cover
Contact Name
Baskoro Nugroho Putro
Contact Email
baskoro.np@staff.uns.ac.id
Phone
+6281233404576
Journal Mail Official
phedheral@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keolahragaan UNS Jl. Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Physical Education, Health and Recreation Journal
ISSN : 19793103     EISSN : 27973476     DOI : -
Core Subject : Education,
Physical Education Sports Tourism Sport Coaching Physical Activities Sports Biomechanics Sports Pedagogy Sports Physiology Sports Psychology Traditional Sports
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 63 Documents
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI DAN LOMPAT MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL Abdul Malik
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50547

Abstract

The purpose of this study is to improve the learning results of basic motion run and jump through the traditional game in learning pemas on third grade students MIN SROYO Jaten Karanganyar teaching 2016/2017. This research is a Classroom Action Research (CAR). This study was conducted in two cycles, consisting of four stages in each cycle consisting of planning, action implementation, observation and reflection. Subjects in Action Research This class is the third grade students MIN SROYO Jaten Karanganyar, amounting to 31 students consisting of 16 students and 15 female students. Sources of data in this study come from students, researchers and teachers who act as collaborators. Techniques of collecting data using tests and observations. Data validity using data triangulation technique. Data analysis using qualitative descriptive technique based on qualitative analysis percentage. Result of research on prasiklus only 11 complete student (35.49%) and 20 students unfinished (64,51%). In the first cycle obtained the results of student learning that has been completed as many as 18 students (58.07%) and 13 students are not complete (41.93%). With the acquisition of affective averages (77.42%), psychomotor (35.49%) and cognitive (83.87%). In the second cycle obtained the results of student learning that has been completed as many as 26 students (83.87%) and 5 students is not complete (16.13%). With the acquisition of affective averages (96.77%), psychomotor (74.19%) and cognitive (83.87%) Based on the analysis results from cycle I and cycle II showed a significant increase and target achievement. Based on the results of the research obtained the conclusion that: The use of simple aids in learning can improve the learning results of basic motion run and jump on the students of class III MIN SROYO Jaten Karanganyar academic year 2016/2017.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PENCAK SILAT Bahrul Ulum Muhammad; Agus Mukholid; Sri Santoso Sabarini
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50548

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat Siswa Kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 25 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase.Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar teknik dasar pencak silat dari Pra Tindakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar Pra Tindakan hasil belajar teknik dasar pencak silat siswa yang tuntas sebesar 40% dan tidak tuntas sebesar 60% dengan rincian jumlah siswa yang tuntas adalah 10 siswa dan tidak tuntas adalah 15 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 68% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 88% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 22 siswa. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat siswa kelas VIII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen tahun ajaran 2016/2017.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG Dian Noviana Ertanti; Djoko Nugroho
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50549

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar guling belakang peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlas 25 peserta didik. Sumber data adalah peserta didik, guru, dan peneliti. teknik pengumpulan data adalah dengan   observasi dan tes. Validitas data dengan  menggunakan  teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.Pelaksanaan tindakan pada   siklus I dan siklus II terjadi proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat  mendukung terjadinya pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan  dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar guling belakang siklus I sebesar 40% atau 10 dari 25 peserta didik dan pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar mencapai 80% atau 20 dari 25 peserta didik, sedangkan 5 peserta didik tidak tuntas sehingga hasil belajar sudah melampaui target capaian yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 80%. Simpulan  penelitian ini adalah melalui model pembelajarana cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang pada peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2107.
PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI MINI Dwi Fitrianingsih; Budhi Satyawan
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50550

