cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
redaksi@ars.ac.id
Editorial Address
ARS University Jl. Sekolah Internasional 1-2 Antapani Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
ISSN : -     EISSN : 26856964     DOI : https://doi.org/10.51977/jti
Core Subject : Science,
Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ilmiah yang merupakan mata rantai proses kegiatan ilmiah.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika" : 14 Documents clear
Membangun Mail Server Berbasis Linux Menggunakan Postfix Admin Di PT. Kemuning Televisi Ali Akbar Rismayadi; Salman Topiq; Rinto Nurtantho
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.132

Abstract

ABSTRAK Prosedur pemulihan kata sandi akun e-mail Gmail dan Yahoo dianggap menyulitkan bagi karyawan Kemuning TV, dikarenakan tidak mencantumkan nomor telepon ataupun akun lainnya. Selain itu tidak adanya standarisasi penamaan akun karyawan membuat pertanyaan apakah benar akun yang bersangkutan merupakan karyawan perusahaan. Karena itu dibutuhkan mail server tersendiri untuk mengelola akun e-mail perusahaan. Dibuatlah mail server berbasis linux menggunakan postfix admin sebagai antarmuka web untuk pengelolaan akun. Mail server ini dibangun pada VPS linux ubuntu. Postfix dan dovecot adalah aplikasi open source yang penting dalam mengirim dan menerima e-mail. Kedua aplikasi tersebut mendukung TLS untuk mengenkripsi komunikasi e-mail dan dapat diintegrasikan dengan anti virus dan anti spam seperti ClamAV dan SpamAssassin. Antarmuka web postfix admin dan webmail telah didukung oleh HTTPS. Dengan mail server menggunakan postfix admin maka pengelolaan akun e-mail oleh staf IT menjadi sangat mudah. Karyawanpun tinggal membuka webmail ataupun aplikasi e-mail smartphone untuk menerima dan mengirim e-mail tanpa batasan waktu. Sistem corporate e-mail juga meningkatkan citra, legalitas, publisitas dan profesionalitas Kemuning TV bagi pemirsa, pemerintah daerah dan pelaku bisnis di Kabupatan Karawang. Kata Kunci: E-mail, Mail Server, Postfix Admin, Squirrelmail
Rancang Bangun Aplikasi Pengendalian Produk Tidak Sesuai Pada PT. Nissan Motor Indonesia Dede Firmansyah Saefudin; Yuli Komalasari; Irfan Ridwan; Eka Fitriyani; Riska Aryanti
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.147

Abstract

PT. Nissan Motor Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perakitan otomotif kendaraan roda empat. Untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas suatu produk terkadang muncul beberapa masalah, salah satunya adalah temuan produk yang tidak sesuai yaitu suatu kondisi yang tidak memenuhi standar atau spesifikasi yang telah ditentukan baik secara bahan baku produk atau produk yang sudah jadi kendaraan. Saat ini sistem informasi pengendalian produk tidak sesuai pada PT. Nissan Motor Indonesia secara pelaporan harian masih dikelola secara sederhana dan berdampak terhadap kecepatan dan kualitas informasi yang disampaikan, sedangkan dalam prosesnya beberapa pihak terkait membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung, serta pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari analisa menyatakan sistem yang diterapkan masih membutuhkan perbaikan untuk meminimalisir tingkat kesalahan pelaporan dan kecepatan informasi yang disampaikan. Dengan adanya sistem komputerisasi berbasis web Client Serer dan didukung penyimpanan database, sistem pengendalian produk tidak sesuai dapat membantu mempercepat proses kerja dan meningkatkan keakuratan dalam pengolahan data dan pengendalian produksi sehingga dapat digunakan sebagai sarana menentukan keputusan bagi perusahaan. Kata kunci: Implementasi,Waterfall Model,PengendalianProduk,Aplikasi,Berbasis Website
Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier Untuk Mendeteksi Emosi Pada Komentar Media Sosial Erfian Junianto; Rizal Rachman
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.156

