cover
Contact Name
Rusdyi Habyi
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung D. Lantai I. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Swasta Gane Raya Ferliska Coko; Rusdyi Habsyi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4435613

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Swasta Gane Raya. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 19 orang. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, dan lembar observasi, untuk guru dan siswa. Setiap data yang dianalisis merupakan ssandingan antra data observasi aktivitas guru, maupun aktivitas siswa dengan hasil belajar disetiap siklus. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh dengan teknik non tes, Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat persentase ketuntasan belajar, sikulus I siswa yang tuntas hanya 5 siswa dari19 siswa dengan presentase 26,32% rata-rata nilai 62,74, sedangkan pada siklus II, sebanyak 17 siswa yang tuntas dari 19 siswa dengan presentase 89,47% rata-rata nilai 78,79. Dari data tersebut didukung juga dengan aktivitas guru dalam menerapkan Pembelajaran Problem Solving dan aktivitas siswa.
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan Marjan Aswad; Isman M Nur
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4435619

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan dan faktor apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma serta untuk mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara, tes uraian yang terdiri dari 4 soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 13 siswa. Berdasarkan analisis terhadap jawaban tes tertulis dan analisisterhadap hasil wawancara dengan siswa mengenai kesulitan mereka dalammenyelesaikan soal-soal bentuk logaritma yang telah dijelaskan sebelumnya, makadapat diuraikan sebagai berikut: 1. Kesulitan pada subjek yang pertama (S1)Subjek 1 cenderung kurang memahami kurang telitidalam mengubah bilagan senilaisehinga terdapat kesalahan prosedur dan juga kurang paham operasi pembagian itu sendiri. Padahal untuk langkah mengerjakan matematika hal yang paling utamaadalah memahami konsep operasi, 2. Kesulitan pada subjek yang kedua (S2)Subjek 2 masih banyak kebingungan pada penerapan sifat-sifat logaritma yang adakarena alasan banyaknya sifat-sifat logaritma tersebut, 3.Kesulitan pada subjek yang ketiga (S3) Subjek 3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep, dan operasi. Padahal kesalahan konsep, operasi merupakan kesalahan mendasar yang sangatfatal dikarenakan kesalahan ini dapat menimbulkan kesalahan lainnya.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Stenli Ondokoi; Isnain Wali
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437753

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Ternate dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (Think Pair Share). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran pada siklus 1 terdiri atas 3 soal dengan jumlah skor 100, pada siklus 2 terdiri dari 3 soal dengan jumlah skor 100. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan data yang telah di kumpulkan akan di analisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat presentase ketuntasan belajar secara klasikal, setelah data di kumpulkan dengan menganalisis sehingga diperoleh hasil belajar pada tes awal siklus I sebesar 5,55% , 33,33% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Atematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Segitiga Dan Segiempat Nusli Gogasa; Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437756

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat,Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar matematika Dengan Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes yang sesuai dengan instrumen penelitian yaitu terdiri dari tes awal, tes akhir dan lembar observasi analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung Tingkat Penguasaan (TP) kemudian dikonversikan kedalam Pedoman Acuhan Patokan (PAP) Skala 5, menghitung nilai rata-rata siswa dengan rumus rata-rata, menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan uji Indeks Gain kemudian dikonversikan kedalam Interprestasi Nilai Gain (g) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,95 dan presentasinya 7495%.
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan Zasmi Darto; Yani Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 1 No 1 (2020): Jimat: Jurnal Ilmiah Matematika
Publisher : JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.4437761

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Konsep Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dan Subjek pelaku dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa yang pre tes dan post tes tentang hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar dengan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar model kontekstual sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Hasil belajar siswa pada pre tes hanya diperoleh 2 siswa atau 6,67 yang mendapat kualifikasi kurang dan 18 siswa atau 93,33 mendapat kualifikasi gagal serta tidak ada satupun siswa atau 0,0% mendapat kualifikasi memuaskan, baik atau cukup. Sedangkan pada post tes diperoleh 9 siswa atau 36,67% memperoleh kualifikasi memuaskan, 1 siswa atau 23,33% memperoleh kualifikasi baik, 7 siswa atau 30% yang memperoleh kualifikasi cukup, 3 siswa atau 10% memperoleh kualifikasi kurang dan tidak ada satupun yang mendapat kualifikasi gagal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5