cover
Contact Name
Amar Sani
Contact Email
amarlibrarianesia@gmail.com
Phone
+6285399929080
Journal Mail Official
amarlibrarianesia@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Bajiminasa Makassar, Jl. Meranti No.1, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Economics and Digital Business Review
ISSN : -     EISSN : 27742563     DOI : -
Economics and Digital Business Review, open-access journal published by STIE Amkop Makassar. It provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work in the field. Economics and Digital Business Review carries original and full-length articles that reflect the latest research and developments in both theoretical and practical aspects of economics, Digital business and management. The journal is published in both print and online versions. The online version is free access and download. Areas of research include, but are not limited to, the following: Economic Growth and Development Economics of Organizations and Industries Fiscal and Decentralisation Monetary and Banking Poverty and Development Microfinance Regional and Competitiveness Finance and Investment Public Sector Accounting Social and Environmental Accounting Financial Accounting and Taxation Management and Cost Accounting Behavioral Accounting Auditing and Information System Shariah Economics, Finance and Accounting Corporate Governance Human Resource Management Strategic Management Entrepreneurship Marketing Digital Business; E-business Information Technology Management Production & Operations Management Logistics and Supply Chain Business Ethics Management Research Methods and Managerial Economics Public Administration
Articles 177 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January" : 177 Documents clear
Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen Asniwati Asniwati; Achmad Juanda
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v4i2.772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi dampak pemasaran media sosial terhadap tingkat kunjungan ke Soe Coffee di Makassar. Sampel penelitian terdiri dari individu yang mengunjungi Soe Coffee. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 partisipan yang berasal dari data primer melalui pemberian instrumen kuesioner. Metode untuk menganalisis data memiliki beberapa tahapan pengujian, seperti pengujian validitas, pengujian reliabilitas, pengujian normalitas, pengujian multikolinieritas, pengujian heteroskedastisitas, dan pengujian hipotesis dengan analisis regresi linier berganda, pengujian koefisien determinasi, uji-t, dan uji-f. Hasil studi kami menunjukkan bahwa variabel Social Presence (X1), Media Richness (X2), dan Self Presentation (X3) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap frekuensi kunjungan kopi Soe di Makassar. Tingkat kunjungan kopi Soe di Makassar dipengaruhi oleh variabel pengungkapan diri (X4).
Green Intellectual Capital, Environmental Cost, dan Material Flow Cost Accounting Terhadap Sustainable Development Lintang Reki Pratiwi; Niken Kusumawardani
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh GIC, environmental cost, dan MFCA terhadap peningkatan sustainable development. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan perkebunan kelapa sawit yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021 dengan sampel sebanyak 20 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis linear berganda dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini ialah MFCA dan GIC secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan sustainable development, namun environmental cost tidak berpengaruh terhadap peningkatan sustainable development.
Strategi Pemasaran Digital Yang Diterapkan Toko Kelontong Di Makassar Ratna Dewi, Alimuddin, Reskiani, Riefky Dj Al Idrus, Taufik Bustami; Nurdiansyah Nurdiansyah; Sicilya Cahyawati Mokoginta
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.809

Abstract

Di Makassar peluang membuka usaha masih sangat besar, tapi banyak toko yang akhirnya membuka usaha namun tidak bertahan dalam jangka panjang. Peneliti menyadari bahwa adanya ketidak efektifan dari strategi pemasaran atau bahkan tidak adanya strategi yang diterapkan para pemilik toko dalam menjalankan usahanya yang mengakibatkan volume penjualan akan menurun dalam jangka panjang. Maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian mengenai pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan toko- toko kelontong di Makassar.Tujuan dari peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk memberi solusi agar volume penjualan di toko-toko kelontong yang ada di Makassar tetap meningkat dalam jangka waktu panjang kedepannya dan memberikan referensi strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk diaplikasikan di toko-toko kelontong di Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara dalam memeroleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil dari wawancara dan observasi yang peneliti lakukan adalah ada beberapa faktor yang menghambat keefektifan dari strategi pemasran yakni adanya pengaruh inflasi terhadap daya beli masyarakat, kurangnya modal dan tidak konsistennya penjual dalam menjalankan usahanya. Peneliti juga menemukan beberapa strategi yang dirasa tepat dan efektif dalam menjalankan usaha toko kelontong yaitu strategi yang diatur oleh pelanggan, strategi produk idola dan strategi penyebarluasan pasar.
Interaksi Partisipatif Antara Penyuluh Pertanian Dan Kelompok Tani Menuju Kemandirian Petani Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Andika Rasyd
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.816

