cover
Contact Name
Hamzah Robbani
Contact Email
info@neolectura.com
Phone
+6285975423413
Journal Mail Official
judicious@neolectura.com
Editorial Address
PT Naraya Elaborium Optima Graha Mampang 3rd Floor Suite 305 Mampang Prapatan Raya Kav-100 Pancoran, South Jakarta 12760
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JUDICIOUS: Journal of Management
Published by Neolectura
ISSN : -     EISSN : 27469417     DOI : https://doi.org/10.37010
Core Subject : Economy, Science,
Judicious is a journal published by Neolectura, issued two times in one year. Judicious is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to general management scope. It is hoped that Judicious can become a media for academics and researchers to publish their scientific work and become a reference source for the development of science and knowledge.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Judicious" : 12 Documents clear
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Hotel dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Juliana Juliana; Tania Tanujaya; Nathaniel Nathaniel
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.197

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, hotel pun berkembang mengikuti sesuai dengan zaman. Banyak hotel berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnisnya maupun dari kualitas hotel, Fasilitas hotel yang membuat konsumen pun merasa puas dengan apa yang di tawarkan hotel kepada konsumen. Tentunya ada banyak hal yang dapat memengaruhi kepuasan suatu pelanggan seperti, kamar hotel, restoran, fasilitas hotel, kualitas makanan dan masih banyak lagi. Namun terlepas dari semua fasilitas yang disediakan oleh suatu hotel, kualitas pelayanan memiliki pengaruh dan peran yang sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan sebuah hotel. Oleh karena itu, kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan hotel akan sangat memengaruhi kepuasan pelanggan atau tamu yang menginap di hotel tersebut. Penulis mengumpulkan hasil penelitian dengan melakukan teknik pengambilan sampel acak dengan responden Pengunjung yang sudah pernah menginap di hotel Harris Seminyak Bali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Metode analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan regresi dengan SPSS ver. 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan hotel dan fasilitas hotel berpengaruh kepada Kepuasan Pelanggan.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Fries Simatupang
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.198

Abstract

Masih banyaknya pekerjaan belum selesai, hal ini mengindikasikan bahwa motivasi kerja masih rendah. Untuk itu kepemimpinan seseorang pemimpin memberi perubahan pada organisasi sangat dibutuhkan serta disiplin kerja pegawai agar bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis path. Sampel yang digunakan sebanyak 31 orang dengan teknik sampling dengan cara sensus. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis statistik deskripsi dan analisis jalur (path analysis). Dari hasil uji analisis diketahui kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap motivasi. Namun kepemimpinan transformasional, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja melalui motivasi. Secara bersama-sama kepemimpinan transformasional, disiplin kerja dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja. Diketahui lebih besar pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dari pada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja melalui motivasi. Serta begitu juga dengan lebih besar pengaruh langsung disiplin kerja terhadap kinerja dari pada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja melalui motivasi.
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Lama Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Aprinus Saragih
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.199

Abstract

This study aims to analyze the effect of educational background, length of work and organizational culture on employee performance. Central Tapanuli Regency Government. The formulation of the problem in this study is whether educational background, length of work and organizational culture affect the performance of employees in the Central Tapanuli Regency Government. The design of this study is a quantitative study using 92 samples, where the data were analyzed using the Partial Least Square (PLS) technique with the help of Smart PLS software. The results showed that the three independent variables used in this study, namely the educational background of employees, organizational culture and length of work had a positive and significant effect on employee performance in the government of Central Tapanuli Regency by 82.5% while the remaining 17.5% was influenced by factors other variables not used in this study.
Pengaruh Disiplin Kerja, Pelatihan, dan Pemberian Insentif terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) di Kabupaten Tapanuli Tengah Hadi Sulaiman Tarihoran
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.201

Abstract

Kinerja pegawai (persentase kerja) merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seseorang pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Bayak faktor untuk meraihnya melalui penerapan disiplin kerja, melaksanakan pelatihan dan memberi stimulus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis  pengaruh disiplin kerja, pelatihan dan pemberian  insentif terhadap kinerja pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Latar belakang masalah dalam penelitian ini apakah disiplin kerja, pelatihan dan pemberian insentif berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah di Kabupaten Tapanuli Tengah? Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala penelitian skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di BPKPAD di Kabupaten Tapanuli Tengah, pelatihan disimpulkan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja pegawai di BPKPAD di Kabupaten Tapanuli Tengah, pemberian insentif disimpulkan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di BPKPAD di Kabupaten Tapanuli Tengah.
Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Junaidi Amanda Pasaribu
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.203

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Masalah dalam penelitian yang dituangkan dalam pertanyaan adalah “Apakah ada pengaruh kepemimpinan, motivasi, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah?”. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t (parsial). Tingkat kepercayaan yang digunakan adalah 95%, maka taraf signifikan (?) = 0,05. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil sensus 40 responden sebagai sampel. Sampel penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan studi populasi, di mana seluruh populasi penelitian menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model persamaan regresi linier. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa variabel kepemimpinan, komunikasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah, sedangkan variabel motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.
Analisis Motivasi Kerja yang Dipengaruhi Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Kompensasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Antonius Simanjuntak
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.228

