cover
Contact Name
Rahmat Hidayat
Contact Email
dayatmath@gmail.com
Phone
+628114408260
Journal Mail Official
redaksi.ijma@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Universitas Cokroaminoto Palopo. Jl. Lamaranginang Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Phone: 0471-22111. Fax: 0471-22111.
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA)
ISSN : 27458334     EISSN : 27458326     DOI : -
Core Subject : Education,
Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sejak Agustus 2020. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan teori-teori baru yang telah dicapai di bidang Matematika dan Pendidikan Matematika. Fokus Penelitian pada jurnal ini adalah sebagai berikut: 1. Matematika: Secara Khusus memfokuskan pada isu-isu utama dalam pengembangan Ilmu-Ilmu Matematika, di bidang aljabar, analisis, matematika terapan, kombinatorika, ilmu komputasi, geometri, dan statistika 2. Pendidikan Matematika: Secara khusus memfokuskan pada teori dan model pembelajaran matematika, pengembangan media pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, assesmen dan evaluasi, kurikulum pendidikan matematika, etnomatematika, dan proses berpikir. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) terbit dua kali dalam setahun, Maret dan Agustus. Publikasi ini tersedia online dan dapat diakses secara terbuka. Naskah yang diserahkan belum pernah dipublikasikan dimanapun baik secara cetak maupun elektronik. Penulis harus mengacu pada pedoman penulis sebelum mengirimkan naskah. Naskah yang dikirimkan kemudian akan dievaluasi dan diedit dalam hal format, istilah yang digunakan, dan gaya terapan lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022" : 9 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH Ilhamsyah Ilhamsyah
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-80

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi, minat, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sulawesi Selatan sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata variabel motivasi belajar sebesar 74,55 termasuk kategori sedang, selanjutnya variabel minat belajar sebesar 75,70 termasuk kategori baik, kemudian variabel kreativitas belajar sebesar 75,05 termasuk kategori baik, adapun skor rata-rata untuk hasil belajar matematika adalah sebesar 87.05 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 61,92%, minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 82,5%, kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 70,3%, motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 84,9%, motivasi belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 72,3%, minat belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 89,7%, dan motivasi belajar, minat belajar, dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 = 0,898 atau sekitar 89,8% dan 10.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini penting sebagai bahan masukan bagi guru, untuk melihat fator-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER- VERBALIZER Andi Hastika Zulqifli; Alimuddin Alimuddin; Ilhamuddin Ilhamuddin
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer – verbalizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. prosedur penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan tahap analisis hasil penelitian. Penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 2 Larompong Sebanyak 4 orang siswa yang memeiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer yang masing – masing terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer. Penelitian ini mengacu pada indikator berpikir tingkat tinggi yang terdiri tiga tahap yaitu: menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya kognitif visualizer-verbalizer, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profil berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahn masalah berdasarkan indikator berpikir tingkat tinggi oleh ke 4 subjek. Jika dilihat dari proses menyelesaikan masalah matematika subjek V1 mampu menyelesaikan soal visualizer dengan tahap menganalisis dan mengevaluasi dibanding dengan soal verbalizer, V1 tidak mampu memenuhi indikator berpikir tingkat tinggi dan V1 tidak mampu memenuhi indikator ketiga yaitu mencipta. Subjek V2 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizer maupun soal verbalizer baik tahap menganalisis maupun mengevaluasi. Subjek V3 mampu menyelesaikan pemecahan masalah matematika dengan tahap menganalisis, mengevaluasi, tapi tidak mampu menyelesaikan tahap mencipta. Subjek V4 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizermaupun soal verbalizer.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) Baharullah Baharullah
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol, dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka tahun ajaran 208/2019 sebanyak 25 orang. Penelitian ini mengacu pada tiga dari empat aspek kriteria keefktifan pembelajaran, yaitu; hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif jika tiga dari aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek hasil belajar yaitu ketuntasan belajar diambil dari perbedaan atara hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan. Penelitian dilaksanakan slama 5 kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 82,44 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 94,037 dimana skor tertinggi 98,00 an skor tersendah 64,00 ari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh 21 siswa atau 90% mencapai ketuntasan individu, 4 siswa atau 10% tidak mencapai ketuntasan individu dan itu berarti ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 75,8 dari indikator kriteria aktivitas siswa sudah mencapai kriteria aktif. (3) angket respon siswa menujukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilihat dari hasil rata-rata siswa menjawab “Ya” sebesar 93,5. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR Sitti Rahmah Tahir; St.Nur Humairah Halim; M. Zhaahir Nurjam
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Likuboddong pada tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Data yang dianalisis adalah data kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes essay dan wawancara. Soal yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang berjumlah 3 soal adalah soal yang memuat indicator dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Soal-soal ini dikerjakan oleh 15 orang siswa dalam 35 menit dan wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII.B Mts. Muhammadiyah Likuboddong memenuhi indikator dari berpikir kritis matematis.
ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL DI INDONESIA MENGHADAPI SOCIETY 5.0: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Desak Made Ristia Kartika; Sunarno Sunarno; Fatmawati Fatmawati
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-92

