cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 9 Documents clear
Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Hana Niswatus Salamah; Amirudin Amirudin; Achmad Junaedi Sitika
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7043

Abstract

Mutu pendidikan Islam adalah terpenuhinya harapan semua pihak yaitu pengelola pendidikan, pimpinan, guru,dosen, masyarakat maupun kepada peserta didik, karena diintegrasikannya pendidikan agama dan keagamaan, teknis peningkatan mutu melalui penetapan standar nasional pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN S/M), serta Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), penjaminan mutu pendidikan, sertifikasi guru dan dosen, sekolah/madrasah berbasis internasional, dan pengelolaan pendidikan yang berbasis pada mutu terpadu yang unggul ke dalam UUD Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 sebagai suatu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan nasional maupun di bawah naungan kementerian agama secara lebih merata. Maka penelitian ini menjadi sebuah gambaran bahwasannya Pendidikan agama tidak tertinggal atau ditinggalkan begitu saja oleh pemerintah. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.
UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK JARAK JAUH DI KELAS IV SDIP DAARUL JANNAH Rahmadanti Rahmadanti; Muhammad Fahri; Suhendra Suhendra
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7200

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran, oleh karenanya guru harus berupaya agar siswa dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik selama pembelajaran jarak jauh di kelas IV SDIP Daarul Jannah. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah guru telah berupaya untuk menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan sistem pembelajaran dalam jaringan menggunakan Microsoft Team. Upaya yang telah dilakukan guru dalam menumbuhkan keaktifan siswa yaitu menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, mengadakan kegiatan tanya jawab dan diskusi melalui Microsoft team, melibatkan siswa mencari informasi/pesan dari sumber lain, pemberian tugas, memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca bahan belajar dan memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA F SMAN 5 BOGOR Riyati Riyati
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7154

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning untuk meningkatkan kemandirian belajar IPA siswa; (2) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa; (3) Mendeskripsikan keefektifan penerapan Blended Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 5 Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian eksperimen semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemandirian belajar siswa serta untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA F sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) penerapan model blended learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) penerapan model blended learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) penerapan model blended learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa. prestasi dalam mata pelajaran sains.
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS DAARUL Saniatul Hajiah Siregar; Chodidjah Makarim; Ahmad Mulyadi Kosim
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7201

Abstract

Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, ingin mencari tahu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar siswa di rumah, komunikasi interpersonal siswa dan hubungan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Sampel yang diambil ialah pelajar dari kelas  V sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu kuesioner dengan alternatif jawaban skala Likert 1 sampai 5.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa di sekolah (43%) cukup baik, kebiasaan belajar siswa di rumah (61%) termasuk dalam kategori sedang. komunikasi interpersonal siswa (93,7%) . Tidak adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor , berdasarkan perhitungan korelasi Thitung = 0,055 yang berada pada kisaran angka 0,00-0,20 yang  tidak termasuk korelasi rendah atau lemah. Sedangkan nilai rtabel N=48 sebesar 0,27 dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,0=702. Artinya (0,055 < T tabel = 0,702) dan (0,020 < 0,05).
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI SD AL – AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG Salati Asmahasanah; Irfan Supriatna; Irma Hanifah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7196

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pola penelitian tunggal. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengikuti langsung pembelajaran menggunakan media video pembelajaran di kelas rendah. Teknis analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa problematika yang dialami guru dalam penerapan video pembelajaran yaitu 1) sulit nya pembagian waktu untuk membuat video pembelajaran, 2) pemilihan bahasa pada video pembelajaran, 3) penguasaan keterampilan dalam membuat video pembelajaran. Dalam hal ini peneliti juga memberikan solusi dari permasalahan  yang  muncul  dalam  penerapan  video  pembelajaran  di  kelas rendah, yaitu 1) pembagian waktu guru dapat dilakukan dengan menjadwalkan pembuatan video untuk pelajaran yang membutuhkan media video pembelajaran saja, 2) pemilihan bahasa pada video dapat dilakukan analisis video dengan menonton video yang ingin disampaikan (apabila menggunakan akses internet), dan analisis pemilihan kata yang mudah dipahami (apabila video pembelajaran dibuat sendiri oleh guru),  3) penguasaan keterampilan mengedit video selain pelatihan yang diadakan oleh sekolah hendaknya guru juga banyak mengakses cara mengedit video melalui akses-akses internet.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI MIFTAHUL JANNAH CIJANTUNG Yasinta Azizah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7202

