cover
Contact Name
Ahmad Farham Majid
Contact Email
ahmad.farham@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285242628528
Journal Mail Official
al-asma@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Komite Penjaminan Mutu, Lt. 3, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al asma : Journal of Islamic Education
ISSN : 27152820     EISSN : 27152812     DOI : https://doi.org/10.24252/asma
Core Subject : Religion, Education,
Al asma : Journal of Islamic Education is a journal intended to accommodate all matters relating to the development of Islamic education knowledge. This journal specializes in education in the Islamic world and all things related to it. Hopefully through this journal the development of Islamic education can be achieved through research and science. Scope of Jurnal: - Studies in Social Education - Studies in Science Education - Management Education - Teaching & Learning - Quality Education - Education Development & Society - Educational Leadership - Educational Technology - Language Education - Philosophy of Education - Religious Education - Teacher Education - Early Childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 97 Documents
PENGEMBANGAN LKPD BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MA MADANI ALAUDDIN PAO-PAO Ainul Uyuni Taufik; Salahuddin Salahuddin; Sri Febriani Masdi
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v1i2.10822

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik pada materi ekosistem serta untuk mengetahui kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik, mengetahui respons peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik, dan mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pengembangan 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 MA Madani Alauddin Pao-Pao sebanyak 38 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respons peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data respons peserta didik, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan penilaian dari validator ahli, tingkat kevalidan Lembar Peserta Didik yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sangat valid dengan nilai rata-rata akhir 3.72, sedangkan berdasarkan angket, respons peserta didik yang diperoleh adalah positif karena diperoleh hasil rata-rata respons peserta didik yaitu 2.95 sehingga produk baik untuk digunakan, sedangkan pada tingkat keefektifan berdasarkan hasil tes peserta didik, diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik sebanyak 92%, yang menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik efektif untuk digunakan. AbstractThe purpose of this study was to develop student worksheets on ecosystem material and to determine the validity of student worksheets, find out the responses of students to the student worksheets, and find out the effectiveness of the student worksheets developed. This research and development refers to the 4-D development model, which includes four stages, namely defining, designing, developing, disseminating. The subjects of this study were class X MIA 2 MA Madani Alauddin Pao-Pao students as many as 38 students. The research instruments used were validation sheets, student response questionnaires, and learning outcomes tests. Data processing and analysis techniques used are validity data analysis, analysis of student response data, and effectiveness data analysis. Based on the assessment of the expert validator, the level of validity of the student worksheets obtained in this study is very valid with a final average value of 3.72. While based on the questionnaire, the responses of students obtained are positive because the results of the average response of students are 2.95 so that the product is good to use. While at the level of effectiveness based on the test results of students, the percentage of students' learning completeness was 92%, which showed that the student worksheets was effective to use.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL A. Sriyanti; Destria Rafina Aziz; Ulfiani Rahman; Baharuddin Abbas; Munirah Munirah
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 2 (2020): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i2.16050

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap sesuai namanya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan dan tahap implementasi yang hanya mengukur kevalidan dan tingkat kepraktisan bahan ajar menggunakan lembar validasi dan angket respons guru, tahap selanjutnya tidak dapat dilaksanakan disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik di rumahkan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respons guru. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) hasil validasi untuk bahan ajar dan RPP adalah 4 dan 4,2 yang berada pada interval 3 ≤ M ≤ 4,5 sehingga dikategorikan valid. (2) Praktis, tahap ini hanya menggunakan angket respons guru. Keseluruhan aspek berada pada kategori sangat positif dengan persentase 85% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. AbstractThe purpose of this study was to determine the process of developing teaching material based on constructivism on linear equation system with two variables in class VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. The type of research is research and development (R&D) by referring to the ADDIE development model which consist of 5 stages as the name implies, namely, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research is limited to the development stage and the implementation stage which only measures the validity and practicality of teaching material using validation sheets and teacher response questionnaire, the next stage cannot be carried out due to covid-19 pandemic that requires learners to be sent home. The instruments used in this study were the validation sheet and the teacher response questionnaire. Based on the results of the study, it was found that (1) the validation results for teaching material and lesson plan were 4 and 4.2 which were at intervals of 3 ≤ M ≤ 4.5 so that it is in valid category, (2) practice, this stage only uses teacher response questionnaire. All aspects in the very positive category with a percentage of 85%. So, it can be concluded that teaching material based on constructivism on the linear equation system with two variables for class VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa meet the validity and practicality criteria.
IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK Nurhidayah Nurhidayah; Thamrin Tayeb; Nidya Nina Ichiana; Santih Anggereni; Andi Kusumayanti; Andi Ulmi Asnita
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): MAY
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i1.13458

