cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD KRISTEN KALAM KUDUS DAN SD MUHAMMADIYAH SURONATAN Endaryanta, Eruin
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10297

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pemahaman warga kedua sekolah tentang budayaliterasi, strategi dan program sekolah, serta faktor pendukung maupun penghambatnya. Penelitiandeskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Subyekpenelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa di kedua sekolah. Analisis datamenggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumberdan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kedua sekolah budaya literasi dipahami sebatasbudaya membaca dan menulis. Strategi yang dilakukan oleh SD Kristen Kalam Kudus antara lainmewajibkan siswa meminjam buku setiap minggu dan menggelar lomba kepenulisan dengan programantara lain renungan dan reading time, sedangkan strategi di SD Muhammadiyah Suronatan sepertimenyediakan perpustakaan yang nyaman dan memajukan jam masuk sekolah dengan program meliputikegiatan membaca 15 menit dan kunjungan perpustakaan. Komitmen pelaksana dan alokasi anggaranmenjadi faktor pendukung sedangkan rendahnya budaya literasi di kalangan guru menjadi faktorpenghambat di kedua sekolah.Kata kunci: budaya literasi, Gerakan Literasi Sekolah
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM GREEN AND CLEAN SCHOOL DI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO Thama, Rachma Kusuma
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10291

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakterpeduli lingkungan melalui Program Green and Clean School, faktor penghambat serta solusinya, danfaktor pendukungnya di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalahwarga SMK tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan pendidikan karakterpeduli lingkungan melalui Program Green and Clean School. Setting dalam penelitian ini adalah SMKYPE Sawunggalih Kutoarjo. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sertapenarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data sumber danteknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dilihat dari 4 aspek: a)komunikasi yang jelas dan konsisten; b) sumberdaya terdiri dari berbagai fasilitas (taman, tempatsampah, alat kebersihan, bank sampah, green house, kamar mandi); c) disposisi (kesediaan) wargasekolah yang baik; d) struktur birokrasinya yaitu: Kepala sekolah sebagai penanggung jawab, WMMsebagai koordinator program, dibantu warga sekolah lain, SOP yaitu jumat bersih dilaksanakansebulan dua kali, berbagai perlombaan yang terkait dengan lingkungan, pemisahan sampah menjadi 3bagian, bank sampah, piket kelas dilaksanakan 2 kali sehari. Strategi yang efektif dalam implementasikebijakan yaitu: a) Program pengembangan diri seperti kegiatan rutin berupa jumat bersih, piket kelas,pemberian nasihat dan keteladanan secara spontan, pengkondisian siswa agar peduli lingkunganterbentuk pada siswa; b) Budaya sekolah, seperti budaya menjaga kebersihan lingkungan (jumatbersih, piket kelas), budaya pemisahan sampah, dan budaya hemat energi. Faktor penghambatnyayaitu ada warga sekolah yang kurang peduli terhadap lingkungan, sampah yang dibuang tidak padatempatnya, belum ada pengelolaan limbah, sarana prasarana yang kurang lengkap, dan kendala yangmuncul saat hujan seperti kamar mandi yang kotor dan lapangan sering banjir. Solusinya denganmemberikan pengarahan, nasihat dan teguran setiap ada kesempatan, peningkatan sarana prasarana,pengoptimalan tempat sampah, merintis bank sampah dan bekerja sama dengan DPU, serta pemberianbiopori pada beberapa area. Faktor pendukungnya yaitu adanya kesadaran, kepedulian, dan komitmensebagian besar warga sekolah, fasilitas yang lengkap, kepala sekolah yang rajin memonitoring danmengevaluasi lingkungan sekolah.Kata kunci: implementasi kebijakan pendidikan karakter peduli lingkungan, program Green and Clean School di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo 
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA Wahyuningsih, Dwi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10300

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan diHomeschooling Anak Pelangi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakanpendidikan di Homeschooling Anak Pelangi antara lain kebijakan tentang pendidik, peserta didik,kurikulum, proses belajar mengajar dan tujuan pendidikan. Ada beberapa kebijakan yang dilaksanakanuntuk meningkatkan kualitas pendidikan homeschooling. Faktor pendukung kebijakan di HomeschoolingAnak Pelangi adalah SDM dan fasilitas memadai, partisipasi orangtua, teamwork dari pimpinan, divisi danguru, dan legalitas dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Faktor penghambat kebijakan diHomeschooling Anak Pelangi Yogyakarta adalah alokasi waktu belajar mengajar yang kurang.Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, homeschooling
IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN PEDULI SISWA (PERATURAN WALI KOTA NOMOR 57 TAHUN 2016) DI SMP NEGERI 1 MAGELANG Faridah, Umi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10295

Abstract

AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan implementasi program Gerakan Peduli Siswa (Peraturan Wali KotaNomor 57 Tahun 2016) di SMP Negeri 1 Magelang, faktor pendukung dan penghambat, dan strategi sekolahuntuk mengatasi faktor penghambat. Pendekatan penelitian yang digunakan: kualitatif dengan metodedeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program didukung oleh komunikasi agenagenpelaksana melalui rapat kerja, rapat manajeman, surat pemberitahuan kepada orang tua. Sumber dayayang mendukung kegiatan yaitu sumber daya manusia, sumber dana, dan alokasi waktu. Komitmen dari paraagen pelaksana, serta struktur birokrasi dari pihak sekolah. Implementasi Program Gerakan Peduli Siswadidukung melalui empat bentuk kegiatan sebagai berikut: Gerakan Pencegahan Kenakalan Siswa/PesertaDidik, Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Gerakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien, danGerakan Infaq dan Shodaqoh. (2) Faktor pendukung berupa ciri khas dari sekolah, sarana prasarana danpartisipasi dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambat misalnya dalam pelaksanaan kegiatan osis pedulimasih ada siswa yang tidak berpartisispasi, pengadministrasian yang terlalu rinci dan tidak adanya danakhusus dari Dinas. (3) Upaya sekolah mengatasi faktor penghambat yaitu sosialisasi ditingkatkan dandiperjelas, saling mengingatkan dalam pengadministrasian, adanya dana dan bidang khusus dari Dinas.Kata kunci: implementasi program, gerakan peduli siswa
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TK GARUDA VI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA Fitria, Hidayatul
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10301

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pedidikan BelaNegara di TK Garuda VI Sleman Yogyakarta, (2) Mengidentifikasi faktor pendukung danpenghambat dalam Implementasi. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian iniadalah pihak Yayasan Persit Kartika Jaya bagian kependidikan, Kepala Sekolah, dan guru. Teknikpengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakanadalah trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi KebijakanPendidikan Bela Negara: (a) Pengorganisasian yang terdiri dari penanggung jawab, ketua, sekretaris,bendahara, dan anggota. (b) Interpretasi: Dari awal kebijakan dibuat, pembuat kebijakan sudahmengetahui interpretasi yaitu menanamkan cinta tanah air kepada anak sejak dini dan menyiapkanfasilitas dalam menunjang kegiatan kebijakan bela negara. (c) Aplikasi, terdiri dari empat programyaitu pendidikan kedisiplinan, pendidikan religiositas, Cinta Tanah Air, dan TNI Cilik. (2) Faktorpendukung: (a) komitmen warga sekolah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, (b) Situasi disekolah yang nyaman dan kondusif, (c) Sarana prasarana yang memadai, (d) pihak kodim 0732 danYayasan Persit Kartika Jaya yang selalu membantu menjalankan program, (e) orangtua dan komitesekolah yang mendukung keberhasilan program. (3) Faktor Penghambat: (a) Komitmen guru yangrendah, (b) Kurangnya pemahaman siswa terhadap tata tertib, (c) Kurangnya pemahaman orangtuayang terlalu memanjakan anak, (d) Tidak diperbolehkan keluar kelas.Kata kunci: kebijakan pendidikan, pendidikan bela negara
EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES Aula, Kun Azka Mazidatil
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i7.10296

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kepemimpinan pendidikan dan faktorpendukung dan penghambatnya di SMK Ma’arif 1 Wates.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu KepalaSekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kesiswaan, dan Humas. Obyekpenelitian ini mengenai kepemimpinan pendidikan di sekolah. Data diperoleh dengan cara observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti. Analisis data menggunakanmodel Milles dan Huberman yaitu pengumpulan, reduksi, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Ujikeabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keefektivitasan kepemimpinan pendidikan di SMKMa’arif Wates dapat dilihat dari pengkoordinasian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepadabawahannya, pembagian tugas kepada bawahannya, memberikan pengaruh positif kepada bawahannya, danmelakukan pendelegasian kepada bawahannya serta pemantauan berkala. (2) faktor pendukungkepemimpinan pendidikan di sekolah yaitu; adanya koordinasi rutin yang dilakukan oleh Kepala Sekolahkepada bwahannya seperti kepada Wakil Kepala Sekolah Guru Karyawan maupun siswa dan orang tua/walisiswa, adanya jalinan relasi kerja sama yang telah terjalin antara sekolah dengan pihak luar, sedangkanfaktor penghambatnya adalah jumlah siswa yang banyak dan pengontrolan dari pihak sekolah kadang tidakdapat maksimal.Kata Kunci : Efektivitas, Kepemimpinan pendidikan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Sekolah

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue