cover
Contact Name
Purniadi Putra
Contact Email
putrapurniadi@gmail.com
Phone
+6285252101729
Journal Mail Official
putrapurniadi@gmail.com
Editorial Address
Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Kalimantan Barat
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross-Border Islamic Studies)
ISSN : 26864460     EISSN : 26865580     DOI : 10.27567
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Studi Islam Lintas Negara, merupakan jurnal yang mengangkat tema-tema tentang berbagai isu yang menyangkut umat Islam di dunia internasional. Baik secara sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, maupun politik. Jurnal yang terbit enam bulan sekali ini di kelola oleh Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Kalimantan Barat. FOKUS DAN RUANG LINGKUP Journal of Cross Border Islamic Studies adalah jurnal peer-review dan open-access terkemuka, yang menerbitkan karya ilmiah, dan mengkhususkan diri dalam Pendidikan Islam dan Ekonomi Islam, mengkonsolidasikan kegiatan penelitian fundamental dan terapan dengan cakupan yang sangat luas. dan memiliki dampak yang signifikan dan kontribusi nyata bagi masyarakat luas, dunia praktis dan akademisi. Ini termasuk studi dan tinjauan yang dilakukan oleh tim multidisiplin dan penelitian yang mengevaluasi atau melaporkan hasil atau implementasi tim atau proses ilmiah secara umum. Jurnal ini berusaha untuk menarik audiens interdisipliner dan penulis yang berfokus pada penelitian dunia nyata. Materi Pendidikan Agama Islam Pendidik dan Siswa Pendidikan Agama Islam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum Politik Pendidikan Agama Islam Filsafat Pendidikan Agama Islam Sejarah Pendidikan Agama Islam Budaya Lokal dalam Pendidikan Islam Materi Ekonomi Syariah Ekonomi Syariah Transnasional Pengembangan Ekonomi Syariah di daerah perbatasan negara Ekonomi syariah dalam dan luar negeri Tujuan utama Journal of Cross Border Islamic Studies adalah untuk mempublikasikan karya ilmiah di bidang pendidikan agama Islam. Penelitian yang dipublikasikan dapat mengambil model teoretis atau spekulatif serta statistik dan matematika untuk mempromosikan pemikiran interdisipliner dan untuk menyediakan platform bagi para sarjana untuk bertukar pengetahuan dari berbagai perspektif dan lokasi. Kontribusi diterima dari semua bidang dengan komentar yang relevan dan berwawasan tentang pendidikan Islam dan ekonomi Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI BANGLADES Purniadi Putra
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.36

Abstract

Bangladesh merupakan suatu Negara yang merupakan bagian dari Asia Selatan dekat dengan Pakistan, India dan Myanmar. Negara ini juga sering disebut negara dari anak benua, India. Hampir 90% penduduk di Bangladesh menganut agama Islam. Metode Penelitian ini menggunakan liberary research. Adapun hasil penelitian ini adalah karakteristik pendidikan madrasah di Bangladesh diantaranya: (a) metode pengajarannya adalah Urdu. (Bahasa Nasional), (b) tidak ada referensi yang dijadikan isi kurikulum, (c) sangat bergantung pada teks klasik, (d) bidang studi yang dipelajari adalah fiqh, ushul fiqh, hadits dan kalam bagi siswa sunni dan syiah. Perguruan tinggi Islam menggariskan kurikulum Islam pada silabus Bahasa Arab, Fiqih, Ushul Fiqih, hadits, sejarah, dan filsafat Islam. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa laki-laki dan wanita. Adapun yang menjadi perbedaan antara pendidikan Islam di Indonesia dengan Bangladesh diantaranya Bangladesh wajib belajar hingga tingkat SLTA sementara Indonesia masih hanya sampai tingkat SLTP, kedudukan wanita dalam pendidikan. Wanita ditempatkan pada posisi yang diprioritaskan dalam pendidikan.
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PELUANG DAN TANTANGAN TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Arnadi
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.37

Abstract

Revolusi industri 4.0 adalah merupakan titik pemberhentian sementara dari gerak laju teknologi, dan hal ini adalah hasil yang di dapat melalui usaha seseorang. Teknologi yang dihasilkan dapat berupa alat atau sarana baru dari hasil penemuan baru, atau hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya yang mengarah pada hal yang lebih sempurna. Gerak laju teknologi dipastikan berpengaruh pada dunia pendidikan, termasuk pada teknologi pembelajaran dan kawasan- kawasan yang menyertainya. Gerak laju teknologi akan menjadi peluang yang sangat baik bagi dunia pendidikan, karena lembaga pendidikan akan semakin memiliki kesempatan untuk berinovasi dan berkreasi dalam kawasan teknologi pembelajaran, seperti model pebelajaran dengan aplikasi ruang guru yang sedang booming saat ini
PEMIMPIN DAN PENGARUH GEO POLITIK TERHADAP LAHIRNYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKARAKTER Oskar Hutagaluh, Aslan
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.38