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan strategi belajar kooperatif MURDER dan peserta didik yang tidak diajar dengan strategi belajar kooperatif MURDER kelas XI IPA SMAN 6 Wajo. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu the matching-only posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMAN 6 Wajo yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 151 peserta didik. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik matching sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 61. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara peserta didik yang diajar dengan strategi belajar MURDER dan peserta didik yang diajar dengan metode ceramah XI IPA SMAN 6 Wajo. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya memperhatikan media dan sumber belajar yang digunakan peserta didik dalam proses investigasi dalam menerapkan strategi belajar MURDER dan tanpa menerapkan strategi belajar MURDER. AbstractThis research is quasi-experimental research, which aims to find out understanding physical concept of students who are not taught and students who are taught with cooperative MURDER learning strategies class XI IPA SMAN 6 WAJO. The research design used in this research is the matching-only posttest-only control group design. The population in this study is the entire class XI IPA SMAN 6 Wajo consisting of 4 classes with a total of 151 learners. The samples in this study were chosen by using a matching technique to obtain 2 classes with the total number of students 61. The results is there is a different understanding of physics concepts between learners who are taught with learning strategies MURDER and learners who were not taught learning strategies MURDER XI IPA SMAN 6 Wajo. The implications of this research are the need to pay attention to the media and learning resources used by students in the investigation process in applying MURDER learning strategy and without implementing MURDER learning strategy.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Mustakim Mustakim
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): MAY
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i1.13646

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pembelajaran menggunakan media online. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Wajo yang diajar pada mata pelajaran matematika menggunakan metode daring. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Wajo yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran matematika menggunakan media online sangat efektif (23,3%), sebagian besar mereka menilai efektif (46,7%), dan menilai biasa saja (20%). Meskipun ada juga peserta didik yang menganggap pembelajaran daring tidak efektif (10%), dan sama sekali tidak ada (0%) yang menilai sangat tidak efektif. Akhirnya, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring matematika selama pandemi covid-19, maka pendidik harus memenuhi sepuluh saran dari responden, yakni: (1) pembelajaran dilakukan melalui video call; (2) pemberian materi pembelajaran yang ringkas; (3) meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota; (4) pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (5) tetap memberikan materi sebelum penugasan; (6) pemberian soal yang variatif dan berbeda tiap peserta didik; (7) pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya; (8) memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran; (9) mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan; dan (10) mengurangi tugas.AbstractThis study aims to describe the effectiveness of online learning during the covid-19 pandemic in mathematics. This descriptive quantitative research focuses on the evaluation of online learning. The population of this study was all the students of SMA Negeri 1 Wajo who were taught mathematics. The research sample is XI MIPA SMA Negeri 1 Wajo was selected randomly with population homogeneity consideration. Data was collected by using an online learning questionnaire and analyzed descriptively. The result showed the presentation on students’ who were assuming learning mathematics was very effective with online learning was 23.3 %, the majority of students who assumed it was effective was 46.7 %, 20% of them assume it was nothing special, 10 % assume it was not effective, and 0% assume it was very ineffective . It also found from the study that to enhance the quality of mathematics online learning during the covid-19 pandemic, the teachers should full fill the respondent recommendations, they are; (1) the learning should be done with video call (2) the contents should be simple; (3) minimize the learning video capacity (4) the language that used in the video should be easy to understand; (5) the content should be explained before giving the task; (6) variety task for each student; (7) the task should come with clear instructions; (8) the task should be on schedule; (9) the task should be reminded to the students; (10) reduces the task.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER Adila Mufidah; Sri Sulasteri; Ahmad Farham Majid; Lisnasari Andi Mattoliang
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 1 No 1 (2019): MAY
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v1i1.11247

Abstract

AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan indikator pemahaman matematis pada mata kuliah aljabar linear elementer materi ruang vektor, sub ruang vektor, dan vektor Euclidean. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi mahasiswa jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2016 yang diduga mengalami kesulitan dalam memahami konsep pada mata kuliah aljabar linear elementer. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar angkatan 2016 dalam menyelesaikan soal aljabar linear elementer ditinjau dari indikator kemampuan pemahaman matematis, mahasiswa tergolong cukup mampu pada indikator: (1) pemahaman mampu menyatakan ulang sebuah konsep, (2) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, (3) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu, dan (4) mengaplikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah. Namun, mahasiswa tergolong tidak mampu pada indikator kemampuan memberi contoh dan bukan contoh. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar angkatan 2016 pada mata kuliah Aljabar Linear Elementer dalam konsep ruang vektor, sub ruang vektor, dan ruang vektor Euclidean, yaitu faktor internal: kurangnya minat belajar, kurang fokus dalam belajar, motivasi belajar rendah, konsentrasi belajar rendah, kemampuan mengingat rendah, dan kurang rasa percaya diri. Faktor eksternal, yaitu mahasiswa kurang memahami maksud soal, mahasiswa lupa konsep aksioma, mahasiswa tidak tahu konsep aksioma, penggunaan gadget selama proses pembelajaran, dosen kurang memperhatikan mahasiswa selama proses pembelajaran, dan tidak adanya buku pegangan mahasiswa. AbstractThis article aims to determine the ability to understand student concepts based on indicators of mathematical understanding in elementary linear algebra courses in vector space, sub vector spaces, and euclidean vectors. This research used desciptive qualitative approach. Research subjects included students majoring in mathematics education at the tarbiyah faculty and the UIN Alauddin Makassar class of 2016 who were suspected of having difficulty understanding concepts in linear elementary algebra courses. The research instruments used were diagnostic tests and interviews. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the understanding ability of students majoring in mathematics education at UIN Alauddin Makassar class of 2016 in solving linear elementary algebra in terms of indicators of mathematical understanding ability, students classified as quite capable of indicators: (1) understanding is able to restate a concept, (2) present the concept in various forms of mathematical representation, (3) using, utilizing and choosing certain procedures, and (4) applying concepts / algorithms to problem solving. However, students are classified as not capable of the ability to set examples and not examples. The factors that influence the understanding of the concept of mathematics education student UIN Alauddin Makassar class of 2016 in the Linear Elementary Algebra in the concept of vector space, sub vector space, and Euclidean vector space, namely internal factors: lack of interest in learning, lack of focus in learning, motivation low learning, low concentration of learning, low ability to remember, and lack of confidence. External factors, namely students do not understand the purpose of the problem, students forget the concept of axioms, students do not know the concept of axioms, the use of gadgets during the learning process, lecturers pay less attention to students during the learning process, and the absence of student handbooks.
PERANAN SENAM OTAK DALAM MENINGKATKAN FUNGSI MEMORI JANGKA PENDEK PADA ANAK Eka Damayanti; Jamilah Jamilah; Alwan Suban; Fitriana Fitriana; Nur Alamsyah
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 2 (2020): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i2.17245

