Walisongo Journal of Information Technology
Walisongo Journal of Information Technology publish article in the field of information technology, including : Computer Architecture, Parallel and Distributed Computer, Pervasive Computing, Computer Network, Embedded System, Human—Computer Interaction, Virtual/Augmented Reality, Computer Security, Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods), Programming (Programming Methodology and Paradigm), Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology"
:
12 Documents
clear
Implementasi Metode Path Finding dengan Penerapan Algoritma A-Star untuk Mencari Jalur Terpendek pada Game “Jumrah Launch Storyâ€
Mutaqin, Ghani;
Fadilah, Juniardi Nur;
Nugroho, Fresy
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.7042
Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu seperti saat ini, khususnya perkembangan teknologi game. Pengembangkan teknologi dalam game agar game bisa menjadi seperti layaknya di dunia nyata. Untuk membuat game yang realistis tentunya mengimplementasikan artificial intelligence atau kecerdasan buatan pada perilaku NPC (non player character) / agen cerdas dalam game. Salah satu perilaku yang umum kita ketahui pada agen cerdas dalam game adalah path finding. Path finding merupakan salah satu konsep dasar algoritma yang digunakan untuk menggerakkan karakter dalam game. Dengan menggunakan metode path finding, agen cerdas bisa bergerak dengan cerdas layaknya dunia nyata. Hal ini lah yang membuat game bisa menjadi menjadi lebih menarik. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana agen cerdas dalam game bisa mencari jalur terpendek dari rute yang akan dilalui yang efisien. Pada penelitian ini kami menerapkan algoritma A-Star melalui metode path finding pada perilaku NPC didalam game. Hasil dari penelitian ini kami membuat game yang berjudul "Jumrah Launch Story".Â
TCT (Trash Can Talk) Berbasis Arduino dengan Sistem Solar Cell untuk Sarana Pembelajaran Anak
Afriliana, Ida;
Setiawan, Andi;
Taftazani, Andre Juan;
Navita, Heki Rahayu;
Bukhari, Imam
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.5862
Sometimes, some people do not throw trash in their place because they are lazy, so it happens to children. Many children prefer to throw trash at anywhere and become one of the problems in the school or community environment. . This is a bad habit because there is no awareness to keep the environment clean. This research is to produce an Arduino-based TCT (Trash Can Talk) rubbish bin with a solar cell system for learning tools for orderly behavior of garbage disposal in children. TCT was made using an arduino uno R3 microcontroller, a PIR sensor to detect the presence of children so that the trash can emit 2 sounds from the DF mini mp3 player through the speaker alternately to attract the attention of children and "open" voice commands detected by the voice recognition sensor to open the trash can automatically and the "close" voice command to close the trash can then make a third sound from the DF mini mp3 player through speakers for children who have disposed of garbage in an orderly manner. The fourth sound from the DF mini mp3 player through the speaker as a full notification and the trash can can't open.
Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Elearning UIN Walisongo (Studi Kasus Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi)
Bakhri, Syaiful
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.8666
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo Semarang. Studi kasus penelitian ini pada matakuliah manajemen sistem informasi jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan adalah observasi di lapangan secara langsung dan wawancara dengan mahasiswa MPI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas sistem pada elearning UIN Walisongo, memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. kualitas informasi pada elearning UIN Walisongo memberikan informasi tentang materi dan tugas perkuliahan, sedangkan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo sudah disediakan media tutorial dalam bentuk video dan PDF, serta tersedianya layanan helpdesk untuk membantu mahasiswa dalam menggunakan elearning UIN Walisongo.Â
Penerapan Metode Finite State Machine pada Game Santri on the Road
Sifaulloh, Hafizzudin;
Fadila, Juniardi Nur;
Nugroho, Fresy
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.7135
Endless running adalah game yang sangat digemari oleh anak-anak zaman sekarang, karena diselain gamenya yang sangat simple, game endless ini bernuansa 2D dan untuk alur gamenya berjalan tanpa mengenal batas dimana karakter terus bergerak maju dengan mengikuti serangkaian aksi. Dengan memainkan karakter seorang santri pengembara yang mencari ilmu berupa kitab-kitab dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya, maka penulis menerapkan metode Finite State Machine. Finite State Machine digunakan pada saat player atau karakter penentuan karakter dalam gerakan serta aksi untuk mengambil setiap poin (icon kitab). Finite State Machine pada karakter player yang digerakan oleh kecerdasan buatan untuk mendukung game Endless Santri on the road.
Perancangan Sistem Informasi Reservasi Laboratorium TI UIN Walisongo Berbasis Web
Mustofa, Hery;
Ali, Thooriq Nur;
Fauzan, Roman
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.8492
The Information Technology Study Program Laboratory is part of the integrated Laboratory of UIN Walisongo Semarang which will be completed in 2021 with funding from the IsDB (Islamic Development Bank). With the existence of the laboratory, of course, many challenges will be faced. One of them is the mechanism for making laboratory space reservations. In this research, an information technology laboratory reservation information system will be designed using the waterfall method and a system model approach using an object oriented development model. With this approach, it produces a simple reservation information system and can assist in facilitating users in making reservations for IT laboratory space. From the test results, it is known that the interface design and functional system can run according to user expectations.