Abstract

Regional Apparatus Organizations, (OPD), are organizations/institutions within the regional government that are responsible to regional heads consisting of regional secretariats, regional offices/agencies and technical institutions, sub-districts and civil service police units whose existence is adjusted to regional needs. With the many tasks and delegation of authority given by the central government to local governments, OPD are required to work professionally in accordance with good governance. This research was conducted in an effort to analyze how the influence of the work environment, job satisfaction and compensation on the work motivation of employees at the Regional Secretariat of Central Tapanuli Regency. This study used 50 samples and the data were analyzed by multiple linear regression method. The results showed that the work environment, job satisfaction and compensation simultaneously and partially had a positive and significant effect on the work motivation of the employees of the Regional Secretariat of Central Tapanuli Regency. Among the three independent variables used, the biggest influence is given by the variable job satisfaction, followed by the work environment and employee compensation.
Pengaruh Beta dan Size terhadap Return Saham dengan Keputusan Investasi sebagai Variable Intervening Rheza Pratama; Saina M. Nur; Titiek Arafiani Ruray
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beta dan size terhadap return saham dengan keputusan investasi sebagai variabel intervening pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019, dengan sampel penelitian sebanyak 176 saham perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah path analyisis (analisis jalur). Waktu pengamatan selama 5 tahun dan data penelitian merupakan data sekunder dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini beta tidak berpengaruh terhadap return saham, size tidak berpengaruh terhadap return saham, keputusan investasi berpengaruh positif terhadap return saham, namun keputusan investasi tidak mampu memediasi beta terhadap return saham dan keputusan investasi tidak mampu memediasi size terhadap return saham.
Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Elektronik di Bandung Trade Mall Ervan Dwi Kristanto; Ramayani Yusuf
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyadari loyalitas pelanggan melalui bauran pemasaran di toko elektronik BTM (Bandung Trade Mall). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif gambaran dengan mengambil alih populasi para pelanggan yang lakukan transaksi di toko elektronik yang terdapat di Bandung Trade Mall. Populasi yang dihitung adalah 1400 orang , bersama dengan memakai rumus slovin didapat jumlah sampel sebanyak 100 orang pelanggan. Penelitian memakai   metode probability sampling, khususnya simple random sampling dalam pilih responden. Selain pengumpulan kuesioner, pengumpulan informasi dikerjakan melalui wawancara, observasi, belajar dokumentasi, dan belajar pustaka. Teknik pemikiran yang digunakan adalah regresi linier sederhana menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil pemikiran ditemukan bahwa bauran pemasaran vital pada komitmen pelanggan.
Manajemen Pajak sebagai Upaya untuk Efisiensi Pajak Perusahaan (Studi Kasus pada PT SMH Indonesia) Rudeva Juniawaty; Kanaria Herwati; Indra Suyahya
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.301

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method). Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode yang dipergunakan perusahaan (metode net), metode gross dan metode gross up, dapat disimpulkan sebagai berikut metode net dan gross memiliki besar PPh Pasal 21 yang sama, namun terdapat perbedaan dimana dengan metode net pegawai menerima penghasilan tanpa dipotong pajak sedangkan dengan metode gross pegawai dipotong PPh Pasal 21. Sedangkan dengan metode gross up PPh Pasal 21 yang dibayarkan oleh perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan metode net dan metode gross.Biaya yang telah dikeluarkan dengan perhitungan metode net tidak dapat dibiayakan oleh perusahaan dan harus dilakukan koreksi fiscal, hal ini tentu akan membuat PPh Badan menjadi lebih besar.Sedangkan dengan metode gross up PPh Pasal 21 yang dibayarkan oleh perusahaan yang merupakan tunjangan pajak bagi pegawai, dapat dibiayakan oleh perusahaan dan hal ini dapat menjadi efisiensi bagi perusahaan karena PPh Badan yang menjadi lebih kecil. Peneliti menyarankan PT SMH Indonesia untuk merubah metode pemotongan PPh Pasal 21 pada tahun selanjutnya, dari metode net menjadi metode gross up agar PPh Pasal 21 yang telah dibayarkan oleh perusahaan dapat dibiayakan.
Pengembangan Instrumen Identifikasi Persona Pelanggan dan Perjalanan Pelanggan Burhanudin Burhanudin
JUDICIOUS Vol 2 No 1 (2021): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v2i1.307

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen yang dapat digunakan pemasar dalam mengembangkan digital marketing di industrinya. Metode yang digunakan merupakan applied research dan sudut pandang konstruktivisme. Peneliti melakukan interview dan pengembangan strategi digital marketing. Hasil dari penelitian ini menjelaskan call to action memberikan efektivitas konsumen dalam pembelian produk.  Namun perlu didorong pada promosi melalui IG paid untuk memberikan jangkauan promosi yang lebih luas. Penelitian ini juga menjelaskan beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam penyusunan target pasar dengan menganalisis personal pelanggan dan menyusun rancang bangun perjalanan pelanggan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12