cover
Contact Name
Rusdyi Habyi
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung D. Lantai I. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)" : 7 Documents clear
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan Asbar Jamin; Asmira Sudiman
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7416681

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP islam samargalila labuha dan faktor apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pacahanadapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan pecahan serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 4 soal. sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii b smp islam samargalila labuha tes yang digunakan untuk penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalaha yang dilakukan siswa dalam menyelesikan soal-soal operasi pecahan, data yang behubungan dengan penyelesain soal-soal operssi pecahan dapat diperoleh melalui tes yang dan kemudian hasilnya di diberikan kemudian hasilnya dianalisis selain tes yang digunakan ada juga wawancara yang tujuannya adalah untuk menganalisis serta mencari tahu penyebab kesalahan-kesalahan siswa tersebut data didapat dari hasil tes yang di analisis melalui presentase tingkat penguasaan hasil siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes. setiap siswa masih sering melakukan kesalahan pada tahap- penyelesaian sial. karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, operasi dan prosedur untuk menyelesaikan soal tes yang diberikan Oleh Guru.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Noviyanti Nabila; Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7416551

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat(Suatu penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Halmahera TengahTahun ajaran 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengmpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa kelas VII SMP tahun ajaran 2022 pada siklus I presentasi keaktifan siswa besebar 56% dan presentasi klasikal sebesar 50%, dan pada siklus II Mengalami peningkatan keaktifan sebesar 59% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50% Hasil penelitian menunjukan bahwa medel pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Halmahera Tengah materi Bilangan Bulat 2022 pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh siswa masih kurang yaitu 46,2 Dengan ketentuan klasikal 47%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,85 Dengan ketentuan klasikal 80%.
Meningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Thorndike Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Fahria Jakaria; Yani Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7416603

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran thorndike dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 3 Maba. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 18 orang. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, dan lembar observasi, untuk guru dan siswa. Setiap data yang dianalisis merupakan sandingan antara data observasi aktivitas guru, maupun aktivitas siswa dengan hasil belajar disetiap siklus. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh dengan teknik non tes, Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat persentase ketuntasan belajar, siklus I siswa yang tuntas hanya 1 siswa dari18 siswa dengan presentase 50% rata-rata nilai 49,70, sedangkan pada siklus II, sebanyak 16 siswa yang tuntas dari 18 siswa dengan presentase 74% rata-rata nilai 74,72. Dari data tersebut didukung juga dengan aktivitas guru dalam menerapkan Pembelajaran Thorndike dan aktivitas siswa.
Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa Irfawandi Samad; Ari Wibowo
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7416605

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Accelerated learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Rappang yang berjumlah 86 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 30 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan angket. Data yang dikumpul di analisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif, statistic inferensial dan analisis angket. Dari hasil analisis statistic, diperoleh nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 53,12 dan kelas control 52,2. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen yaitu 88,18 dan kelaskontro l61,01. Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 88%. Untuk lembar keterlaksanaan peneliti rata-rata persentase 100%. Berdasarkan hasil persentase angket disposisi matematis siswamenunjukkan bahwa dari 14 pernyataan yang diberikan rata-rata persentase yang merespon positif mencapai 96%, sedangkan rata-rata persentase yang merespon negative hanya 4%. Jika ditinjau berdasarkan criteria penafsiran persentase jawaban angket disposisi matematis siswa yang merespon positif berada pada persentase criteria dengan penafsiran hampir seluruhnya yang merespon positif. Hasil perhitungan uji t untuk data post-test diper oleh data nilai thitung>ttabel yaitu 11,230> 1.669, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian signifikansi di dapat 0,000, karena signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis statistic deskritif, statistic Inferensial dan analisis angket disimpulkan ada pengaruh penerapan model accelerated learning terhadap disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri Rappang
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Kristen Dian Halmahera Nurlaila H Tasanif; Adrian M Djababu
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7416639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Kristen Dian Halmahera, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variable pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Kristen Dian Halmahera melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika sistem persamaan linear dua variabel siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini terdiri dari 33 peserta didik, Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi (evaluasi) hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMA Kristen Dian Halmahera. Pada proses pembelajaran hasil peneliti mengungkapkan adanya peningkaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Skor rata-rata yaitu 60% pada tindakan siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82%. menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22% yaitu dari Tindakan siklus I nilai rata-rata sebesar 60 menjadi 82 pada siklus II dengan total peningkatan sebesar 22%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi disamping itu siswajuga lebih disiplin aktif dan bertanggung jawab dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Pengaruh Efikasi Diri Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Muhammad Awal Nur
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7474984

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh efikasi diri matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah penelitian kuantitaftif ex-post facto. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA di Kabupaten Bulukumba dengan jumlah 144 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa efikasi diri matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA dengan taraf siginifikan 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel efikasi diri matematika sebesar 0,240. Besarnya pengaruh efikasi diri matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu 18,6 %. Kesimpulan penelitian ini yaitu efikasi diri matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA
Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Soleman Talib
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 3 No 2 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Juli - Desember 2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7634299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 4 SDN Mafututu Kecamatan Tidore. Siswa yang dikenai tindakan kelas berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan yang rata-rata memiliki kemampuan sedang pada mata pelajaran matematika dengan tingkat ketuntasan belajar antara 54,8 % - 63 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Mafututu Kecamatan Tidore Timur dalam pembelajaran luas bangun datar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I diperoleh hasil yaitu 31 orang peserta didik hanya 21 orang atau 67,74% yang memperoleh ketuntasan belajar, mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 16,13% sehingga siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 26 orang atau 83,87%. Peningkatan hasil belajar itu tidak terlepas dari adanya peningkatan motivasi belajar matematika yang dapat dilihat dari angket motivasi menunjukkan persentase rata-rata motivasi intrinsik siswa tinggi secara klasikal pada siklus I sebesar 65,65% merningkat menjadi 81,08% pada siklus II. Sedangkan persentase rata-rata motivasi ekstrinsik siswa yang tinggi secara klasikal pada siklus I sebesar 66,86% meningkat menjadi 80,24% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis tindakan “Jika dalam pembelajaran materi luas bangun datar dilakukan dengan pendekatan kontekstual, maka motivasi dan hasil belajar siswa akan meningkat” diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 7