Prototipe Manajemen Keamanan Jaringan di Pesantren (Study Kasus Pesantren Madinatunnajah)
Majid, Abdul
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.6563
Saat ini jaringan merupakan suatu layanan yang sangat dibutuhkan. Masalah yang ada antara lain adalah otentikasi user, manajemen user hotspot, pengaturan bandwidth, serta adanya penyusup yang tidak diinginkan. Maka perlu pengembangan sistem jaringan yang dapat memberi keamanan otentikasi bagi user dan pengelolaan bandwidth. Pengembangan jaringan berarti menyusun sistem baru dan akan menggantikan sistem lama atau memperbaiki system yang telah ada. Khususnya masalah otentikasi dan bandwidth. Jenis penelitian ini adalah Applied Research dengan pengembangan sistem menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle). Metode Pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menghasilkan sistem keamanan jaringan memiliki kualitas baik dengan prosentase sebesar 82,5% dan memenuhi kebutuhan organisasi di Pondok Pesantren Madinatunnajah.
Implementasi Metode Path Finding dengan Penerapan Algoritma A-Star untuk Mencari Jalur Terpendek pada Game “Jumrah Launch Story”
Ghani Mutaqin;
Juniardi Nur Fadilah;
Fresy Nugroho
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.7042
Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu seperti saat ini, khususnya perkembangan teknologi game. Pengembangkan teknologi dalam game agar game bisa menjadi seperti layaknya di dunia nyata. Untuk membuat game yang realistis tentunya mengimplementasikan artificial intelligence atau kecerdasan buatan pada perilaku NPC (non player character) / agen cerdas dalam game. Salah satu perilaku yang umum kita ketahui pada agen cerdas dalam game adalah path finding. Path finding merupakan salah satu konsep dasar algoritma yang digunakan untuk menggerakkan karakter dalam game. Dengan menggunakan metode path finding, agen cerdas bisa bergerak dengan cerdas layaknya dunia nyata. Hal ini lah yang membuat game bisa menjadi menjadi lebih menarik. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana agen cerdas dalam game bisa mencari jalur terpendek dari rute yang akan dilalui yang efisien. Pada penelitian ini kami menerapkan algoritma A-Star melalui metode path finding pada perilaku NPC didalam game. Hasil dari penelitian ini kami membuat game yang berjudul "Jumrah Launch Story".
TCT (Trash Can Talk) Berbasis Arduino dengan Sistem Solar Cell untuk Sarana Pembelajaran Anak
Ida Afriliana;
Andi Setiawan;
Andre Juan Taftazani;
Heki Rahayu Navita;
Imam Bukhari
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.5862
Sometimes, some people do not throw trash in their place because they are lazy, so it happens to children. Many children prefer to throw trash at anywhere and become one of the problems in the school or community environment. . This is a bad habit because there is no awareness to keep the environment clean. This research is to produce an Arduino-based TCT (Trash Can Talk) rubbish bin with a solar cell system for learning tools for orderly behavior of garbage disposal in children. TCT was made using an arduino uno R3 microcontroller, a PIR sensor to detect the presence of children so that the trash can emit 2 sounds from the DF mini mp3 player through the speaker alternately to attract the attention of children and "open" voice commands detected by the voice recognition sensor to open the trash can automatically and the "close" voice command to close the trash can then make a third sound from the DF mini mp3 player through speakers for children who have disposed of garbage in an orderly manner. The fourth sound from the DF mini mp3 player through the speaker as a full notification and the trash can can't open.
Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Elearning UIN Walisongo (Studi Kasus Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi)
Syaiful Bakhri
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.8666
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo Semarang. Studi kasus penelitian ini pada matakuliah manajemen sistem informasi jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan adalah observasi di lapangan secara langsung dan wawancara dengan mahasiswa MPI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas sistem pada elearning UIN Walisongo, memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. kualitas informasi pada elearning UIN Walisongo memberikan informasi tentang materi dan tugas perkuliahan, sedangkan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo sudah disediakan media tutorial dalam bentuk video dan PDF, serta tersedianya layanan helpdesk untuk membantu mahasiswa dalam menggunakan elearning UIN Walisongo.
Penerapan Metode Finite State Machine pada Game Santri on the Road
Hafizzudin Sifaulloh;
Juniardi Nur Fadila;
Fresy Nugroho
Walisongo Journal of Information Technology Vol 3, No 1 (2021): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21580/wjit.2021.3.1.7135
Endless running adalah game yang sangat digemari oleh anak-anak zaman sekarang, karena diselain gamenya yang sangat simple, game endless ini bernuansa 2D dan untuk alur gamenya berjalan tanpa mengenal batas dimana karakter terus bergerak maju dengan mengikuti serangkaian aksi. Dengan memainkan karakter seorang santri pengembara yang mencari ilmu berupa kitab-kitab dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya, maka penulis menerapkan metode Finite State Machine. Finite State Machine digunakan pada saat player atau karakter penentuan karakter dalam gerakan serta aksi untuk mengambil setiap poin (icon kitab). Finite State Machine pada karakter player yang digerakan oleh kecerdasan buatan untuk mendukung game Endless Santri on the road.