Abstract

Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar agar dapat menerapkan bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an dan Hadits keduanya menggunakan Bahasa Arab. Pembelajaran baca tulis ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini mempunyai tujuan “ingin mengetahui apakah efektifitas pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Jannah Cijantung Jakarta Timur”. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode resitasi (penugasan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode ini juga memerlukan responden sebagian siswa kelas IV MI Miftahul Jannah Cijantung yang berjumlah 50 peserta didik variabel pada skripsi ini ada 2 yaitu efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penulis juga menggunakan metode wawancara, observasi dan angket (untuk memperkuat data. Dari jumlah murid yang mengerjakan (masuk pada kegitan ulangan) kurang lebih sebanyak 12 murid dengan rentang nilai rendah 30 – 72. Sedangkan kelompok nilai tinggi antara 85- 100. Dari jumlah murid yang mengerjakan kurang lebih sebanyak 11 murid dengan rentang nilai terendah 40- 70 sedangkan untuk nilai KKM = 72. Dari jumlah kelas 4 A 12 murid dan kelas 4 B 11 murid, ternyata mereka adalah murid yang belum bisa membaca Al-Qur’an bahkan masih belum hafal huruf dan belum bisa menulis huruf Al-Qur’an. Sedangkan rentang nilai tinggi antara 85-100 adaah murid yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar. (36,39 % ) yang cukup lancar (45,48 %), kemudian peserta didik yang bisa menulis Al-Qur’an 34,09 % dan yang bisa kurang rapih (61,41 %).
PERANAN KECERDASAN EMOSI DALAM KEBERHASILAN MENGHAFAL AL QUR'AN (STUDI KASUS DI SMP ITA EL MA'MUR BOGOR) Iffah Hanifah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.6909

Abstract

Kecerdasan emosi merupakan salah satu potensi yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Seseorang dikatakan memiliki kecerdasan emosi apabila orang tersebut mampu mengelola emosi dalam dirinya serta mengenali emosi dalam dirinya ataupun orang lain sehingga stabil dan optimal. Begitu juga dengan para siswa yang menghafal al Qur’an, kecerdasan emosi mempunyai peran dalam keberhasilan siswa dalam menghafal. Jika siswa penghafal al Qur’an memiliki kecerdasan emosi yang baik dan mampu mengatur emosi maka hal tersebut dapat mendukung keberhasilan hafalannya. Namun lain halnya jika siswa yang tidak mampu mengelola emosi, maka hal tersebut dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam menghafal ataupun hafalan tidak selesai tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kecerdasan emosi siswa di SMP ITA el Ma’mur, 2) Mengetahui keberhasilan menghafal al Qur’an siswa di SMP ITA el Ma’mur, 3) Mengetahui peranan kecerdasan emosi dalam keberhasilan menghafal al Qur’an siswa di SMP ITA el Ma’mur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sample (Teknik Sampel Jenuh) karena populasi penelitian kurang dari 100 maka populasi digunakan semua untuk sampel. Hasil penelitian melalui uji korelasi dengan rumus korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan keberhasilan menghafal al Qur’an. Dalam uji tersebut menunjukkan nilai korelasi variabel X dan Y sebesar 0,775 apabila dilihat dari tabel interpretasi nilai yang diperoleh yaitu 0,775 terletak antara interval 0,70-0,90 sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan keberhasilan menghafal al Qur’an siswa yang bersifat kuat.
MEMAHAMI KOMITMEN GURU PROFESSIONAL Midayati - Afifa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.6968

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu parameter kemajuan suatu bangsa. Agar dapat mewejudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas di suatu negara diperlukan adanya komponen-komponen penunjang dalam kegiatan pembelajarannya, seperti sarana dan prasarana pendidikan (insfratuktur yang memadai), kurikulum yang baik, pendidik yang memiliki komitmen serta professional. Guru merupakan suri tauladan bagi siswa/I nya, oleh sebab itu, guru diharapkan dapat memberikan contoh-contoh yang baik dalam mendidik siswa/I, jika para guru dapat melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pendidik dengan baik dan terampil, memiliki rasa tanggung jawab dalam mendidik, serta mengikuti prosedur-prosedur yang berlaku. Komitmen seorang guru yang tinggi akan selalu menggerakkan semangat dan motivasinya untuk melaksanakan tugas dan tanggug jawabnya. Komitmen guru merupakan pengakuannya terhadap profesi yang dijalaninya. Guru yang profesional adalah guru yang berdasarkan keahlian, kompetensi dan pengetahuan spesialis yang diperoleh melalui pendidikan tertentu. Guru yang profesional adalah guru yang bermutu dan berkualitas.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING Clara Ditri Rulianti; Muhammad Fahri; Kholil Nawawi
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 2 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i2.7199

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran ini salah satunya mempengaruhi minat belajar siswa, khususnya pada pelajaran matematika. Minat belajar siswa tidak bisa dipaksakan tetapi dapat dirangsang dengan bantuan guru. Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring. 2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring memiliki tiga tahap yaitu: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan bimbingan belajar, menggunakan metode dan media yang bervariasi, dan memberikan Reward. 2) faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu orang tua dan fasilitas, sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu pembagian waktu, jaringan internet dan gadget.

Page 1 of 1 | Total Record : 9