Abstract

Keadaan psikologis yang dimiliki setiap orang diantaranya adalah emosi. Keadaan tersebut juga digunakan untuk membentuk hubungan atau menyampaikan pesan antara penulis dengan pembaca. Penetrasi internet yang semakin tinggi membuat gaya hidup masyarakat semakin berubah. Gaya hidup semakin terpengaruh oleh media sosial, sehingga membuat penyampaian informasi dan gagasan menjadi sangat bebas. Informasi dan gagasan tersebut selalu mengandung emosi dari penulisnya. Baik emosi marah, takut, bahagia, ataupun sedih. Pada penelitian ini akan diterapkan model text mining untuk melakukan deteksi melalui proses klasifikasi. Metode yang digunakan adalah naive bayes classifier. Sedangkan dataset yang digunakan sudah diberikan kelas oleh peneliti sebelumnya menggunakan best-worst scaling. Tantangan dari dataset ini adalah melakukan dari kalimat atau teks ke dalam 4 kategori emosi yaitu anger, fear, joy, dan sadness. Dari beberapa penelitian sebelumnya metode naive bayes classifier mampu menghasilkan akurasi yang cukup tinggi. Dengan diterapkan pada dataset emosi yang mempunyai karakter berbeda dari dataset kebanyakan, metode tersebut masih mampu memberikan kinerja yang baik dalam klasifikasi. Kata Kunci:Text Mining, Klasifikasi, Deteksi Emosi, NaïveBayes Classifier
Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama Phitsa Mauliana; Wildan Wiguna; Abrian Yudha Permana
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.158

Abstract

Helpdesk adalah layanan yang menyediakan informasi dan dukungan bagi pengguna komputer, terutama di perusahaan. Organisasi yang memiliki investasi besar terhadap teknologi atau yang melayani banyak pengguna akhir terus mencari cara yang efisien untuk memberikan dukungan teknis. Biaya pemeliharaan untuk sistem lama dapat menjadi sangat mahal, serta pada titik tertentu akan menjadi lebih efektif untuk beralih ke sistem yang baru. PT Akur Pratama merupakan perusahaan ritel yang mengandalkan IT Support dalam melakukan pemeliharaan sistem dan helpdesk. Dari kegiatan observasi pada perusahaan tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang harus dibenahi. Karyawan internal perusahaan kesulitan dalam mengajukan komplain ketika terjadi permasalahan teknis dengan sistem operasional kerjanya. Terdapat biaya operasional yang tidak sedikit pada pemeliharaan sistem serta lamanya penanganan teknis yang dilakukan oleh IT Support. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun e-Helpdesk Support System berbasis web yang dapat membantu Service Desk untuk memantau pekerjaan IT Support beserta laporan komplain dari karyawan internal di PT Akur Pratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu menampung keluhan dari user client atau karyawan internal perusahaan sehingga memudahkan proses pengajuan komplain. E-Helpdesk Support System membantu pihak manajemen dalam menghemat biaya operasional serta mempercepat penanganan teknis oleh IT Support. Pengembangan sistem tersebut berhasil menyediakan fasilitas bagi Service Desk dalam memantau pekerjaan IT Support beserta perekapan laporannya di PT Akur Pratama. Kata Kunci: e-Helpdesk Support System, IT Support, Pemrograman Web, PT Akur Pratama
Penggunaan Mark Routing Untuk Melakukan Switching Jalur Akses Berdasarkan Prioritas Paket Data (Studi Kasus: Kantor PUSKUD JABAR) Yudi Ramdhani; Riski Mardhianto
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.165

Abstract

Jaringan komputer adalah hal yang sudah harus ada pada kantor-kantor saat ini, kebutuhan internet sangatlah tinggi untuk menunjang kegiatan maupun pekerjaan agar menjadi jauh lebih efisien. Di kantor yang terdapat banyak karyawan maupun sub bagian pastilah memiliki situasi kerja yang berbeda, meskipun telah ada limitasi pada setiap bagian maupun setiap komputer/device, namum tetap saja masalah kebutuhan bandwidth kadang masih tetap terjadi, entah itu dikarenakan banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan tersebut maupun beberapa pengguna yang menggunakan jalur tersebut untuk internet demi menunggu pekerjaan berikutnya tiba. Dengan menggunakan Mark Routing memungkinkan mikrotik untuk memberikan sebuah tanda/mark pada setiap koneksi dan paket data yang lewat untuk nantinya dapat diatur sedemikian rupa saat melalui jaringan router tersebut, dalam penelitian ini dilakukan pemindahan koneksi yang menuju server dan akses website penunjang pekerjaan akan dialihkan menuju jalur akses gateway ISP2. Diterapkan pula data priority guna memprioritaskan jalur akses kepada paket data penting ketika banyak data melewati jalur akses yang sama dan penggunaan failover untuk mengatasi kegalalan koneksi ketika salah satu jalur akses mati. Dari penerapan 3 teknik diatas didapatkan hasil berupa thoughput yang jauh meningkat dan response time berkurang rata-rata sebesar 68,1% serta pengalihan gateway pada client ketika mengakses website tertentu yang telah ditentukan agar menuju gateway ISP2. Kata kunci : Failover, Jaringan, Mark Routing, Prioritas Data,Switching.
Perancangan Aplikasi IT Helpdesk Berbasis Web di PT. Panca Abadi Nan Jaya Abdurahman Fauzi; Asep Topan Suryadi
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.169

