cover
Contact Name
Ira Vahlia
Contact Email
emteka@ummetro.ac.id
Phone
+6285768428721
Journal Mail Official
emteka@ummetro.ac.id
Editorial Address
Jalan Ki Hajar Dewantara Iringmulyo Metro Timur Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27465608     EISSN : 27465594     DOI : https://doi.org/10.24127
Core Subject :
Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on Mathematics, High order thinking skills (HOTS), Creative thinking, Critical thinking, dsb
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022)" : 10 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA Ira Vahlia; Neli Ramadhani; Nia Lorenza; Ninda Ahmad Febrilia
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1164

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Mataram Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal statistika. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Mataram Lampung Tengah, Data diperoleh dari hasil tes tertulis materi statistik dan hasil wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 9 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah menyelesaikan soal statistika, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang; (a) Siswa mampu memahami masalah dengan menuliskan informasi yang diketauhi di dalam soal, hanya saja siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang siswa tidak menuliskan informasi yang diketahui di dalam soal, (b) Pada tahap merencakan siswa mampu mencari hal hal yang perlu dicari untuk melakukan penyelesaian masalah, (c) Siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah; (a) Siswa kurang memahami masalah atau informasi yang diketahui di dalam soal, (b) Pada tahap perencanaan siswa mampu menebak konsep atau rumus yang diperlukan akan tetapi pada pelaksanaan siswa tidak melakukan sesuai rencana. Kata kunci: Analisis; pemecahan masalah; Statistika ABSTRACT This study aims to analyze the students' ability to solve math problems in the statistical material of class VIII SMPN 1 Bandar Mataram, Central Lampung. This type of research is descriptive qualitative. This study seeks to describe problem solving skills in solving statistical problems. This research was conducted by eighth grade students of SMPN 1 Bandar Mataram, Central Lampung. The data were obtained from the results of written tests of statistical materials and interviews. The subjects in this study were 9 students who were randomly selected. Based on the results of problem solving ability to solve statistical problems, students who have high and moderate problem solving abilities; (a) Students are able to understand the problem by writing down the information that is known in the problem, only students who have problem solving abilities are students who do not write down the information that is known in the problem, (b) At the planning stage students are able to find things that need to be looked for do problem solving, (c) Students are able to carry out the plan of completion according to what has been planned. Students who have low problem solving skills; (a) Students do not understand the problem or information that is known in the problem, (b) At the planning stage students are able to guess the concept or formula needed but in the implementation students do not do as planned. Keywords: Analysis; problem solving ; Statistics
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X PADA MATERI SPLDV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI Rina Agustina; Tia Kinanti; Titin Tri Bunganingrum; Trimas Rifah
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1168

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membahas kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan PMRI. Dan untuk menjelaskan jenis-jenis kesulitan yang dialami oleh siswa ketika belajar matematika, disertai dengan faktor yang menyebabkan kesulitan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Penelitian ini berjenis kualitatif karena fokus pada satu perhatian yaitu kesulitan siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI. Metode deskriptif dipakai karena penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis, dan akurat dari sampel yang diteliti. Dalam pekerjaan siswa, peneliti tidak menemukan siswa yang memeriksa kembali jawaban. Selain itu, langkah-langkah pengerjaan soal siswa bervariatif. Kata kunci: belajar; kesulitan belajar; pembelajaran; PMRI ABSTRACT This study aims to discuss the difficulties in learning mathematics experienced by students in learning using the PMRI approach. And to explain the types of difficulties experienced by students when learning mathematics, accompanied by factors that cause difficulties in learning mathematics. This type of research is descriptive qualitative. This research is qualitative because it focuses on one concern, namely the difficulties of students in learning using the PMRI approach. Descriptive method is used because this study aims to make a systematic and accurate description of the sample under study. In the students' work, the researcher did not find students who checked the answers again. In addition, the steps for working on student questions are varied. Keywords: Study; Learning Difficulties, Learning; PMRI
SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MA MIFTAHUL ‘ULUM TUYAU Baihaki Baihaki; Lu’luil Maknun; Rahmatya Nurmeidina
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1243