Abstract

AbstrakTujuan studi ini untuk mengetahui secara teoritik peranan senam otak dalam meningkatkan fungsi memori jangka pendek (short term memory) pada anak. Penelitian kualitatif jenis studi kepustakaan ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai sumber dari jurnal dan buku terkait dengan fokus kajian. Analisis data yang digunakan berupa analisis naratif deskriptif. Hasil penelusuran menunjukkan gerakan yang dilakukan dalam senam otak dapat meningkatkan fungsi memori jangka pendek yang terbukti dengan kemajuan kemampuan anak dalam membaca. Gerakan senam otak melatih daerah sensorik otak sehingga daya tahan informasi yang didapat bertahan lebih lama membuat memori lebih kuat sehingga membuat proses belajar lebih mudah dan menghilangkan hambatan belajar. Senam otak sangat dianjurkan untuk anak-anak yang kemampuan matematikanya belum optimal. Hasil penelitian ini mengimplikasikan pada guru, orang tua atau pengasuh anak untuk senantiasa memberikan stimulus berupa senam otak pada anak agar dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat tubuh rileks sehingga semangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. AbstractThe purpose of this study is to know how the brain gym improves short term memory function to children. This qualitative research with a literature study was conducted by collecting various sources from journals and books related to the focus of the study. The data analysis used was descriptive narrative analysis. The results showed that the movements in the brain gym can improve short-term memory function that is the progress of children's ability to read. Brain gym movements train the sensory areas of the brain so that the resistance of the information lasts longer, makes memory stronger, making the learning process easier and eliminating learning obstacles. Based on the study, a brain gym is highly recommended for children whose mathematical abilities are not yet optimal. It implies that teachers, parents, or caregivers should provide a stimulus in the form of brain gym to children. With that stimulus, it can improve brain function and relax the body. The children become more enthusiastic and improve their learning achievement.
PROBLEM SOLVING: SUATU PENDEKATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Andi Dian Angriani; Fitriani Nur; Rahmawati Nur
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 2 (2020): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i2.16444

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan problem solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII9 MTs Negeri 1 Makassar yang berjumlah 40 peserta didik. Tindakan yang diberikan adalah dengan menerapkan pendekatan problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terlihat pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 79,48 dan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65%, sementara pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 89,40 serta persentase peserta didik yang memenuhi KKM meningkat menjadi 87,50 %. Dengan demikian, hasil belajar matematika peserta didik dapat meningkat melalui penerapan pendekatan problem solving. AbstractThis study aims to determine the improvement in student learning outcomes through a problem solving approach. The type of research used is classroom action research which consists of two cycles, through several stages, namely planning, implementing action, observing, and reflecting. The subjects of this study were 40 students of class VIII9 MTs Negeri 1 Makassar. The action given is to apply a problem solving approach. The results of this study indicate that problem solving approach can improve students' learning achievement, seen in the first cycle the average score of student learning outcomes is 79.48 and the percentage of students who meet the minimum completeness criteria is 65%, while in the second cycle the average score student learning outcomes increased to 89.40 and the percentage of students who met the minimum completeness criteria increased to 87.50%. Thus, students' mathematics learning achievement can be increased through the implementation of problem solving approach.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK Ainul Uyuni Taufiq; Ummul Hasanah
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 1 (2020): MAY
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i1.13373

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa sebanyak 64 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar biologi peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 62,23. Namun, setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran the power of two berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa.AbstractThis study aims to determine student biology learning outcomes before and after using the learning model of the power of two and its effect on learning outcomes. The type of research used is experimental research. The study population was all students of class VIII MTs As-Shalihin Gowa as many as 64 people. The sample of this research is class VIII B as many as 32 people. The research instrument used was a biology learning achievement test. Based on the results of the study, it was found that the biology learning outcomes of students before using the power of two learning model were in the sufficient category with an average value of learning outcomes of 62.23. After using the power of two learning model is in the high category with an average value of learning outcomes of 78.81. It can be concluded that using the power of two learning model has an effect on improving biology learning outcomes of students in class VIII MTs As-Shalihin Gowa.
PENGARUH PENGGUNAAN THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP Putra Wahidin M.; M. Yusuf T; Andi Dian Angriani
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v1i2.11254

