cover
Contact Name
Muslimin
Contact Email
jitu@ddipolman.ac.id
Phone
+6281355606606
Journal Mail Official
jitu@ddipolman.ac.id
Editorial Address
Jl. Madatte, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
ISSN : -     EISSN : 2776365X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. Tadris Journal is published twice a year in the months of June and December
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)" : 8 Documents clear
Penerapan Layanan Konseling Naratif untuk mengurangi Prokrastinasi Siswa Kelas IX pada SMP Negeri 7 Polewali Kec. Binuang Kabupaten Polewali Mandar Ernawati; Saifuddin; Darmawansyah
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling naratif untuk mengurangi prokrastinasi siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Polewali Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini  adalah penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu kelas IX SMP Negeri 7 Polewali yang berjumlah 61 siswa. Subyek penelitian yang tidak mencapai 100 orang maka penelitian ini dikatakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi siswa dan pedoman observasi. Reliabilitas angket prokrastinasi siswa  sebesar 0,903 artinya memiliki reliabilitas yang cukup tinggi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis uji T-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi awal prokrastinasi siswa kelas IX SMP Negeri 7 Polewali  secara individu tergolong sedang. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata prokrastinasi siswa 91,74 dan dikategorisasikan dalam prokrastinasi sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan layanan konseling naratif yang di lakukan beberapa kali pertemuan dan pengisian lembar angket yang menyebabkan tingkat prokrastinasi siswa kelas IX SMP Negeri 7 Polewali berkurang. Berkurangnya prokrastinasi siswa dibuktikan dari hasil post-test angket prokrastinasi rata-rata sebesar 66,00 dan dikategorisasikan dalam prokrastinasi rendah. Pengurangan prokrastinasi siswa dari post-test ke pre-test yaitu sebesar 25,74 (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk mengurangi prokrastinasi siswa menunjukkan antusiasme tinggi siswa dalam kegiatan layanan konseling naratif.
Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Husni Mubarok; Ahmad Wildan Faza; Himmatul Aliyah
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.160

Abstract

Abstract This study was conducted with the aim of knowing the impact of the Covid-19 on daring classroom learning in elementary schools. The research used is a qualitative research that is a literature study (Study of Literature Research). Data collection techniques using documentation techniques, namely collecting relevant theoretical studies and references sourced from scientific literature in journals. Retrieval of information sources from selected articles and news, namely those found with the impact of covid-19 and learning from low grades in elementary schools. As a result, 12 sources were obtained, then the most relevant were selected and 5 articles and 3 news items were selected. The results in this study indicate that the impact of covid-19 on courageous learning for lower classes in elementary schools, namely learning methods carried out remotely with the help of technology make students need to adapt to face online learning systems and have an impact on students' learning comprehension. . Intensive collaboration and communication is needed between teachers, parents and students so that online learning can be carried out effectively.
Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Kitab Al-Hikam: Studi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Atha’illah As-Sakandari Mukhtar; Jamaluddin; suriana suriana
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.177

Abstract

Studi tentang pendidikan sufistik yang berdimensi esoterik merupakan kajian yang tidak banyak tersentuh terutama di kalangan pendidik itu sendiri. Hal ini didasark oleh sebuah fakta bahwa kajian sufistik adalah kajian yang tidak merealitas atau tidak membumi sehingga dianggap tidak bisa memberikan gagagsan solutif bagi prolema kemanusiaan terutama dalam dunia pendidikan. Padahal menyikapi realitas pendidikan hari ini semakin memprihatinkan dalam hal kemerosotan akhlak. Realitas inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa studi ini urgen dan menarik untuk dilakukan dengan mengangkat satu tokoh sufistik Ibnu Atha’illah lewat karya monumentalnya al-hikam. Sebagai sebuah studi tokoh, maka jenis penelitian ini bersifat deskrifti kusalitatif dengan sumber data kepustakaan (library Reseach).. sumber data yang dimaksud adaalah sumber data primer dan sekunder. adapun pendekatan yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan sejarah,. pendekatan tafsir tarbawi dan hadis tarbawi. Adapun hasil yang diperoleh sebagai berikut: bahwa Hakekat pendidikan akhlak yang disebutkan di dalam kitab Al-Hikam karangan Syaikh Ibnu Atha’illah as-Sakandari adalah lebih mengarah kepada penyujian jiwa untuk mencapai ma’rifatullah. Selain itu hakekat pendidikan akhlak tertuju terhadap manusia secara umum tidak ada perbedaan jabatan, harta, dan sebagainya. Materi pendidikan akhlak yang terdapat dalam Kitab Al-Hikam adalah terbagi kedalam beberapa maqam, yaitu maqam taubat, maqam zuhud, maqam sabar, maqam syukur, maqam khauf, maqam raja’, maqam ridha, maqam tawakal, dan maqam mahabbah. Metode pendidikan akhlak dalam Kitab Al-Hikam terbagi kedalam empat metode, yaitu metode teladan, metode pemberian nasehat, metode cerita dan metode perintah dan larangan. Tujuan utama pendidikan akhlak dalam Kitab Al-Hikam adalah menuju ma’rifatullah yang diawali dengan penyucian jiwa (tazkiyat al- nufus) melalui pertobatan kemudian dilanjutkan menuju proses selanjutnya berupa usaha menghiasi akhlak manusia dengan akhlak mahmudah.
Pengaruh Metode Proyek terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kec. Lappariaja Kab. Bone: Metode Proyek terhadap Motivasi Belajar Siswa Nur Rahmatan Mursalin; Mustanil
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.181

