuat kemasan yang menarik untuk produk frutopia dari hasil produksi UMKM ARUMA. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ABCD (Aset Based Community Development). Dari hasil pengabdian ini, para peserta dapat memproses hingga memproduksi produk buah-buahan dengan menggunakan metode liolifilisasi dan memahami pentingnya penggunaan kemasan yang menarik untuk produk UMKM yang mereka hasilkan.
PENGENALAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBAYARAN DIGITAL BAGI WARGA PENGGIAT USAHA DI WILAYAH DESA TANDEG Vitalia Fina Carla Rettobjaan; Ni Made Widnyani; A.A. Ngurah Bagus Aristayudha; Ni Luh Putu Surya Astitiani; Kadek Riyan Putra Richadinata
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1445

Abstract

Teknologi masa kini memberikan perubahan pada pola perilaku konsumen dalam memanfaatkan teknologi digital terlihat dari penggunaan digital dalam transaksi pembayaran yang menjadi trend dimasa kini. Pembayaran transaksi tunai tanpa menggunakan uang tunai disebut dengan digital payment. sebagai inovasi baru financial technology di era revolusi industri 4.0. Pelaksanaan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sebagai pelaku dunia usaha untuk lebih memahami metode pembayaran secara digital. Kegiatan ini diikuti oleh 270 orang masyarakat desa Adat Tandeg, baik secara online maupun offline. Kegiatan berlangsung selama 2 jam di mana diawali dengan narasumber menyampaikan materi kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pemanfaatan metode pembayaran secara digital. Setelah sesi pemberian materi dilanjutkan dengan diskusi di mana terlihat antusiame peserta untuk mengenai digital payment. Hasil kegiatan ini yaitu masyarakat dapat memanfaatan teknologi pembayaran digital yang mempermudah mereka dalam melakukan transaksi.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MASYARAKAT PETANI KOPI DESA KURRAK DALAM BIOKONVERSI LIMBAH KULIT BUAH KOPI MENJADI KOMPOS Arman Amran
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1452

Abstract

Peningkatan produktivitas buah kopi akan meningkatkan jumlah limbah yang dihasilkan saat proses pengolahan pada pasca panen buahnya. Biokonversi limbah kulit kopi menjadi kompos merupakan salah satu implementasi dari green economy di mana peningkatan aktivitas perekonomian dengan memfokuskan pada peningkatan produktivitas hasil perkebunan yang berwawasan lingkungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat petani kopi di desa Kurrak dalam memanfaatkan limbah pengolahan kopi menjadi kompos yang dapat kembali dimanfaatkan untuk pupuk tanaman kopi di wilayah tersebut. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi langsung pembuatan kompos berbahan baku limbah kopi kepada 25 orang petani kopi desa Kurrak sebagai peserta pelatihan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tim pelaksana adalah dosen Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat. Monitoring dan evaluasi kegiatan ini dilakukan berdasarkan tanya jawab saat ceramah, serta pengamatan langsung pada hasil pengomposan kulit kopi yang dilakukan oleh peserta kegiatan PKM dengan indikator produk kompos yang tidak berbau busuk, warna menghitam, tekstur lembut dan rapuh serta tidak ada penggumpalan. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan peserta kegiatan telah mampu menghasilkan kompos yang dapat diaplikasikan langsung pada tanaman kopi di perkebunan kopi masyarakat setempat.
SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI KEUNTUNGAN UMKM KECAMATAN RANCABUNGUR MELALUI PERLUASAN PASAR DI DUNIA DIGITAL Prisca Nurmala Sari; Fadly; Dian Andrayani; Adi Nurhadi; Mas Fierna Janvierna
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1484

Abstract

The growth of MSMEs is very decisive and contributes to Indonesia's economic growth. The Indonesian government must support the development of Indonesian MSMEs. MSMEs are strong to economic shocks but if they are not supported and assisted, MSMEs will collapse. MSMEs are must be going digital, especially in marketing and sales of MSME products. MSMEs must be able to compete with other competitors, especially the imported products. Rancabungur District is one of the subdistricts in Bogor Regency which has a lot of potential resources to be developed. The problem faced by MSME actor is a marketing problem that has not been going digital. Based on this problem, the activity of online marketing strategy socialization needs to be conducted as an early stage of mentoring MSMEs in Rancabungur District. This program is conducted using the explanation and discussion method. This activity began with giving pre-test and post-test. Judging from the results of the questionnaires which had been distributed, almost a half more, the participants of this program were aged 37-47 years old, female, worked as entrepreneurs, and produced any kinds of food. Judging from the implementation of digital marketing by MSME participants, around 69% of participants already have a brand; 59% have labels ; 97% have their own packaging; and 56% of participants have attached the brand and label on their packaging. From all the participants in this program, only 8% who have not implemented the digital marketing, while the rest have implemented the digital marketing eventhough only through one social media. The social media used by the participants are WhatsApp, Facebook, Instagram, and others. There are also MSME participants who sold their products through e-commerce as much as 10%. As much as 13% of MSME participants use online taxibike services (ojol). By conducting this socialization activity, it can be seen that the level of interest and knowledge of digital marketing for MSMEs in Rancabungur District has increased.
MENINGKATKAN LITERASI, NUMERASI, TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 3 DI SEKOLAH DASAR Suprima; Akmal Rizki Gunawan Hasibuan; Ana Yunitasari
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1558

