cover
Contact Name
Muhammad Ridwan
Contact Email
muhammadridwanjlegong@gmail.com
Phone
+62282-695415
Journal Mail Official
jurnalalmunqidz2@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIIG Cilacap IAIIG Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17 Kesugihan Cilacap Kode Pos 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kajian Keislaman
ISSN : 23020547     EISSN : 27158462     DOI : https://doi.org/10.52802/amk.v8i3
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman dengan nomor terdaftar ISSN 2715-8462 (online), ISSN 2302-0547 (cetak) adalah jurnal yang berisi artikel penelitian tentang Kajian Keislaman yang dilakukan oleh dosen, peneliti dan praktisi yang berhubungan dengan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Jurnal Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Calacap. Fokus dan ruang lingkup penerimaan artikel pada Jurnal Al-Munqidz : Jurnal ini membahas tentang semua kajian terkait ke Islaman Jurnal Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, dalam setahun terbit tiga kali pada bulan Januari, Mei dan September
Articles 49 Documents
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH Akhirin, Akhirin
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 3: September (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i3.264

Abstract

Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar fiqih memiliki tujuan penelitian berupa uraian pola asuh orang tua, menjelaskan motivasi belajar siswa dan mendiskripsikan apakah terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar fiqih siswa MI. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 responden,   merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan data Y. Data  penelitian  yang  terkumpul  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ). Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 12,7202, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,02 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,12. Dengan demikian Freg = 12,7202 > Ftabel dan hasilnya signifikan. Adapun koefisien determinasinya adalah 0,1824= 18,25%. Ini berarti bahwa sebesar 36,1% variasi motivasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh persepsi tentang bimbingan orang tua (X).
STRATEGI PENGEMBANGAN DAKWAH KONTEMPORER Tuti Munfaridah
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 2, No 2 (2013): Kajian KeIslaman
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v2i2.38

Abstract

Dakwah Islam adalah kewajiban yang harus dilakukan umat muslim, terutama oleh ‘Ulama dan Da‘i. Kegiatan menyampaikan ajaran Islam kepada seseorang atau sekelompok orang supaya mereka memeluk Islam atau melaksanakan ajaran Islam demi mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kegiatan dakwah Islam makin lama makin memiliki beragam tantangan yang tidak mudah, bahkan bisa dikatakan sangat berat. Baik dari umat muslim sendiri, non muslim sampai pada perkembangan peradaban yang makin beragam. Peradaban yang makin menjauhi agama dan lebih dekat pada materi. Budaya hidup materialys dan hedonys sudah sangat merebak bagai bunga yang berkembang liar tanpa batas. Apalagi dengan perkembanganteknologi informasi yang mendunia makin menambah liarnya pemikiran-pemikiran dan perilaku yang non religious. Dari jaringan internet yang berupa face book, blogger/ blog, twitter dan website- website pribadi seolah mengindikasikan bahwa mereka bisa meng-upload apa saja tanpa terbatas etis atau tidak, konsumsi pribadi atau bukan. Oleh karenanya, perilaku masyarakat dari kalangan bawah sampai atas, usia anak- anak sampai dewasa, pelajar sampai mahasiswa, pejabat atau orang biasa hampir mayoritas terpengaruh budaya materialisme dan hedonisme. Dengan demikian tantangan Dakwah makin bertambah. Bagaimana para Juru Dakwah/Da‘i/ Muballigh/‘Ulama bisa menyampaikan dakwahnya dengan baik dan bisa diterima dalam kondisi masyarakat yang demikian adalah salah satu bentuk keprihatinan penulis untuk meneliti, menganalisa dan menulis bagaimana strategi dakwah yang tepat saat ini, menjadi inspirasi tulisan yang berjudul Strategi Dakwah Kontemporer. Tulisan ini memaparkan tentang pengertian dakwah, metode dakwah, tantangan dakwah dan bagaimana strategi dakwah saat ini. Bukan dengan menggunakan satu media atau metode yang terbaik melainkan dikolaborasikan media dan metode dakwah sesuai situasi dan kondisi al-mad‘u serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dakwah Islam.
FILOLOGI SEBAGAI PENDEKATAN KAJIAN KEISLAMAN Ridlo, Abdullah
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 2: Juli (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i2.249