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui hubungan antara interaksi partisipatif penyuluh pertanian dan kelompok tani menuju kemandirian petani di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. 2) Mengetahui pengaruh interaksi partisipatif antara penyuluh pertanian dan kelompok tani menuju kemandirian petani di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji data menggunakan analisis skala likert, kolerasi rank spearman dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) Interaksi partisipatif penyuluh pertanian dengan kelompok tani tergolong sedang dengan jumlah 15,56 menunjukkan bahwa kontak sosial, aktivitas bersama dan frekuensi hubungan yang dimiliki setiap anggota kelompok tergolong tinggi namun partisipasi langsung tergolong sedang dan partisipasi tidak langsung tergolong sangat rendah. 2) Kemandirian petani tergolong tinggi dengan jumlah 11,44 menunjukkan bahwa pembinaan diri, manajemen dan sosial kelompok tani tergolong baik. 3) Tidak terdapat hubungan (korelasi) antara interaksi partisipatif penyuluh pertanian dengan kelompok tani terhadap kemandirian petani denganSig. F Change = 0,295 > 0,05 % dengan koefisien korelasi yang sangat lemah dan tidak searah (jenis hubungan tidak searah). 4) Tidak ada pengaruh antara interaksi partisipatif penyuluh pertanian dengan kelompok tani terhadap kemandirian petani dengan nilai sig sebesar 0,641> 0,05, dengan nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,058 dan nilai koefisien determinasi (adjusted R-square) yaitu sebesar 0,012 yang mengadung pengertian bahwa pengaruh interaksi partisipatif terhadap kemandirian petani di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah sebesar 1,2%.
Peranan Kelompok Tani Terhadap Peningkatan Produksi Usahatani Seledri (Apium Graveolens L.) Desa Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo Indri Harun
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui Peranan kelompok tani terhadap peningkatan produksi usahatani seledri (Apium Graveolens l.) di Desa Lauwonu Kecamatan TilangoKabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di Desa Lauwonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo pada bulan November sampai Januari. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Metode pengambilan sampel yang dipilih adalah sampel jenuh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani dalam peningkatan produksi seledri seledri (Apium Graveolens l.)di Desa Lawonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo berada pada kategori kurang berperan dengan nilai presentase rata-rata sebesar 41,67%. Artinya secara keseluruhan belum mencapai maksimal. Hal ini disebabkan karena terdapat peran yang belum mencapai pada fungsi yang sesungguhnya. Yaitu peran kelompok tani sebagai kelas belajar dan sebagai unit bisnis.Untuk unit produksi dinilai berperan dalam mempengaruhi peningkatan produksi seledri karena peran kelompok tani sebagai unit produksi ini sudah maksimal serta pada peran kelompok tani sebagai wahana kerja sama sangat mendukung peningkatan produksi tanaman seledri, kerja sama antar petani di Desa Lawonu Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo ini sangat baik, antar anggota petani sangat kompak dan saling membantu dalam kegiatan usaha tani.
Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Jagung Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango Fahrul Amshar Harun; Amir Halid; Yuriko Boekoesoe
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.823

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pendapatan petani dalam usahatani jagung di Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango 2) Menganalisis kelayakan usahatani jagung di Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Lokasi penelitian di Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango dari Bulan Oktober sampai bulan Desember 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling yaitu teknik pengambilan popilasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi serta menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel menjadi 43 petani. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kuantitatif dan analisis pendapatan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa akumulasi nilai pendapatan petani di Desa Tupa Rp. 3.18.696.894/panen dengan rata=rata petani sebesar Rp/ 7.411.459/petani. Analisis kelayakan usahatani di Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango menunjukan Nilai R/C Ratio berjumlah 2,54>1 maka bahwa usahatani jagung di Desa Tupa layak untuk dijadikan ushatani
The Implementation of Halal Tourism Ecosystem in Bantimurung as Tourism Destination Safri Haliding; Jamaluddin Majid
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.824

