cover
Contact Name
Arimurti Kriswibowo
Contact Email
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Phone
+6287838404858
Journal Mail Official
paj@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Gedung Giri Adi Krita FISIP UPN Veteran Jawa TImur Jalan Raya Rungkut Madya, Gununganyar
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Public Administration Journal of Research
ISSN : -     EISSN : 26859866     DOI : https://doi.org/10.33005/paj.v2i4
Core Subject : Social,
Public Administration Journal of Research presents findings of researches and articles in Public Administration scope. The editor invites academician and practitioner’s writing to be published in this journal with the study focusing includes but not limited to Public Policy, Public Management, Local Autonomy Policy, Public Service, Gender Perspective in Public Sector, E-Government, Urban Rural Development Policy, Strategic Management, Public Sector Corporation Management, State Administration Law, Bureaucracy and Public Governance
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research" : 9 Documents clear
PEMBERDAYAAN MANTAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA MELALUI PROGRAM DESMIGRATIF (Studi di Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang) Lely Indah Mindarti; Putri Nabil
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami berlangsungnya proses pemberdayaan mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui program Desa Migran Produktif (Desmigratif) di Desa Arjowilangun. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualtitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pemberdayaan mantan PMI melalui program Desmigratif dilaksanakan melalui empat fokus kegiatan yaitu layanan migrasi, usaha produktif, community parenting dan koperasi. Bentuk pemberdayaan mantan PMI di Desa Arjowilangun melibatkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, pemerintah Desa Arjowilangun dan mantan PMI. Adapun kendala-kendala dalam pemberdayaan mantan PMI ini adalah minimnya pengetahuan mantan PMI mengenai pemasaran, faktor permodalan, minat dari anak-anak PMI serta tidak berjalannya koperasi Desmigratif.
PERAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SIMEULUE DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI PARIWISATA Alimas Jonsa; Erly Hasyim; Abd Karim; Nanda Safangawan
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.27

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue dalam pemberdayaan Potensi Pariwiwsata, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah fokus pada bagaimana peran pemerintah daerah kabupaten simeulue dalam pemberdayaan potensi pariwisata yang kedua adalah apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pemberdayaan potensi pariwisata. Adapun Metodologi Penelitian yang dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif dan fenomenologis. Pemilihan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pertimbangan bahwa fenomena tentang Peran pemerintah daerah dalam Pemberdayaan potensi pariwisata merupakan variabel yang dapat diamati secara langsung. Adapun Hasil Penelitian yang ditemukan adalah dalam penelitian ini Kabupaten Simeulue yang memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pariwisata bahari menjadi faktor pendukung utama dalam mewujudkan masyarakat Simeulue yang menuju sejahtera. Namun dalam hal ini, dalam rangka mewujudkan masyarakat Simeulue yang sejahtera dari pemberdayaan potensi sumber daya alam pada sektor pariwisata memiliki proses berkelanjutan serta dibutuhkan peranan yang berdedikasi dari pemerintah daerah dan seluruh unsur masyarakat di kabupaten Simeulue. Pemberdayaan dan tata kelola pariwisata merupakan kewenangan dari pada pemerintah sesuai dengan ketentuan dalam UU nomor 10 Tahun 2009 tentang pariwisata, bahwa keadaan alam, flora dan fauna sebagai karunia tuhan yang maha esa, serta peninggalan sejarah, seni dan juga budaya yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan sumber daya dan modal pembangunan kepariwisataan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahtraan rakyat sebagaimana terkandung dalam pancasila dan pembukaan undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan diatur dalam qanun Aceh nomor 8 tahun 2013 yaitu tentang kewenangan pemerintah kab/kota dalam pengembangan potensi pariwisata yang ada di daerahnya sendiri. Selanjutnya Peneliti mencatat bahwa Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Potensi Pariwisata di Kabupaten Simeulue masih berjalan belum maskimal dan perlu kerja keras. Hal ini bukanlah disebabkan oleh kinerja dari pemerintah daerah tersebut belum maksimal, namun ketersediaan anggaran dalam pembangunan fasilitas dan lain-lain menjadi faktor utama dalam keterlambatan pada pengembangan ini Untuk itu daerah juga perlu Investasi dari daerah luar. Oleh karena itu, pemerintah daerah menyikapi permasalahan tersebut dengan tetap melakukan pemberdayaan obyek pariwisata secara bertahap dengan memperioritaskan pembangunan sebanyak 10 dari 20 obyek wisata andalan kabupaten Simeulue pada tahun 2018.
Sisi Lain Praktek Transportasi Online Sebagai Transformasi Ekonomi Politik Di era revolusi industri 4.0 Ni Wayan Widhiasthini; Nyoman Sri Subawa
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.28

