cover
Contact Name
Rafiq Badjeber
Contact Email
rafiq_badjeber@iainpalu.ac.id
Phone
+6285298594681
Journal Mail Official
jurnalkoordinat@iainpalu.ac.id
Editorial Address
FTIK, IAIN Palu
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Koordinat : Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains
ISSN : -     EISSN : 27454215     DOI : https://doi.org/10.24239/kjpm.v1i1.1
Core Subject : Science, Education,
Koordinat: Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains dipublikasikan oleh Program Studi Tadris Matematika (TMAT) dan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan di bidang matematika dan IPA untuk berpartisipasi dengan mempublikasikan hasil riset maupun nonriset.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023)" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN DIAGRAM ORBITAL PADA SISWA KELAS X IPA 6 MAN 2 PALU Eniwati
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.60

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in learning outcomes of chemistry learning materials electron configurations and orbital diagrams in class X IPA 6 MAN 2 Palu City using the picture and picture method. The type of research used is classroom action research using test techniques as a data collection method. Data analysis used descriptive analysis. The results of the study revealed that the application of the picture and picture method in chemistry lessons on configuration materials and orbital diagrams could improve the learning achievement of students in class X IPA 6 MAN 2 Palu City. The learning outcomes are evidenced by the increase in the average value of student learning outcomes in each cycle. In the pre-cycle, the average learning score of students was 58.33 from a total of 36 students with 13 students who completed. In the first cycle, the number of students completed was 21 out of a total of 36 students or 68.89. This increase continued in the second cycle with the number of students reaching 30 students out of a total of 36 or 80.83. Also occurred in the percentage of minimum completeness criteria increased from 36.11% in the pre-cycle to 58.33% in the first cycle and increased to 83.33% in the second cycle.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 PALU Ashari, Abdul; Trianto, Manap; Buntu, Amalia; Windarsih, Yulia
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan media video animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil angket motivasi dan pretest-posttest di kelas control dan eksperimen yang menggunakan model Group Investigation dengan media video animasi. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan pretest–posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu (X IPA 3 dan X IPA 6). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling.. Analisa data pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai signifikansi 0.05. diperoleh nilai motivasi belajar yaitu sebesar 0,006 < 0,05 dan hasil belajar sebesar 0,004 < 0,05. Dapat disimpulakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan media video animasi.
RESPONS SISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF BARSIL DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA Mutiara Sakinah; Dori Lukman Hakim
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.71

Abstract

Kebutuhan bahan ajar berbasis teknologi menuntut adanya pengembangan bahan ajar interaktif. Salah satu yang dapat dikembangkan adalah e-Modul interaktif. E-Modul sebagai bahan ajar dapat dibuat interaktif serta mengutamakan kemandirian dalam penggunaannya. Artikel ini bertujuan untuk membahas hasil penelitian berupa hasil respons siswa SMP kelas IX terhadap penggunaan e-Modul Interaktif Barsil dalam kemandirian belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisi 94 pernyataan dengan skala guttman meliputi aspek kegrafikan, aspek materi, aspek penyajian serta aspek kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons siswa terhadap penggunaan e-Modul interaktif Barsil berdasarkan aspek kegrafikan memiliki kriteria baik sekali dengan persentase 98,8%, aspek materi memiliki kriteria baik sekali dengan persentase 98,4%, aspek penyajian memperoleh persentase dengan kriteria 97,8% serta aspek kebahasaan memperoleh penilaian yaitu baik sekali dengan persentase 100%. Secara keseluruhan respons siswa terhadap penggunaan e-Modul interaktif Barsil memperoleh persentase rata-rata yaitu 98,7%. Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan e-Modul interaktif Barsil sebagai bahan ajar interaktif memperoleh respons yang baik sekali dan layak untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran matematika.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK SMA Nilawati; Nursupiamin; Badjeber, Rafiq
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.75

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari motivasi berprestasi peserta didik SMA.Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Subjek penelitian ini berjumlah 25 peserta didik, kemudian diambil 3 subjek untuk mewakili masing-masing kategorisasi tinggi, sedang dan rendah untuk dianalisis kesulitan dalam menyelesaiakan soal pemecahan masalah matematika. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket, tes kemampuan pemecahan masalah mateatika dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peserta didik yang memiliki Motivasi Berprestasi Tinggi (MBT) mampu memenuhi 4 indikator pemecahan masalah matematika yaitu, memahami masalah, menentukan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Sedangkan peserta didik dengan Motivasi Berprestasi Sedang (MBS) mampu memenuhi 4 indikator yaitu memahami masalah, menentukan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa kembali, dan pada Subjek dengan Motivasi Berprestasi Rendah (MBR) mampu memenuhi 1 indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah.
IMPLEMENTASI MODEL PBL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI PESANTREN Lailatul Fitriyah; Setyo Budi Lestari, Andika
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.76

Abstract

Pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu hakikat manusia yang harus dipenuhi, untuk mewujudkan pendidikan diperlukan peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan dapat mencapai sistem pendidikan nasional dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat diperlukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika. Penelitian ini menerapkan model PBLyang terdiri dari 5 sintak dengan materi yang diujikan yaitu himpunan. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama di Pesantren yakni MTs As ‘Adiyah dengan subjek sasaran penelitian yaitu kelas VII E berjumlah 19 siswi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes, lembar catatan lapangan, dan modul ajar yang sudah divalidasi. Tujuan penelitian ini memperkenalkan kepada ssiwi MTS As’Adiyah dengan masalah-masalah yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi himpunan. Implementasi model PBL disekolah MTs As ‘Adiyah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan bukti nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I presentase tuntas sebesar 31 dan pada siklus II presentase tuntas sebesar 79%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan artian implementasi model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswi MTs As ‘Adiyah
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB MATERI ALJABAR KELAS VII DI MTS MIFTAHUL ULUM PROBOLINGGO Abdur Rofiq; Tuhfatul Janan
Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24239/kjpms.v4i2.77

Abstract

Science and technology are currently experiencing rapid development. Today, the learning is not only limited to conventional methods, but also allows online learning through the development of website-based learning media. Through this media, learning materials can be accessed easily and flexibly, without geographical or time restrictions. This research aims to create mathematics learning media that focuses on Algebra topics. The research method used is Research and Development (RnD) by following the ADDIE approach. The results of this research are tangible in the form of a web-based e-learning platform that presents Algebra material for grade VIII junior high school students. This media tested by grade VII students at MTs Miftahul Ulum Probolinggo test results show that this product can be considered valid and the results of the trial showed that the assessment by media experts obtained a percentage score of 92%, in terms of the content of the material on the website, a percentage score of 88% was obtained by material experts. Meanwhile, in field testing carried out by students, they got a percentage score of 71.7%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6