Abstract

ABSTRAK Masalah yang sering dialami siswa apalagi saat pembelajaran daring adalah kurangnya keyakinan akan keberhasilan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya self-efficacy yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Miftahul ‘Ulum Tuyau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Miftahul ‘Ulum Tuyau dengan sampel 26 siswa MA Miftahul ’Ulum Tuyau kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self-efficacy matematis yang terdiri dari 11 pertanyaan positif dan 14 pertanyaan negatif dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh bahwa self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Miftahul ’Ulum Tuyau secara keseluruhan berada di level sedang. Kata kunci: pembelajaran daring; pembelajaran matematika; self-efficacy. ABSTRACT The problem that is often experienced by students especially when learning online is the lack of confidence in success in learning, especially in mathematics. This is caused by the low self-efficacy possessed by students. This research aims to determine students' self-efficacy in online mathematics learning at MA Miftahul 'Ulum Tuyau. This research is a descriptive research using survey method. The population of this study was all students of MA Miftahul 'Ulum Tuyau with a sample of 26 students of MA Miftahul 'Ulum Tuyau class XI. The instrument used in this study is a mathematical self-efficacy questionnaire consisting of 11 positive questions and 14 negative questions with the scale used is the Likert scale. Based on the results and discussion, it was found that students' self-efficacy in online mathematics learning at MA Miftahul 'Ulum Tuyau was overall at a moderate level. Keywords: math learning; online learning; self-efficacy.
HABITS OF MIND DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA Akhmad Ilmi; Siska Monica; Ahmad Lazwardi
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1263

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan Habits of Mind peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Habits of Mind terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Tamban dengan total 72 siswa, dengan pengambilan sampel secara refresentatif yakni secara acak diperoleh sebanyak 28 peserta didik. Dalam pengumpulan data masing-masing peserta didik diberikan 2 buah instrumen penelitian yakni instrumen tes dan non tes. Instrumen tes komunikasi matematis peserta didik mendapatkan soal uraian yang terdiri dari 4 soal uraian. Sedangkan instrumen non tes berupa angket Habit of Mind yang terdiri dari 12 pernyataan dengan 6 pernyataan positif dan 6 pernyataan negatif. Data tersebut diuji regresi dan korelasinya. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa Habits of Mind berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP, dengan persamaan regresi Y = 1,065X – 42.201 menunjukkan pengaruh yang positif, serta tingkat keeratan yaitu koefisien korelasi pearson sebesar 0,467 tergolong dalam interpretasi sedang positif. Rekomendasi dari penelitian ini, guru sebaiknya merancang proses pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan Habits of Mind peserta didik agar kemampuan komunikasi peserta didik semakin meningkat. Kata kunci: habits of mind; komunikasi matematis ABSTRACT This research is motivated by the low mathematical communication skills and Habits of Mind of junior high school students. This study aims to analyze the effect of Habits of Mind on the mathematical communication skills of junior high school students. The research method used is correlational quantitative method. The population in this study were students of class VIII at SMP Negeri 4 Tamban with a total of 72 students, with representative sampling, which was randomly obtained as many as 28 students. In collecting data, each student was given 2 research instruments, namely test and non-test instruments. The mathematical communication test instrument of students gets a description question which consists of 4 description questions. While the non-test instrument is a Habit of Mind questionnaire which consists of 12 statements with 6 positive statements and 6 negative statements. The data were tested for regression and correlation. The results of the data analysis show that Habits of Mind has a significant effect on the mathematical communication skills of junior high school students, with the regression equation Y = 1.065X - 42,201 showing a positive influence, and the level of closeness, namely the Pearson correlation coefficient of 0.467 belonging to the moderate positive interpretation. Recommendations from this study, teachers should design a good learning process so that it can improve students' Habits of Mind so that students' communication skills can increase. Keywords: habits of mind; mathematical communication
INOVASI PEMBELAJARAN ANAK DISKALKULIA Binti Anisaul Khasanah; Naning Sutriningsih; Hendrik Sektiawan
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1268

