cover
Contact Name
Hening Widowati
Contact Email
biolova@ummetro.ac.id
Phone
+6285855777336
Journal Mail Official
biolovaummetro@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iring Mulyo, Metro Timur, Metro, Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
BIOLOVA
ISSN : 27164748     EISSN : 2716473X     DOI : https://doi.org/10.24127/biolova.v1i2
Biolova is a journal that aims to publish articles dedicated to the development education biology, Biolova journal receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the study of literature, ideas, application of theory, critical analysis study, and studies to the Islamization of science education in the field of Biology Special emphasize are as follow: 1.Biology curriculum, 2. instructional media and evaluation Biology 3. Research on Learning Biology 4. Class Action Research (CAR) and Lesson Study in Biology. 5. Other Qualitative Research of Biology Education. 6. The school management and Biology/science laboratory management. 7. Teacher Professional Issues/Trends in Biology Education. 8. Research on Environmental education 9. Research the Islamization of science education in the field of Biology 10. Science Biology : Microbiology, Zoology, Ecology, Botany, Genetic, Biotechnology and Molecular Biology
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF *Iin Murtini; Nurul Ika Noviyanti; Windy Rosyada Mukti; Susriyati Mahanal
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3357

Abstract

Education needs renewal to produce a generation that has skills in accordance with the demands of the 21st century. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the lesson study-based SSCS (search, solve, create, and share) learning model on creative thinking skills. This type of research is classroom action research (CAR) combined with lesson study. The research was conducted at the State University of Malang with 30 student subjects. The instruments used in this study were observation sheets, student questionnaires, creative thinking questions, and rubrics. The results of this study indicate that there is a difference between pre-treatment, cycle I, and cycle II, as indicated by F count > F table, or, as it can be said, 3.11 > 3.10, so it can be concluded that the learning model used by the model lecturer is able to improve creative thinking skills
Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Melalui Simulasi PhET : Kasus Mekanisme Seleksi Alam Pada Matakuliah Biologi Umum Rachmalia Vinda Kusuma; *Ali Mustofa
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3364

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi mahasiswa melalui penggunaan simulasi PhET pada materi seleksi alam pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika UNIROW. Subjek penelitian melibatkan 30 objek penelitian mahasiswa Pendidikan biologi dan Pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data melalui tes yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan uji paired sample T-test dan aktivitas belajar. Hasil analisis uji t menghasilkan output Sig. (2 tailed) 0,000 <0,05, maka H0 ditolak, dan HA diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan postest keterampilan argumentasi melalui media simulasi PhET pada mahasiswa Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika. Hasil keterampilan argumentasi menunjukkan bahwa profil keterampilan argumentasi mahasiswa Pendidikan biologi dominan pada level 4 dan 5 sedangkan mahasiswa Pendidikan matematika menunjukkan level 2 dan 3. Pola argumentasi mahasiswa menunjukkan hasil yang bervariasi paling tinggi dengan pola CWBDRQ dan pola paling rendah adalah CW dan CD. Perbedaan level argumentasi disebabkan karena adanya bias kebiasaan pada pembelajaran. Mahasiswa Pendidikan biologi terbiasa dengan pembelajaran praktikum dan fenomena yang dapat mengkonstruksi kemampuan mahasiswa dalam belajar sehingga keterampilan argumentasinya lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa Pendidikan matematika.
ELABORASI PRFOFESIONALISME GURU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN *Dasrieny Pratiwi; Friska Octavia Rosa; Arif Rahman Aththibby
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3390