Abstract

Pemimpin adalah pengawasan bagi anak buahnya agar melakukan tugas dan tanggung jawab dari seorang pemimpin. Pemimpin yang berhasil bukan saja mampu menguasai geo politiknya, tetapi mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang bersaing guna. Peran pemimpin disini, bukan hanya dari perubahan sumber daya manusia (SDM) yang berintelektual tetapi pada akhlaknya. Apalagi di zaman era globalisasi saat ini, bangsa Indonesia telah kehilangan jiwa-jiwa anak muda yang melahirkan karakter yang positif tetapi hanya banyak menimbulkan dekadensi moral yang semakin hari semakin mencekam bangsa Indonesia. Saat ini, kita memerlukan pemimpin yang berjiwa Islam seperti jiwanya Rasulullah SAW
Sekolah Alam (Tinjauan Psikologi, Sosiologi dan Ekonomi) Ahmad Dzaky
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.39

Abstract

Sekolah alam adalah salah satu bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama sebagai pembelajaran siswa didiknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru ini dilatarbelakangi oleh gagasan bagaimana menciptakan sistem belajar mengajar yang menyenangkan dan bisa menambah rasa syukur kepada Allah Swt atas karunia yang telah diberikan berupa alam yang terbentang luas, dengan harapan suasana alam akan dapat memberikan pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual bagi anak didik.
Ekonomi, Ekologi Dan Manajemen Dalam Menciptakan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam Muhammad Hafiz
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.40

Abstract

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan Islam tentunya diperlukan dari faktor ekonomi, ekologi, manajemen dan sarana prasarana yang memadai. Agar sarana dan prasarana penididikan itu tercukupi dan relevan dengan kebutuhan, maka perluhnya pengkajian lebih jauh tentang pengelolaan sarana dan prasarana agar visi dan misi dari sekolah tersebut dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yatu metode memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan penelitian tersebut yaitu buku dan jurnal yang membahas tentang ekologi, manajemen, sarana dan prasarana dalam pendidikan Islam Metode analisis yang digunakan dengan cara memilah-milah antara pengertian satu dengan pengertian yang lain untuk mendapatkan kejelasan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi pendidikan Islam memberikan kontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran sedangakan studi ekologi manusia dalam konteks pendidikan tidak lepas dari peranan manusia dan ekosistemnya yang melibatkan unsur, subjek, audien, materi, proses, media, tujuan dan efek
MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0 Abdul Wahab Syakhrani
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.41

Abstract

Tulisan ini berupaya mendorong perlunya reformasi masif di tubuh pendidikan Islam. Reformasi ini diperlukan agar pendidikan Islam mampu menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan. Selain itu, tulisan ini juga berupaya memberikan tawaran solutif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri.
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KHAIRUL HIKMAH DESA PASIR KECAMATAN MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH Helmi
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.42

Abstract

Strategi merupakan salah satu komponen dalam meningkat mutu pendidikan dimana didalmnya dapat diperankan langsung oleh Kepala Sekolah/Madrasah. Strategi yang tepat sangat dituntut untuk melakukan suatu perubahan guna meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan faktor peghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Adapun meode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengedepankan penelitian data atau realitas persoalan dengan berlandaskan pada pengungkapan apa-apa yang telah dieksplorasikan dan diungkapkan oleh responden dan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui kegiatan workshop, memotivasi guru agar semangat untuk kuliah, diklat, penataran, dan sebagainya., Mesupervisi, dengan melakukan kunjungan kelas dan menganalisa RPP yang akan digunakan guru dan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), evaluasi terkait dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung, Pembinaan Kedisiplinan Guru, melalui rapat tiap bulan dan teguran secara langsung, Peningkatan Sarana dan Prasarana, seperti pembuatan ruang kelas baru, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kantin, tempat parkir, lapangan olahraga. (2) Faktor pendukung Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah Kurikulum Pembelajaran, Administrasi /Manajemen, Sarana dan Prasarana, Ketenagaan (guru dan staf TU) dan Partisipasi Masyarakat. (3) Faktor penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah sarana pra saran yang belum memadai, dan biaya oprasional sekolah yang belum satbail sumber pembiayaannya
PENGGUNAAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN SURAH AL-INSYIRAH AYAT 1-8 PADA SISWA KELAS IX B DI SMP NEGERI 5 SAMBAS KASPULLAH
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 1 No. 2 (2019): Vol 1 No 2 Juli-Desember 2019
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v1i2.43

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini didasarkan pada keresahan akademik yang ditemukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Sambas, khususnya pada materi Al-Quran-hadis. Secara faktual materi Al-Quran-hadis pada kompetensi dasar membaca fasih dan menghafal ayat Al-Quran (Al-Quran surah AlInsyirah 1-8) masih dianggap terlalu sulit bagi siswa. Hal ini didukung dengan rendahnya capaian kompetensi siswa terutama di kelas IX B. Fenomena seperti ini perlu dicarikan alternatif dan solusi bagi guru maupun siswa, satu diantaranya dengan menggunakan strategi readingaloud dalam pembelajaran. Dengan penggunaan strategi readingalouddiharapkan dapat meningkatkan hafalan Al-Quran surah AlInsyirah ayat 1-8 bagi siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan pada siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas dengan jumlah populasi 18 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empatkegiatan yaitu: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data dengan cara tes lisan, dan pengamatan(observasi). Hasil penelitian disimpulkan: Strategi readingaloud dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran surah Al-Insyirah ayat 1-8 bagi siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas. Hal ini dasarkan pada peningkatan pencapaian hafalan siswa pada setiap siklus, yakni: pada siklus I menunjukkan ada delapan orang siswa atau 44% yang mendapat nilai dengan kategori baik, sembilan orang siswa (50%) mendapat nilai kategori cukup, dan satu orang (6%) mendapat nilai kurang. Sedangkan pada pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup berarti; ada 14 orang siswa atau 78% mendapat nilai dengan kategori baik, tiga orang siswa (16%) mendapat nilai kategori cukup, dan satu orang (6%) mendapat nilai kurang.Strategi readingaloud dapat meningkatkan hafalan Al-Quran surah Al-Insyirah ayat 1-8 pada siswa kelas IX B dengan didukung penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dan menarik, serta adanya peningkatan intensitas pengulangan bacaan hafalan ayat Al-Quran.
POLA PENDIDIKAN PADA KELUARGA JAMAAH TABLIGH DI KALIMANTAN SELATAN Ahmad Dzaky
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross-Border Islamic Studies) Vol. 2 No. 2 (2020): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v2i2.273

Abstract

EDUCATION PATTERNS IN THE TABLIGHI JAMAAT FAMILIY IN SOUTH KALIMANTAN. Early education in the family is a solid foundation for the next generation in treading the increasingly complex problems of life. Various family problems in the modern era have become the basis for uncontrolled children's education. In the deepness of the problems facing modern society, there is a group of people who actually carry out anti-mainstream activities. Not doing activities for the sake of hedonistic things, on the contrary, willing to sacrifice energy, thoughts, property, even life for the sake of Islam through peaceful preaching. This indicates that they have tasted the sweetness of faith in their own way, this movement is called Tablighi Jamaat. The main problem is what is the pattern of education in Tablighi Jamaat families? The approach used in this research is qualitative and the type of research used is phenomenology. The findings: the pattern of education in the Tablighi Jamaat family is authoritarian and democratic. Authoritarian means members of the Tablighi Jamaat direct their children to follow in the footsteps of the da'wah they live, this is done to introduce and instill the spirit of da'wah in children. After the child grows up, a democratic pattern occurs, namely a two-way dialogue between parents and children about the educational institution they will choose. Parents give freedom in this case, but the values ​​and spirit of preaching must be maintained by providing time to be active in the activities of preaching the Tablighi Jamaat. These two things are synonymous with transmission and transaction patterns.
OPTIMALISASI PERAN SOSIAL EKONOMI WAKAF DARI ASET WAKAF PADA YAYASAN MUSLIMIN KOTA PEKALONGAN Jumailah Jumailah
Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies) Vol. 2 No. 1 (2020): Ekonomi Syariah
Publisher : Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/cbjis.v2i1.283

Abstract

This study will explain about the optimization of the socio-economic role of waqf from waqf assets, because so far people think that waqf is still functioned as a means of worship only. Law Number 41 of 2004 is the starting point for the management of waqf in Indonesia. That the law provides an understanding that the management and development of waqf assets can be carried out productively to improve the social and economic welfare of the community. This research is a field research which takes place at the Pekalongan City Muslimin Foundation (YMKP) with the type of qualitative research. This study states that the management of the waqf assets of the Pekalongan City Muslimin Foundation has economic benefits for the community, although not optimally. To optimize the role of waqf in the Pekalongan City Muslimin Foundation, it is necessary to optimize the role of Nazhir because Nazhir has a very strategic function in managing waqf assets so that coordination between Nazhir and the Indonesian Waqf Board (BWI) is necessary as a guidance function and the Office of Religious Affairs (KUA) as Officials. The maker of the Wakaf Pledge Deed (PPAIW) as a control function. So that waqf can function as an alternative to improve the social and economic welfare of the community