cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA Romadoni, Siti Fauziah
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10099

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan pembinaan danpembimbingan sebagai pendidikan karakter bagi narapidana di LP Klas IIA Yogyakarta, (2) mengetahuifaktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan, dan (3) mengetahui solusi dari hambatanpelaksanaan kebijakan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah limanarapidana dan enam petugas pemasyarakatan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan studidokumen dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaankebijakan pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter di LP Klas IIA Yogyakarta berjalansesuai tujuan pemasyarakatan. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan jasmani, rohani,intelektual dan kemandirian, (2) faktor pendukungnya adalah narapidana taat dan tertib; kerja sama denganpihak ketiga; memperoleh voucher; kebijakan wajib diikuti narapidana. Faktor penghambatnya adalahkurangnya motivasi sebagian narapidana; sarana prasarana dan anggaran terbatas; pemasaran sempit, dan (3)solusi dari hambatan adalah memberikan pengusulan cuti dan sanksi dimasukan ke selker; memotivasinarapidana; mengajukan proposal ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM DIY.Kata Kunci : Implementasi kebijakan, pembinaan dan pembimbingan, pendidikan karakter
IMPLEMENTASI PROGRAM BUDDY SEBAGAI SOLUSI MENURUNKAN PERILAKU BULLYING DI SD KRISTEN KALAM KUDUS YOGYAKARTA Ikhsanah, Annisa Nur
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10108

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Buddy di SD Kristen KalamKudus Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepalasekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakanadalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Tujuan Program Buddy adalah untuk mencegah dan meminimalisir bullying yang ada di SD Kristen KalamKudus Yogyakarta dengan cara memangkas rasa senioritas khususnya dari kakak kelas. (2) PersiapanImplementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dilakukan oleh Tim Kerohanian.Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta diimplementasikan ke dalam kegiatan yaitu LeaderThing sistem Buddy (Relawan), Masuk TK, Renungan Pagi, Upacara, Ekstrakurikuler, dan MOS Bersama.(3) Faktor pendukung imlementasi program Buddy yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai,sarana prasarana dan lokasi (tempat) yang memadai, dukungan dari orangtua, guru, dan karyawan. Faktorpenghambat implementasi program Buddy terbagi menjadi 2 yaitu waktu, peserta didik, pengawasan dirumah dan tontonan TV. (4) Solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Program Buddy di SD KristenKalam Kudus Yogyakarta yaitu evaluasi keseluruhan, usaha dana, pendekatan personal dan komunikasidengan orangtua. (5) Dampak/Hasil dari implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam KudusYogyakarta yaitu penurunan perilaku bullying, peningkatan karakter siswa, dan bukti fisik.Kata Kunci: Program Antibullying, Perilaku Bullying, Bullying.
KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 WATES KABUPATEN KEDIRI Sambora, Tato Roval
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10101

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan sekolah yang diterapkan di SMA Negeri 1Wates Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Penelitian iniberjenis kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian yaitu siswa yangmengalami kesulitan belajar, sedangkan objek penelitiannya adalah kebijakan sekolah. Teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksidata, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Serta uji keabsahan data dilakukan dengan modeltriangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan diagnosis yang telah dilakukan, jeniskesulitan belajar yang ditemui adalah kesulitan belajar akademik. Kesulitan belajar pada siswa disebabkanoleh beberapa faktor, antara lain faktor individu, faktor keluarga, faktor lingkungan sekitar dan faktor darisekolah. Kebijakan sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 1 Wates disusun berdasarkanpengamatan dari wali kelas, guru mapel, dan guru BK yang kemudian disetujui oleh kepala sekolah.Kebijakan ini diturunkan menjadi beberapa program sebagai berikut: a). Program kelompok tutor sebaya, b).Program remidial, c). Layanan BK dan parenting, d). Bimpres atau bimbingan prestasi. Faktor pendukungkebijakan tersebut antara lain: sarana dan prasarana yang memadahi untuk proses pembelajaran, sertakoordinasi yang baik antar lini pihak sekolah. Seperti koordinasi anatara wali kelas, guru mata pelajaran danguru BK. Sehingga kebijakan yang diterapkan berjalan lebih efektif dan tepat sasaran. Adapun faktorpenghambat kebijakan antara lain: kurangnya partisipasi beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajardalam mengikuti program yang diterapkan oleh sekolah. Serta ketidak jujuran dari para siswa itu sendiri.Kata kunci: Kebijakan Sekolah, Mengatasi, Kesulitan Belajar
IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI TK PEDAGOGIA Lukitasari, Findri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10105

