cover
Contact Name
Arip Rahman Sudrajat
Contact Email
arip1849@gmail.com
Phone
+6285294266730
Journal Mail Official
jesa@stkip11april.ac.id
Editorial Address
STKIP Sebelas April Jl. Angkrek Situ No. 19, Sumedang Utara, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia 45323
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JESA
ISSN : 25488988     EISSN : 25488996     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is published twice a year in February and August. Articles published are the results of research, reflection, and actual critical studies relating to education and learning. All articles are reviewed by peers at least by two reviewers. The study in this journal covers broad educational dimensions, including: Development and implementation of the education curriculum. Learning and education services. Evaluation of education in general, including the process and results of education Policy, management and education funding. Quality, education certification and accreditation Utilization of information and communication technology in education Model and media in learning As well as other dimensions related to education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April" : 8 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SDN MEKARSARI KECAMATAN JATINANGOR Karlinah Karlinah
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap keterampilan menulis narasi siswa Kelas VI SDN Mekarsari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada nilai post-test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penayangan video pembelajaran dengan kelas kontrol yang hanya berupa metode konvensional. Pada uji t(T-Test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) yang menjadi salah satu acuan penghitungan diperoleh nilai sebesar 0,010. Jika nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi) maka terdapat pengaruh antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.
UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QURAN (BTA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KELAS VI SD NEGERI HEGARMANAH I Suhaeti Suhaeti
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor, guru menentukan mutu pendidikan, disini gurulah yang paling penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dikelas melalui proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar motivasi sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari agama Islam. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan merasakan kejenuhan saat proses belajar mengajar, maka adanya strategi pembelajaran tutor sebaya akan membantu dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran Baca Tulis al-Quran (BTA). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI maateri baca tulis al-Quran (BTA) dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa kelas VI SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam pembelajaran PAI Materi Baca Tulis al-Qur’an (BTA) setelah diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya pada kelas VI SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guru agama, dan Siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan pola pemikiran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan cara, memberikan hukuman, hadiah, pujian, angka, ulangan, saingan atau kompetensi, minat, hasrat untuk belajar, tujuan yang diakui, mengetahui hasil dan ego-involment. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas setelah menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya antara lain yaitu:pertama Siswa lebih tekun menghadapi tugas dari guru (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai).Kedua Menunjukkan minat (minat untuk mempelajari bacaan tulia al-Qur’an).Ketiga Tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakini.keempat Ulet menghadapi kesulitan. Faktor penghambatnya adalah 1) Siswa tidak memiliki dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif. 2) Kemungkinan didominasi oleh siswa yang suka berbicara. 3) Tidak semua guru benar-benar memahami cara masing-masing siswa bekerja di kelompok. 4) Memerlukan perhatian guru yang ekstra kuat.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM MENGOPRASIONALKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN BENDA-BENDA KONGKRIT Esih Sukaesih
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga sekolah dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan benda-benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa Kelas I SD Negeri Cikawao dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit, juga diharapkan bermanfaat bagi siswa, peneliti,maupun orang tua murid. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas I SD Negeri Cikawao sebanyak 22 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dilapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 % setelah dilakukan tindakan dengan alat bantu benda-benda kongkrit. Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 97 % dilanjutkan siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada pembelajaran Matematika Kelas I, sehingga prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan pendidikan hendaknya berwawasan lingkungan karena lingkungan banyak menyediakan alat bantu yang murah, mudah didapat dan mudah dikenal anak.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELIDIKI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V CIKAWAO KECAMATAN PAMULIHANNKABUPATEN SUMEDANG Didi Wiharja