Abstract

Bantimurung, as one of the most beautiful travel destinations in South Sulawesi, faces the challenge of becoming one of the halal tourism destinations in Maros South Sulawesi. The purpose of this research is to discover the halal tourism ecosystem model of Bantimurung as a tourist destination in Maros and start implementing it. This study used a descriptive method. Researchers studied the implementation of a halal tourism ecosystem model in Bantimurung National Park, Bulusaraung, Maros as a tourist destination by examining the variables of the halal tourism ecosystem. It consisted of four indicators. They are targeted products, government support, human resources, and infrastructure. Main data are interviews with Bantimurung Tourism Park Management (Local Government Tourism Board), tourism businessmen dealing with halal certification, tourism enlightenment community (Masata Maros), Indonesia Ulama Chapter Maros, Regional Tourism Promotion Board Maros (BPPD Maros) obtained through correspondence. Data collection tools are checklists and literature surveys to collect secondary data. The results show that the full availability of halal tourism destination products, including the availability of halal attractions, facilities, accessibility, programs and packages. However, aspects of government support need to increase the support to Bantimurung as a halal tourism destination. Based on the human capital indicator, it is believed that some indicators of human capital that understand tourism need to be increased. In addition, indicators of infrastructure for R&D were sub-optimally provided.
Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Irawati Nur, A.Ruslan Abdullah , Rustan Ali
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v4i2.825

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Displin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun Metode Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif seperti oservasi, wawacara dan kueioner sedangkan analisis daya kuantitatif seperti uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 49 orang pegawai. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan, hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa disiplin kerja (X1) berpengaruh positf dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai thitung 4.731 > ttabel 2.013 dengan signifikan (0.000 < 0.05), Sedangkan Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten sidenreng rappang dengan thitung 3.087 > ttabel 2.013 dengan signifikan (0.003 < 0.05). Selain itu, hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten sidenreng rappang diperoleh dari nilai Fhitung (23.753) > Ftabel (3.20).
Analisis Naratif: Peran Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital Dewi Wungkus Antasari; Rike Selviasari; Srikalimah Srikalimah
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v4i2.827

Abstract

Revolusi industri 5.0 membawa perubahan pada dunia global. Baik perubahan sosial, kultur, teknologi dan ekonomi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pengaruh pada perubahan- perubahan lainnya. Digitalisasi menuntut perubahan dalam segala bidang, yang kehadirannya membawa kemudahan dan juga tantangan bagi masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia. Media sosial saat ini sering digunakan untuk melakukan penjualan dan pengiklanan. Beberapa media sosial yang digunakan masyarakat Indonesia memiliki target pasar yang bebeda pula. Instagram, tiktok, dan facebook merupakan tiga media sosial yang paling sering digunakan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran online. Melalui penelitian ini akan melakukan analisis secara naratif terkait peran penggunaan media sosial bagi pelaku usaha online dalam memasarkan produknya di era digital ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah naratif analisis dengan tujuan agar peneliti memperoleh informasi secara utuh dan lengkap terkait dengan pengalaman informan dalam melakukan pemasaran secara digital melalui masing- masing platform media sosial. Teknik analisis data interaktif analysis model terdiri dari data collection (pengumpulan data) yaitu dengan melakukan wawancara pelaku usaha online yang aktif menggunakan media Instagram, tiktok dan facebook. Hasil analisis menunjukkan banyaknya kemudahan dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran secara digital. Diantaranya, dengan pemasaran digital jangkauan menjadi lebih luas, serta banyaknya fitur pemasaran dalam platform media sosial.
Analisis Faktor Terjadinya Financial Distress Dengan Metode Altman Z-Score Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021 Halim Kharisma Yanti; Fauzan Fauzan
Economics and Digital Business Review Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v5i1.831

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur sub sector konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 192 sampel. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, pemilihan model, analisis regresi linier berganda, koefisien determinansi (r2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif terhadap financial distress, Likuiditas berpengaruh positif pada financial distress, dan Leverage berpengaruh negative pada financial distress.

Page 1 of 18 | Total Record : 177