Abstract

Perubahan yang sangat pesat telah terjadi yang diakibatkan oleh arus revolusi industri 4.0. Salah satunya adalah semakin berkembangnya moda transportasi online yang awalnya hanya melayani bidang transportasi, kini semakin meluas. Kondisi yang terjadi tidaklah selalu ideal, para pengemudi, para penggunanya sering kali mengalami kerugian. Hal ini tidak terlepas dari lambatnya perubahan regulasi yang menaungi praktek ekonomi politik tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam penyempurnaan kebijakan publik, serta melihat sisi lain praktek transpotasi online secara kritis. Masalah penelitian ini meliputi: bagaimanakah transformasi ekonomi politik pada praktek transportasi online di era revolusi industri 4.0? Dan apa dampak yang terjadi dari praktek transportasi online sebagai tranformasi ekonomi politik di era revolusi industri 4.0? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan intepretatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, study dokumen dan observasi. Penentuan informan menggunakan purposive random sampling, lokasi penelitian di Kota Denpasar, informan penelitian adalah para pengemudi transportasi online, pengguna aktif dan unsur pemerintah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek transportasi online yang semula hanya bergerak dibidang pelayanan transportasi, kini telah merambah kepada bisnis gaya hidup, para penyedia jasa transportasi konvensional, berbagai pihak terkait akhirnya mengikuti pola yang diterapkan. Kondisi ideal tidak selalu terjadi, banyak kerugian yang harus ditanggung oleh penyedia, pengemudi dan pengguna. Dampak yang ditimbulkan meliputi bidang sosial budaya, gaya hidup, bubble efek, ekonomi berbagi. Kesimpulan dan saran yang dapat diberikan bahwa diperlukan naungan regulasi ekonomi politik yang sangat adapif terhadap pesatnya tranformasi revolusi industry 4.0.
Sistem Layanan Informasi, Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (E-Service) Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Dan Keterrbukaan Informasi Pemerintah Kabupaten Pacitan Endriana Wahyu Elita; Supriyadi Supriyadi; Maharani Thalia Purwa Aditya
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.29

Abstract

Berkembangnya layanan berbasis elektronik (e-Service) di domain Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan publik akan layanan berkualitas, efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan good governance. Pemanfaatan Tehnologi dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas lembaga pemerintah, menyederhanakan birokrasi lebih efisien demi meningkatkan layanan kepada masyarakat. Penelitian ini mencoba menjelaskan Sistem Layanan Informasi, Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (E-Service) Dalam Peningkatan Pelayanan Publik dan Keterbukaan Informasi Pemerintah Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pelayanan aplikasi Lapor Pacitan sebagai pelayanan pengaduan, pemanfaatan oleh masyarakat, dan rekomendasi kebutuhan pengembangan aplikasi Wadule PacitanPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan data primer berupa pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Pacitan dan laporan terintegrasi dengan WADULE PACITAN (Wadah Aspirasi dan Pengaduan Layanan Elektronik Pacitan). Wadule merupakan aplikasi setiap Penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.Dampak pemanfataan aplikasi Wadule Pacitan adalah pelayanan pengaduan menjadi transparan, efektif, dan efisien. Masyarakat dapat melakukan di manapun dan kapanpun serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Pacitan.
Sumber Daya Manusia Pustakawan Dan Kearsipan : Tantangan Di Era Disrupsi Etih Henriyani; Eet Saeful Hidayat
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.31

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) Pustakawan dan kearsipan baik secara kualitas maupun kuantitas. Sementara SDM yang dibutuhkan di era disrupsi ini yaitu memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi dengan cepat, adaptif dan respon terhadap perubahan dengan integritas dan daya saing yang tinggi. Hal ini tentunya menjadi tantangan yang besar untuk bidang perpustakaan dan kearsipan di Indonesia, karena dalam realitasnya bukan hanya persoalan kualitas namun juga terkait kuantitas atau jumlah SDM Pustakawan dan kearsipan masih jauh dari rasio ideal. Kekuarangan tenaga ahli di bidang perpustakaan dan kearsipan ini dirasakan oleh berbagai daerah di Indonesia. Di mana data secara nasional di tahun 2017, jumlah arsiparis yang ada baru 3.241 (2,25%) dari total kebutuhan 143.630 tenaga arsiparis (https://www.ugm.ac.id). Begitu pula dengan tenaga pustakawan di tahun 2018, dari 154.359 perpustakaan baru ada 3.179 pustakawan. Jadi rasionya 1 pustakawan mengelola 200 perpustakaan. Sementara idealnya 1 pustakawan mengelola 1 perpustakaan (https://www.perpusnas.go.id). Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi dan wawancara).Adapun tahapan analisis data yang dilakukan yaitu Kodifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab kurangnya SDM Pustakawan dan Kearsipan adalah minimnya minat masyarakat untuk menekuni pekerjaan sebagai Pustakawan dan Arsiparis .Citra negatif dan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat menjadi tantangan eksternal bagi Pustakawan dan arsiparis dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu perlu penguatan SDM Pustakawan dan kearsipan melalui pengajuan penambahan jumlah SDM Pustakawan dan Kearsipan, pendidikan baik formal maupun non formal, kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kemendagri, PUSDIKLAT ANRI, serta lembaga-lembaga pendidikan yang membuka program di bidang perpustakaan dan kearsipan.
PROGRAM PUSKESMAS MAMPU PONED (PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI DASAR) SEBUAH INOVASI BIDANG KESEHATAN DI SEMARANG Tri Yuningsih; Aufarul Marom; Maesaroh Maesaroh
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.33

