cover
Contact Name
M. Yasep Setiawan
Contact Email
m.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id
Phone
+6281374866887
Journal Mail Official
aeej@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Workshop Jurusan Teknik Otomotif UNP, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Kampus UNP Air Tawar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
ISSN : 2722404X     EISSN : 27224031     DOI : https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.1
Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Teknik Otomotif ini adalah : 1. Teknologi pada kendaraan ringan 2. Teknologi alat berat 3. Manajemen Bengkel Otomotif 4. Teknik body dan pengecatan 5. Teknologi bahan bakar 6. Sistem kontrol elektronik otomotif 7. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan otomotif Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif ini adalah : 1. Media pembelajaran 2. Evaluasi pembelajaran 3. Penelitian tindakan kelas 4. Pembelajaran jarak jauh 5. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan pendidikan kejuruan otomotif
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education" : 6 Documents clear
Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang Zikri Fauzi; Wawan Purwanto; R. Chandra; Ahmad Arif; Hendra Dani Saputra
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.40

Abstract

This study aims to determine how the effect of the implementation of Educational Field Practices (PLK) on readiness to become professional teachers. This research is included in quantitative research because this research uses a lot of numbers, starting from data collection, interpretation of the data, and the appearance of the results of this study which are manifested in numbers. The research was conducted in the Automotive Engineering Department, State University of Padang, with a population of 109 students of Automotive Engineering Education. The results showed that the correlation coefficient value (Rxy) was 0.935 and the determination coefficient value (R2xy) was 0.874 This indicates that there is a positive influence between Educational Field Practices and Readiness to Become Professional Teachers, which means that the longer Educational Field Practices are carried out. students, the higher the Readiness to Become a Professional Teacher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) terhadap kesiapan menjadi guru porfesional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif karena penelitian ini banyak menggunakan angka-angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasil penelitian ini diwujudkan dalam angka. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang dengan Populasi penelitian sebanyak 109 mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,935 dan nilai koefisien determinasi (R2x,y) sebesar 0,874 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Praktik Lapangan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional yang berarti bahwa semakin lama Praktik Lapangan Kependidikan yang dilakukan mahasiswa maka akan semakin tinggi Kesiapan Menjadi Guru Profesional.
Pengaruh Pemasangan Turbo Cyclone pada Mesin Bensin 4 Tak Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Syahrul Huda
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.46

Abstract

This study examines the effect of installing a turbo cyclone on 4 stroke gasoline engine on fuel consumption and exhaust emissions. This research is a quantitative study using experimental methods. The subject of this study was a 135 cc Yamaha Jupiter MX. The data is processed by several steps of analysis using the formula : 1) mean, 2) fuel consumption, 3) percentage formula, 4) comparing the results of data analysis from each treatment. Based on the results of the analysis of research data that has been carried out, there are effect of the installation of turbo cyclone on fuel consumption and exaust emissions from the Yamaha Jupiter MX 135 cc. The best effect was obtained from the installation of turbo cyclone after the carburator, fuel consumption showed a decrease of up to 8%, exhaust emissions showed a decrease in HC levels by 9% and an inscrease in CO2 levels by 1%. Penelitian ini mambahas tentang pengaruh dari pemasangan turbo cyclone pada mesin bensin 4 tak terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah mesin bensin 4 tak Yamaha Jupiter MX 135 cc. Data diolah dengan beberapa tahapan analisis menggunakan rumus1) mean, 2) konsumsi bahan bakar, 3) rumus persentase, 4) membandingkan hasil analisis data dari masing-masing perlakuan.Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, terdapat pengaruh dari pemasangan turbo cyclone terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dari sepeda motor Yamaha Jupiter MX 135 cc. Pengaruh yang paling baik didapat dari pemasangan turbo cyclone setelah karburator, konsumsi bahan bakar menunjukkan penurunan mencapai 8%, emisi gas buang menunjukkan penurunaan kadar HC sebesar 9% dan peningkatan kadar CO2 sebesar 1%.
Gaya Belajar Mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2016 dan 2017 Vanny Anreski; Wawan Purwanto; Nurindah Dwiyani
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.48

Abstract

This study describes the Learning Style of D3 Automotive Engineering Students, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang. The type of this research is correlational. The research subjects were Automotive Engineering Students, Faculty of Engineering, 2016 and 2017 Entry Years, with 56 students. Data collection techniques include filling out a questionnaire with a Likert scale. This study uses descriptive analysis techniques and confirmatory factors. Based on the confirmatory factor analysis of the results of this study, it can be concluded that the kinesthetic learning style is the most prominent in Automotive Engineering students, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, with an average TCR value of 71.76% for the Kinesthetic variable. Penelitian ini bertujuan untuk mendsikripsikan gaya belajar mahasiswa D3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah korelasional. Subjek penelitian Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Tahun Masuk 2016 dan 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan mengisi angket dengan teknik pembuatan skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan faktor konfirmatori. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya belajar kinestetik yang paling menonjol pada mahasiswa Teknik Otomotif Fakuktas Teknik Universitas Negeri Padang, dengan nilai TCR rata-rata pada variabel Kinestetik 71.76%.
Rancang Bangun Alat Penyekir Katup Otomatis Berbasis Microcontroller Yuvani Oksarianti; Dedi Mulyono; Riko Saputra; Doni Saputra; Ahmad Arif
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.85

Abstract

Leakage of the valve in the cylinder head of the combustion engine was caused by a pile of crust attached to the valve seat, so that it interferes with the compression process and reduces engine performance. Valve Grinding Automatic System Based Microcontroller is an innovation designed for valve cleaning, works by converting electrical energy into rotational motion. Using research and development methods, this tool was developed to overcome the mechanical difficulties of adjusting manual cleaning movements by hand. The variables in this study were the dynamo rotational speed and the time required for cleaning. Based on the research, Valve Grinding Automatic System Based Microcontroller provides three choices of rotational speed of 1500 rpm, 2000 rpm and 2500 rpm with each speed requiring a cleaning time of 3 minutes, 2 minutes, and 1 minute. From the results of testing using diesel fuel, it is known that the results of cleaning the valve do not leak and have met the standard. Kebocoran katup pada cylinder head motor bakar disebabkan oleh tumpukan kerak yang melekat pada seating katup sehingga mengganggu proses kompresi dan menurunkan kinerja mesin. Alat Penyekir Katup Otomatis Berbasis Microcontroller merupakan inovasi yang dirancang untuk penyekiran katup yang bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi gerak rotasi. Dengan metode research and development, alat ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan mekanik dalam mengatur gerakan penyekiran manual dengan tangan. Variabel dalam penelitian ini adalah kecepatan putaran dinamo dan waktu yang dibutuhkan untuk penyekiran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Alat Penyekir Katup Otomatis Berbasis Microcontroller menyediakan tiga pilihan kecepatan putaran yakni 1500 rpm, 2000 rpm dan 2500 rpm dengan masing-masing kecepatan memerlukan waktu penyekiran 3 menit, 2 menit, dan 1 menit. Dari hasil pengujian dengan menggunakan solar, diketahui bahwa hasil penyekiran katup tidak mengalami kebocoran dan telah memenuhi standar.
Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembacaan Alat Ukur Vernier Caliper dan Micrometer Mata Pelajaran PDTO pada Kelas X Otomotif di SMKN 1 Kota Jantho Muhammad Jamil Bakar
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.87

Abstract

This study aims to determine whether the use of animated learning media to improve student learning outcomes in reading the vernier caliper and micrometer measuring instruments for Basic Automotive (PDTO) subjects in class X Automotive at SMKN 1 Kota Jantho. The type of research used is the type of experiment. The research design used is One group Pretest-Posttest (Initial Test-Final Test in a single group), where the sample group is given treatment (independent variable) but the initial ability of the sample is known through the pretest. After the treatment was given, the results of the study were observed using a posttest. The results of this study conclude that the use of animation has a significant effect on student learning outcomes, where H0 is rejected and H1 is accepted based on the results of tcount of 4.092 which is greater than ttable of 2.228, or tcount > ttable = 4.092 > 2.228. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi pada pembacaan alat ukur vernier caliper dan micrometer mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif (PDTO) pada kelas X Otomotif di SMKN 1 Kota Jantho. Jenis penelitian yang dipakai yaitu jenis eksperimen. Desain penelitian yang dipakai ialah pre-test dan post-test untuk satu kelompok, dimana dilakukan pre-test setelah menggunakan metode konvensional dan melaksanakan post-test setelah menggunakan media animasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan penggunaan animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan hasil thitung sebesar 4,092 lebih besar dari ttabel sebesar 2,228, atau thitung > ttabel = 4,092 > 2,228.
Pengaruh Rasio Kompresi pada Mesin Sinjai Tipe Flexible Fuel Vehicle 150 CC Berbahan Bakar E70 terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Hanapi Hasan; Siman Siman; Suprapto Suprapto; Hasan Maksum; Martias Martias
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v3i1.123

Abstract

The depletion of global crude oil reserves and pollution have prompted research into alcohol as a fuel for gasoline motors focused on clean, renewable and sustainable energy systems. The purpose of the research is to get the best performance and exhaust emissions. This research uses Pertamax (E0) as standard fuel and mixed with ethanol to produce E70 bioethanol fuel. Tests using a waterbrake dynamometer at fully open throttle with engine speed from 2000 to 8000 rpm and increasing the standard compression ratio to a compression ratio of 12, 12.5, and 13. The results showed that the E70 increased torque and reduced exhaust emissions. Penipisan cadangan minyak mentah global dan polusi telah mendorong penelitian alkohol sebagai bahan bakar untuk motor bensin yang difokuskan pada sistem energi yang bersih, terbarukan dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian untuk mendapatkan Performa dan emisi gas buang terbaik. Penelitian ini menggunakan bahan bakar Pertamax (E0) sebagai bahan bakar standar dan dicampur dengan etanol untuk menghasilkan bahan bakar bioetanol E70. Pengujian menggunakan waterbrake dynamometer pada kondisi fully open throttle dengan putaran mesin dari 2000 sampai 8000 rpm dan meningkatkan rasio kompresi standar menjadi rasio kompresi 12, 12,5, dan 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E70 meningkatkan torsi dan menurunkan emisi gas buang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6