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif pembelajaran matematika untuk mahasiswa teknik sipil di Indonesia dalam menghadapi society 5.0. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau rujukan dalam penelitian selanjutnya sekaligus dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah systematic literature review. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mereviu artikel yang berhubungan dengan pembelajaran matematika di teknik sipil dalam menghadapi society 5.0 yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2021 pada jurnal nasional. Teknik analisis data yang dilakukan mengacu pada model interaktif oleh Miles & Huberman yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa alternatif pembelajaran matematika di teknik sipil dapat diintegrasikan melalui STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) dan keterampilan abad 21 yang diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong society 5.0. Pada pembelajaran matematika dapat dikembangkan karakter pembelajaran abad 21 yang meliputi komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, daya cipta, dan inovasi.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS IX SMP Nadia Sulfaidah; Ma’rup Ma’rup; Erni Ekafitria Bahar
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-98

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Makassar yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari kemampuan awal pada kelas IX SMP Negeri 5 Makassar yang difokuskan pada 3 kategori yaitu siswa dengan kategori tinggi, siswa dengan kategori sedang dan siswa dengan kategori rendah. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan awal yang berjumlah 10 soal, tes kemampuan berpikir kreatif yang berjumlah 3 soal dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yaitu 1 siswa dari kategori tinggi, 1 siswa dari kategori sedang dan 1 siswa dari kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kategori tinggi memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan, berada pada tingkat 4 kemampuan berpikir kreatif atau sangat kreatif. (2) Siswa dengan kategori sedang memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas, berada pada tingkat 3 kemampuan berpikir kreatif atau kreatif. (3) Siswa dengan kategori rendah memenuhi 1 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, berada pada tingkat 1 kemampuan berpikir kreatif atau kurang kreatif.
Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar Ikhbariaty Kautsar Qadry; Awi Dassa; Nurul Aynul
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-99

Abstract

Kemampuan literasi matematika secara komprehensif telah memuat dasar-dasar pemahaman bidang matematika serta penerapannya. Hal tersebut mengisyaratkan pentingnya kompetensi literasi matematika dikembangkan pada diri seorang siswa. Pengembangan literasi matematika siswa di Indonesia merujuk pada hasil tes PISA ( Programme for International Student Assesment) yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) setiap lima tahun sekali dalam skala internasional. Indonesia tercatat berpartisipasi pada survey PISA sejak tahun 2000 hingga 2018. Namun, hasil menunjukkan belum signifikan menempatkan posisi Indonesia pada level atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaiakan soal PISA konten space and shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa berupa tes awal serta saran rekomendasi dari guru matematika. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui dua tes yakni tes soal PISA serta tes wawancara. Hasil penelitian kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaiakan soal PISA konten space and shape yaitu pada ketiga subjek menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis hasil tes secara lisan dan tertulis subjek ST memiliki kemampuan literasi matematika yang “tinggi”. Kemudian subjek SS juga dengan predikat “tinggi” dan subjek SR memiliki kemampuan literasi matematika “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga subjek yaitu ST, SS, dan SR memiliki kemampuan literasi matematika siswa yang baik dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape.
Peramalan Permintaan Smartphone Oppo Android Menggunakan Metode Single Moving Average Marwan Sam; Eka Kurniawati; Sri Rezki Fausia
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah permintaan smartphone oppo android pada Toko Handphone Kota Palopo pada tahun 2021. Untuk mengetahui permintaan konsumen pada periode yang akan datang dilakukan peramalan dengan menggunakan metode single moving average sedangkan untuk mengetahui tingkat kesalahan peramalan digunakan metode Mean Absolute Deviation (MAD), Mean Square Deviation (MSD), dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa hasil ramalan permintaan smartphone oppo android pada tahun 2021 dengan menggunakan metode single moving average adalah 362 unit, dengan MAPE sebesar 17,80% artinya peramalan dapat dikatakan model peramalan yang baik karena nilai range MAPE 10%-20%.
PERAMALAN JUMLAH WISATAWAN ASING DENGAN MODEL ARIMA Rahmat Hidayat; Besse Helmi Mustawinar
Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022
Publisher : Program Studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/27458326-100

Abstract

Sebagai salah satu komoditi ekspor yang tidak dapat dilihat secara nyata, peran pariwisata semakin meningkat dalam perekonomian Indonesia. Dalam mengembangkan pariwisata internasional sangat diperlukan program yang terarah dan tepat dalam rangka meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman). Untuk meningkatkan kegiatan pemasaran, diperlukan perencanaan yang sesuai berdasarkan informasi kuantitatif dan kualitatif tentang wisman pada masamasa sebelumnya. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020, informasi tentang wisman semakin diperlukan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. Tidak tersedianya data pada masa lalu akan menyulitkan dalam membuat rencana yang cermat dan terarah. Data statistik yang disajikan dalam publikasi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan tersebut. Studi ini memodelkan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia model ARIMA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model yang memenuhi syarat signifikansi parameter, residual white noise dan berdistribusi normal adalah ARIMA (1,1,0).

Page 1 of 1 | Total Record : 9