Abstract

Dalam perusahaan, Helpdesk merupakan sebuah bagian atau departement yang melakukan proses untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada dan dituntut untuk aktif melayani dan menanggapi kebutuhan pengguna. Perkembangan Helpdesk diharapkan dapat mengatasi permasalahan dan memberikan layanan terhadap seluruh permasalahan baik yang bersifat internal maupun seluruh permasalahan operasional aplikasi ataupun hal-hal yang berhubungan dengan sistem dan teknologi informasi. Helpdesk merupakan bantuan informasi yang menangani permasalahan atau troubleshooting. Sistem Helpdesk Informasi Teknologi pada PT. Panca Abadi Nan Jaya saat ini yang digunakan hanya menggunakan email, telepon dan aplikasi android yaitu what’sapp. Bila ada suatu masalah yang berkaitan dengan perangkat IT, pihak user langsung menghubungi IT melalui telepon atau what’sapp. Tetapi ada keluhan dari user apa permasalahan nya sudah di kerjakan atau belum dikerjakan, karena pihak IT terkadang lupa memberi informasi ke pihak user apakah keluhan nya sudah di kerjakan atau belum oleh pihak IT. Maka dari itu penulis mencoba merancang sistem aplikasi IT Helpdesk berbasis Web. Hasil aplikasi Helpdesk mampu mempersingkat waktu pengolahan data, mengurangi masalah human error dalam proses pencatatan data, menghasilkan laporan-laporan helpdesk dengan cepat dan akurat, serta diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan perusahaan. Kata Kunci: Helpdesk, Troubleshooting, Web
Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Basic (Studi Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang 1.0) Mohammad Syamsul Azis; Lukmanul Hakim; Walim
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.170

Abstract

Magang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa tingkat akhir pada perkuliahan program diploma tiga. Kebijakan di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika, kegiatan magang dilakukan pada semester lima. Mengingat jumlah mahasiswa yang terlibat banyak dan kegiatan magang dilakukan untuk jangka waktu lama yaitu sekitar tiga sampai enam bulan maka kegiatan magang perlu dicacat dengan cermat melalui suatu aplikasi. Abang 1.0 singkatan dari Absensi Anak Magang generasi pertama. Aplikasi ini dibuat dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Tujuan aplikasi ini adalah untuk mencatat kehadiran, kegiatan, agenda dan aktivitas-aktivitas lainnya yang dilakukan oleh mahasiswa selama magang pada suatu organisasi baik di perusahaan maupun instansi pemerintah. Metode yang digunakan untuk merancang aplikasi ini adalah dengan metode waterfall. Metode ini diawali dengan tahap analisis, desain, pengodean, pengujian dan pemeliharaan. Aplikasi Abang 1.0 telah diuji coba pada mahasiswa magang Universitas Bina Sarana Informatika di Kampus Karawang dan Kampus Cikampek selama dua semester, hasilnya menunjukkan bahwa pelaporan aplikasi Abang 1.0 lebih efektif dan efisien daripada cara manual berbasis kertas.
Prediksi Keberhasilan Immunotherapy Pada Penyakit Kutil Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Toni Arifin; Siti Syalwah
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.177