Abstract

Abstrak: Keberhasilan pembelajaran merupakan harapan dari pelaksanaan pendidikan. Salah satu kunci keberhasilan ada pada profesionalisme yang dimiliki oleh guru. Perencanaan dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh seorang guru sebelum mengajar, hal ini akan menentukan aktivitas pembelajaran seperti apa yang dirancang oleh guru sehingga dapat memfasilitasi pengembangan dari keterampilan yang dimiliki oleh peserta didiknya. Kemampuan ini merupakan kewajiban dan menjadi bagian dari profesionalisme yang dimiliki guru. Perlu ada pembiasaan dan latihan bagi seorang guru untuk dapat melakukannya, hal ini tentunya dapat dilakukan pada saat mereka ada pada jenjang pendidikan guru (calon guru). Pengalaman mereka selama menjalani proses menjadi guru tentu akan menentukannya, untuk itu perkuliahan yang melatihkan profesionalisme guru perlu ada pembaharuan dalam menyajikan dalam rangka memfasilitasi calon guru untuk dapat secara tekun dan cermat membuat rancangan pembelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran digital dapat menjadikan salah satu cara pembaharuan di dalam perkuliahan untuk melatihkan profesionalisme dari calon guru agar kelak mereka menjadi guru yang kompeten, khususnya merencanakan pembelajaran. Artikel ini membahas kajian mengenai upaya untuk melatihkan profesionalime guru khususnya dalam membuat perencanaan pembelajaran sedari dini melalui perkuliahan yang menggunakan media pembelajaran digital. Kata kunci: calon guru, media pembelajaran, profesionalisme, merencanakan pembelajaran Abstrack: The success in learning is the hope of the implementation of education. One of the success keys factors is the professionalism of the teacher. Lesson plans need to be made by a teacher before teaching. This will determine what kind of learning activities are designed by the teacher so it can facilitated the skill development of the students. This ability is an obligation and becomes part of the professionalism of the teacher. There needs to be habituation and training for a teacher to be able to do this, of course this can be done when they are at the teacher education level (prospective teachers). Their experience while undergoing the process of becoming teachers will certainly determine it, for this reason lectures that train teacher professionalism need to be updated in presenting it in order to facilitate prospective teachers to be able to diligently and carefully make learning plans. Through the use of digital learning media, it can be a way of updating in lectures to train the professionalism of prospective teachers so that in the future they become competent teachers, especially lesson plan. This article discusses studies regarding efforts to train teacher professionalism, especially in making lesson plans from an early age through lectures that use digital learning media. Key word: prospective teachers, learning media, professionalism, lesson plan
MEMPERSIAPKAN LUWAK UNTUK MEMPRODUKSI KOPI SEHAT BERKELANJUTAN Afiqah Khairunnisa; Riyanti Ningsih; Dian Indriyani; Muhammad Rizky Sihab; Qonita Fadillaturrahmah; *Hening Widowati
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3211

Abstract

Musang atau biasa disebut luwak memiliki nama latin Paradoxurus hermaphrodites. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan hewan luwak sehingga mereka dapat menghasilkan kopi sehat yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada penelitian deskriptif dan penelitian jurnal berbasis usia. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan memilih luwak sebagai penghasil kopi yang baik adalah umur, daya konsumsi kopi, bulu, vitalitas luwak dan respon terhadap lingkungan dan berat badan. Lendir segar memiliki pH sekitar 6,5 selama fermentasi dan akan turun secara signifikan menjadi 4,1 - 4,3. Praktik kesejahteraan hewan yang diterapkan dalam politik luwak juga mempengaruhi produksi kopi yang dihasilkan luwak, misalnya bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih luwak sebagai penghasil kopi yang baik adalah umur, kemampuan mengkonsumsi kopi, bulu, cara kerja musang dan bereaksi terhadap lingkungan serta berat badannya. Hanya biji kopi terbaik yang di makan oleh luwak. Kopi luwak memiliki rasa yang unik dan tingkat keasaman yang rendah, halus seperti sirup. Buah mengalami fermentasi di saluran pencernaan. Kulitnya benar-benar tercerna sedangkan buahnya tetap utuh dan dikeluarkan melalui fesesnya.
STUDI BIOREMEDIASI PENGOLAHAN TANAH UNTUK PRODUKTIVITAS TIMUN DAN BUNCIS BERKELANJUTAN DI KEBUN SAYUR SEKINCAU LAMPUNG BARAT Denti Kusumasyari; Putri Aisyah; Sudaryanti Sudaryanti; Susiani Susiani; Zaini Abrori; *Agus Sutanto
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3237