Abstract

PONED adalah program dimana Puskesmas rawat inap yang mampu menyelenggarakan pelayanan obstetri dan neonatal emergensi/komplikasi tingkat dasar dalam 24 jam.Pelayanan kesehatan diberikan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta bayi baru lahir. Program ini menarik dan penting untuk diteliti mengingat program ini merupakan bentuk inovasi pelayanan di bidang kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program PONED di Puskesmas Bangetayu kota Semarang ditinjau dari aspek efektivitasnya.Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan yang dipilih secara purposive ,yaitu informan dari pihak Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Puskesmas Bangetayu serta masyarakat yang menjadi sasaran pemberian Program tersebut.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi.Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam pelaksanaan program PONED belum optimal.Ketidakefektivan dapat diketahui dari proses komunikasi antar organisasi dan proses sosialisasi kepada masyarakat yang masih belum optimal. Kesimpulan yang bisa diambil adalah upaya melakukan inovasi pelayanan kesehatan di PUSKESMAS melalui PONED belum berhasil.Saran yang direkomendasikan adalah peningkatan proses komunikasi ,koordinasi , penguatan sistem komunikasi antar organisasi, dan peningkatan sosialisasi kepada masyarakat agar program dapat dilakukan secara optimal.
ANALISIS BEBERAPA VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA PIHAK KETIGA BANK SYARIAH INDONESIA PERIODE JANUARI 2017 - SEPTEMBER 2018 Syamsul Huda
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.34

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia menjadi peluang bagi perkembangan perbankan syariah karena umat Islam akan berhubungan dengan perbankan syariah tanpa kerugian dan didasari oleh motivasi yang kuat untuk mengolah dana masyarakat sebagai sarana pembiayaan pembangunan ekonomi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk menunjang pembangunan tersebut maka diperlukan jumlah kantor bank syariah di Indonesia. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari jumlah kantor bank syariah, tingkat bagi hasil, tingkat inflasi terhadap penghimpunan dana pihak ketiga pada Bank Syariah Indonesia Periode januari 2017 - September 2018. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif perhitungan) berdasarkan teori - teori yang ada. Analisis regresi linier berganda merupakan suatu metode yang digunakan dalam menganalisis hubungan yang mempunyai pengaruh antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas. Analisis regresi linier berganda ini menggunakan metode OLS (Ordinary Least Square ) dengan bantuan SPSS versi 13. Dengan melihat hasil perhitungan metode regresi linier berganda peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa selama hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa jumlah kantor Bank Syariah (X1), Tingkat Bagi Hasil (X2), dan Inflasi (X3) mempunyai pengaruh secara simultan dan signifikan positif terhadap pertumbuhan jumlah dana pihak ketiga Bank Syariah Indonesia (Y) terbukti kebenarannya karena ketiga variabel independent tersebut mampu menjelaskan perubahan variabel dependent sehingga model regresi yang digunakan untuk teknik analisis dalampenelitian ini cocok dengan tingkat signifikan sebenar 5%. Hasil pengujian hipotesis secara parsial untuk variabel jumlah kantor,tingkat bagi hasil, Inflasi Bank Syariah Indonesia diperoleh hasil uji t yang menjelaskan bahwa variabel jumlah kantor Bank Syariah Indonesia secara parsial mempunyai pengaruh positifterhadap dana pihak ketiga Bank Syariah Indonesia. Hal ini sesuai denganteori yang menjelaskan konstribusi bagi bank dalam meningkatkan jumlah dana pihak ketiga.
ANALISIS PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA Anik Yuliati
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman yang go public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018.Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan tahunan perusahaan Makanan dan Minumanyang dipublikasi di Indonesian stock exchange (IDX). Sampel yang digunakan sebanyak 15 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresiberganda, uji hipotesis yaitu koefisienddeterminand, uji F dan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perputaran Kas tidak memberikan kontribusi dalam menentukan tingkat Profitabilitas, Perputaran Piutang tidak memberikan kontribusi pada Profitabilitas, Perputaran Persediaan tidak memberikan kontribusi dalam menentukan tingkat Profitabilitas.
KINERJA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BUNGO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI RETRIBUSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR Joko Susanto; Zepa Anggraini
Jurnal Penelitian Administrasi Publik Vol 1 No 4 (2019): Public Administration Journal of Research
Publisher : Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/paj.v1i4.36

Abstract

Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor adalah salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bungo. Retribusi ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bungo. Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Dinas Perhubungan dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Lokasi penelitian yaitu di Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Bungo Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor secara keseluruhannya belum cukup baik, karena ada beberapa indikator yang belum sesuai dengan tolok ukur kinerja. Tolok ukurnya adalah dapat dilihat dari indikator kinerja, yaitu : Kualitas, Kuantitas, Ketepatan waktu, Efektivitas, Kemandirian, dan Komitmen kerja. Ada beberapa indikator kinerja yang belum cukup baik yaitu diantaranya adalah indikator Efektifitas dan indikator Kemandirian.

Page 1 of 1 | Total Record : 9