Abstract

This study aims to find out about the influence of the Think Pair Share model on subjects of a linear variable system of variables in class VII of SMPN 2 Balocci. This type of research is a quasi experiment with factorial design and treatment design by 2x2 level. The population in this study were all students of class VII at SMPN 2 Balocci, totaling 120 people. The sample in this study was class VII1 as an experimental class and class VII2 as a control class. The research instrument used in this study was a test of concept comprehension ability and a mathematical representation ability test. Based on the results of research conducted on the experimental class and the control class, it was found that (1) Learning using the TPS model for the experimental class the post test value was far better than the pre test value ie the maximum post test value was 88 while in the control class the maximum post test value 85; (2) mathematical communication skills in the experimental class post test results the category is better than the control class, (3) learning activity in the experimental class the category is better than the control class. The conclusion of the results of the study is that there is a significant difference between TPS and conventional methods on the mathematical communication skills of Grade VII students of SMPN 2 Balocci, that learning with the TPS model is more effective in increasing students' mathematical communication abilities than conventional methods. There is also an influence of interaction between learning models in terms of learning activeness towards mathematical communication skills of Grade VII students of SMPN 2 Balocci. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh model Think Pair Share pada mata pelajaran sistem persamaan liniear satu variabel pada kelas VII SMPN 2 Balocci. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain factorial desain dan rancangan penelitian treatment by level 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Balocci yang berjumlah 120 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian  yang dilakukan terhadap kelas eksprimen dan kelas kontrol, diperoleh bahwa (1) Pembelajaran menggunakan model TPS untuk kelas eksperimen nilai post test jauh lebih baik dari pada nilai pre test yaitu nilai maksimum post test adalah 88 sedangkan pada kelas kontrol nilai maksimum post test 85;(2) kemampuan komunikasi matematis pada hasil post test kelas eksperimen kategorinya lebih baik dibanding kelas kontrol;(3) keaktifan belajar pada kelas eksperimen kategorinya lebih baik dari pada kelas kontrol, Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara TPS dan metode konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Balocci, yaitu pembelajaran dengan model TPS lebih efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa daripada metode konvensional dan juga terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran ditinjau dari keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Balocci.
IMPLEMENTASI METODE AL-HUSNA SEBAGAI ALTERNATIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH Amarizki Purwa Kusuma; Mudhofir Abdullah
Al Asma: Journal of Islamic Education Vol 2 No 2 (2020): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/asma.v2i2.17580

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi penggunaan metode Al-Husna dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode Al Husna digunakan agar pembelajaran dalam membaca Al-Qur’an menjadi lebih mudah, praktis, sistematis serta berpedoman pada pengajaran Rasulullah SAW kepada para sahabatnya yaitu dengan memakai penulisan rasm utsmani dan teruji keasliannya. Implementasi penerapan metode Al Husna di KB/TK MTA Jebres terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian. Tahap persiapan yang dilakukan seperti penyiapan ruang kelas, media dukung dan RPPH. Tahap selanjutnya yaitu pengaplikasian metode Al Husna dalam mengenalkan huruf hijaiyah dilakukan dengan cara sistem urutan, scanning dan kata kunci, dan yang terakhir cara menulisnya. Tahap terakhir adalah penilaian yang dilakukan dengan menulis hasil belajar anak di kartu prestasi dan pemberian reward berupa bintang di tangan menggunakan spidol agar lebih semangat. Kesimpulannya penggunaan metode Al-Husna dapat membantu anak lebih cepat dalam memahami huruf hijaiyah sejak dini.AbstractThe purpose of this research is to know the implementation of the use of Al-Husna method in introducing the letter Hijaiyah. This research uses descriptive qualitative research. Data sources are obtained through observation, interviews and documentation. The collected data is analyzed using Miles and Huberman model analysis techniques consisting of data collection, data reduction, presentation and inference. The results showed that Al Husna method is used so that learning in reading the Qur'an becomes easier, practical, systematic and based on the teaching of the Prophet muhammad to his friends by using ottoman rasm writing and tested its authenticity. Implementation of Al Husna method in KB/TK MTA Jebres consists of several stages which include preparation, implementation and assessment. The preparation stages are carried out such as classroom preparation, support media and RPPH. The next step is the application of Al Husna method in introducing hijaiyah letters by means of sequence system, scanning and keywords, and the last way to write it. The last stage is the assessment done by writing the children's learning results on the achievement card and rewarding the stars in hand using markers to be more energetic. In conclusion, the use of Al-Husna method can help children to understand Hijaiyah letters faster from an early age.

Page 1 of 10 | Total Record : 97