Abstract

Sayuran merupakan makanan sumber vitamin dan kaya akan serat yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Sayuran yang sehat hanya didapat dari tanah pertanian yang sehat dan bebas pencemaran, termasuk pencemaran pestisida. Sekincau terletak di Lampung Barat Propinsi Lampung, yang sangat terkenal pertanian sayuran. Berbagai jenis sayuran seperti kol, tomat, wortel, timun, buncis, labu, dan lain-lain sangat cocok dengan kondisi Sekincau yang sejuk, bahkan sering terjadi hujan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bioremediasi pengolahan tanah untuk produktivitas timun dan buncis berkelanjutan di kebun sayur Sekincau Lampung Barat melalui telaah kajian hasil penelitian dan kegiatan Jelajah Alam Sekitar. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa pada lahan sawi, timun, buncis, dan wortel memiliki rata-rata intensitas cahaya sebesar 2000 Cd, pH 7, dan kelembaban sebesar 100% RH. Kesimpulan yaitu proses pengomposan secara sederhana terdiri dari beberapa tahapan, pengomposan dimulai dari pemilihan sampah, pengecil ukuran, penyusun tumpukan, pembalikan, penyiraman, pematangan penyaringan, serta pengemasan dan penyimanan. Hasil penen petani menunjukkan produktivitas yang bagus dibandingkan dengan pupuk kimia, diperkirakan untuk beberapa jenis sayuran dapat menghasilkan rata-rata ± 1 ton/Ha. Kata Kunci : Bioremediasi, Pengolahan Tanah, Produktivitas
FERMENTASI ENZIMATIS KOPI ROBUSTA (Coffea robusta) UNTUK PRODUKSI KOPI LUWAK KOPI SEHAT BERKELANJUTAN MELALUI PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) Desi Elvita Sari
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3238

Abstract

Abstrak: Pendekatan pembelajaran JAS adalah salah satu inovasi pendekatan pembelajaran Biologi dan merupakan kajian ilmu lain yang bercirikan memanfaatkan lingkungan sekitar dan simulasinya sebagai sumber belajar melalui kerja ilmiah, serta diikuti pelaksanaan belajar yang berpusat pada peserta didik. Kopi luwak merupakan kopi yang menggunakan biji kopi yang telah diproses dari system pencemaran hewan luwak/musang. Biji kopi ini berada di dalam saluran pencernaan luwak selama 12 jam diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Bioteknologi kopi luwak dapat dilakukan dengan proses meniru fermentasi enzimatis seperti yang terjadi dalam perut luwak. Jenis luwak bulan saat memakan biji kopi pada malam hari bisa menghasilkan 1 kg kopi luwak. dan jenis luwak pandan bisa menghasilkan 5 kg kopi luwak.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL STAD DAN TGT BERDASARKAN PENGELOMPOKAN KEMAMPUAN AKADEMIK TINGGI DAN RENDAH TERHADAP BIOLOGI KOGNITIF *Dwi Noviawan; Karwono Karwono; Handoko Santoso
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3310

