cover
Contact Name
Rizki Amalia
Contact Email
rizkiamalia@unsam.ac.id
Phone
+6285260274044
Journal Mail Official
jurnaldimensi@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Langsa City, Aceh 24354
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Published by Universitas Samudra
ISSN : 27219143     EISSN : 27209903     DOI : https://doi.org/10.33059/jdm.v3i02
Core Subject : Education,
Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA" : 5 Documents clear
KESALAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSAM DALAM MEMANIPULASI BENTUK ALJABAR PADA SOAL TEKNIK PENGINTEGRALAN MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL muhammad Zaki; Khairatul Ulya
Jurnal Dimensi Matematika Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNSAM dalam memanipulasi bentuk aljabar pada soal integral. Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada empat jenis kesalahan manipulasi aljabar yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UNSAM ; kesalahan pemindahan ruas 21.4%, kesalahan memanipulasi bentuk-bentuk pecahan 14.3 %, kesalahan memanipulasi bentuk pangkat, akar atau logaritama 19.6 %, dan kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri 44.6 %. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah jenis kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri, yatu sebesar 44.6 % dan kesalahan paling sedikit adalah jenis kesalahan manipulasi bentuk-bentuk pecahan, yaitu sebesar 14.3%. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam memanipulasi bentuk aljabar adalah mahasiswa terburu-buru, kurang teliti, kurang memahami konsep prosedural operasi hitung baik pada operasi pecahan maupun pada saat menyelesaikan sebuah persamaan, lupa sifat-sifat/bentuk trigonometri.
PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN CABRI 3D PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 2 KEJURUAN MUDA Rizki Amalia; Fazrina Saumi
Jurnal Dimensi Matematika Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu aspek penting untuk dikembangkan. Namun kenyataan di lapangan kemampuan komunikasi masih rendah. Untuk itu, perlu adanya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa terutama pada materi geometri. Salah satu pembelajaran yang efektif digunakan adalah pembelajarandengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 2 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik. Dengan demikian, pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik.
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG Nurviana Nurviana; Dewi Novianti
Jurnal Dimensi Matematika Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman konsep siswa khususnya pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu true experimental design dengan desain control group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII2 yang diterapkan pendekatan kontekstual dan kelas VIII3 yang diterapkan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berbentuk uraian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar melalui pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pendekatan konvensional pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP.
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CTL DAN METODE CERAMAH PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SMP NEGERI 1 PEUDAWA ACEH TIMUR Fitra Muliani
Jurnal Dimensi Matematika Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL (Contekstual Teaching Learning) dan metode ceramah pada pokok bahasan lingkaran di SMP Negeri 1 Peudawa Aceh Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Peudawa, dengan sampel dua kelas dari tujuh kelas seluruhnya. Kelas yang merupakan sampel adalah dari kelas VIII-2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol dan VIII-3 sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi CTL dan pada kelas kontrol dilaksanakan dengan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes matematika yang diberikan adalah soal yang sama pada masing – masing kelas. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data, prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL lebih baik yaitu rata – rata adalah 71,34 dan simpangan baku 13,31 sedangkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah memperoleh rata – rata 53,28 dengan simpangan baku 12,34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran CTL merupakan langkah yang efektif dalam upaya meningkatkan perestasi belajar siswa di SMP N 1 Peudawa
PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERPROGRAMA BRANCHING DI MAN MANYAK PAYED ACEH TAMIANG Fadilah Fadilah
Jurnal Dimensi Matematika Vol 1 No 01 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman matematik siswa menggunakan model pembelajaran berprograma branching di MAN Manyak Payed Aceh Tamiang. Model pembelajaran berprograma branching adalah suatu bentuk pembelajaran dengan mempergunakan alat-alat yang bekerja serba otomatis atau kunci-kunci jawaban tertulis yang dibuat sedemikian rupa, sehingga peserta didik dapat mempelajari sendiri bahan-bahan yang telah tersusun secara sistematis, yang menyebabkan peserta didik dapat berdialog dengan bahan-bahan tersebut atas tanggung jawab sendiri. Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1. Instrumen yang digunakan adalah tes. Sebelum tes digunakan maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu menilai hasil belajar siswa kelas eksperimen branching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pemahaman matematik siswa menggunakan model pembelajaran berprograma branching di MAN Manyak Payed Aceh Tamiang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5