cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Biro Rektor Lt. 1, Ruang LPPM Universitas Jabal Ghafur Jalan Sigli-Lamlo, Glee Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh Kode Pos 24171
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Real Riset
ISSN : 26851024     EISSN : 27747263     DOI : -
Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia.Jurnal Real riset memuat laporan hasil-hasil penelitian di laboratorium, hasil penelitian/survey lapangan, tulisan ilmiah populer, makalah suntingan dan review buku teks/ bahagian dari buku dalam berbagai disiplin ilmu (multi disiplin)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020" : 11 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARA MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Maryanti, Sayed Achmady
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.197

Abstract

Kemampuan  komunikasi dan  penalaran matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Dimana komunikasi diartikan sebagai kemampuan dalam menulis, membaca, menyimak, menelaah, menginterpretasikan, serta mengevaluasi ide, simbol, istilah, dan informasi matematika. Sedangkan penalaran matematis merupakan suatu kebiasaan otak yang apabila dikembangkan dengan baik dan konsisten akan memudahkan dalam mengkomunikasikan matematis baik secara tertulis maupun lisan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan, meningkatkan, dan menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional, dan (2) Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Darussalam Aceh Besar yang terdiri dari lima kelas. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan komunikasi dan penalaran matematis, dan angket skala sikap. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis adalah uji anava dua jalur, sedangkan angket skala sikap dihitung berdasarkan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Dari hasil angket siswa disimpulkan bahwa secara umum siswa memilki sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.Kata Kunci: Pembelajaran TGT, Komunikasi, PenalaranKemampuan komunikasi dan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan daripembelajaran matematika. Dimana komunikasi diartikan sebagai kemampuan dalammenulis, membaca, menyimak, menelaah, menginterpretasikan, serta mengevaluasi ide,simbol, istilah, dan informasi matematika. Sedangkan penalaran matematis merupakansuatu kebiasaan otak yang apabila dikembangkan dengan baik dan konsisten akanmemudahkan dalam mengkomunikasikan matematis baik secara tertulis maupun lisan.Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan,meningkatkan, dan menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi dan penalaranmatematis siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajarankooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untukmengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematissiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGTlebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional,dan (2) Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang memperolehpembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grupdesain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN DarussalamAceh Besar yang terdiri dari lima kelas. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitukelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara random sampling. Instrumenyang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan komunikasidan penalaran matematis, dan angket skala sikap. Uji statistik yang digunakan untukmengalisis data peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis adalahuji anava dua jalur, sedangkan angket skala sikap dihitung berdasarkan persentase. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuankomunikasi dan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran denganmodel pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik dari siswayang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Dari hasil angketsiswa disimpulkan bahwa secara umum siswa memilki sikap positif terhadappembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.Kata Kunci: Pembelajaran TGT, Komunikasi, Penalaran
KESIAPAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA UDE GAMPONG KABUPATEN PIDIE Muhammad Iqbal, Nelliyana
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.174

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kesiapan orang tua dalam membina akhlak anak di Desa Ude Gampong Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan orang tua dalam membina akhlak anak; serta untuk mengetahui sejauhmana pengaruh kesiapan orang tua dalam membina akhlak anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan), yaitu untuk mendapatkan data-data tentang kondisi anak di Desa Ude Gampong dan sejauhmana pengaruh perhatian orang tua dalam membentuk akhlak anak. Sementara Library Research dilakukan untuk mendapatkan data tentang definisi operasional dari variabel penelitian ini. Sumber data primer penelitian ini adalah anak-anak usia 8-12 tahun yang ada di Tanjung Selamat, orang tua, kepala desa dan tokoh masyarakat yang berada di Tanjung Selamat, maka semuanya dijadikan sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan observasi, lembaran pengamatan, panduan wawancara dan demografi Gampong. Berdasarkan masalah, tujuan dan metode di atas ditemukanlah hasil penelitian adalah kesiapan orang tua dalam pembinaan akhlak dan penerapan kedisiplinan di Desa Ude Gampong mempunyai peran penting dalam perkembangan akhlak anak sebagai lembaga pertama dalam lingkungan pendidikan agar searah dan sejalan dengan ajaran agama Islam. Pendidikan akhlak pada anak sangat dipengaruhi oleh kesiapan orang tua, dan sebagai orang tua di Desa Ude Gampong sudah berupaya untuk mempersiapkan dengan maksimal pembinaan akhlak anak dan kedisiplinan untuk mempersiapkan diri di masyarakat.
PENGARUH RISIKO INVESTASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERCATAT DI BURSAEFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017 Nazariah, Ida Mutia
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial terhadap return saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Testil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat melalui laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Tekstil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Jumlah sampel yang diambil 9 sampel. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko sistematis tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -0,356 dan nilai signifikansi sebesar 0,728. Risiko bisnis berpengaruh positif dan signifikansi  terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,600 dan nilai signifikansi sebesar 0,023. Risiko finansial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,715 dan nilai signifikansi 0,019. Risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial secara simultan berpengaruh terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai f hitung 7,288 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,557 menunjukkan bahwa risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial mampu  menjelaskan return saham sebesar 55,7% sedangkan 44,3% dijelaskan oleh variabel lain.
PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM CITRA HUSADA SIGLI Cut Italina, Fakhrurrazi
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bertugas pegawai Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli, sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian kuisioner secara wawancara terhap pegawai Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dengan jumlah 100 Orang. Dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS, diperoleh F-hitung = 54.198 dengan tingkat probabilitas 0,000, sedangkan untuk F-tabel = 3,087. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari < 0.05, dan F- hitung (54.198) ? F-tabel (3,087), maka dapat dikatakan bahwa variabel kepuasan kerja dapat dijelaskan bersama-sama secara signifikan oleh variabel lingkungan pekerjaan dan kompensasi atau dengan kata lain penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dari hasil perolehan statsistik dengan program SPSS, maka variable Lingkungan Kerja lebih dominan pengaruhnya ketimbang variable kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai Rumah Sakit Citra Husada Kabupaten Pidie.
TINGKAT KEBERHASILAN PROGRAM INSEMINASI BUATAN PADA SAPI ACEH DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL DAN HIJAUAN PAKAN TERNAK INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR Djoko Subagyo, Khalidin
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.173