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan kurikulum pendidikan berbasis budayadalam pengembangan karakter anak di TK Pedagogia. Pendekatan penelitian ini adalah diskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru, siswa, dan orang tua siswa. Teknikpengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Data dianalisis dengan reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber danteknik. Hasil penelitian adalah kurikulum pendidikan berbasis budaya merupakan hasil pengembanganKurikulum 2013 terintegrasi dengan pendidikan etika lalu lintas dan pendidikan inklusi. Pelaksanaankurikulum melalui penanaman nilai karakter dan kebiasaan dalam kegiatan seperti penggunaan bahasa Jawa,penggunaan pakaian adat Jawa, permainan tradisional Jawa, lagu daerah, tradisi masyarakat Jawa,kunjungan budaya, rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas, serta pengembangan diri. Strategi pembelajaranadalah pengelompokan usia yaitu 4-5 tahun dan 5-6 tahun dengan metode bercakap-cakap, demonstrasi,unjuk kerja, dan bermain peran. Faktor pendukungnya berupa tersedianya peralatan, partisipasi wargasekolah, peraturan sekolah, dan keterlibatan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat berasal dariproses penilaian, rasa kesulitan siswa, perkembangan teknologi, pendanaan, dan kurangnya kerjasama orangtua. Hasil pembelajaran berupa perkembangan karakter dan sikap budaya anak sesuai dengan budaya Jawameliputi kesopanan, kegotongroyongan, kedisiplinan, dan toleransi.Kata kunci: Kurikulum, Pendidikan Berbasis Budaya, Budaya Jawa
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR RUJUKAN DI SD NEGERI I BANTUL Ekawati, Yuni
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10095

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implemetasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SDN IBantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Setting Penelitiandilakukan di SDN I Bantul. Subjek Penelitian ini adalah Ka.Bid. Sekolah Dasar Disdikpora, Kepala SekolahSDN I Bantul, lima Pendidik, dua Tim Pengembang Kurikulum dan dua Tim Ekstrakurikuler. TeknikPengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan datamenggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagi berikut: Implementasi KebijakanSekolah Dasar Rujukan dengan tiga program yaitu program peningkatan mutu pendidikan, sarpras, sertakapasitas guru dan kepala sekolah. Tujuan implementasi kebijakan sekolah dasar rujukan yaitu untukmendiseminasikan hasil kinerja terbaik sekolah. Pendiseminasian hasil kinerja terbaik sekolah ke sekolahlain dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul yaitu dengan diadakannyadiklat dan mengundang perwakilan guru di Tingkat Gugus I Kecamatan Bantul, meminjamkan file yangmendukung peningkatan mutu pendidikan disekolah serta guru SD Negeri I Bantul menjadi narasumber diKurikulum 2013. Faktor Pendukung dan Penghambatnya yaitu adanya sumber daya, jumlah kelas sesuaidengan animo siswa, serta penghambatnya kurang maksimal lahan sekolah untuk pembelajaran olahraga danfasilitas yang diberikan untuk meningkatkan profesionalisme guru yang merangkap sebagai guruekstrakurikuler.Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan.
PARTISIPASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI PLH (PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP) di SMPN 7 YOGYAKARTA Laksana, Satya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10106

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang partisipasi siswa dalam implementasi PLH(Pendidikan Lingkungan Hidup) di SMPN 7 Yogyakarta. Mengidentifikasi faktor yang mendukung danmenghambat Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMP N 7 Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa,guru dan kepala sekolah. Seting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulandata menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data,dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) diamanatkan oleh BadanLingkungan Hidup (BLH). Partisipasi siswa dalam implementasi PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) diSMPN 7 Yogyakarta berada pada tangga tokeinisme, pada hierarki engagement. Pada 6 aspek menunjukkanbahwa pada yang sudah berjalan, badan pelaksana siswa, menularkan kepada teman temannya tentang PLH,sikap belum semuanya menyikapi tapi sudah lebih baik daripada sebelumhya, sumber daya fasilitas dari BLH,komunikasi sudah berjalan dan dibantu social media. Faktor pendukung yaitu kesadaran siswa dalam hidupbersih dalam kehidupan sehari-hari, dukungan dari sekolah yang memberikan reward kepada kelas yangterbersih agar memotivasi kelas lainnya untuk melakukan hal serupa, pemberian bantuan dari BadanLingkungan Hidup berupa, dukungan orang tua agar membawakan bekal kepada anaknya, dukungan sekolahmeskipun belum berjalan secara efektif. Lalu ditemukan juga bebrapa faktor penghambat yaitu, belummempunyai kesadaran agar berperilaku hidup bersih, pihak sekolah tidak mempunyai cadangan, kurangnyakomunikasi antara siswa dengan pihak sekolah.Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Implementasi Kebijakan, PLH, Pendidikan Lingkungan Hidup
PENDIDIKAN KEMANDIRIAN SANTRI SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN ASH-SHOLIHAH Nisa, Hastra Quroti Ayun
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10097

