cover
Contact Name
Hasan Basri
Contact Email
hasanbasri7491@gmail.com
Phone
+6285258895167
Journal Mail Official
slamet.mardiyantorahayu84@gmail.com
Editorial Address
Jl. Unizar No. 20, Turida, Sandubaya, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lombok Journal of Science
ISSN : -     EISSN : 27213250     DOI : -
Lombok Journal of Science (LJS) published a scientific paper on the results of the study and review of the literature in: Biology, Pharmacy, Chemistry, Physics, Mathematics, Food and Agriculture, Sustainable Development, Environmental Science, Tourism and Hospitality, Fisheries Science, Education, Medical Science, Animal Science, Animal Husbandary, Veterinary, Forestry, Oceanography, and other related areas.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science" : 7 Documents clear
Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas 1C Marselina Wila Pau
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan mening- katkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Picture and Picture. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 32 siswa kelas Ic SD Inpres Oesao. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat jumlah skor rata-rata 31 dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapat jumlah skor rata-rata 36 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 25,8 dengan kriteria baik dan pada siklsus II memperoleh jumlah skor rata-rata 29,5 dengan kriteria baik, (3) hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi pada akhir siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan ketuntasan belajar klasikal 72%, pada akhir siklus II mendapat nilai rata-rata 80 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 94%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IC SD Inpres Oesao. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis deskripsi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi.
Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani Di SMA Al-Furqan Jember Sofyan Rofi; Hairul Huda; Afifatul Karimah
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode Ummi yang di gunakan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di SMA Al-Furqan Jember.dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan data dan untuk pengumpulan datanya melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.serta untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data,menyajikan data dan disimpulkan. untuk penguji keabsahan data meliputi : kredibilitas (kepercayaan) dan konfirmabilitas (kepastian).hasil temuan menunjukan bahwasanya proses pembelajaran Al-Qur’an metode ummi memiliki empat model pembelajaran yaitu privat individual,klasikal individual,klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni. dalam pembelajrannya model pembelajaran metode ummi yang sering digunakan yaitu klasikal baca simak dan klasikal baca simak murni.dalam proses pembelajarannya terdapat evaluasi diantaranya yaitu ujian lisan dan ujian tulis.selain itu untuk mencetak generasi qur’ani di SMA Al-Furqan Jember bekerja sama dengan Ummi Faondation Pusat untuk mengadakan sertifikasi guru ummi dengan syarat mutlak yaitu lulus tashih,tahsin dan supervise guru. Dan dalam proses pembelajarannya ada faktor pendukung yaitu : kedislipinan guru, semangat siswa, fasilitas,sumber media yang memadai serta jurnal penilaian yang lengkap.faktor penghambat yaitu : kemalasan siswa dan hubungan “segitiga emas”(hubungan keluarga,guru dan lingkungan siswa) yang kurang mendukung, serta kemampuan siswa yang bervariasi dalam membaca Al-Qur’an.
Pemodelan Jumlah Kematian Bayi dengan Geographically Weighted Negative Binomial Regression Pardomuan Robinson Sihombing
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pola ketergantungan spasial pada jumlah kematian bayi di Provinsi Sumatera Barat dengan model Geographically Weighted Negative Binomial Regression (GWNBR). Selain itu ingin memodelkan kasus kematian bayi untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jumlah kematian bayi di Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian ini memperlihatkan ada ketergantungan spasial antar kabupaten kota pada kasus kematian bayi di Sumatera Barat dimana terbentuk dua klaster. Klaster pertama yaitu Kabupatan Kep. Mentawai dimana hanya variabel persentase persalinan dengan bantuan tenaga non medis (dukun bayi) dan Jumlah tenaga medis dan kesehatan yang berpengaruh terhadap jumlah kematian bayi. Sedangkan pada kalster kedua adalah Kabupaten/Kota selain Kep.Mentawai. Pada klaster kedua variabe lpersentase persalinan dengan bantuan tenaga non medis (dukun bayi), jumlah tenaga medis dan kesehatan serta persentase penduduk miskin.berpengaruh signifikan terhadap jumlah kematian bayi.
Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi Jimatul Arrobi
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (3) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (4) Mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz AlQur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. (5) Mendeskripsikan faktor pendukung manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Ketua Program Al-Qur’an MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Adapun Informan dalam penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Al-Qur’an dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan metode interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi telah dirumuskan secara jelas dengan menentukan tujuan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas sekolah; menetapkan standar pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; membangun kerjasama yang baik dengan kepala sekolah, ketua program Al-Qur’an, guru, siswa dan orang tua untuk mencapai target dan hasil yang maksimal; menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; dan menyusun perangkat pembelajaran tahfidz AlQur’an. (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sehingga persiapan dalam kegiatan pembelajaran dapat tersampaikan sesuai dengan yang telah direncanakan, (3) Evaluasi manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi dilakukan oleh kepala madrasah dan ketua program Al-Qur’an dalam bentuk kegiatan upgrading dan supervisi pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an; melaksanakan mekanisme penilaian pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MTs Yaspi Syamsul Ulum Kota Sukabumi sesuai tahapan; dan membuat buku laporan hasil evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an (Raport).