Abstract

Pendekatan filologi adalah pendekatan studi agama (Islam) yang memfokuskan kajiannya pada naskah-naskah atau sumber-sumber keagamaan guna mengetahui budaya dan kerohanian keagamaan tersebut. Filologi adalah ilmu yang berhubungan dengan karya masa lampau yang berupa tulisan, yang dilakukan karena adanya anggapan bahwa di dalam tulisan tersebut terdapat nilai-nilai yang masih mampu bersanding dengan kehidupan pada masa kini. Karya tulisan masa lampau diyakini merupakan peninggalan yang sarat informasi dari pemikiran, perasaan, dan berbagai bentuk kehidupan orang pada waktu itu. Karakteristik karya tulisan dengan kondisi seperti itu menuntut adanya pendekatan yang memadai, untuk membaca karya tersebut membutuhkan ilmu yang mampu mengatasi kesulitan-kesulitan akibat kondisinya sebagai produk masa lampau, dalam hal ini, ilmu filologi sangat diperlukan.
APLIKASI KHIYÂR DALAM EKONOMI SYARI’AH DI ERA MODERN Syuhud Muchson
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 2, No 2 (2013): Kajian KeIslaman
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v2i2.29

Abstract

Dalam praktek jual beli, masih sering terjadi penyesalan di antara kedua belah pihak (penjual dan pembeli) sehingga menjauhkan mereka dari kemaslahatan dan kesejahteraan yang adil. Untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyesalan, kerugian dan atau semisalnya, Al Qur’an dengan jelas telah menyatakan bahwa prinsip berlakunya jual beli di atas adalah atas dasar suka sama suka. Oleh karena itu dalam rangka inilah syariat Islam memberikan hak pilih atau kesempatan kepada kedua belah pihak yang melakukan akad jual beli untuk memikirkan lebih jauh, sebelum menyelesaikan transaksinya dengan memilih antara dua kemungkinan yaitu antara melangsungkan jual beli atau mengurungkannya. Hak pilih seperti ini dikenal dengan istilah al- khiyâr , namun demikian, dalam makalah ini hanya akan dibahas tentang beberapa hal yang antara lain meliputi pengertian khiyâr, hukum khiyâr dan posisi khiyâr dalam perkembangan bisnis kontemporer.Jumhur ulama berpendapat bahwa khiyâr itu diperbolehkan dalam syariat Islam. Khiyâr majlis di era modern seringkali berupa transaksi yang dilakukan dengan kedua belah pihak tidak berada dalam satu lokasi (majlis). Dalam masalah ini kita harus kembali pada pengertian “berada satu majlis”. Dimana pengertian “berada satu majlis” dalam masalah khiyâr disini tidak selamanya bersifat fsik artinya secara fsik kedua belah pihak tidak harus berada dalam satu majlis, sepanjang mereka berdua ittishâl (berkomunikasi langsung) meskipun dengan menggunakan sarana/alat modern. Dengan demikian hukum khiyâr majlis dalam sistem transaksi/jual beli di era modern saat ini melalui sarana modern seperti HP, internet online, dan lain-lain tetap masih dapat diberlakukan.
PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG INOVATIF Fakhruriza, Okta
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 1: Januari (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i1.180

Abstract

Kegiatan guru didalam kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan peserta didik mencapai tujuan-tujuan. Kegiatan mengelola kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Pengajaran di kelas setidaknya melibatkan dua fitur tindakan guru yang berbeda tetapi saling terkait; fitur pertama berkaitan dengan perilaku guru mendorong perbahan kognitif pada peserta didik, fitur kedua menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan pembelajaran terjadi. Guru yang menjadi kunci proses pengajaran, harus membangun suasana kelas yang positif. Dengan suasana pendidikan yang positif dan rasa saling percaya antar guru dan peserta didik semua masalah dan kesulitan mudah diatasi.Guru professional selalu mengembangkan profesinya, yang berarti mengikuti perkembangan bidang pendidikan dan tuntutan masyarakat pengguna. Salah satu kompetensi pedagogi adalah penerapan pembelajaran inovatif. Faktor utama pembelajaran inovatif yaitu ada hal kebaruan dan dapat mengatasi masalah pembelajaran. Dalam pembelajaran inovatif menekankan pada proses keaktifan belajar peserta didik yang difokuskan pada penerapan pengetahuan dalam kehidupan peserta didik, sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi diri peserta didik. pembelajaran inovatif mencangkup enam unsur yaitu: pembelajaran bermakna, penerapan pengetahuan, berpikir tingkat tinggi, kurikulum standar, responsive terhadap budaya dan menggunakan penilaian autentik. kunci pembelajaran inovatif yaitu: a) Belajar dari kenyataan yang biasa diamati, diprakatikan, dan dialami dalam kehidupan peserta didik, b) Belajar melalui pengalaman nyata yang dilakukan secara empiris, c) Menghasilkan pengetahuan yang bermakna pada diri siswa, d) Menggunakan berbagai teknik penilaian.
GLOBALISASI DAN PERBUDAKAN MENURUT AL-QURAN (Analisis Tekstual dan Kontekstual) Holilulloh, Andi; Larhzizer, Fouad
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 3: September (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i3.270

Abstract

Al-Quran al-karim is a book of samawi (God’s talk) which is the last book that Allah SWT has given to all muslims and it has a function as a guideline and an advice not only for arab people but also for all muslim people in the world. Al-Quran consists of all aspects about human’s life, in other hand it is suitable for all aspects on vertical and horizontal, and the relationship between human and nature is truly in the Al-Quran. Globalization is a challenge that we could not stay away, the center of information that gives a lot of advantages to all humans and also it becomes a sharp knife that could stab someone’s future especially to the students of Islamic boarding house where they face the challenge while they are living and studying Islamic education, Islamic classic books, learning to read Al-Quran. Enslavement is actually meant as public problems and it is related to the impact of globalization among us and it makes us to discuss more about this case. Hermeneutik has a role about this case  to have function and to give an easy interpretation  of verse of Al-Quran, it can make us easy to analyze verses what we are meaning, this study is actually around us from the past to complete all aspects in the Al-Quran, both the verses and the meanings.
ADVERTISING DAN BRANDING MEDIA DAKWAH DAN KOMUNIKASI nfn Tadzkiroh
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v5i1.50

Abstract

Sejatinya banyak sekali pakar dibidang Agama (baca:‘Alim ‘ulama), Cendekiawan muslim, yang ahli dibidang psikologis, kesehatan, politik bahkan ekonomi.terutama bidang keagamaan yang kepakarannya melebihi uztadz-ustadz yang muncul dilayar kaca. Tapi bisa karena alasan tertentu dalam hal ini persoalan khilafiyah yang tak bisa ditoleransi dalam bentuk apapun. Atau karena persoalan manajerial. Sehingga aktivitas mereka tidak terekam dan terpublikasikan secara massive di media Cetak maupun elektronik. Ini menjadi tantangan berat bagi generasi dalam kaderasisasi ulama walaupun sudah ada upaya oleh sebagian ulama .bail secara individu mapun secara kelembagaaan. Terutama produk dari Komunikasi Islam sangat dinantikan oleh gemerasi now yang sarat dengan persoalan -persoalan duniawi dan semakin garing dalam pengetahuan keagamaan. Ikhtiar sebagaian kecil Da’i televise yang mampu memanfaatkan media dakwah televise, melahirkan suatu pemahaman dan tradisi baru bahwa mensyiarkan islam dalam posisi tertentu(baca melalui media iklan), setara dalam hal menejemen menggunakan teori-teori pembuatan iklan pada umumnya.Kata Kunci: Advertising dan Branding, Media Dakwah, Komunikasi
PERAN STATISTIK DALAM PENELITIAN Nani Kurniasih
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 2: Juli (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i2.254

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari acapkali manusia baik disadari atau tidak, menggunakan berbagai macam ide statistik, diantaranya seorang pendidik dalam mengevaluasi nilai siswanya, para pengusaha dalam menghitung rata-rata pemasukan dan pengeluaran, pemerintah yang ingin mengetahui keadaan ekonomi masyarakatnya, jumlah penduduk, pernikahan, kelahiran dan lain sebagainya. Statistik merupakan ilmu yang berisi tentang cara serta langkah yang perlu ditempuh untuk mengumpulkan data angka, menyajikan,menganilisis, memperkirakan dan menyimpulkan data yang didapat serta mengambil keputusan, banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu alam dan biologi serta ilmu-ilmu sosial, maupun dibidang ilmu pendidikan lainnya.Begitu juga kaitannya dalam sebuah penelitian, pembahasan statistik mencakup tentang metode dan langkah yang ditempuh untuk melakukan pengumpulan data, menganalisa serta menginterpretasikan data yang diperoleh. Sekumpulan data yang berkaitan dengan sebuah penelitian tersebut.Statistik merupakan suatu alat yang membantu dalam penelitian unutk dapat menggambarkan suatu keadaaan yang sebenarnya berdasarkan data yang dikumpulkan. Di samping itu, statistik dalam sebuah penelitian juga digunakan untuk mendapatkan kesahihan data itu sendiri dalam suatu penelitian, karena penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya, baik terkait korelasi, efektifitas, analisis, perbandingan dan lain sebagainya.
PENDEKATAN KOMPARATIF DALAM STUDI ISLAM Muhajir, NFN
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 2, No 2 (2013): Kajian KeIslaman
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v2i2.34

Abstract

Dalam studi agama, pendekatan komparatif bukanlah suatu metode yang baru, akan tetapi pendekatan ini dalam studi Islam merupakan pengembangan dari upaya komparatif. Dalam pembahasan ini juga ingin melihat sejauhmana pendekatan komparatif memberikan kontribusi dalam memahami Islam. Dengan komparatif mesti ada sesuatu yang dibanding dengan melihat segi-segi persamaan dari dua atau lebih sasaran (objek) yang belum diketahui sebelumnya dengan melihat segi-segi perbedaan antara satu dengan lain dalam memahami agama. Pendekatan komparatif dalam tradisi intelektual Muslim juga dapat dilihat dari studi perbandingan mazhab politik dan akidah. Adapun kelebihan dari pendekatan komparatif dalam studi Islam dapat dilihat dengan terungkapnya beberapa aspek kesamaan dan perbedaan dari dua hal yang dikaji terhadap sesuatu persoalan atau masalah yang diteliti. Namun pembahasan komparatif ini merupakan upaya yang penting dari studi agama untuk menyelidiki bagian inti dari proses pembentukan, pengujian dan penerapan dari generalisasi.
STUDI ISLAM DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGIS (Pemikiran Ali Syari’ati) Ismah Ismah
Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman Vol 8, No 1: Januari (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Imam Ghozali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52802/amk.v8i1.196

Abstract

Memahami Islam melalului pendekatan sosiologi merupakan salah satu cara mendekatkan masalah-masalah sosial dengan agama dan juga sebalilknya memahami agama tidak lepas bagaimana kita memahami  persoalan sosial. Agama telah menjadi objek perhatian para tokoh Islam. Tentang bagaimana  manusia percaya kepada suatu kekuatan yang dianggap lebih tinggi dari dirinya, dan mengapa manusia melakukan berbagai cara untuk mencari hubungan dengan dengan sesuatu yang diyakini sebagai kekuatan. Hal ini berkaitan dengan pengalaman manusia, baik sebagai individu maupun kelompok. Sehingga setiap perilaku yang diperannya akan terkait dengan keyakinan dari ajaran agama yang dianutnya. Perilaku individu dan sosial digerakkan oleh kekuatan dari dalam yang didasarkan pada nilai nilai ajaran agama yang menginternalisasi.Untuk itu  penting mengkaji Islam dalam pendekatan sosiologi.