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “Apakah melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri pada siswa kelas V SDN Cikawao dalam pokok bahasan Kesebangunan dan Simetri?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDN Cikawao Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi. Serta pengumpulan data terdiri dari 4 teknik yakni, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 22 orang siswa yang belum mampu ada 9 orang atau 40,91% yang memperoleh nilai 65 ke bawah, dan 13 orang atau 59,09% yang mampu dan memperoleh nilai 65 ke atas, dengan persentase 72,73%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum mampu ada 3 orang atau 13,64% yang memperoleh nilai 65 ke bawah dan 19 orang atau 86,36% yang mampu dan memperoleh nilai 65 ke atas dengan persentase 83,16%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri pada siswa kelas V SDN Cikawao Kabupaten Sumedang meningkat.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SDN TANJUNGMEKAR DALAM BERCERITA MELALUI METODE DISKUSI Ratnasih Ratnasih
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah tentang pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan cara bercerita melalui metode diskusi dengan subjek penelitian kelas VI SDN Tanjungmekar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN Tanjungmekar Kecamatan Tanjungkerta dalam bercerita melalui metode diskusi, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan. Siswa kelas VI SDN Tanjungmekar dalam bercerita melalui metode diskusi. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan (PTK). Dalam Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita bagi siswa kelas VI SDN Tanjungmekar dengan hasil observasi awal diperoleh ketuntasan klasikal 40%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, pada siklus II naik menjadi 80%. Dalam menentukan penilaian tersebut ditetapkan 5 aspek yang menjadi pedoman penilaian setiap siklus yakni (1) nilai aspek kelancaran berbicara, (2) nilai aspek ketepatan diksi/pilihan kata, (3) nilai aspek struktur kalimat, (4) nilai aspek kelogisan diberi, dan (5) nilai aspek komunikatif/kontak mata. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VI SDN Tanjungmekar.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SINDULANG MATERI FPB DAN KPK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) Nunung Rohaeni
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya pada materi FPB dan KPK dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Sindulang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komperatif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaranKooperatif Numbered Heads Together (NHT) tejadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 14 siswa atau 77,78 %, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 4 siswa atau 22,22 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 17 siswa atau 94,45 %. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya materi FPB dan KPK.
EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SD NEGERI NEGLASARI KECAMATAN SITURAJA 2017 Empong Yayah Syamsiah
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedisiplinan dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi guru dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pengajaran di kelas. Disiplin dalam menepati waktu kehadiran, keaktifan dan kerapian merupakan kunci utama dalam meningkatkan kompetensi guru sehingga pembinaan akan kedisiplinan dalam KBM sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru yang meliputi ketepatan waktu mengajar, kerapian seragam guru, kerajinan dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan RPP dalam KBM , setelah mendapatkan program pembinaan kedisiplinan. Rata-rata hasil yang diperoleh pada siklus 1 adalah 6,697 dan pada siklus 2 adalah 8,075 , yang berarti ada peningkatan sebesar 17, 065%.
PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN METODE ROLE PLAY MENGGUNAKAN TEKS BERBENTUK NARRATIVE PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 PASEH Oo Faturrohman
Jurnal Edukasi Sebelas April Vol 3 No 2 (2019): JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April
Publisher : STKIP Sebelas April Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) format RPP metode role play untuk peningkatan kemampuan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative, (2) bentuk pelaksanaan pembelajaran speaking dengan metode role play dalam teks berbentuk narrative, (3) sistem evaluasi untuk pembelajaran speaking dalam teks berbentuk narrative dengan metode role play, dan (4) peningkatan keterampilan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative menggunakan metode role play yang tepat. Penelitian ini menggunakan model PTK yang terbagi menjadi tiga siklus pada siswa kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Paseh. Siklus I dengan media naskah cerita berbentuk fable, siklus II dengan media naskah cerita berbentuk fairy tales, dan siklus III dengan media naskah cerita berbentuk bebas. Instrumen penelitian berupa pedoman penskoran aspek speaking dan panduan observasi.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Sintak RPP yang dirancang metode role play meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan metode role play yang baik memerlukan peran aktif guru yang meliputi penyiapan pembelajaran, pengorganisasian materi teks narrative dengan metode role play yang menggunakan media naskah cerita fabel, fairy tales, dan teks narrative bebas sampai penilaian hasil belajar, serta peran aktif siswa dalam mengemukakan pendapat, menjawab dan mengajukan pertanyaan, berlatih bermain peran dengan melafalkan dan menggunakan kata dan tense yang benar, (3) sistem evaluasi dengan Pedoman Penskoran Aspek Speaking pada Teks Narrative dengan Menggunakan Metode Role Play, dan (4) keterampilan siswa dalam berbicara pada teks berbentuk narrative dengan menggunakan metode role play meningkat, yakni pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 74,5%, dan pada siklus III sebesar 86,5%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8