Abstract

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Insemiansi Buatan (IB) berdasarkan Service Per Conception (S/C) dan Conception Rate (CR).Penelitian ini dilaksanakan pada  bulan Juli sampai dengan Agustus 2019 dengan lokasi penelitian  di Balai Pembibtan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri (BPTU-HPT Indrapuri). Data yang digunakan  adalah data kuantitatif  yang diperoleh  dari petugas dan catatan rekording dengan metode observasi dan wawancara kepada petugas dan pejabat yang  membidangi inseminasi buatan.Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan inseminasi buatan berdasarkan Service Per Conception dan Conception Rate adalah kualitas semen, keterampilan inseminator, deteksi dan pelaporan birahi, teknik IB, kualitas dan kuantitas pakan dan Body Condition Score (BCS) Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa keberhasilan inseminasi buatan sudah sangat  meningkat di BPTU-HPT Indrapuri didapat hasil S/C tahun 2017 1,12 dan CR 89,47% dan pada tahun 2018 didapat nilai S/C 1,16 dan CR 86,36%.
PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI, PENGHARGAAN DAN KEBUTUHAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG SIGLI Herizal, Muhammad Nur
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.164

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri, Penghargaan dan Kebutuhan Sosial Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli” dimana terdapat tiga variabel variabel independennya yaitu Variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) serta Prestasi Kerja (Y) sebagai variabel dependennya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli yang berjumlah 32 orang dan peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan hasil kuesioner yang diisi oleh karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis berganda. Analisis ini termasuk Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Pengujian Asumsi Klasik, Pengujian Hipotesis melalui Uji F dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi berganda: Y = 0,526 + 0,277 X1 + 0,366 X2 + 0,318 X3.Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli dengan indeks korelasi sebesar 0,984 atau 98,4 % Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.Indeks determinasi masing-masing variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) sebesar 0,969 %, ini berarti ketiga variabel tersebut berpengaruh secara signifikan Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli, dan sebesar 3,1 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
TINJAUAN HUKUM ADMINISTRASI NEGARA TENTANG RETRIBUSI PARKIR KABUPATEN PIDIE Rozaili, Husaini
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.163

Abstract

Tinjauan hukum administrasi negara adalah pandangan secara hukum administrasi negara melihat seperti apa masalah yang dihadapi dan bagaimana hukum itu mengatasinya. Retribusi parkir adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin untuk parkir yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa manfaat retribusi parkir terhadap pedapatan daerah Kabupaten Pidie? Apa faktor pendukung dan penghambat retribusi parkir terhadap pendapatan daerah Kabupaten Pidie? Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Tinjauan hukum administrasi negara dalam pengelolaan retribusi parkir Kabupaten Pidie harus adil dalam perundang-undangan dan pelaksanaannya. Pengelolaannya harus berdasarkan peraturan dan undang- undang yang berlaku untuk memberikan jaminan hukum pada wajib retribusi, dengan berdasar pada Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 23 ayat 2, yang berbunyi : pengenaan dan pemungutan pajak (termasuk bea dan cukai) untuk keperluaan negara hanya boleh terjadi berdasar undang-undang. Pengelolaan harus efisien, dalam artian bahwa pengelolaan sedapat mungkin cukup untuk menutupi sebagian pengeluaran-pengeluaran daerah, sehingga ada keseimbangan dalam hal pengelolaan retribusi parkir untuk membantu jalanya perekonomian daerah. Dasar hukum pengelolaan retribusi parkir oleh Dinas Perhubungan, Kabupaten Pidie adalah Qanun Nomor 25 Tahun 2012 tentang retribusi ditepi jalan umum. Hambatan dalam pengelolaan retribusi parkir di Kabupaten Pidie yakni hambatan wewenang, tugas pengelola, pelaksanaan dan kepedulian masyarakat, upaya yang dilakukan untuk mangatasi hambatan ini adalah memberikan pembinaan bagi calon petugas parkir, mengawasi kegiatan perparkiran, memberikan atribut resmi kepada juru parkir, memberikan sanksi atas pelaksanaan diluar aturan, dan memberikan penyuluhan (sosialisasi) kepada masyarakat tentang pentingnya retribusi parkir dan pengaturannya demi meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Pidie.
PENERAPAN APLIKASI PEMBELAJARAN IQRA DAN TATA CARA SHALAT BERBASIS ANDROID PADA DAYAH WASHILATUL MUARIF Cut Mutia, Yuswardi, Muhammad Yazid,
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.151

Abstract

Provinsi Aceh merupakan provinsi yang menerapkan syariat islam dan memiliki sebutan  sebagai “Serambi Mekah”. Masyarakat Aceh telah menerapkan ajaran dan aturan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sejak berpuluh tahun yang lalu seperti melaksanakan Shalat dan membaca Al Quran. Sehinggga tidak mengherankan jika di Provinsi Aceh memiliki ribuan dayah (TPA) baik di kecamatan maupun di gampong (desa). Penelitian ini dilaksanakan pada dayah Washilatul Muarif yang ada di Gampong Ribeuen Busu, pembelajaran iqra dan shalat pada dayah ini masih dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dengan waktu yang sangat terbatas. Sehingga pembelajaran iqra dan shalat bagi santri tidak efektif, terutama santri yang masih berusia dini. Aplikasi ini dibangun untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga santri-santri dapat belajar iqra dan tata cara shalat dengan efektif dan dapat meningkat kemampuan mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan santri baik dalam pnguasaian iqra maupun dalam pelaksanaan tata cara shalat.
ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KOGNITIF PADA BUKU BAHASA INGGRIS KELAS XI Zaiturrahmi, Fauziah
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana pertanyaan-pertanyaan didalam buku Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI menekankan pada HOTS atau LOTS. Analisis isi dilakukan dengan teliti pada 8 bab dan 1 enrichment (pengayaan) dari buku tersebut untuk menjawab pertanyaan penelitian. Setiap pertanyaan dalam bentuk pertanyaan 5w1H, pertanyaan ya/tidak , pilihan ganda, pertanyaan dalam bentuk pernyataan, dan pertanyaan benar/salah diambil sebagai unit analisa. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikumpulkan, didaftar, dan dianalisis menurut ranah kognitif dari taksonomi Anderson. Peneliti kemudian menghitung persentase dan frekuensi pertanyaan pada setiap tingkat kognitif yang muncul di setiap bab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 206 pertanyaan yang terdiri dari C1 (9 pertanyaan), C2 (40pertanyaan), C3 (33 pertanyaan), C4 (72 pertanyaan), C5 (21 pertanyaan), dan C6 (31 pertanyaan) yang tersebar pada 171 halaman. Selain itu, dimensi kognitif yang paling dominan berfokus pada tingkat menganalisis (72 pertanyaan) dimana mengidentifikasikan bahwa Buku Bahasa Inggris menekankan pada berpikir kognitif tingkat tinggi (HOT) sehingga buku tersebut sangat layak digunakan dalam prosesbelajar mengajar karena sesuai dengan pola pikir kurikulum 2013 yaitu menitikberatkan pada berpikir tingkat tinggi (HOT).Kata Kunci: Analisis, Tingkat Berpikir, kognitif, Buku Bahasa Inggris
IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION BY USING THINK PAIR SHARE TECHNIQUE Jamaliah, Mustakim Sagita, Ratna Sari
Jurnal Real Riset Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i1.196

Abstract

The objective of the study is to find out whether teaching reading by using think pair share technique cooperative learning can improve student’s reading comprehension. This study was conducted at second years students of SMAN 1 Kembang Tanjong, pidie. The writer used Think Pair Share Technique to teach the student in reading comprehension. The instrument used to collect data in this research was a set of test, that consisted of pretest and posttest. Pretest was given before the writer doing treatment by using Think Pair Share Technique to know the ability of student in mastering reading skill. Post-test was given to know the ability of the student after the teaching proses by used Think Pair Share Technique  for six times. The calculation of the data showed the average score of pre-test experimental class was 53,8 and control class was 47,4. Whereas value of post-test in experimental class was 63.73 and control class was 48,36. The writer got t-score of the students is 5,17 which higher than t-table 1,684 by the level significant of 5%. It indicated that there was a significance progression between students’ pre-test and post-test score in the experimental class after applying Think Pair Share Technique. So, the students’ who was taught reading skill by using think pair share technique were better than whose did not taught reading by using Think Pair Share Technique.Key Words: Reading, Think Pair Share, Cooperative Learning

Page 1 of 2 | Total Record : 11