Abstract

Penyakit kutil merupakan masalah kesehatan kulit yang pada umumnya ditandai dengan munculnya benjolan kecil bertekstur kasar pada permukaan kulit yang disebabkan oleh virus yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Salah satu teknik pengobatan penyakit kutil adalah Immunotherapy, metode ini merupakan pengobatan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengatasi penyakit kutil. Untuk mengurangi kesalahan deteksi dan menghindari keterlambatan diagnosis penderita penyakit kutil dapat dilakukan penerapan dan pemanfaatan teknik data mining. Salah satu metode data mining yang bisa dimanfaatkan adalah klasifikasi dan metode algoritma yang dapat digunakan untuk klasifikasi adalah algoritma Naive Bayes. Pada penelitian ini, algoritma klasifikasi data mining Naive Bayes diterapkan pada Immunotherapy Data Set. Setelah hasil penelitian diperoleh, terbukti metode data mining menggunakan algoritma Naive Bayes dengan 10-Fold Cross Validation menghasilkan nilai akurasi klasifikasi sebesar 81,11% dan nilai Area Under ROC (AUC) sebesar 0,63 yang termasuk kategori Good Classification. Kata Kunci: Penyakit Kutil, Immunotherapy, Data Mining, Klasifikasi, Naive Bayes ABSTRACT Warts Disease is a skin health problem that is generally characterized by the appearance of small, rough textured lumps on the skin surface caused by a virus that is Human Papilloma Virus (HPV). One technique of treatment of wart disease is Immunotherapy, this method is a treatment by boosting the immune system to overcome the disease of warts. To reduce detection errors and avoid delays in diagnosing Warts disease, the application of data mining techniques can be applied and used. One method of data mining that can be used is classification and algorithm methods that can be used for classification are the Naive Bayes algorithm. In this study, the Naive Bayes data mining classification algorithm was applied to Immunotherapy Data Set. After the research results were obtained, it has been proven that data mining method using Naive Bayes algorithm with 10-Fold Cross Validation resulted in classification accuracy values ​​of 81,11% and Area Under ROC (AUC) values ​​of 0.63 which belonged to the Good Classification category. Keywords: Warts Disease, Immunotherapy, Data Mining, Classification, Naive Bayes
Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Motor Bekas Menggunakan Metode TOPSIS Hendrikus; Syarif Hidayatulloh
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.189

Abstract

Kebutuhan akan alat transportasi merupakan sesuatu hal yang lumrah dan amat sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Salah satu alat transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah sepeda motor, karena selain irit jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor roda empat, motor memiliki kelebihan bisa mencapai tempat tujuan lebih cepat. Metode yang digunakan adalah TOPSIS yang akan menentukan peringkat opsi berdasarkan total pada nilai prioritas kedekatan relatif dari alternatif untuk solusi terbaik. Alternatif yang sudah diberi peringkat kemudian digunakan sebagai referensi bagi para pembuat keputusan untuk memilih solusi terbaik. Dengan metode tersebut dihasilkan sebuah penelitian yang menghasilkan sebuah aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Motor bekas Untuk Masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mendukung pengambilan keputusan pemilihan sepeda motor bekas, mempermudah dalam proses pemilihan sepeda motor bekas serta tentunya dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Kata Kunci: Motor Bekas, Sistem Penunjang Keputusan, TOPSIS
Perencanaan Enterprise Arsitektur Menggunakan Zachman Framework Pada PT XY Marketing Dan Promosi Sukrina Herman; Yunita; Ahsani Takwim
Jurnal RESPONSIF: Riset Sains & Informatika Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v2i1.190

Abstract

Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula ragam aplikasi yang dibangun untuk menunjang kebutuhan suatu perusahaan. PT XY adalah perusahan yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan produk function. Dalam menjalankan proses bisnisnya perusahaan ini sangat mengutamakan (goods) barang dan (service) layanan yang berkualitas, sehingga menuntut fungsi marketing dan promotion untuk mempunyai strategi dan kinerja pemasaran yang sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Model enterprise architecture yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan enterprise architecture planning (EAP). EAP merupakan suatu metode yang digunakan untuk merancang enterprise architecture dengan memfokuskan pada arsitektur data, aplikasi, dan teknologi untuk mendukung bisnis dan rencana untuk mengimplementasikan arsitektur tersebut. Dalam menggunakan metode EAP nantinya akan menggunakan tahapan planning initation, business modelling, system dan teknologi saat ini, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan rencana implementasi. Dalam perancangan ini menggunakan Zachman Framework. Zachman framework adalah skema yang digunkan untuk klasifikasi pengorganisasian artifak enterprise. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint perencanaan EAP. Keywords: EAP, Blueprint, initation, business modelling.

Page 1 of 2 | Total Record : 14