Study Eksplorasi Morfologi Serbuk Sari berbagai Famili Tumbuhan Erika Khoirul Umami; Nia Ni'matus Sa'adah; M. Taufik Ramadhani; One Azmi Izzati; Endrik Nurrohman; Yuni Pantiwati
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Serbuk sari atau polen dapat digunakan untuk mengidentifikasi tanaman karena adanya lapisan eksin yang mempunyai struktur dan ornamentasi yang khas. Karakteristik polen dapat diketahui dari ciri-ciri polen yang meliputi ukuran, bentuk, tipe, jumlah dan posisi apertur, serta ornamentasi eksin. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi karakteristik polen berbagai tumbuhan pada beberapa famili berbeda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang pada Bulan Februari sampai April 2021. Polen didapatkan dari berbagai tumbuhan disekitar kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang. Metode pengamatan dengan asetolisis. Hasil pengamatan disajikan dalam bentuk foto dan gambar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripstif kualitatif. Hasil pengamatan menunjukkan hasil bahwa Hibiscus rosasinensis L. memiliki aperture peripotate, unit polen monad, penebalan sentrifugal, eksin echinate. Erythrina cristagali tipe aperture triporate, unit polen monad, penebalan sentripetal, eksin psilate. Sesbania grandiflora tipe aperture periporate, unit polen monad, penebalan sentrifugal, eksnin echinate. Ruellia simplex tipe aperture periporate, unit polen monad, penebalan sentrifugal, eksin echinate. Passiflora edulis tipe aperature periporate, unit polen monad, penebalan sentrifugal, eksin echinate. Pteris tipe aperture trilete, unit polen monad, penebalan sentrifugal, dan eksin verrucate. Temuan penelitian ini semua polen memiliki karakteristik yang berbeda-beda dilihat dari unit polen, tipe penebalan dinding, aperture dan ornamentasi eksin dari polen. Kata Kunci: Eksplorasi, Famili, Karakteristik, Morfologi, Serbuk sari.
Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V dengan Metode Demonstasi di SDK Apinggoot pada Tahun Ajaran 2019/2020 Yovita Yuvensia
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDK Apinggoot pada materi fotosintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Kegiatan penelitian ini dirancang dalam siklus, yang terdiri dari 2 siklus yang terencana. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V, kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi fotosintesis di kelas V SDK Apinggoot, serta performansi guru kelas yang telah dicapai pula. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus ini membuktikan kebenaran hipotesis tindakan yang telah dirumuskan. Artinya bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang fotosintesis di kelas V SDK Apinggoot.
Agaricaceae and Psathyrellaceae from Suranadi Natural Park in Lombok Island Meilinda Pahriana Sulastri; Hasan Basri
LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE Vol 3 No 2 (2021): Lombok Journal of Science
Publisher : LOMBOK JOURNAL OF SCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fungi is one of the important organisms in ecosystem. Most macrofungi are composed of fungalspecies from the division Basidiomycota and some belong to the division Ascomycota. Macrofungihas a role in ecosystem by decomposing materials that contribute to carbon cycling. Mycorrhizalmacrofungi organize nitrogen and phosphorus to support the other species in forest ecosystem.Additionally, some species of macrofungi are important food source and medicine. Agaricaceaeis one of the most diverse families of fungi. Most of the species are cosmopolitan and saprotrophsthat grow in dead wood, trees, log and leaf litter. The species of Agaricaceae have variety of morphology. Psathyrellaceae are a family of fungal species with dark spores. The member of thefamily generally has soft and fragile fruit body dissolve by autodigestion. This study aims to identify the macrofungi belong to family Agaricaceae that grow in Suranadi Natural Park. This is descriptive explotative study by exploring and describing the species of Agaricaceae andPsathyrellaceae found in Suranadi Natural Park. Sampling was carried out using the cruisemethod. The fungal sample found was documented and observed. Identification was carried outby matching the morphological characters of fungal sample and environmental conditions usingthe reference book and various scientific journals on Agaricaceae and Psathyrellaceae species.The identification results found 1 species of Agaricaceae including Lepiota sp. and 2 species of Psathyrellaceae i.e. Coprinellus sp. and Parasola sp.

Page 1 of 1 | Total Record : 7