Abstract

ABSTRAK Matematika adalah cabang ilmu yang sangat penting untuk kehidupan. Hal ini menjadikan matematika harus dikuasai oleh setiap orang. Namun, adanya penemuan berupa kasus diskalkulia yang menjadi perhatian khusus di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diskalkulia adalah kondisi dimana anak mengalami kesulitan dalam belajar dan memahami matematika. Diskalkulia banyak ditemukan pada anak usia 7-12 tahun. Anak yang menderita diskalkulia cenderung tidak mampu dalam memahami aritmatika, baik dalam membaca simbol matematika, memahami konsep matematika, kesulitan membaca jam, kesulitan dalam melakukan operasi hitung, kesulitan mengenali angka, bahkan tidak mampu dalam memahami soal cerita, dan beberapa indikator lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji peran teknologi sebagai inovasi pembelajaran untuk anak diskalkulia dalam mengatasi kesulitan belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka, yaitu dengan melakukan kajian mengenai peran teknologi dalam membantu siswa diskalkulia. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa peran teknologi mampu membantu siswa diskalkulia mengatasi kesulitan belajarnya, yakni belajar melalui media game yang menyenangkan serta memberikan edukasi secara tepat sasaran dan efektif. Kata kunci: diskalkulia, kesulitan matematika; media games. ABSTRACT Mathematics is a branch of science that is very important for life. This makes mathematics must be mastered by everyone. However, there are findings in the form of cases of dyscalculia which are of particular concern throughout the world, including Indonesia. Dyscalculia is a condition in which children have difficulty learning and understanding mathematics. Dyscalculia is commonly found in children aged 7-12 years. Children who suffer from dyscalculia tend to be unable to understand arithmetic, both in reading mathematical symbols, understanding mathematical concepts, difficulty reading clocks, difficulty in performing arithmetic operations, difficulty recognizing numbers, even being unable to understand story problems, and several other indicators. The purpose of this study was to examine the role of technology as a learning innovation for dyscalculia children in overcoming their learning difficulties. This research is a type of qualitative research with a literature study method, namely by conducting a study on the role of technology in helping students with dyscalculia. Based on the results of the study, it was found that the role of technology was able to help dyscalculia students overcome their learning difficulties, namely learning through fun game media and providing targeted and effective education. Keywords: dyscalculia, mathematics difficulty, media Games.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA BERBASIS WEBTOOM KELAS VII MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) Nava Margi Dayana; Satrio Wicaksono Sudarman; Sutrisni Andayani
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1287

Abstract

ABSTRAK Peserta didik sulit memehami bahan ajar yang disediakan sekolah, peserta didik lebih mudah mengingat materi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan belum terdapat media komik berbasis webtoon dalam pembelajaran matematika sesuai dengan analisis kebutuhan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pengembangan media komik matematika berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tahap implementation tidak digunakan hanya terfokus pada pengembangan produk, tahap evaluation dilakukan berdasarkan komentar dan saran. Instrument yang digunakan lembar validasi dan kepraktisan. Teknik analisis data validasi ahli materi dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 83% dengan kriteria sangat layak. validasi ahli media dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 84% atau berada pada kriteria sangat layak. uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 10 peserta didik, dan hasil dari uji kelompok kecil adalah 96% atau berada pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan proses validasi dan proses uji kelompok kecil maka pengembangan media komik matematika berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan layak dan praktis. Kata kunci: bahan ajar; media; pengembangan; realistic mathematic education (RME); webtoon ABSTRACT Students find it difficult to understand the teaching materials provided by the school, students are easier to remember the material when it is associated with daily life and there is no webtoon-based comic media in mathematics learning according to needs analysis. Therefore, this study aims to determine the feasibility and practicality of developing webtoon-based mathematics comic media for class VII social arithmetic material with the Realistic Mathematical Education (RME) approach. This type of research is a development research that uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), the implementation phase is not used only focused on product development, the evaluation phase is carried out based on comments and suggestions. The instrument used is a validation sheet and practicality. The data analysis technique of material expert validation was carried out by two validators, and the results obtained were 83% with very feasible criteria. media expert validation was carried out by two validators, and the results obtained were 84% or were in the very feasible criteria. The small group trial was conducted by 10 students, and the results of the small group test were 96% or were in very practical criteria. Based on the validation process and the small group test process, the development of webtoon-based mathematics comic media for class VII social arithmetic material with the Realistic Mathematical Education (RME) approach was declared feasible and practical. Keywords: teaching materials; media; development; realistic mathematical education (RME); webtoon
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII Fadila Elviolita Ahmadika; Jazim Ahmad; Sutrisni Andayani
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1289

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 07 Metro yang layak dan praktis. Bahan ajar berbasis Problem Based Learning merupakan bahan ajar yang berbasis masalah untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah autentik dan bermakna melalui langkah-langkah mengorientasi masalah, mendefinisikan masalah, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan, mempresentasikan hasil, dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 07 metro sebanyak 10 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develope (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Pada tahap define, dianalisis kompetensi yang diharapkan, prosedur dan konsep matematika. Pada tahap design, diperoleh rancangan awal dan format bahan ajar dan pada tahap develope dilakukan validasi ahli materi dan ahli media. Tahap Disseminate dilakukan melalui ujicoba skala terbatas. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh bahwa: 1) Bahan ajar berbasis problem based learning memenuhi kriteri sangat layak dengan nilai sebesar 88%, 2) Bahan ajar berbasis problem based learning memenuhi kriteri sangat praktis dengan nilai sebesar 89 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis problem based learning pada materi lingkaran layak dan praktis digunakan oleh siswa kelas VIII F SMP Negeri 07 Metro. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Problem Based Learning ABSTRACT This research aims to produce mathematical teaching materials based on problem based learning in class VIII circle material at SMP Negeri 07 Metro that are valid and practical. Teaching materials based on problem based learning are teaching materials to help students solve authentic and meaningful problems through the steps: orienting the problem, defining the problem, experimenting to get an explanation, presenting the results, conclusions. The subject of this research is class VIII F of SMP Negeri 07 metro with 10 students. This research is a development research, using a 4D model, namely Define, Design, Develop, Disseminate. In the define stage, the expected competencies, procedures and mathematical concepts are analyzed. At the design stage, the initial design and format of teaching materials are obtained and the development stage is validated by material experts and media experts. The Disseminate stage was carried out through small group trials. Based on the results of the development, it was found that: 1) Problem-based learning-based teaching materials met very valid criteria with values of 88%, 2) Problem-based learning-based teaching materials met very practical criteria with a score of 89 %. The conclusion in this study is that problem-based learning teaching materials on circle material are valid and practical for use by class VIII F students of SMP Negeri 07 Metro. Keywords: Development of teaching materials, Problem Based Learning
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT BERBANTUAN APLIKASI INSTAGRAM PADA MATERI PELUANG Trisca Dwi Ravilla; Rahmad Bustanul Anwar; Satrio Wicaksono Sudarman
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1418

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan mata pelajaran pada setiap jenjang pendidikan baik di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 pada Standar Isi Mata Pelajaran Matematika dinyatakan bahwa tujuan mata pelajaran matematika di sekolah yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep secara lugas, akurat, efisien, sehingga dapat memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pada penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis powerpoint berbantuan aplikasi instagram pada materi peluang yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap implementasi tidak dilakukan, karena tujuan penelitian ini hanya sebatas menghasilkan suatu produk yang valid dan praktis untuk diimplementasikan. Kevalidan produk ditunjukkan melalui penilaian validator yang terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media. Sedangkan kepraktisan media pembelajaran ditunjukkan melalui uji coba pemakaian dengan kelompok kecil sebanyak 10 orang peserta didik. Penelitian ini memperoleh validasi ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar 83% dan rata-rata persentase 94% dari ahli media. Dengan demikian hasil validasi dari kedua ahli memperoleh rata-rata persentase sebesar 89% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan dari uji coba pemakaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil yang didapat, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint berbantuan aplikasi instagram pada materi peluang memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata kunci : Media pembelajaran; pengembangan; powerpoint ABSTRACT This research is a type of Research an Development (R&D) research. This research is to produce a product in the form of powerpoint based learning media assisted by the Instagram on the material of opportunities that is valid and practical. This study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The implementation phase was not carried out, because the purpose of this research was only to produce a product that was valid and practical to implement. The validity of the product is shown through the assessment of the validator consisting of 2 material experts and 2 media experts. While the practically of the learning media was demonstrated through a trial use with a small group of 10 students. The research obtained validation results from material experts with an average percentage of 83% and an average percentage of 94% from media experts. Thus, the validaton results from the two experts obtained an average of 89% with very valid criteria. Meanwhile, from the usage trial, it obtained an average percentage 85% with very practical criteria. Based on the results obtained, it can be concluded that the powerpoint based learning media assisted by the Instagram on the material of opportunities meets the valid and practical criteria. Keyword : development; learning media; powerpoint
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA PADA MATERI PELUANG Anita Anita; Rina Agustina; Yeni Rahmawati ES
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1429

Abstract

ABSTRAK Peserta didik SMP masih mengalami kesulitan dalam memahami materi peluang yang ditunjukkan oleh hasil belajar peserta didik. kesulitan peserta didik dikarenakan kesulitan dalam menggunakan bahan ajar yang ada. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar tambahan untuk mendukung pembelajaran materi peluang yaitu berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berbantu alat peraga pada materi pelung di SMP Negeri 3 Metro. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D atau Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Metro. Intrumen penelitian yang digunakan antara lain adalah angket validasi materi, angket validasi desain dan bahasa, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh hasil, yaitu produk telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria valid dilihat dari segi materi, desain dan bahasa. Kriteria valid dari segi materi memperoleh persentase 70,60% dan 80,00%. Sedangkan dari segi desain dan bahasa diperoleh persentase sebesar 81,30% dan 90,60%. Berdasarkan persentase hasil uji validitas tersebut, LKPD sudah dinyatakan valid. Selanjutnya, hasil dari uji kepraktisan produk diperoleh persentase sebesar 90,00% dan memenuhi kriteria praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan yang dilakukan baru sampai pada tahap uji kepraktisan produk, dikarenakan adanya situasi yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, harapannya penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji efektivitas produk. Kata kunci: Inkuiri terbimbing; LKPD; pengembangan ABSTRACT The problem of junior hig school student is to understand the material. It is caused of the mathematics books that was used by student is difficult to understand. So, the students need another kind of resourches such as student’s worksheet. This research is research and development. The aim of this research is develop an student’s worksheet based on guided inquiry by using tools for probability material in junior high school 3 Metro. This research used 4D model or define, design, develop, and disseminate. The subject of this research are students of state junior high school 3 Metro especially VIII grade. The research instruments are observation’s interview, validation questionnaire, and student’s responce questionnarire. This research and development must be continue in the next project to idetified the efectivity of the product. This situation is caused of the world condition now. The product have material validity scores 70,60% and 80,00%. And then the design and language validity scores are 81,30% and 90,60%. The result of practical test is 90,00%, it means that the product can be used by students. So, the conclution of this research is the product of development can be used in the learning proccess. Keywords: Development; guided inquiry; student’s worksheet
PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Annisa Luthfi Maharani; Sudarman sudarman; Nurul Farida
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v3i1.1431

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan permaslahan di lapangan ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahan ajar terutama saat pembelajaran daring. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa handout matematika berbasis android dengan model CTL pada materi aritmatika social yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Handout berbasis android ini dilengkapi dengan model contextual teaching and learning dengan 7 komponen utama yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan, memodelkan, masyarakat belajar, menyimpulkan dan penilaian autentik sehingga memudahkan siswa dalam belajar karena mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap valid dan praktis dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi produk oleh ahli dan angket kepraktisan oleh peserta didik. Tingkat kevalidan produk ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase penilaian validasi ahli materi adalah sebesar 81% serta hasil persentase penilaian ahli media adalah sebesar 85% dan kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan produk ini diperoleh dari hasil angket respon siswa oleh 10 reponden kelas VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar dengan rata-rata persentase sebesar 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan. Kata kunci: android; aritmatika sosial; CTL; handout ABSTRACT The purpose of this research is to develop and produce a product in the form of an Android-based math handout with CTL model on social arithmetic material. This type of research is Research and Development . The model used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This android-based handout is equipped with a contextual teaching and learning model with 7 main components, namely constructivism, asking questions, discovering, modeling, learning communities, concluding and authentic assessments making it easier for students to learn because they relate the material to everyday life. This research was carried out only to the valid and practical stage using data collection instruments, namely product validation questionnaires by experts and practicality questionnaires by students. The level of validity of this product can be seen from the validation results of material experts and media experts. The percentage result of the material expert validation assessment is 81% and the percentage result of the media expert assessment is 85% and both results are included in the very feasible category. The level of practicality of this product is obtained from the results of student responses questionnaires by 10 respondents in class VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar with an average percentage of 91% and is included in the very practical category. Based on the results obtained, it can be concluded that the product developed is very valid and practical to use. Keywords: android; CTL; handouts; social arithmetic

Page 1 of 1 | Total Record : 10