Abstract

The purpose of this study was to determine how the effect of the project method on the learning motivation of grade VI students in thematic learning at Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong, Lappariaja District, Kab. Bone. This study uses an experimental type of research with the research design used is One Group Pre-test and Post-Test. The data collection techniques used observation, tests, questionnaires and documentation. The test was used to obtain data on the learning outcomes of the sixth grade students of Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong, questionnaires were used to determine student learning motivation, while observation and documentation were used to explore data on thematic learning by applying project methods and student activities during the thematic learning process. Then the data analysis was carried out using statistical analysis, namely thitung test analysis to determine the effect of the project method on students' learning motivation. The results showed that the tcount value was 3.19954 and the ttabel value obtained in the distribution table of the t-value with a significance level of 0.05 was 1.75305. Then it can be seen that tcount is greater than ttable, namely 3.19954>1.75305. This means that the hypothesis is accepted. Thus, there is an effect of the project method on the learning motivation of grade VI students in thematic learning at Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong, Lappariaja District, Kab. Bone. Keywords: Project Method, Learning Motivation, Thematic Learning
Qs. Al-Fatihah Dalam Perspektif Ilmu pendidikan (Kajian Tafsir Tematik) Ahmad Mujahid; hiljati hiljati
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.183

Abstract

Profil beriman, betakwa, berakhlak mulia pada pelajar Pancasila,merupakan aspek penting dalam ajaran agama Islam. Islam mengemas tata cara keberimanan, dan akhlak mulia dalam al-Qur’an dan al-Hadis secara jelas dan rinci. Pada aspek ini tidak lepas dari konsep Pendidikan dalam al-Qur’an. Al-qur’an sebagai pedoman bagi umat Islam juga telah melakukan reformasi terhadap Pendidikan dan memberi pengertian yang luas tentang Pendidikan.Pelajar Pancasila adalah pelajar yang memiliki profil yang terbangun utuh dengan enam  dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; Mandiri;  Bergotong-royong;  Berkebinekaan global; Bernalar kritis; Kreatif.  Dari enam  dimensi pembentukan profil pelajar Pancasila maka pada dimensi yang pertama berkenaan dengan konsep Pendidikan yang terdapat pada qur’an surat Al-Fatihah. Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Abstract The profile of faith, piety, noble character in Pancasila students, is an important aspect in the teachings of Islam. Islam packages the procedures for belief, and noble character in the Qur'an and al-Hadith in a clear and detailed manner. In this aspect, it cannot be separated from the concept of Education in the Qur'an. The Qur'an as a guide for Muslims has also reformed education and provided a broad understanding of education. Pancasila students are students who have a fully built profile with six dimensions of its formation. These dimensions include: Faith, fear of God Almighty and noble character; Independent; Worked together; Global diversity; Critical reasoning; Creative. Of the six dimensions of forming the Pancasila student profile, the first dimension relates to the concept of Education contained in the Qur'an Surah Al-Fatihah. Dimensions of faith, fear of God Almighty and noble character. Keywords: Al-Fatihah, Educational Science Perspective
Blended Learning sebagai solusi Pembelajaran di Era New Normal Ahmad Mujahid
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.184

Abstract

Abstract This research is a qualitative descriptive study conducted at STAI DDI SIDRAP on PAI study program students for the 2021/2022 academic year which aims to increase the learning abilities and interest of PAI study program students at STAI DDI Sidrap. The results show that the blended learning model can encourage participants to use online communication in developing knowledge so that learning is very effective, efficient to improve students' abilities to be fun, students' interest in learning is greater with a comfortable learning environment. Keywords: Blended Learning, New Normal
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI KATUMBANGAN LEMO Asbudi Adinata Putra; Saifuddin reski; Darmawansyah
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.185

Abstract

Abstrak: Penelitian ini akan membahas tentang meningkatkan kemampuan berpikir divergen melalui layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping pada peserta didik di smp negeri katumbangan lemo. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemanpuan Divergen siswa sebelum menerima layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping? (2) Bagaimana kemanpuan Divergen siswa setelah menerima layanan penguasaan konten dengan teknik mind maapping? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat kemanpuan Divergen siswa sebelum di berikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping (2) Mengetahui tingkat kemanpuan Divergen siswa sesudah di berikan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pengumulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis dan bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan sedangakan jenis Penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian mengenai meninkatkan kemanpuan berpikir divergen melalui layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping pada peserta didik SMP Negeri Katumbangan Lemo didapatkan hasil yang dikaji peneliti sebelum dan sesudah diadakannya perlakuan dalam layanan dengan menggunakan teknik mind mapping. Kata Kunci : Divergen, Penguasaan Konten, Min Mapping
Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polman Muhammad Arsyad
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v12i2.193

Abstract

Proses pendidikan merupakan aktifitas yang sangat panjang dan penuh dengan perencanaan yang matang dengan tujuan yang jelas. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) masih banyak menekankan pada aspek penalaran atau hapalan akan sangat berpengaruh terhadap sikap yang akan dimunculkan anak. Menghapal tentu ada gunanya. Namun kalau kemudian menjadi dominan dan seluruh mata pelajaran harus dihapal, maka akan melahirkan anak-anak didik yang kurang kreatif dan tidak berani mengungkapkan pendapatnya sendiri. Pemahaman terkait materi pendidikan agama islam dapat dikuasai oleh siswa jika guru tidak hanya sekedar memberikan materi secara garis besar, melainkan guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif hanya akan terjadi jika siswa terlibat secara aktif dalam masalah yang disajikan selama proses pembelajaran tersebut. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe non-equivalent control group design dengan membuat Rancangan dalam penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis problem based learning dan tanpa diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis problem based learning. Hasil belajar peserta didik menunjukkan sebesar nilai rata-rata post-test sebesar 80,79 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 18,84.

Page 1 of 1 | Total Record : 8