Abstract

Kemampuan pemahaman literasi, numerasi, dan penguasaan teknologi maupun administrasi di lembaga pendidikan pada era sekarang penting untuk ditingkatkan, pengaruh teknologi yang tidak terarah dan terhentinya pembelajaran tatap muka selama pandemi Covid-19 menjadikan peserta didik minim dalam semangat belajar dan terjerumus dampak negatif teknologi. Kegiatan yang diterapkan mahasiswa Kampus Mengajar ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 283 siswa di SDN Kayuringin Jaya XV yang dibagi menjadi beberapa program dan kelas. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan pengamatan. Peningkatan pada aspek literasi dan numerasi yaitu para siswa kembali termotivasi untuk semangat belajar serta mampu meningkatkan minat membaca dan menghitung melalui pemberian media belajar dan metode pembelajaran yang kreatif. Pada adaptasi teknologi, para guru terbantu dalam menambah referensi materi pembelajaran dan penggunaan media berbasis teknologi melalui video pembelajaran serta menerapkan sistem pembelajaran di luar kelas. Dalam aspek administrasi, menyusun dan melengkapi administrasi sehingga pihak sekolah terbantu dalam memenuhi kelengkapan dokumen untuk keperluan reakreditasi sekolah.
PELATIHAN GERAKAN REDUCE, REUSE, RECYCLE DI BANK SAMPAH HIJAU SELARAS MANDIRI Lasmery RM Girsang; Ilona VO Situmeang
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1562

Abstract

Berlatar belakang pada persoalan sampah yang belum sepenuhnya tuntas, tim pelaksana abdimas melaksanakan sosialisasi dan pelatihan di Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri. Kegiatan yang mengusung ‘Gerakan 3R’ (reduce, reuse, recycle) melibatkan 30 para ibu rumah tangga yang menjadi peserta dari mitra, bertujuan untuk membentuk kesadaran dan perubahan perilaku dalam mengelola sampah hingga dapat dialihgunakan pemanfaatannya. Mengandalkan metode observasi, penyuluhan, pelatihan hingga pelaporan hasil akhir kegiatan, hasil abdimas menunjukkan antusiasme peserta mengikuti kegiatan dengan memaksimalkan kemampuan serta kreativitas yang menghasilkan nilai kebermanfaatan dari hasil pemanfaatan sampah.
SOSIALISASI KEGIATAN GEBRAK DADA KITA (GERAKAN BEBAS ASAP ROKOK DIMULAI DARI KITA) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MERSAM Ahmad Taher; Rizma Adlia Syakurah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1594

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan Program Indonesia Sehat adalah menghilangkan kebiasaan merokok di antara anggota keluarga. Namun, masih banyak individu yang menjadi perokok aktif dan pasif di wilayah UPTD Puskesmas Mersam, kabupaten Batang Hari. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya asap rokok dengan menerapkan Gerakan Bebas Asap Rokok Mulai Dari Kita (Gebrak Dada Kita) sebagai upaya pencegahan perilaku merokok. Kegiatan ini meliputi sosialisasi dan promosi yang menargetkan 35 pengunjung UPTD Puskesmas Mersam di kabupaten Batanghari. Program ini dilaksanakan dari Januari hingga Desember 2022, dengan menggunakan pendekatan manajemen proyek yang meliputi tahapan inisiasi kegiatan, perencanaan, implementasi, pemantauan dan pengawasan, serta evaluasi dan pelaporan. Temuan yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang bahaya merokok. Namun demikian, perubahan signifikan dalam komitmen untuk berhenti merokok masih menganggap merokok sebagai suatu kebiasan yang lumrah dilakukan. Dibutuhkan intervensi yang lebih intensif, seperti program dukungan untuk berhenti merokok atau sesi konseling individu, untuk memfasilitasi perubahan perilaku yang diperlukan di antara para perokok.
PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN JAMBAN SEHAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SELAT KABUPATEN BATANGHARI Riana Agny Betry; Rizma Adlia Syakurah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i2.1595

Abstract

Penggunaan jamban sehat sangat penting sebagai sarana sanitasi dasar. Namun, masih banyak masyarakat di wilayah kerja puskesmas Selat yang belum menggunakan jamban sehat di rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) mengenai penggunaan jamban sehat di wilayah kerja puskesmas Selat kabupaten Batanghari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan terhadap 25 orang masyarakat sebagai sasaran. Kegiatan dilakukan pada bulan April hingga Desember 2022. Metode kegiatan menggunakan pendekatan manajemen proyek yang terdiri dari tahap inisiasi kegiatan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan supervisi, serta tahap evaluasi dan pelaporan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya motivasi untuk menggunakan jamban sehat pada kehidupan sehari-hari dan berharap adanya penambahan jamban sehat di lebih banyak tempat Intervensi masyarakat secara rutin diharapkan dapat dilakukan untuk mengatasi masalah buang air besar sembarangan dengan segera.

Page 1 of 2 | Total Record : 20