Abstract

Riset di SMAN 5 Metro Tanggal 14 Juni - 30 September 2017. X1 (STAD dan TGT), X2 (Kemampuan Akademik Tinggi dan Rendah), Y (Biologi Kognitif). Eksperimen Faktorial 22. Sampel STAD 28, TGT 28 berdasarkan kemampuan akademik tinggi dan rendah. Pengambilan sampel acak bertingkat. Dokumentasi dan tes. Anova 2 jalur, uji t independent dan berpasangan. Tujuan: 1) membedakan biologi kognitif STAD dan TGT. Menunjukan hasil 0.689 > 0.05 tidak ada perbedaan dikeduanya. 2) membedakan biologi kognitif dari kemampuan tinggi dan rendahnya akademik. Hasilnya 0.891 > 0.05, artinya tidak berbeda. 3) berdasarkan akademik tinggi, digunakan model STAD dan TGT, membedakan biologi kognitifnya. Hasilnya Sig 0,854 (p > 0,05) artinya tidak berbeda. 4) berdasarkan kelompok akademik rendah, digunakan model pembelajaran STAD dan TGT, membedakan biologi kognitif. Perhitungan SPSS nilainya Sig 0,833 (p > 0,05) berarti tidak berbeda. 5) mengetahui interaksi STAD dan TGT berdasarkan kemampuan akademik tinggi dan rendah terhadap biologi kognitif. Uji ANOVA 2 arah hasil X1 kepada Y Sig. 0.205 > 0.05 interaksi X2 kepada Y Sig 0.233 > 0.05 intraksinya tidak signifikan. Interaksi X1 dan X2 terhadap Y Sig. 0.443 > 0.05 interaksinya tidak signifikan.
PENGARUH VARIASI JUMLAH ISOLAT BAKTERI PADA PUPUK ORGANIK KULIT KOPI (POKP) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI KERITING ( Capsicum annum L) DENGAN PENANAMAN SISTEM TUMPANGSARI UNTUK PENYUSUNAN BROSUR SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT Suprayitno Suprayitno; Agus Sutanto; Muhfahroyin Muhfahroyin
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3332

Abstract

Chili is one of the important vegetable commodities that have prospective business opportunities. Curly chili pepper is one of the important horticultural plants that are cultivated commercially. Organik fertilizers include the compound fertilizers because they contain macronutrients (N, P, K) and micronutrients (Ca, Mg, Fe, Mn, Bo, Zn, and Co) which can improve the structure of soil fertility. This study aimed to find the effects of the application of coffee husk organik fertilizer (CHOF) for the growth of curly chili pepper (Capsicum annum L). The results showed that the organik fertilizer of coffee husk P3 variation with a total of 9 bacterial isolates (50% composition of coffee husk, 25% leaves, 12.5% husk charcoal, and 12.5% goat manure) gave the best effect on growth (height and some shoots) on curly chili pepper plants (Capsicum annum L). The results of Brochure validation showed that brochures were possible to use as the information media in the world of formal and non-formal education.
KEANEKARAGAMAN IKAN AIR TAWAR DI SUNGAI SAKTI BUANA, KABUPATEN LAMPUNG TENGAH *Niko Efendi; Hifni Septina Carolina
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3360

Abstract

Sungai Sakti Buana memiliki potensi keanekaragaman ikan air tawar yang belum pernah diidentifikasi spesiesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis ikan air tawar, mengukur indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, dan indeks dominansi yang ada di Sungai Sakti Buana. Metode penelitian yang digunakan yakni eksploratif, jenis ikan diidentifikasi menggunakan berbagai referensi yang bersifat valid, dan data dianalisis menggunakan rumus Shannon Wiener. Hasil dari penelitian ini mendapatkan 20 spesies ikan yang berhasil teridentifikasi dengan nilai indeks keanekaragaman sebesar 2,48, indeks keseragaman mencapai 0,83, dan indeks dominasi sebesar 0,12. Penting adanya penelitian lanjutan dengan melakukan pengulangan dalam pengambilan sampel dan menambah titik lokasi penangkapan ikan. Kata Kunci: ikan air tawar, keanekaragaman, Sungai Sakti Buana
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN EKOSISTEM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL BORG DAN GALL *Noviardi Saputra; Karwono Karwono; Muhfahroyin Muhfahroyin; Alvina Putri Purnama Sari
BIOLOVA Vol 4 No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Februari 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/biolova.v4i1.3375

Abstract

Pendidikan saat ini semakin berkembang sehingga menuntut setiap masyarakat pendidikan untuk dapat mengikuti setiap perkembangannya, salah satunya di tingkat sekolah menengah atas. SMK merupakan salah satu sekolah yang selalu mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan kualitas lulusannya yang siap menghadapi lapangan pekerjaan. Salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan yaitu dengan melakukan proses pembelajaran yang baik dan maksimal, terutama penggunakan media pembelajaran. Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik karena menarik dan interaktif. Penelitian ini emerupakan penelitian deskriptif tentang proses pengembangan media pembelajaran berbasis android. Proses pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall.

Page 1 of 1 | Total Record : 10