Abstract

AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pendidikan kemandirian santri sekolah dasardi Pondok Pesantren Ash-Sholihah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi partisipant, wawancara, dandokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman observasi, pedomanwawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model yang dikembangkanoleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Ujikeabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukanbahwa; Pendidikan Kemandirian di Pondok Pesantren Ash-Sholihah meliputi pendidikan kemandirianmerawat diri, pendidikan kemandiriaan merawat barang, dan kemandirian belajar. Pendidikan kemandiriandi Pondok Pesantren Ash-Sholihah melibatkan 5 unsur yaitu : a) Unsur tujuan; b) Unsur Pendidik; c) UnsurAnak; d) Unsur Metode; e) Unsur Lingkungan. Faktor Pendukung yaitu : 1) Lingkungan Pondok PesantrenAsh-Sholihah yang mandiri. 2) Santri yang tinggal bersama dalam satu lingkungan sehingga mudah dalampengawasan. 3) Sekolah yang menjadi satu dengan Pondok Pesantren. 4) Kerjasama dan kekeluargaan yangbaik antara pengurus, guru, pendamping, dan seluruh warga Pondok Pesantren. 5) Adanya keinginan daridiri santri sendiri untuk mandiri. 6) Orang tua yang sudah menjelaskan sebelum santri masuk PondokPesantren. Faktor penghambat antara lain : 1) Padatnya jadwal Pondok Pesantren sehingga saat di sekolahsantri kurang konsentrasi. 2) Adanya santri yang susah menyesuaikan diri dan susah diatur. 3) Pendampingkewalahan mengawasi santri. 4) Fasilitas yang seadanya dan terbatas. 5) Adanya jadwal sebulan sekaliketemu orang tua sehingga santri yang sudah terbiasa mandiri menjadi manja lagi.Kata kunci : Pendidikan Kemandirian, Santri Sekolah Dasar
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP EKAKAPTI KARANGMOJO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA Danarhadi, Fatih Hendri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i5.10107

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi kebijakan pendidikan inklusi diSMP Ekakapti Karangmojo, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat, 3) upaya yang dilakukan olehsekolah dalam mengatasi hambatan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepalasekolah, koordinator pendidikan inklusi, guru mata pelajaran serta GPK. Metode pengumpulkan datamelalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam teknik analisis data yang digunakan yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasisumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pendidikan inklusi ditransformasikanmelalui SK SPPI, penunjukan GPK dan pelatihan inklusi dari dinas. SMP Ekakapti Karangmojomengimplementasikan pendidikan inklusi melalui penunjukan koordinator pendidikan inklusi, pemanfaatanSDM sekolah agar memiliki disposisi yang baik, manajemen keuangan inklusi, peningkatan sarana ramahABK, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak serta pembuatan kebijakan sekolah. Faktor pendukungimplementasi kebijakan tersebut adalah pelatihan dari dinas, disposisi SDM sekolah, sumber dana,peralatan, kerja sama guru dan kerja sama sekolah dengan berbagai pihak. Faktor penghambatimplementasi kebijakan adalah terbatasnya GPK, belum maksimalnya intisari kebijakan inklusi, peralatankomputer, permasalahan ABK dan lingkungan luar sekolah. Upaya mengatasi hambatan dengan membuatkebijakan sekolah, yaitu kebijakan pelatihan mandiri sekolah, modifikasi kurikulum, kerjasama sekolah,penambahan jam belajar serta peningkatan keamanan lingkungan sekolah.Kata kunci: implementasi, kebijakan, pendidikan inklusi

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue