cover
Contact Name
M. Yasep Setiawan
Contact Email
m.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id
Phone
+6281374866887
Journal Mail Official
aeej@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Workshop Jurusan Teknik Otomotif UNP, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Kampus UNP Air Tawar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
ISSN : 2722404X     EISSN : 27224031     DOI : https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.1
Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Teknik Otomotif ini adalah : 1. Teknologi pada kendaraan ringan 2. Teknologi alat berat 3. Manajemen Bengkel Otomotif 4. Teknik body dan pengecatan 5. Teknologi bahan bakar 6. Sistem kontrol elektronik otomotif 7. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan otomotif Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif ini adalah : 1. Media pembelajaran 2. Evaluasi pembelajaran 3. Penelitian tindakan kelas 4. Pembelajaran jarak jauh 5. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan pendidikan kejuruan otomotif
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education" : 7 Documents clear
Pengaruh Angle Attack Terhadap Luaran Generator Turbin Tipe Darrieus Arif Setyo Nugroho; Y. Yulianto Kristiawan; Aris Teguh Rahayu
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.162

Abstract

The angle and number of wind turbine blades. The turbine used for testing is a vertical Darrieus-H type turbine with variations in the number of blades 2, 3, and 4. Blades with NACA 4415 specifications, wind speeds with variations of 4 m/s, 5 m/s, 6 m/s, 7 m/s s, and 8 m/s. The source of the wind using a fan. Variations in the angle of attack are 0o, 10o, 20o, and 30o. The blade is made of sea sengon wood. At the position of the angle of attack, 10o rotates faster due to the influence of the lifting force of the blades. The position of the blade angle of attack 0o is difficult to rotate because the blade position is straight with the wind direction. The position of the angle of attack 20o and 30o blades is difficult to rotate because the lifting force of the blades is too heavy compared to the position of the angle of attack 10o. The highest electric power is obtained from the number of blades with 2 angles of attack 10o with a power of 10.5 watts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya yang dihasilkan akibat pengaruh sudut dan jumlah blade turbin angin. Turbin yang digunakan pengujian adalah turbin vertikal tipe Darrieus -H dengan variasi jumlah sudu 2, 3, dan 4. Blade dengan spesifikasi NACA 4415, kecepatan angin dengan variasi 4 m/s, 5 m/s, 6 m/s , 7 m/s, dan 8 m/s. Sumber angin menggunakan kipas angin. Variasi sudut serang adalah 0o, 10o, 20o, dan 30o. Blade terbuat dari bahan kayu sengon laut. Pada posisi sudut serang 10o berputar lebih cepat karena pengaruh gaya angkat sudu. Posisi sudu sudut serang 0o sulit untuk diputar karena posisi sudu lurus dengan arah angin. Posisi sudut serang 20o dan 30o sudu sulit untuk diputar karena gaya angkat sudu terlalu berat dibandingkan dengan posisi sudut serang 10o. Daya listrik tertinggi diperoleh dari jumlah sudu dengan 2 sudut serang 10o dengan daya 10,5 watt.
Kontribusi Minat Berwirausaha Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Vokasi Budi Syahri; Ganefri Ganefri; Asmar Yulastri
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.185

Abstract

Seeing the interest of students in entrepreneurship before studying entrepreneurship such as selling online or offline is a study that needs to be done. The existing interest in these students has an influence on students when they take entrepreneurship lessons. This study aims to see how much the contribution of student entrepreneurship interests supports student learning outcomes in entrepreneurship courses. This study uses a type of quantitative research with the nature of correlation research which aims to prove the relationship between variables. Respondents were 35 vocational education students who had become entrepreneurs. The results of the study show a significance value of 0.018 which is less than <0.05 probability so the hypothesis Ha is accepted, that there is an influence between entrepreneurial interest on the entrepreneurship learning outcomes of vocational education students and contributes 15.7%. Melihat adanya minat mahasiswa dalam berwirausaha sebelum mempelajari kewirausahaan seperti berjualan online ataupun offline menjadi sebuah kajian yang perlu dilakukan. Minat yang sudah ada pada mahasiswa tersebut apakah memberikan pengaruh terhadap mahasiswa ketika mereka mengikuti pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kontribusi minat berwirausaha mahasiswa untuk menunjang hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian korelasional yang bertujuan untuk membuktikan hubungan antara variabel. Responden sebanyak 35 mahasiswa pendidikan vokasi yang pernah berwirausaha. Hasil penelitian menujukkan nilai signifikansi 0,018 lebih kecil dari < probabilitas 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima, bahwa ada pengaruh antara minat berwirausaha terhadap hasil belajar kewirausahaan mahasiswa pendidikan vokasi dan memberikan kontribusi sebesar 15,7%.
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar ilham yuliady; Hendra Dani Saputra; Yogi Dian Alfana; A'yan Sabitah
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.189

Abstract

This research based on the problem of the learning process of the Engineering Mechanics course. The teacher center learning process causes students to be passive so that students feel bored because of one way communication. Based on data student learning outcomes, it is still not well achieved, therefore it is necessary to apply the numbered heads together learning model to improve learning motivation and learning outcomes. This type of reseach is a factorial 2x2. The subjects of this study were 48 students. The sampling technique is carried out random cluster sampling. Data collection by dissemination of learning motivation questionnaires and learning outcome test instruments and analyzed using two ways anova. Based on the results of data testing, it can be concluded that the Numbered heads together learning model can improve student motivation and learning outcomes. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan proses pembelajaran mata kuliah Mekanika Teknik. Proses pembelajaran yang terpusat pada dosen menyebabkan mahasiswa menjadi pasif sehingga mahasiswa merasa bosan karena komunikasi satu arah. Berdasarkan data hasil belajar mahasiswa masih belum tercapai dengan baik, maka dari itu perlu dilakukan penerapan model pembelajaran numbered heads together dalam peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini mahasiswa yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan random cluster sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran angket motivasi belajar dan Instrumen tes hasil belajar dan dianalisa dengan two ways anova. Berdasarkan hasil pengujian data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa.
Efektivitas Pengembangan Modul Gambar Teknik Mesin Berbasis Cooperative Learning Pada Mata Kulih Menggambar Teknik Zulfadli Zulfadli; Eliza Baharo; Wawan Purwanto; Erik Fernandes; Rahmadani Rahmadani
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.192

Abstract

This study aims to develop learning modules and produce effective modules in cooperative learning-based mechanical engineering drawing courses. The type of research used is development research, which we are more familiar with by the term Research & Development (R&D). This study uses the 4D model (four-D models). The 4D development procedures are Define, Design, Develop and Disseminate. The results of this study indicate that the difference in pretest and posttest learning outcomes is an increase of 19.4%, and seen from the aspect of learning activity, it is stated to be very high with an achievement percentage of 81.6%, it can be said that this development module is very effective in its application in engineering drawing courses machine. Based on the results of this study, it was concluded that the development of cooperative learning-based learning modules effectively improves student study results. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menghasilkan modul yang efektif pada mata kuliah gambar teknik mesin berbasis cooperative learniang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian pengembangan yang lebih kita kenal dengan istilah Research & Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D (four-D models). Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar pretest dan posttest terdapat peningkatan 19,4%, serta dilihat dari aspek aktivitas belajar dinyatakan sangat tinggi dengan persentase pencapaian 81,6%, maka dapat dikatakan modul pengembangan ini sangat efektif penerapanya di mata kuliah gambar teknik mesin. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis cooperative learning ini efektif untuk untuk meningkatkan hasil studi peserta didik.
Modifikasi Turbin Kaplan Dengan Variasi Draft Tube Untuk Menghasilkan Daya Listrik Amin Jakfar; Misbakhul Fatah; Ike Dayi Febriana
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.194

Abstract

Kaplan turbine manufacture has been tested with several variations, namely the diameter of the turbine blade, the angle of the turbine blade, and the angle of the Guide Vanes. However, the power generated is relatively small, namely 416,89 watt. This study aims to increase the power generated by Kaplan turbines. In this modification, a kaplan turbine will be made with a variation of draft tube with three different shapes, namely the type simple conical, simple elbow and elbow varying cross forms. The working principle is converting the potential energy of water into mechanical energy. The method used in this study is to vary the shape of the Draft Tube which can affect the performance of the kaplan turbine and the power it produces. The results from the kaplan turbine test obtained the highest rpm of 409 with a power of 426,16 watts on the simple conical type and the lowest rpm was 149 with a power of 54,79 watts on the simple elbow type. Dalam pembuatan turbin kaplan telah dilakukan pengujian dengan beberapa variasi yaitu diameter sudu tubin, sudut sudu turbin dan sudut guide vanes. Namun daya yang dihasilkan relatif kecil yaitu sebesar 416,89 watt. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya yang dihasilkan dari turbin kaplan. Pada modifikasi ini akan dibuat turbin kaplan dengan variasi draft tube dengan tiga bentuk berbeda yaitu bentuk type simple conical, simple elbow dan elbow varying cross. Prinsip kerjanya mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memvariasi bentuk draft tube yang dapat mempengaruhi performa turbin kaplan dan daya yang dihasilkan. Hasil dari pengujian turbin kaplan didapatkan rpm tertinggi 409 dengan daya 426, 16 watt pada type simple conical dan rpm terendah 149 dengan daya 54,79 watt pada type simple elbow.
Pengaruh Campuran Bioaditif Serai Wangi Pada Bensin RON 90 Terhadap Prestasi Mesin Dan Penghematan Bahan Bakar Sepeda Motor Budi Utomo Wisesa; M. Yasep Setiawan; Ahmad Arif; Ari Aryadi; Ichsan Nasution
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.197

Abstract

Citronella is a variety of bioadditives that are easily soluble and evaporate into fuel. The use of Bioadditives in fuel aims to improve engine performance and fuel economy. The method used in this research is an experiment with RON 90 Gasoline samples, and a mixture of Citronella Bioadditives with a ratio of S1-1.5%, S2-2.0%, S3-2.5%, S4-3.0%, and S5-3.5%. Engine performance testing using Sportdevice Dyno and impacted engine performance increased by 3.11% on the S4-3.0% type, and maximum torque increase reached 2.03% on the S2-2.0% ratio. The fuel economy test based on the distance traveled with 1000 ml of fuel volume per sample at an average speed of 40-60 km/h was able to achieve a savings of 20.93% on the S5-3.5% sample with a distance of 69.9 Km/l. This is different from RON 90 gasoline without citronella mixture can only be traveled as far as 57.8 km / l. Serai Wangi merupakan ragam bioaditif yang bersifat mudah larut dan menguap ke dalam bahan bakar. Pemakaian Bioaditif dalam bahan bakar bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dan penghematan bahan bakar. Metode yang dipakai dalam riset ini adalah eksperimen dengan sampel Bensin RON 90, dan campuran Bioaditif Serai Wangi dengan rasio S1-1,5%, S2-2,0%, S3-2,5%, S4-3,0%, dan S5-3,5%. Pengujian performa mesin mengunakan Sportdevice Dyno dan memberi dampak prestasi mesin meningkat sebesar 3,11 % pada jenis S4-3,0%, dan kenaikan torsi maksimum mencapai 2,03 % pada rasio S2-2,0%. Uji Penghematan bahan bakar berdasarkan jarak yang ditempuh dengan 1000 ml volume bahan bakar setiap sampel pada kecepatan rata-rata 40-60 km/jam mampu meraih penghematan sebesar 20,93% pada sampel S5-3.5% dengan jarak tempuh sejauh 69,9 Km/l. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bensin RON 90 tanpa campuran serai wangi hanya mampu ditempuh sejauh 57,8 Km/l.
Dampak Kadar Hardener Dan Jenis Thinner (Nc) Terhadap Hasil Lapisan Pengecatan Pada Cat Nitrocellulose (Nc) Fahmy Zuhda Bahtiar; Fahmy Fatra; Heru Sugiantoro; Riko Diki Arwanto
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v4i1.202

Abstract

This study aims to determine the effect of hardener volume and NC thinner types (super and ND) on the coating results, such as adhesion, gloss, hardness, and gasoline resistance to nitrocellulose paints (NC). This study used 5ml, 10ml, and 15ml of hardener volume variations with super and ND thinner types. The object of this research is nitrocellulose paints. This study found that the best adhesion test was produced at 5ml, 10ml, and 15ml of hardener volumes using super and ND thinners classified as 5B or 0% (percent area removed). For the best gloss test, the hardener volume was 15ml using super thinner with an average yield of 33,3 GU (Gloss Unit). The best hardness test was produced at volumes of 5ml, 10ml, and 15ml using super and ND thinners, while the best result for gasoline resistance testing was produced at volumes of 5ml, 10ml, and 15ml using super and ND thinners. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume hardener dan penggunaan thinner jenis NC (super dan ND) terhadap hasil coating seperti gloss, adhesi, hardness dan gasoline resistance terhadap cat NC. Penelitian ini menggunakan variasi volume hardener 5ml, 10ml dan 15ml dengan penggunaan jenis thinner super dan ND. Obyek penelitian ini adalah cat nitroselulosa merek steel gloss. Hasil pada penelitian ini didapatkan bahwa uji adhesi terbaik dihasilkan pada semua variasi volume hardener dengan menggunakan thinner super dan ND yang tergolong klasifikasi 5B atau 0%. Untuk uji kilap terbaik diperoleh pada volume hardener 15ml dengan menggunakan super tiner dengan yield rata-rata 33,3 GU (Gloss Unit). Uji kekerasan terbaik dihasilkan pada semua variasi volume menggunakan tiner super dan ND, sedangkan hasil terbaik untuk pengujian gasoline resistance dihasilkan pada semua variasi volume hardener menggunakan tiner super dan ND.

Page 1 of 1 | Total Record : 7