Abstract

The purpose of this research is to improve learning outcomes basic of mini volleyball with implementation play approaches to learners iv a grade of mi muhammadiyah jimbung, in the academic year 2016/2017.This study close to practice clas action. Study held in 2 cycle consists of 4 steps in every cycle consists of planning, action, oservation and reflection. Subject in this study is learners of IV A MI Muhammadiyah Jimbung whichamounts to 22 learners, 12 male and 10 female. Data collection technique with test and observation. Data validation use triangulation data. Data analysis use descriptive qualitative with precentage tehnique.The result are 27,27% complete and 72,72% uncomplate. This first cycle obtained resut 59,09% complate and 40,91% uncomplate with averaage value of psychomotor 59,09%, affective 81,81% and cognitive 68,18%. Second cycle obtained results86,46% complate and 13,64% uncomplatewhith average value psychomotor 77,27%, affective 90,90%, and cognitive 81,81%. Based of analysis result from 2 cyclle show increase and suitable with achievement target.Conclusion on this study is implementation approaches can improve learning outcomes basic of mini volleyball on IV A MI Muhammadiyah Jimbung. In the academic year 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN Fadly Ambar Kusuma Wardana; Hanik Liskustyawati
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50551

Abstract

Tujuan penelitian adalah “untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Gerak Dasar Lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017”.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah peserta didik Kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. Yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 9 peserta didik putra dan 13 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan hasil belajar. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan kuantitatif.Hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu hasil belajar gerak dasar lari. Hasil belajar gerak dasar lari pada siklus I diperoleh hasil nilai psikomotor yang tuntas adalah 36,35% atau 8 peserta didik, dari nilai afektif yang tuntas adalah 45,45% atau 10 peserta didik, dari nilai kognitif yang tuntas adalah 68,2% atau 15 peserta didik, dan yang tergolong dalam kategori tuntas adalah 40,9% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 9 peserta didik. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar gerak dasar lari peserta didik dalam kategori tuntas sebesar 90,9% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 20 peserta didik, dari nilai psikomotor yang tuntas adalah 72,7% atau 16 peserta didik, dari nilai afektif yang tuntas adalah 90,9% atau 20 peserta didik, dan dari nilai kognitif yang tuntas adalah 100% atau 22 peserta didik tuntas semua.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR PERMAINAN KIPPERS MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN Irsan Rifai; Agus Kristyanto
PHEDHERAL Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i1.50552

Abstract

The purpose of this research was to improve the study result of basic movement in kippers on students in class 4B Bratan 1 State Elementary School No.71 Surakarta school year 2016/2017.This research was a Class Action Research. This research was done in two cycles, with each cycle contains planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were 36 students in class 4B Bratan 1 State Elementary School No.71 Surakarta. The sources of data were from teachers, students, and researchers. The techniques of collecting data were observation, test. The validity of the data used data triangle technique. The technique of analyzing the data used descriptive technique which based on the quantitative analysis with percentage.From the analysis, the result obtained from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. This was observed from the study result of the students on pre-cycle. From 36 students, it was only 12 students who passed and 24 students who failed or with percentage 33,3% of students who pass and 66,7% of students who failed. Then the study result which was shown by students from cycle I showed the improvement of 20 students or 55,6% who passed and 16 students or 44,4% who failed. In cycle II, the improvement of the study result was 86,1% or 31 students who passed and 13,9% or 5 students who failed.The conclusion of this research was using the modification of education tool could improve the study result of basic movement in kippers game on students in class 4B Bratan 1 State Elementary School No.71 Surakarta school year 2016/2017.
PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNDER THE BASKET SHOOT Abi Marza Ramadhan; Agus Margono; Budhi Satyawan
PHEDHERAL Vol 14, No 2 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i2.50553

Abstract

This research aims to increase the result of under the basketball shoot on X.7th Grade in Magetan 2 Senior High School 2015 / 2016 using learning media.This research is Classroom Action Research, this research was conducted in two cycles, with each cycle consists of planning, action, observing, reflecting. The research subject are X.7th Grade in Magetan 2 Senior High School 2015 / 2016 that consist 31 students, 15 males and 16 females. The data source for this research is obtained from teachers and students. Data collection techniques are observation and assessment on volleyball service learning outcome. Technique for analyzing data is descriptive technique that is based qualitative analysis using percentage.The result of data analysis can be presented as follows, ranging from pre-action to the 1st cycle then to the 2nd cycle. On the pre-action, the students hadn’t shown good learning outcome. Very good is category on 12,9% or 4 out of 31 students, good category is on 9,67% or 3 out of 31 students, Average is category on 9,67% or 3 out of 31 students, bad category is on 51,63% or 16 out of 31 students, and very bad category is on 16,13% or 5 out of 31 students. From these data can be concluded that there are 10 students or 32,26% who pass the criteria while 21 students or 67,74% do not. On the 1st cycle, there are improvement result of under the basketball learning, very good category is 12,9% or 4 out of 31 students, good category is on 25,81% or 8 out of 31 students, average category is on 29,03% or 9 out of 31 students, Bad category is on 25,81 % or 8 out of 31 students, very bad category is on 6,45 % or 2 out of 31 students . From these data can be concluded that there are 21 students or 67,74% who pass the criteria while 10 students or 32,26% do not. On 2nd cycle, Very good category is on 16,13% % or54 out of 31 students, good category is on 35,48 % or 11 out of 31 students, average category is on 32,26% or 10 out of 31 students, bad category is on 16,13% or 5 out of 31 students, and very bad is on 0%. From these data, can be concluded that out of 31 students, 26 students or 83,87% fulfill the criteria while 5 students or 16,13% do not. From data analyz above, showing improvement the result of under the basketball shoot.Based on the result of the research can be concluded that: the use of learning media can increase the learning outcome of under the basketball shoot on X.7th Grade in Magetan 2 Senior High School 2015 / 2016.
PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET Tomi Hendra; Agus Mukholid
PHEDHERAL Vol 14, No 2 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i2.50554

Abstract

This research aims at improving the learning outcome of the basketball shooting basis technique on the VIII-A grade students of SMP Negeri 14 Surakarta in the Academic Year of 2016/2017.This research is conducted in two cycles in which each cycle consists of two meetings. The subjects of this research are 30 VIII-A grade students of SMP Negeri 14 Surakarta with 16 female students and 14 male students. The data collection technique uses observation, test, and documentation. The data validity uses data triangulation technique. The data are analyzed using qualitative and quantitative.The research finding in the pre-cycle was that there were only 12 students who passed (40%) and the other 18 students had not passed (60%). In the cycle I, there were 19 students passed (63.3%) and 11 students still had not passed (36.67%) with the average score of affective (60%), psychomotor (76.67%), and cognitive (66.67%). In the cycle II it is obtained that there were 25 passed-students (83.33%) and 5 students still had not passed (16.67%). With the average score of affective (80%), psychomotor (83.33%), and cognitive (86.67%). Based on the analysis result on the cycle I & II, it shows an increase in learning outcome of basketball shooting.
MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN OUTDOOR Rafat Wahidin; Sunardi Sunardi
PHEDHERAL Vol 14, No 2 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i2.50555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor melalui permainan outdoor. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Danaraja Banyumas pada tahun ajaran 2016/2017.Subyek penelitian adalah siswa kelas II berjumlah 26 siswa dan obyek penelitinnya adalah meningkatkan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor melalui permainan outdoor. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari 6 kali pertemuan, kemudian tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah semua data yang tersedia, baik data kuantitatif secara statistik deskriptif komparatif (persentase) maupun data kualitatif secara analisis kritis.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan outdoor dapat meningkatkan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor yang semula pada prasiklus kelulusan sebesar 34,6% menjadi 61,5% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,9%, sehingga kompetensi mengalami peningkatan sebesar 42,3%.
PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT Bella Wahyu Indriwati; Djoko Nugroho
PHEDHERAL Vol 14, No 2 (2017)
Publisher : PJKR FKOR UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/phduns.v14i2.50556

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar lompat melalui pendekatan bermain pada siswa Kelas IV SD N Pajang IV Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD N Pajang IV Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang di dasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Dari analisis yang diperoleh hasil dari kondisi awal siswa yang tuntas hanya 11 siswa atau 40,75%, di siklus pertama siswa yang tuntas menjadi 17 siswa atau 62,96%, dan di siklus kedua siswa yang tuntas menjadi 22 siswa atau 81,48%, sedangkan 5 siswa lainnya yang belum tuntas.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa Kelas IV SD N Pajang IV Tahun Ajaran 2016/2017.